17 Ide Konten TikTok yang Menarik Agar Mudah FYP, Wajib Coba!

17 Ide Konten TikTok yang Menarik Agar Mudah FYP, Wajib Coba!

Ide konten TikTok yang unik dan menarik akan selalu dicari para content creator. Sebab, para pembuat konten pasti berlomba-lomba agar konten videonya masuk dalam FYP (For Your Page).

FYP TikTok merupakan halaman yang menampilkan konten yang disesuaikan dengan minat dan preferensi pengguna TikTok. Masuk dalam FYP di TikTok adalah hal yang sangat menguntungkan karena bisa meningkatkan exposure dan popularitas si pembuat konten.

Terlebih lagi jika si kreator punya bisnis atau ikut program TikTok affiliate, masuk FYP pastinya lebih memudahkan untuk mendapatkan uang dari TikTok. Dengan masuk FYP, para kreator bisa mendapatkan jumlah followers yang besar bahkan berpeluang mendapat tawaran kerja sama dengan brand atau influencer ternama.

Berikut ini Dewaweb sudah merangkum beberapa ide konten video TikTok bagi kamu para kreator yang ingin videonya masuk FYP. Simak sampai tuntas!

Baca Juga: 10 Cara FYP di TikTok yang Paling Ampuh, Ini Bocorannya!

Ide Konten Menarik Agar Masuk FYP

Di bawah ini terdapat beberapa ide konten TikTok yang bisa kamu coba supaya konten kamu masuk FYP.

1. Tutorial

Kamu gemar mengedit video, memasak, atau justru senang makeup? Daripada kamu menikmati hobi itu sendiri, lebih baik kamu jadikan itu sebagai ide konten TikTok.

Kamu bisa memberikan tutorial bagaimana cara edit video, atau cara memasak resep makanan, dan masih banyak lagi.

Tutorial juga salah satu konten yang banyak dicari pengguna, buktinya hampir di seluruh platform baik Youtube maupun Instagram pasti ada konten ini.

2. Tips and trick

Tidak hanya tutorial, konten TikTok yang ramai selanjutnya adalah tips and trick. Kamu dapat membuat berbagai tips menarik yang sekiranya dapat membantu pengguna.

Konten tips and trick juga bisa menjadi salah satu bentuk content marketing produk yang kamu miliki. Contohnya kamu memiliki produk di bidang finansial, maka kamu bisa membuat konten yang relevan seperti tips mengelola keuangan, tips menabung, atau tips investasi yang saat ini ramai dicari pengguna.

Dengan video TikTok, konten tips dan trik dapat dikemas menarik dan pengguna bisa lebih mudah menangkap isi kontennya.

3. Hashtag challenge

Ide konten berikutnya adalah hashtag challenge, yakni sebuah gerakan mengajak pengguna untuk melakukan sesuatu yang berkaitan dengan tagar tersebut.

Hashtag challenge ini cocok digunakan pada brand atau perusahaan, contohnya seperti tagar #shopeehaulcheck pada TikTok yang tembus hingga 500 juta+ tayangan.

Pengguna yang telah berbelanja di Shopee akan membuat video yang memperlihatkan hasil belanjaannya. Semakin banyak pengguna yang belanja, akan semakin banyak pula konten video seperti ini yang bisa membantu meningkatkan brand awareness.

4. Konten edukasi

Tidak dapat dipungkiri, banyak orang yang lebih tertarik menonton video daripada bacaan seperti artikel. Maka dari itu kamu dapat memanfaatkan fitur video TikTok ini sebagai ajang untuk memberikan edukasi.

Edukasi tersebut tidak harus yang berat dan kompleks, kamu bisa mulai dari yang simple seperti alasan kenapa domain penting untuk bisnis atau masih banyak lagi tema lainnya.

5. Dance challenge

Konten TikTok berikutnya adalah dance challenge. Ide konten ini mirip dengan hashtag challenge, hanya saja jika hashtag challenge membebaskan kamu untuk membuat video apapun asalkan menyertakan hashtag, Dance challenge mengajak audiens melakukan dance menggunakan konsep dan lagu yang sudah dibuat sebelumnya.

6. Testimoni produk

Selanjutnya ada konten testimoni atau review, yakni sebuah ulasan produk atau layanan dari pengguna yang sebelumnya telah menggunakannya selama periode waktu tertentu.

Konten testimoni biasanya banyak dicari oleh calon pelanggan yang hendak membeli produk tersebut, sehingga mereka lebih yakin untuk membelinya. Sedangkan bagi brand, adanya konten testimoni dapat menjadi gambaran apakah selama ini sudah memberikan yang maksimal pada produk dan pelanggan.

7. Unboxing produk

Kamu baru saja membeli produk dan ingin membuka paket produknya? Tunggu dulu! Kamu bisa gunakan ini sebagai ide konten TikTok. Yap, tak sedikit orang yang tertarik dengan video unboxing produk, terlebih jika produk tersebut merupakan barang mahal yang diminati banyak orang.

Meskipun hanya membuka paket produk, nyatanya konten seperti ini memiliki kesan dan pengalaman yang berbeda. Bahkan kebanyakan penonton akan turut antusias. Kamu juga bisa sedikit jelaskan terkait fungsi atau fitur-fitur produk tersebut dalam membuat konten unboxing.

Baca Juga: Cara Efektif Mendapatkan Uang dari TikTok yang Wajib Kamu Tahu

8. Konten “A Day in My Life..”

Konten TikTok tidak melulu konten yang penuh edukasi dan serius, sesekali kamu bisa selingi dengan konten hiburan, salah satunya seperti “A day in my life..”. Konten tersebut menceritakan tentang kegiatan keseharian hingga kebiasaan kamu yang mirip seperti mini vlog.

Misalnya dari mulai bangun pagi, bekerja, hingga tidur kembali. Tidak hanya kegiatan selama satu hari, tetapi bisa juga kegiatan ketika di sekolah, kampus, atau yang lainnya.

9. Konten OOTD

Kamu hobi fashion dan memiliki banyak ide outfit? Jika iya, coba buat menjadi konten TikTok berupa OOTD (Outfit Of The Day). Karena di luar sana masih banyak orang yang bingung bagaimana cara mix and match fashion.

Konten OOTD tersebut bisa berupa outfit kerja, outfit hangout, outfit lebaran, dan masih banyak lagi yang bisa kamu kreasikan.

10. Behind the scene(BTS)

Bukan hanya konten yang bisa kamu bagikan kepada audiens, tapi juga behind the scenes dari proses pembuatan konten tersebut. Saat ini banyak content creator yang tidak segan-segan memberi tahu seperti apa suasana di balik layar mereka, dengan begitu justru bisa semakin memperkuat bonding dengan audiens.

Selain behind the scenes dari konten, kamu juga bisa membuat BTS ketika memasak, atau membuat BTS iklan.

Baca Juga: 11 Aplikasi Edit Video Terbaik di Android, Cocok untuk Pemula

11. Konten “Life at..

Salah satu konten TikTok yang sedang ramai adalah konten “life at..”. Konten ini salah satu termasuk yang dapat meningkatkan citra brand atau perusahaan.

Di jenis konten ini, kamu bisa menunjukkan seperti apa kehidupan ketika di kantor, fasilitas yang diberikan, dan bagaimana rasanya bekerja di sana.

Konten “life at..” banyak dibuat oleh karyawan perusahaan besar atau startup seperti life at Shopee, life at Tokopedia, hingga Google.

12. Promosional

Meskipun beberapa jenis konten sebelumnya secara tidak langsung ada yang mengarah pada promosi, untuk ide konten TikTok ini kamu bisa mempromosikan produk secara langsung dengan mengajak penonton.

Kamu bisa ajak penonton untuk mengunjungi sosial media, website, mengajak mereka mengikuti event, giveaway atau langsung membeli produk.

13. Membahas topik yang tren

Konten berikutnya adalah membahas topik atau fenomena yang sedang trend saat itu. Dengan membahas isu terkini dapat membuat pengguna TikTok lebih memahami apa yang sedang terjadi.

Selain itu, kamu juga menjadi punya konten yang lebih segar. Namun, apabila trend tersebut di luar kemampuan kamu, pastikan lakukan riset agar tidak ada informasi yang kurang akurat.

Contohnya seperti awal tahun lalu topik Ghozali Everyday hangat dibicarakan setelah berhasil menjual NFT dan laku hingga milyaran.

Baca Juga: 14 Strategi Promosi Terbaik untuk Mengembangkan Bisnis

14. Video sketsa

Kamu ingin membuat konten yang menghibur penonton? Cobalah buat konten video sketsa. Video sketsa merupakan konten yang bersifat humor mengenai kehidupan sehari-hari

Selain itu, konten seperti ini biasanya juga menjadi ajang untuk menyampaikan keluh kesah yang dialami banyak orang. Itulah mengapa banyak yang tertarik dengan konten TikTok seperti ini karena dianggap related dengan penonton.

15. Video duet

Konten TikTok berikutnya adalah video duet. Jika kamu hobi menyanyi, kamu bisa coba membuat video duet, di sini kamu akan berkolaborasi dengan orang lain.

Video duet ini akan memulai dua video secara bersamaan, misalnya di sisi kanan merupakan video original, sedangkan di sisi kiri merupakan video yang kamu buat sendiri.

16. Re-create video yang sedang tren

Selain membahas topik yang sedang viral, kamu juga bisa re-create atau membuat ulang video dengan konsep yang sama sesuai tren yang adai. Dengan menduplikasi video tersebut, kamu akan turut bergabung pada pusaran konten populer.

17. Rekomendasi tempat

Banyak orang yang ingin mencari ide tempat wisata, restoran, cafe, museum, atau tempat menarik lainnya dari TikTok. Nah, jika kamu sering bepergian dan menemukan tempat-tempat hidden gems, coba untuk buatkan menjadi konten.

Ambil beberapa video dan foto di lokasi tersebut, lalu kreasikan menjadi sebuah konten TikTok yang menarik. Tambahkan latar musik, dan lebih bagus lagi bila kamu mengisi audio rekaman suara mengenai pendapatmu tentang tempat tersebut. Siapa tahu konten video rekomendasi kamu akan membantu banyak orang.

Mana Ide Konten TikTok Pilihanmu?

Usai membaca belasan ide konten video TikTok di atas, kira-kira manakah yang akan kamu coba lebih dulu? Manapun ide videonya, pastikan kamu membuatnya dengan personal branding kamu sendiri. Ingat juga untuk mengunggahnya di jam-jam tertentu sesuai jadwal FYP dan coba cek penghasilan TikTok kamu.

Jika ide-ide di atas dirasa kurang mendongkrak exposure dan popularitas bisnismu, sebaiknya kamu mempertimbangkan untuk menggunakan TikTok Ads. Dengan beriklan di TikTok, konten videomu bisa langsung muncul di beranda pengguna. Kamu juga bisa menyesuaikan dengan budget-mu, kok. Selamat mencoba dan semoga berhasil, ya!