iThemes Security: Plugin Keamanan Website dari WordPress

Menjaga keamanan website adalah salah satu hal paling penting bagi Anda pemilik website. Di luar sana, ada banyak software dan plugin yang bisa digunakan untuk melindungi website Anda. Di artikel kali ini, kami ingin membahas salah satu plugin keamanan terbaik untuk website WordPress, iThemes Security.

iThemes Security: Plugin Keamanan WordPress

iThemes Security Keamanan WordPress Dewaweb

iThemes Security adalah sebuah plugin keamanan WordPress yang dibuat oleh Cory Miller dan merupakan bagian dari brand iThemes yang dikembangkan untuk membantu web designer membuat tema WordPress. iThemes kemudian memperluas bisnis mereka dengan membuat plugin untuk security dan membantu jutaan orang yang menggunakan WordPress.

WordPress adalah salah satu content management system (CMS) yang paling banyak digunakan di dunia. Bagi Anda yang sedang ingin membuat website, membuat website dengan WordPress adalah salah satu cara paling mudah. Tetapi, kalau untuk urusan keamanan, ada baiknya Anda menambahkan perlindungan tambahan agar website WordPress Anda tidak dimudah untuk dihack. Disinilah plugin seperti iThemes Security bekerja.

Menginstall plugin ini di website Anda dapat membantu Anda menjaga keamanan website. iThemes Security sendiri memiliki berbagai fitur yang didesain khusus untuk membantu menjaga keamanan agar tidak mudah di-hack. Selain itu, UI yang mudah digunakan juga menjadi salah satu factor mengapa banyak orang memilih menggunakan plugin keamanan yang satu ini untuk website WordPress mereka.

Kelebihan iThemes Security

Berikut ini adalah beberapa kelebihan plugin keamanan website WordPress ini:

  • Mudah digunakan. Setelah instalasi, setting default iThemes Security sudah memberikan level terbaik dalam security tanpa perlu Anda konfigurasi. Tetapi tentu Anda tetap bisa melakukan konfigurasi.
  • Berbagai level keamanan. Plugin ini menawarkan berbagai level keamanan untuk melindungi website Anda.
  • Fitur saran password. Plugin ini bisa membantu Anda memilih password yang kuat untuk melindungi akun Anda.

Bagaimana? Apakah Anda sudah tertarik dengan iThemes Security? Nah, ada kabar baik nih. Untuk Anda yang membeli paket hosting warrior ke atas di Dewaweb, Anda akan mendapatkan iThemes Security Pro dengan gratis!

Fitur – Fitur iThemes Security

iThemes Security sendiri tersedia dalam dua versi, versi gratis dan pro yang merupakan versi premium dari plugin ini.

Fitur Utama iThemes Security

Mungkin Anda ingin tahu dulu ada fitur apa saja di iThemes Security. Berikut ini adalah fitur-fitur yang bisa Anda dapatkan:

  • Basic security check untuk mengecek kerentanan website
  • Blacklist IP address dan user yang sudah di-ban untuk menghentikan hacking bots
  • Backups and database syncing tools untuk menjaga memori data website
  • Deteksi hacking
  • Deteksi perubahan file
  • Deteksi 404 dan eksploitasi untuk menghentikan hacker
  • Konfigurasi password untuk membuat password yang lebih aman
  • SSL dan system tweaking untuk meningkatkan performance website

Untuk versi pro, Anda juga akan mendapatkan fitur-fitur berikut:

  • Scan malware untuk memastikan bahwa tidak ada kode malware yang masuk ke website Anda
  • Two-factor authentication untuk meningkatkan keamanan akun Anda
  • Version management untuk melihat apakah ada perubahan dalam files Anda
  • Import dan export tools untuk menyalin setting security dari satu website ke website lainnya
  • Integrasi reCAPTCHA untuk menghentikan bots mengirim email ke Anda atau login ke website Anda
  • User security checking tools untuk user management yang lebih efektif

Cara Menginstall iThemes Security

Sebelum Anda menginstall pluginnya, ada baiknya Anda melakukan backup website. Kadang-kadang iThemes Security melakukan perubahan database dan meskipun bisa dibilang jarang, lebih baik berjaga-jaga bukan daripada kehilangan data.

Lakukan backup WordPress dengan menggunakan tool backup. Anda bisa membaca artikel kami tentang plugin backup terbaik untuk WordPress.

  • Login ke dashboard WordPress Anda dan masuk ke Plugins
  • Pilih Add New dan ketik iThemes Security di box yang disediakan

instalasi ithemes dewaweb

  • Klik Install dan kemudian klik Activate untuk mengaktivasikan plugin

Konfigurasi iThemes Security

Setelah Anda selesai mendownload dan menginstall iThemes. Anda akan melihat iThemes Security di bagian kiri menu Anda.

iThemes konfigurasi dewaweb

Anda akan diminta untuk mengaktifkan hal-hal yang disebutkan di atas. Anda kami sarankan untuk memasukkan email untuk mengaktifkan pilihan ini. Ini gratis dan Anda hanya membutuhkan email saja. Anda hanya perlu mengklik pilihan Secure Site dan iThemes Security akan mengaktifkannya secara otomatis.

konfigurasi ithemes dewawebSetelah selesai, Anda akan melihat halaman seperti di atas. Anda bisa melihat bahwa mereka memberikan rekomendasi perubahan yang perlu Anda lakukan. Jika Anda ingin melakukannya, Anda bisa tinggal klik tombol “Enable”.

Dashboard iThemes Security

Setelah Anda selesai melakukan setup awal dan pemeriksaan keamanan, Anda akan melihat dashboard iThemes Security. Ada banyak hal yang perlu dilakukan disini, tapi Anda tidak perlu takut. Setiap section memberi deskripsi singkat dan setting default. Anda bisa mengatur semuanya secara default sebelum Anda melakukan konfigurasi secara manual.

Ada banyak hal yang perlu diperiksa, tetapi tidak ada salahnya Anda membaca satu persatu. Dengan begini, Anda akan mengerti cara kerja plugin dengan lebih baik dan melihat apakah setting default bekerja untuk website Anda.

Setting default plugin ini sendiri bisa dibilang sudah sangat cukup jadi jika Anda belum terlalu mahir dalam pengaturan keamanan website, Anda tidak perlu khawatir.

Amankan Website Anda Dengan iThemes Security

Secara keseluruhan, iThemes Security adalah salah satu plugin keamanan terbaik untuk WordPress. Versi gratisnya sendiri juga sudah memiliki fitur-fitur keamanan yang cukup baik tetapi versi pro tentunya akan memberikan keamanan di level tertinggi. Interface-nya juga mudah untuk dinavigasi sehingga Anda bisa dengan mudah mengatur keamanan website.

Cloud Hosting Terbaik di Indonesia