Jeff Bezos merupakan pengusaha Amerika, pelopor e-commerce, dan pendiri toko online Amazon.com. Jeff juga pendiri Blue Origin, sebuah perusahaan yang bertujuan untuk membuat perjalanan ruang angkasa terjangkau bagi orang awam. Apapun yang sedang dikerjakan, ia selalu memprioritaskan pelanggannya. Sebagai seorang individu yang sangat cerdas, ultra-driven, dan sangat ambisius, Jeff Bezos terus berupaya mendorong pemanfaatkan terbaik dari teknologi modern. Tertarik mengetahui kisah suksesnya yang inspiratif?

Tertarik dengan bidang teknologi sejak kecil

Lahir di Albuquerque, New Mexico, Jeff dibesarkan dalam keluarga yang mempunyai peternakan. Meski tak berasal dari keluarga yang berhubungan erat dengan teknologi, namun sejak kecil Jeff telah menunjukkan ketertarikan yang besar terhadap bidang elektronik dan teknologi. Ketertarikan tersebut membuatnya lulus dengan predikat summa cum laude dari jurusan S1 Teknik Elektro dan Ilmu Komputer dari Universitas Princeton. Berkat prestasinya tersebut, Jeff bahkan mendapat penghargaan Phi Beta Kappa dan Tau Bea Pi.

Pernah bekerja di McDonald

Kesuksesan Jeff Bezos tak lepas dari perjuangan. Sebelum mendapatkan gelar sebagai orang terkaya nomor 1 di dunia dengan harta USD 120 miliar (setara Rp1.652 triliun), Jeff pernah bekerja di McDonald saat berusia 16 tahun. Bekerja sebagai juru masak di McDonald, Jeff belajar banyak hal. Salah satunya adalah bagaimana caranya melayani pelanggan. Sebagai pribadi cerdas, Jeff belajar banyak hal secara detail selama bekerja di sana, mulai dari cara membalikkan burger, perbaikan otomatisasi perusahaan, hingga saat yang tepat mengangkat kentang goreng.

Hal-hal yang ia pelajari selama bekerja di McDonald ia manfaatkan untuk usaha yang ia jalani sekarang. Jeff menyadari bahwa memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan adalah hal utama yang perlu diperhatikan dalam menjalankan usaha. Oleh karena itulah, ia menjadikan pelayanan sebagai prinsip utama Amazon. Jezz pun percaya bahwa setiap orang bisa belajar dari manapun dan apapun yang dikerjakan harus dilakukan dengan sungguh-sungguh. Dengan demikian, kamu dapat menyerap ilmu lebih cepat dan mampu mengaplikasikannya di kemudian hari.

Kehidupan setelah lulus dan berkarir

Sebagai salah satu pimpinan perusahaan teknologi tersukses saat ini, Jeff sebenarnya sejak kecil sudah memiliki ketertarikan yang besar terhadap bidang teknologi. Setelah lulus dari universitas, Jezz langsung mendapat tawaran pekerjaan yang baik dari perusahaan bonafit yang menawarkan gaji tinggi. Selama bekerja, Jeff juga sempat singgah di salah satu perusahaan pialang saham terkenal. Meski hanya seorang pekerja, ia bisa dibilang telah mendapat posisi yang menjanjikan.

Namun, ketertarikan Jeff terhadap dunia teknologi yang besar membuat posisi baik tersebut tidak lantas membuatnya pus. Usai keluar dari perusahaan investasi Bankers Trust, Jeff pulang ke kampung halamannya untuk mengembangkan bisnis teknologinya sendiri. Bermodal tabungan dan bantuan sang ibu, Jeff akhirnya mampu membangun kerajaan bisnis pribadinya. Pada tahun 1995, akhirnya Amazon.com lahir hingga berkembang besar seperti sekarang.

Ide membangun Amazon.com

Ketika Jeff Bezos mendirikan Amazon.com pada tahun 1994, jumlah pengecer online masih sangat sedikit. Pada Agustus 1994, The New York Times menerbitkan sebuah artikel yang dibuka dengan pertanyaan “Apakah Internet telah overhyped?”. Artikel tersebut berisi tentang keraguan terhadap figur yang menyebut bahwa pengguna web mencapai angka 20 juta orang, berspekulasi tentang konsekuensi bagi perusahaan yang telah menghabiskan uangnya untuk proyek online.

Berbeda dengan New York Times, Bezos optimis tentang potensi bisnis Internet. Ide bisnis yang muncul setelah Jeff berdiskusi dengan John Ingram of Ingram Book dan Keyur Patel ini selama dua bulan pertama berhasil menjual buku ke 50 negara bagian Amerika dan lebih dari 45 negara. Berhasil mencapai angka penjualn USD 20.000 per minggu, Amazon.com belum mencetak keuntungan lebih dari 4 tahun. Namun, berhasil mendapat keuntungan pertama pada tahun 2001 dengan pendapat USD 1 miliar dan kini menjadi salah satu perusahaan paling sukses di dunia.

Baca Juga: Mengenal Pendiri Microsoft, Bill Gates

Nah, itulah kisah sukses Jeff Bezon, pendiri Amazon.com yang inspiratif. Semoga informasi ini bisa menginspirasimu dan membantumu untuk lebih maju, ya!

Cloud Hosting Terbaik di Indonesia