Pasca merebaknya pandemi COVID-19, kita diminta untuk menjaga jarak dengan orang lain hingga tak keluar rumah, bahkan sempat tenar tagar #dirumahaja. Meski tak sedikit yang mengalami pemutusan hubungan kerja, tapi tak sedikit pula yang akhirnya memutuskan untuk memulai bisnis. Jika kamu adalah satu di antara mereka yang sedang memulai bisnis dan berniat untuk mempromosikan produk di Instagram, kamu perlu memahami bagaimana cara memaksimalkan penggunaan fitur Instagram Shopping melalui artikel ini.

Instagram Shopping?

Instagram adalah platform media sosial yang setidaknya digunakan oleh 1 miliar orang di seluruh dunia per bulannya. Menurut Hootsuite, Indonesia menempati peringkat ke-4 pengguna Instagram terbanyak, yakni mencapai 59 juta pengguna per kuartal ketiga di tahun 2019.

Masih dari penelitian yang sama, Hootsuite juga mencatat 200 juta pengguna Instagram setidaknya mengunjungi satu akun bisnis setiap harinya. Sudah menyadari sesuatu? Yap, ini adalah kesempatan emas bagi kamu yang ingin mempromosikan produk di Instagram. Apalagi, data dari TechCrunch menyebutkan bahwa penggunaan Instagram terlihat meningkat hingga lebih dari 40% sejak dimulainya pandemi.

Selain mempromosikan produk menggunakan Instagram atau Facebook Ads, fitur tak kalah penting yang bisa kamu manfaatkan adalah Instagram Shopping. Mungkin kamu pernah melihat beberapa akun bisnis di Instagram yang memajang foto produk sekaligus menambahkan price tag seperti para gambar berikut.

instagram shopping contoh

Syarat Menggunakan Instagram Shopping

Tidak sembarang akun bisnis Instagram dapat membuat Instagram Shopping. Oleh karena itu, ada beberapa persyaratan yang perlu kamu patuhi agar permintaanmu diterima oleh Instagram, yaitu:

  • Bisnismu harus berlokasi di Kanada, AS, Puerto Riko, Inggris, Prancis, Jerman, Italia, Spanyol, Swedia, Belanda, Swiss, Irlandia, Afrika Selatan, Belgia, Austria, Portugal, Polandia, Yunani, Siprus, Denmark, Republik Ceko, Rumania, Norwegia, Hongaria, Bulgaria, Kroasia, Finlandia, Latvia, Lituania, Slovenia, Luksemburg, Brasil, Argentina, Meksiko, Peru, Uruguay, Paraguay, Malta, Ekuador, Panama, Belize, Republik Dominika, Australia, Selandia Baru, Jepang, atau Korea. Tapi tenang, Instagram juga sedang mengembangkan kerja sama secara bertahap di Mesir, Israel, Turki, Algeria, Estonia, Guyana Prancis, Maroko, Reunion, Slovakia, Bolivia, Cile, Kolombia, Kosta Rika, Guatemala, Guadeloupe, Guyana, Martinik, Suriname, Hong Kong, India, Indonesia, Filipina, Singapura, Taiwan, Thailand, Malaysia, dan Mayott.
  • Akun Instagram harus diubah ke akun bisnis Instagram.
  • Akun bisnis Instagram milikmu harus menjual produk fisik, tujuannya adalah agar gambar produk dapat ditandai setelah mendapat izin tayang dari Instagram Shopping.
  • Akun bisnis tidak boleh mempunyai batasan negara atau usia.
  • Tentunya, akun bisnismu juga harus terhubung dengan katalog Facebook. Ketahui cara menghubungkan akun bisnis Instagram bisnis dengan katalog Facebook di bawah ini.
  • Tak lupa, kamu juga wajib mematuhi Kebijakan Perdagangan dari Facebook.

Cara Memasang Instagram Shopping

1. Buat katalog Facebook

  • Login atau buat akun Facebook baru di halaman Pengelola Bisnis Facebook.instagram shopping pengelola bisnis
  • Isi informasi yang diminta untuk membuat akun bisnis baru.instagram shopping daftar
  • Pilih Pengaturan Bisnis seperti pada gambar.instagram shopping pengaturan bisnis baru
  • Klik Sumber Data lalu pilih menu Katalog dan klik Tambahkan untuk membuat katalog baru seperti yang ditunjukkan oleh gambar.instagram shopping tambahkan katalog
  • Buat nama dan jenis produk dalam katalog, lalu klik Buat Katalog.instagram shopping buat katalog
  • Tentukan siapa yang akan mendapatkan akses standar atau akses admin untuk katalog ini, jika belum ada, kamu bisa memilih dirimu sendiri. Pastikan orang yang akan mengurus bisnis ini setidaknya sudah mempunyai akun Facebook. Jika sudah, klik Tetapkan.instagram shopping tetapkan
  • Saat ini, katalogmu masih kosong. Agar dapat menghubungkan ke akun bisnis Instagram dan mengaktifkan Instagram Shopping, kamu harus mengisi katalogmu terlebih dulu dengan mengklik “Buka di Pengelola Katalog” seperti ditunjukkan oleh gambar.instagram shopping katalog kosong
  • Pilih “Saluran” pada menu di sebelah kiri, lalu Klik “Tambahkan Produk”.instagram shopping saluran tambah produk
  • Pilih “Tambahkan Secara Manual”. Kecuali jika kamu sudah menambahkan Facebook Pixel di website-mu, maka kamu dapat memilih “Gunakan Pixel”, lalu klik Selanjutnya.instagram shopping tambah manual
  • Isi informasi produk yang diperlukan. Jika belum mempunyai tautan untuk disertakan ke kolom “Tautan situs web”, kamu bisa membuat website untuk brand-mu atau membuat akun di website marketplace terlebih dulu. Jika sudah, klik Tambahkan Produk.
    instagram shopping new product
  • Selesai! Katalogmu sudah jadi dan dapat dihubungkan ke akun bisnis Instagram.

2. Di akun bisnis Instagram (proses ini dilakukan melalui aplikasi Instagram for mobile)

  • Klik Business di pengaturan.
    instagram shopping business settings
  • Pilih Sign Up for Shopping
    instagram shopping sign up shopping
  • Ikuti langkah-langkah yang diminta, seperti menghubungkan akun ke Facebook, membuat halaman baru di Facebook, dan menghubungkan Instagram dengan katalog Facebook yang telah kamu buat sebelumnya. Ada beberapa website dan plugin e-commerce lain yang bisa kamu gunakan selain katalog Facebook, seperti Shopify yang seringkali dipilih karena mudah digunakan. Namun, jika tak mau repot membuat akun e-commerce, kamu tetap dapat memilih Facebook Catalog Manager, lalu klik “Check for Catalog”.
    instagram shopping sign up processes
  • Jika tak ada masalah, seharusnya akun Instagrammu sudah dalam pengamatan Instagram dan kamu hanya perlu menunggu hingga diizinkan membuat Instagram Shopping.
    instagram shopping waiting for approval

3. Jika masih bingung…

Kalau kamu masih kebingungan menghubungkan akun bisnis Instagram dengan katalog Facebook, mungkin kamu dapat mengunjungi halaman Pengelola Katalog yang dapat diakses dengan cara berikut:

  • Pilih Pengaturan Bisnis di sebelah kanan atas beranda Pengelola Bisnis.
    instagram shopping pengaturan bisnis baru
  • Klik Sumber Data, lalu Katalog, dan pilih “Buka di Pengelola Katalog” seperti ditunjukkan oleh gambar.
    instagram shopping katalog kosong
  • Pilih “Saluran” pada menu di sebelah kiri, lalu Klik “Hubungkan Profil” seperti pada gambar.
    instagram shopping hubungkan profil
  • Setelah itu klik tanda “+” dan login ke akun bisnis Instagrammu. Semoga berhasil!

Setelah Instagram Shopping Terkonfirmasi

Jika pihak Instagram telah menerima permintaanmu untuk membuat Instagram Shopping, inilah saatnya mengaktifkan Instagram Shopping dan menambahkan katalog produk.

  • Tambahkan foto baru seperti biasa, tapi gunakan gambar yang berisi produkmu, lalu edit gambar, tulis keterangan hingga tambahkan tagar, sesuaikan dengan keinginanmu
    instagram shopping accepted
  • Klik “Tag Produk” dan tambahkan produk sesuai produk di gambar, dari katalog yang telah kamu buat di Facebook atau aplikasi e-commerce lain yang telah bermitra dengan Facebook. Agar tidak berlebihan hingga menjadi spam, saat ini Instagram membatasi tag hanya sampai 5 produk saja, pertimbangkan baik-baik, ya.
  • Jika sudah selesai, segera klik Share atau Bagikan dan jangan lupa untuk terus melakukan promosi, semoga berhasil!

Tips tambahan: Jika kesulitan memikirkan ide untuk mengembangkan iklan, kamu bisa mengunjungi halaman tips Instagram Bisnis.

Simpulan

Meski kamu harus mempelajari cara memasang hingga mengutak atik Instagram Shopping terlebih dulu, namun semuanya itu setimpal dengan hasil yang akan kamu dapatkan nantinya. Selain menggunakan Instagram Shopping, kamu juga bisa mempromosikan produk menggunakan Facebook/Instagram Ads yang bisa kamu pelajari dari artikel Tutorial Lengkap Cara Membuat Iklan di Facebook.

Bisnis yang dapat dipercaya alias kredibel adalah bisnis yang mempunyai identitas yang jelas. Tak hanya untuk memperkuat nama brand, kamu juga bisa mendapatkan pelanggan yang loyal. Langkah terpenting yang perlu kamu lakukan adalah dengan membuat akun media sosial di banyak platform dan menggunakan website sebagai toko online utama yang bisa kamu desain sedemikian rupa sesuai keinginanmu.

Tapi, ketika membuat website, pastikan website-mu cepat dan aman agar selalu bisa diandalkan oleh para pelanggan dan kamu pun tak perlu khawatir lagi. Psst, pastikan juga hosting yang kamu gunakan mempunyai customer support yang siap membantu selama 24 jam setiap hari, ya. Selamat mencoba!

Daftar dan tonton webinar Dewatalks