Sebagai pengguna teknologi, kamu tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah RAM atau Random Access Memory. Peranti ini bisa kita temukan biasanya untuk komputer dan gadget lainnya seperti smartphone. RAM dapat digunakan sebagai penyimpanan data primer, namun ada pula yang menjadikannya sebagai penyimpanan data sekunder dalam jangka panjang. Lantas, apa saja fungsi RAM tersebut? Berikut ulasannya.

Membantu penggunaan yang multitasking pada gadget

Multitasking di sini dapat kita artikan sebagai kondisi dimana komputer dapat menjalankan lebih dari satu aplikasi sekaligus sekali jalan. Fungsi RAM ini tidak hanya dijalankan pada komputer saja melainkan juga pada gadget seperti smartphone yang sedang kamu gunakan saat ini.

Dengan demikian, apabila ukuran RAM semakin besar maka proses multitasking dalam sebuah komputer maupun gadget akan makin lancar. Jika ukurannya semakin besar dapat menghindari terjadinya hang pada sebuah komputer dan freeze dalam smartphone.

Sebagai penyimpan memori sementara

Selanjutnya, fungsi RAM yang perlu untuk kamu ketahui adalah sebagai penyimpan memori sementara. Fungsi ini merupakan fungsi RAM yang paling utama. Memori yang ada pada RAM kemudian akan diteruskan menuju CPU untuk diproses informasi dari aplikasi maupun program yang ada dan kamu simpan di dalam RAM.

Proses pengolahan informasi ini sangatlah cepat. Bahkan dapat dilakukan dalam waktu hitungan detik. Namun, tentu saja ini tergantung pada ukuran RAM yang kamu gunakan. Mudahnya adalah semakin besar kapasitas RAM-nya, semakin cepat pula proses penyimpanan memori dalam sebuah komputer.

Dapat menentukan spesifikasi gadget

Tidak hanya itu saja, fungsi RAM juga dapat kamu gunakan untuk menentukan spesifikasi sebuah gadget. Ketika kamu memilih sebuah komputer baru atau gadget lainnya selain CPU, yang menjadi tolok ukur lainnya adalah RAM. Maka dari itu, sebaiknya kamu pilih RAM yang dapat menunjang kebutuhan penggunaan.

Contohnya saja bila kamu menggunakan smartphone atau gadget untuk harian, kamu bisa memilih kapasitas RAM yang tidak terlalu besar. Untuk komputer maupun gadget lainnya, RAM berukuran minimal 2GB sudah termasuk cukup untuk penggunaan sehari-hari. Baik itu untuk aplikasi dan game yang bersifat mendasar. Namun, jika kamu menggunakan untuk keperluan lainnya bisa tingkatkan kapasitas RAM tersebut agar prosesnya berjalan dengan baik.

Dapat diakses kapan saja

Berbeda dengan ROM, fungsi RAM sangatlah fleksibel. Bila dilihat dari segi penyimpanan memori, RAM dapat menyimpan banyak data secara acak. Sementara ROM hanya bisa menyimpan data-data internal saja. Dari sini bisa kita lihat kalau RAM lebih memiliki keunggulan. Dengan begitu kamu bisa menggunakannya kapan saja dan dimana saja. Namun, kamu juga perlu sesekali untuk mengecek kapasitas RAM tersebut apakah masih ada space ataukah sudah penuh.

Berperan vital dalam gaming dan desain

Bagi kamu yang gemar bermain game dan selalu memiliki tugas dengan aplikasi berbasis desain dan juga 3D, RAM berukuran cukup besar akan sangat penting dalam membantu proses yang ada. Mengingat kedua hal tersebut memiliki kapasitas ruang yang besar. Bayangkan saja jika aplikasi yang kamu gunakan berukuran besar sementara RAM yang digunakan tidak memadai atau ukurannya cukup kecil. Tentu ini akan berdampak pada kinerja komputer atau smartphone menjadi lebih lambat dari biasanya.

Kini, setelah kamu mengetahui fungsi RAM untuk komputer maupun smartphone penting pula buat kamu memperhatikan jenis dan ukuran RAM ketika memilihnya untuk mendukung kinerja gadget. Semoga bermanfaat!

Cloud Hosting Terbaik di Indonesia