Ingin Kinerja WordPress Semakin Optimal? Lakukan Tips ini!

Performa website yang baik menjadi kunci keberhasilan pada bisnis yang tengah dijalankan. Bagaimana tidak, traffic website yang tinggi harus didukung oleh optimasi website yang baik. Oleh karena itu, kamu akan mempelajari beberapa cara optimasi WordPress dari artikel ini agar website-mu dapat bekerja lebih optimal hingga peringkatnya naik di mesin pencari dan menarik banyak traffic.

Baca Juga: 10 Mesin Pencari Selain Google

Setidaknya, ada lima cara optimasi website yang bisa kamu lakukan untuk CMS WordPress milikmu, yaitu:

Maksimalkan Database

Memaksimalkan database bisa menjadi salah satu cara untuk melakukan optimasi WordPress. Kamu bisa memulainya dengan memanfaatkan plugin seperti WP-DBManager yang dapat membantumu mengelola database, mulai dari optimasi, backup, memperbaiki hingga memulihkan database yang hilang atau tak sengaja terhapus.

Baca Juga: Cara Update Plugin WordPress Manual

Hapus Post Revision

cara optimasi wordpress post revisions

Cara optimasi WordPress selanjutnya adalah dengan menghapus history revisi artikel atau konten di website, alias “post revision“. Hasil revisi ini didapat dari perubahan yang kamu lakukan di draf sebelum kontenmu diunggah ke website sehingga otomatis data revisi akan tersimpan dalam database. Agar dapat mengatasi hal ini, kamu bisa menggunakan plugin Simple Revisions Delete gratis dari WordPress.

Baca Juga:  Plugin untuk Melindungi Konten Anda

Gunakan Layanan Hosting Berkualitas

Langkah yang satu ini wajib kamu lakukan, yaitu memilih penyedia layanan hosting murah yang paling tepat. Bagaimana tidak, layanan hosting akan memengaruhi kecepatan, keamanan data hingga performa website-mu. Alhasil, pengalaman pengunjung dan penilaian Google terhadap website juga menjadi taruhan.

Oleh karena itu, pastikan kamu menggunakan layanan hosting cepat dengan teknologi canggih yang sekaligus menawarkan keamanan website dengan harga yang terjangkau. Kamu bisa mulai dengan mengecek daftar harga layanan hosting berkualitas dari Dewaweb yang cocok dengan kebutuhanmu.

Optimasi Gambar

Menambahkan gambar ke setiap konten atau artikel di website-mu adalah salah satu langkah penting agar pembaca atau pengunjung tidak merasa bosan. Namun, mau tak mau website-mu akan menampung banyak data gambar hingga membuat performa website-mu berkurang.

Oleh karena itu, kamu perlu mempelajari cara optimasi gambar di CMS WordPress. Kamu bisa melakukan resize manual melalui Tiny PNG atau menggunakan plugin LiteSpeed Cache, setelah itu simak cara menggunakannya dari artikel “Cara Mempercepat Website dengan Mudah“.

Baca Juga: Rekomendasi Plugin Marketing WordPress Terbaik

Rutin Memperbarui WordPress

Mirip seperti aplikasi atau sistem operasi di perangkat gawai, website-mu juga harus selalu up-to-date, terutama sistem pengelolaan kontennya (CMS), yaitu WordPress. Selain menikmati fitur baru, kamu juga bisa meningkatkan keamanan website dengan CMS yang selalu diperbarui.

Tak perlu repot mencari pengaturannya, jika WordPress baru saja melakukan pembaruan, pemberitahuannya akan ditampilkan di bagian atas dashboard WordPress website-mu, seperti pada gambar berikut.

cara optimasi website wordpress update

Simpulan

Selain lima cara di atas, kamu juga perlu melakukan beberapa hal lain untuk melakukan optimasi website WordPress milikmu. Beberapa di antaranya adalah mengubah file video menjadi tautan embed dari YouTube atau media berbagi video lain, lalu tidak berlebihan dalam menggunakan gambar di satu artikel atau konten.

Setelah berhasil mengoptimasi website, kamu bisa mulai mempelajari bagaimana cara menyesuaikan SEO website agar website-mu semakin siap berkompetisi di daftar peringkat dalam mesin pencari. Pelajari caranya dari artikel “Panduan Belajar Search Engine Optimization (SEO) untuk Pemula“.

Demikian artikel tentang cara optimasi website dengan CMS WordPress. Semoga performa website-mu akan semakin optimal setelah menerapkan beberapa cara di atas hingga bisa mendapatkan peningkatan traffic website. Selamat mencoba, Sahabat Dewaweb, salam sukses online!