Strategi Internet Marketing: Bangun Website yang Fleksibel

Strategi Internet Marketing: Bangun Website yang Fleksibel

Internet marketing adalah jenis strategi marketing yang dapat dilakukan dengan memanfaatkan media internet. Dulu, pemasaran dilakukan secara konvensional dan memanfaatkan media elektronik maupun cetak.

Namun seiring berkembangnya zaman, para pebisnis mulai memanfaatkan internet marketing. Pemasaran internet dipercaya dapat menjangkau pasar atau target yang lebih luas secara online.

Kendati demikian, pemanfaat pemasaran internet ini ada baiknya diikuti dengan beberapa strategi, mulai dari membangun branding yang kuat, melakukan kolaborasi dengan KOL atau brand, dan lain sebagainya.

Ingin tahu lebih lanjut strategi internet marketing? Yuk, simak penjelasan lebih lengkapnya pada artikel di bawah ini.

Baca Juga: Apa itu Social Media Marketing? Simak Panduan Lengkapnya di sini!

Apa itu Internet Marketing?

Internet marketing adalah salah satu jenis strategi pemasaran yang dilakukan dengan media internet melalui berbagai platform secara online. Beberapa media yang sering dipakai dalam internet marketing adalah website, email, blog, mesin pencari, dan media sosial.

Pemasaran internet dapat diartikan sebagai online marketing, yakni adalah upaya pemasaran yang dilakukan secara online dengan pemanfaatan teknologi digital. Sebenarnya, internet marketing memiliki prinsip pemasaran yang tidak jauh berbeda dengan metode konvensional, yakni bertujuan menjangkau konsumen yang lebih banyak.

Internet marketing ini kerap disamakan dengan digital marketing. Namun perlu diketahui, kedua istilah ini memiliki makna yang berbeda. Lantas, apa perbedaan internet marketing dan digital marketing?

Sebagai informasi, internet marketing hanya bisa dilakukan melalui internet contohnya seperti SEO, SEM, dan Social Media Marketing. Sementara itu, digital marketing bisa dilakukan tanpa internet seperti iklan di televisi dan billboard elektronik.

Baca Juga: Panduan Belajar Digital Marketing Dari Nol [Lengkap]

Manfaat Internet Marketing

Itu tadi penjelasan tentang pengertian internet marketing, kali ini Dewaweb akan membahas manfaat dari strategi pemasaran lewat internet ini. Beberapa manfaat internet pemasaran, di antaranya:

1. Bisa menjangkau pasar lebih luas

Manfaat internet marketing yang pertama adalah mampu menjangkan konsumen yang lebih luas. Seperti yang diketahui, internet memiliki jangkauan yang tidak terbatas. Dengan bantuan media internet, strategi pemasaran dapat mencakup pelanggan secara global, sehingga membuka peluang profit yang lebih tinggi.

2. Relatif lebih hemat biaya

Menjalankan strategi internet marketing membutuhkan modal yang relatif lebih kecil bila dibandingkan dengan pemasaran secara konvensional. Seperti yang diketahui, melakukan pemasaran secara konvensional membutuhkan biaya yang mahal untuk bisa promosi di televisi, radio, ataupun dalam bentuk banner/baliho.

3. Aktivitas pemasaran dan performa lebih mudah diukur

Salah satu manfaat strategi pemasaran internet adalah dapat diukur efektivitasnya. Setiap tool yang digunakan untuk menjalankan strategi marketing biasanya dilengkapi dengan fitur analitik yang bekerja secara otomatis sehingga pelaporan menjadi lebih mudah.

Dengan analitik, performa aktivitas pemasaran dapat dipantau dengan berbagai metrik, seperti CTR (click through rate), viewsimpressions, dan sebagainya.

Baca Juga: Apa Itu Hashtag? Cara Kerja, Contoh dan Manfaatnya untuk Promosi

Strategi Internet Marketing yang Jitu

Supaya kamu sukses dalam menjalankan internet marketing ini, ada beberapa strategi rahasia yang perlu kamu coba. Apa saja? Berikut strategi internet marketing yang dapat diterapkan.

1. Bangun Website yang Mudah Diakses

Membangun online presence adalah hal yang penting bagi bisnis di era digital. Mulailah dengan membuat website bisnis untuk menciptakan visibilitas dan brand awareness. Situs web dapat dibuat sesuai kebutuhan bisnis, sebab website lebih fleksibel dari sarana pemasaran lainnya.

Ketika konsumen memutuskan untuk mengakses website kamu, maka sebaiknya konsumen bisa mendapat arah paling mudah dan jelas. Baik itu untuk mengakses halaman tertentu, atau untuk melihat konten dan produk apa saja yang dimiliki.

Website yang mudah diakses ini juga berarti secara visual tak dipenuhi oleh iklan yang justru akan membuat konsumen bingung dan hilang arah pada setiap klik.

Buat tampilan yang jelas untuk konsumen, yang pastinya tak akan membuat mereka “tersesat” di website atau blog kamu. Hal yang sama dengan landing page, di sini pun pengunjung (yang nantinya semoga menjadi customer) bisa dengan mudah mengakses segala yang mereka inginkan atau mendapatkan informasi yang mereka butuhkan.

2. Konten yang menarik

Setidaknya sampai saat ini konten adalah hal penting dan banyak dilakukan dalam melakukan pemasaran internet. Maka dari itu, sebaiknya kamu perlu membuat konten yang menarik pada waktu-waktu tertentu. Konten ini bisa berupa video, foto, maupun tulisan menarik mengenai produk atau bisnis kamu di website.

Meski begitu, ada hal yang perlu diperhatikan saat membuat konten. Misalnya untuk tulisan, kamu perlu memperhatikan kata kunci. Begitu juga dengan postingan foto, perhatikanlah caption atau hashtag yang sering digunakan. Sementara untuk video, agar makin menarik kamu bisa menggunakan influencer untuk meningkatkan ‘daya jual’ bisnis.

Baca Juga: 4 Strategi dalam Melakukan Social Media Marketing

3. Gunakan email marketing

Beberapa orang banyak yang bilang  jika strategi email marketing adalah cara yang kuno dalam pemasaran internet. Namun jangan salah, teknik seperti ini nyatanya dipercaya untuk digunakan dan tetap efektif hingga sekarang.

Calon konsumen baru maupun konsumen setia yang bersedia menerima informasi mengenai bisnis lewat email adalah pangsa pasar yang menjanjikan.

Email marketing mampu meningkatkan awareness maupun engagement konsumen tersebut untuk menggunakan produk kamu. Oleh karena itu, kamu bisa menggunakan strategi email blast yang tersusun dan terencana. Lakukan pengiriman email mengenai tawaran dan promo menarik secara berkala.

Baca Juga: Intip 5 Contoh Newsletter Ini untuk Inspirasi Email Marketingmu

4. Mobile friendly

Internet saat ini memang menjadi salah satu kebutuhan pokok bagi setiap orang. Hampir setiap hari atau setiap waktu kita mengaksesnya. Beberapa tahun belakangan terjadi perubahan dalam mencari informasi internet. Jika sebelumnya, kebanyakan orang menggunakan laptop atau PC kini mulai bergeser ke smartphone.

Hal tersebut memang dipengaruhi oleh meningkatnya pengguna smartphone. Data dari survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) menyebutkan pengguna smartphone di Indonesia mencapai sekitar 70,96 persen.

Tentu ini merupakan peluang besar bagi pelaku internet marketing dalam menunjang kesuksesan bisnis. Kamu bisa membuat aplikasi, pemasaran, atau website yang bisa diakses melalui smartphone (mobile friendly) ini untuk menaring calon konsumen baru yang potensial.

Baca Juga: 11 Aplikasi Bisnis Online yang Kamu Butuhkan untuk Jalani Usaha

5. Gunakan strategi omnichannel

Strategi omnichannel adalah salah satu tren dalam dunia pemasaran internet yang diprediksi akan menjadi tren di masa depan.

Sebenarnya, strategi ini bisa diartikan sebagai model bisnis lintas channel yang diterapkan perusahaan untuk meningkatkan kenyamanan konsumen.

Dalam melakukan strategi ini kamu perlu memasarkan produk di sebuah website, hingga media sosial bisnis. Selain itu, tawarkan pula kemudahan dalam transaksi dan pengiriman, di sinilah kamu bisa bekerja sama dengan perusahaan ekspedisi untuk menekan pengeluaran.

Strategi omnichannel memiliki keunggulan dalam dunia pemasaran internet. Salah satunya ialah dari segi pemasaran maupun penjualan dapat terintegrasi dengan baik dan tanpa putus.

Maka tidak mengherankan bila strategi ini mampu meningkatkan engagement kepada konsumen sebesar 89 persen dalam penelitian yang dilakukan oleh Invespcro.

Baca juga: 3 Strategi Marketing untuk Meningkatkan Trafik Web & Blog

6. Bangun branding yang kuat

Coba kamu telaah kembali, dari mana orang mengenal bisnis kamu? Apa yang membuat bisnismu beda dari lainnya?

Dalam dunia pemasaran internet, diperlukan adanya branding untuk menjawab pertanyaan tersebut. Branding sendiri tidak lain adalah sebuah usaha yang kamu lakukan untuk mengenalkan bisnis kepada dunia luar. Terlebih dalam internet marketing, persaingan bisnis pun sangat ketat.

Penting bagi kamu untuk membangun branding yang menarik melalui media sosial atau website. Satu hal yang perlu dalam melakukan branding adalah tonjolkan keunggulan bisnis.

Selain itu, kamu sebaiknya jangan menjatuhkan kompetitor dengan tuduhan negatif, karena sekali hal ini terjadi maka reputasi bisnismu akan dipandang sebelah mata bahkan justru menjatuhkan bisnismu sendiri.

7. Ikuti trend yang ada di social media

Strategi internet marketing yang selanjutnya adalah mengikuti trend yang ada di sosial media. Dengan begitu, kamu dapat membantu meningkatkan awareness atau publikasi bisnis secara organik.

Kamu bisa membuat akun-akun di sosial media yang paling banyak digunakan oleh target audiens, atau bisa juga melakukan a/b testing terkait social media mana yang paling pas untuk digunakan dalam mempromosikan bisnis.

8. Lakukan boost iklan

Perlu diketahui, iklan menjadi salah satu cara terbaik untuk menjangkau lebih banyak audiens yang terarah. Kamu bisa menggunakan platform iklan apapun, seperti Facebook ads, LinkedIn Ads, Twitter Ads, hingga Search Engine Ads (Google Ads, Yahoo Ads, dsb).

Sebelum melakukan boost iklan, ada baiknya mengetahui objektif dari boost yang  dilakukan. Setelah mengetahui objektif, gunakan konten yang sesuai terhadap objektif tersebut, karena tidak semua boost akan berujung ke konversi pembelian.

9. Kolaborasi dengan brand atau KOL

Cara terbaik dalam menjaring target audiens adalah dengan melakukan kolaborasi dengan bisnis atau influencer yang memiliki kemiripan niche dengan produk/jasa kamu.

Sebagai contoh, beauty influencer akan cocok jika digunakan untuk memasarkan produk kecantikan dan kebugaran, ketimbang penggunaan jasa MUA atau Make Up Artist. Itu sebabnya, kamu perlu melakukan riset terlebih dahulu dalam memilih KOL atau brand yang akan diajak kerjasama.

10. Menggunakan database marketing

Database marketing adalah melakukan strategi pemasaran dengan database yang kita miliki, bisa berupa alamat email atau nomor telepon/WA. Data di sini adalah data yang kita peroleh secara organik, bukan dari membeli di pihak ketiga.

Database marketing cukup efektif digunakan sebagai retargeting audience, mengingat database ini berisi orang-orang yang sudah pernah menggunakan produk/jasa kamu.

Simpulan

Demikian pengertian apa itu internet marketing yang bisa Dewaweb berikan. Internet marketing adalah strategi pemasaran yang dilakukan melalui media online.

Ingat, selain rahasia di atas dalam menunjang kesuksesan internet marketing bisnis kamu diperlukan pula web hosting terbaik. Hal ini agar bisnis tetap berjalan lancar dan kendala-kendala yang berkaitan dengan permasalahan internet kamu bisa teratasi.

Nah, bagi kamu yang ingin mempelajari lebih lanjut tentang internet marketing dan bagaimana cara kerjanya untuk mempromosikan produk yang dimiliki, kamu bisa berkonsultasi langsung dengan Turnbacklink untuk membahas strategi marketing seperti apa yang dapat dilakukan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.