dewaweb-blog-siapa-jack-ma

Akhir-akhir ini, nama billioner satu ini digaungkan di mana-mana, terutama di kalangan pebisnis. Jack Ma memang selalu menarik perhatian orang-orang. Siapa sebenarnya dia dan bagaimana kisahnya hingga sesukses dan seterkenal sekarang? Mari simak biografi Jack Ma berikut!

Siapa Jack Ma?

Jack Ma adalah pebisnis ternama beretnis Tionghoa yang mendirikan Alibaba Group. Pada tahun 2015, Jack Ma masuk ke daftar media bisnis Forbes dengan titel biliuner dunia yang berpengaruh. Tentunya ia masuk dalam jajaran orang terkaya di China.

Apa itu Alibaba?

Alibaba sendiri merupakan perusahaan e-commerce raksasa di Hong Kong, namun kini sudah banyak mengakuisisi bisnis terkait lainnya di belahan dunia lain.

Kisah Jack Ma

Jack Ma sebenarnya bernama asli Ma Yun. Ia dilahirkan pada tanggal 15 Oktober 1964, di Hangzhou, yang terletak di wilayah tenggara dari China. Ma punya abang laki-laki dan seorang adik perempuan. Dia dengan saudara-saudaranya tumbuh pada saat komunis di China sedang sangat terisolasi dari dunia barat dan kala itu keluarganya tidak punya banyak uang.

Di tahun 1972, Presiden Nixon sempat mengunjungi Hangzhou. Setelah itu, kampung halaman Ma menjadi kiblat dari para turis. Sebagai seorang remaja kreatif yang berjiwa bisnis, Ma menjalankan harinya dengan bangun pagi-pagi untuk mengunjungi hotel utama yang ada di kota itu. Kemudian dia menawarkan guide tour buat turis-turis dengan upah pelajaran bahasa Inggris. Nama panggilan “Jack” akhirnya melekat padanya, hasil pemberian dari seorang turis yang akhirnya berteman akrab dengannya.

Tak seperti anak-anak orang kaya, tanpa uang atau koneksi, satu-satunya cara Ma supaya bisa maju adalah lewat pendidikan. Setelah SMA, dia mendaftar buat kuliah tetapi dia gagal ujian masuk sampai dua kali. Setelah banyak-banyak belajar, dia akhirnya lulus pada percobaan yang ketiga, kemudian melanjutkan studinya di Hangzhou Teachers Institute. Dia bisa lulus pada tahun 1988 dan mulai coba-coba melamar pekerjaan sebanyak mungkin.

Ia ternyata harus menerima lebih dari selusin penolakan, termasuk dari restoran KFC setempat. Akhirnya Ma dipekerjakan sebagai guru bahasa Inggris. Ma memanglah pengajar yang natural, ia disukai oleh murid-muridnya dan ia sangat mencintai pekerjaannya walaupun gajinya tergolong kecil. Ma cuma menghasilkan 12 $ sebulan di suatu universitas lokal, tempat ia mengajar.

Ma sebenarnya tidak punya pengalaman dengan komputer atau bahkan coding, tetapi ia sangat tertarik dengan dunia internet ketika ia bisa menggunakannya untuk pertama kalinya selama perjalanan ke Amerika di tahun 1995. Ia baru saja memulai bisnis penerjemahan dan waktu itu sedang melakukan perjalanan untuk membantu suatu perusahaan China pulih. Pencarian online pertama Ma adalah “bir,” tetapi dia sangat terkejut menemukan bahwa tidak ada bir Cina yang muncul dalam hasil pencarian di internet. Saat itulah ia memutuskan untuk mendirikan perusahaan internet buat negaranya China.

Tak lama setelahnya, layanan internet ini mulai menarik perhatian banyak pengguna dari seluruh dunia. Pada bulan Oktober di tahun 1999, perusahaan Ma berhasil kumpulkan 5 $ juta dari Goldman Sachs dan juga sebesar 20 $ juta dari SoftBank. SoftBank ini merupakan perusahaan telekomunikasi Jepang yang suka berinvestasi bagi perusahaan teknologi.

Di tahun 2005, Yahoo pun ikut menginvestasikan 1 $ miliar buat Alibaba untuk ditukarkan dengan sekitar 40% saham perusahaan. Jumlah ini sangat besar untuk Alibaba yang pada saat itu lagi mencoba kalahkan bisnis eBay di China. Akhirnya keputusan Yahoo ini menjadi kemenangan besar bagi Yahoo juga karena berhasil hasilkan 10 $ miliar untuk IPO Alibaba.

Alibaba akhirnya go public pada tanggal 19 September 2014. “Hari ini yang kami dapatkan bukan uang. Yang kami dapatkan adalah kepercayaan dari orang-orang,” Ujar Ma kala itu kepada jurnalis CNBC.

IPO senilai 150 $ miliar ini adalah penawaran terbesar buat perusahaan yang terdaftar di Amerika sepanjang sejarah Bursa Efek di New York. Itulah juga menjadikan Ma orang terkaya di negara asalnya China, dengan estimasi value 25 $  miliar.

Kata Bijak Jack Ma

Jack punya banyak sesi sharing yang bisa menginspirasi Anda yang ingin sesukses dia. Berikut adalah salah satunya!

Apakah Anda sudah siap bekerja keras dan meraih kesuksesan Anda seperti Jack Ma? Semoga berhasil ya, jangan mudah menyerah!

Artikel ini merupakan komitmen kami sebagai provider hosting profesional yang ingin membantu kesuksesan Anda di era digital. Jangan lupa subscribe dan dapatkan berbagai konten menarik seputar pengembangan bisnis dan website.

Cloud Hosting Terbaik di Indonesia