15 Jenis Blog Paling Laris yang Dapat Menghasilkan Uang

15 Jenis Blog Paling Laris yang Dapat Menghasilkan Uang

Blogging menjadi salah satu kegiatan yang banyak diminati orang ketika berselancar di dunia maya. Pasalnya, selain penyalur hobi, orang juga bisa menghasilkan uang lewat blog. Banyak jenis blog yang saat ini dapat kamu temukan di internet.

Setiap blog memiliki topik bahasan yang menjadi tema untuk menarik pengunjung. Sayangnya, tak semua topik diminati pengunjung dalam waktu lama. Namun, ada pula yang mampu konsisten mendatangkan pengunjung.

Baca Juga: Alasan Memulai Blogging dan Tips Membuat Blog untuk Pemula

Masih bingung menentukan topik untuk blogmu? Jangan khawatir! Berikut ini Dewaweb berikan daftar jenis-jenis blog yang sering dikunjungi untuk dapat menghasilkan uang. Cek macam-macam blog di bawah ini ya!

Jenis blog

1. Tutorial

Blog tutorial jadi salah satu yang banyak dikunjungi orang. Tutorial merupakan salah satu topik yang akan selalu dibutuhkan orang dan informasinya akan selalu relevan — jenis konten seperti ini biasa disebut dengan konten evergreen.

Jenis blog tutorial memiliki potensi lebih besar untuk mendapatkan traffic yang lebih banyak, tergantung topik yang dibahas. Maka dari itu banyak perusahaan yang membuat blog tutorial pada website-nya. Salah satu contohnya, blog Dewaweb yang konsisten dalam menampilkan artikel tutorial seputar bisnis, digital, dan internet marketing.

Jenis blog-Tutorial blog

2. Review

Mungkin kamu sering mencari ulasan produk di internet sebelum membeli sesuatu. Nah, kamu bisa memanfaatkan ini untuk inspirasi topik blog-mu. Saat ini banyak orang menggunakan internet sebagai sumber informasi, salah satunya mencari ulasan produk. Dampaknya, berbagai artikel yang terkait topik review produk menjadi banjir pengunjung.

Kamu bisa mulai menulis review produk-produk yang pernah kamu coba. Supaya lebih menarik, usahakan tulis ulasan secara mendetail dan dilengkapi foto atau video singkat produk tersebut. Selain review produk, kamu juga bisa menulis tentang ulasan film atau hal-hal lainnya yang kamu minati.

3. Software dan Website

Software dan website juga bisa menjadi topik yang evergreen. Perkembangan dunia internet membuat banyak orang mencari informasi yang membahas seputar teknologi dan pengaplikasiannya. Oleh karena itu topik ini seringkali mendapatkan pencarian yang sangat banyak.

Blog seperti ini biasanya diisi dengan daftar produk-produk, seperti “20 Template Blogger Gratis”, “10 Situs untuk Download Image“, “7 Website untuk Belajar Pemrograman Web“, dan lain-lain.

Baca Juga: Daftar Ide Topik Blog Populer dan Unik serta Tools untuk Membantu

4. Travel blog

Sering bepergian ke luar kota atau bahkan mancanegara? Hobi jalan-jalanmu ini juga bisa dijadikan topik blog lho! Popularitas travel blog cukup besar di kalangan masyarakat. Ceritakan pengalaman mengunjungi suatu tempat dengan gaya bahasamu sendiri.

Kamu juga bisa melengkapinya dengan foto-foto dan video saat melakukan perjalanan. Kontenmu pasti jadi terlihat lebih menarik di mata pengunjung. Seperti pada blog Lostpacker.

Jenis blog-Travel blogSelain cerita perjalanan, kamu juga bisa berikan informasi bermanfaat mengenai travelling. Info rekomendasi objek wisata menarik, atau akomodasi yang memudahkan pengunjung juga bisa jadi bahasan. Contohnya, ‘Rekomendasi 8 Objek Wisata di Pangandaran’ atau ‘Daftar 10 Tempat di Bromo yang Instagramable’.

5. Fotografi

Bagi kamu penggemar fotografi, blog jenis ini wajib jadi pertimbangan. Konsepnya memang cukup sederhana, kamu cukup membagikan foto-foto hasil jepretanmu ke dalam blog. Selain untuk memamerkan hasil foto-foto yang ciamik, blog juga bisa jadi online portfolio-mu sendiri loh!

Kamu juga bisa sharing pembahasan seputar kamera, lensa, atau tips-tips pemotretan. Blog dengan topik spesifik seperti ini biasanya dapat menggaet interaksi dalam satu komunitas yang sama.

Memang sebagian besar fotografer saat ini sudah beralih ke Instagram sebagai lapak online mereka. Tetapi dengan blog milik sendiri, kamu akan lebih leluasa dalam mengatur tampilan dan layout foto-foto terbaikmu. Selain itu, kamu juga akan terlihat lebih professional dengan memiliki website sendiri.

6. Kuliner

Kuliner juga bisa jadi topik pilihan dalam blog. Topik kuliner dikenal memiliki banyak peminat, baik di tanah air maupun mancanegara. Sajikan info mengenai perkulineran di Nusantara, jenis masakan atau ulasan restoran favorit yang sering dikunjungi. Atau kalau kamu juga hobi memasak, kamu dapat membagikan resep masakan yang jadi andalanmu melalui blog kuliner.

Berikan rekomendasi tempat-tempat makan yang menjadi hidden gems bagi para pengunjung. Tuangkan pengalaman kulineranmu ke dalam artikel blog dan jangan lupa sisipkan foto-foto makanan dan tempat kuliner favorit yang pernah dikunjungi. Contohnya bisa kamu lihat di anakjajan.com.

Jenis blog-Food blog

Baca Juga: Cara Membuat Blog di WordPress, Gratis dan Praktis!

7. Berkebun

Kegiatan berkebun juga terlihat akan menjadi topik yang selalu hangat di kalangan masyarakat. Hobi berkebun menjadi favorit banyak orang terutama yang tinggal di perkotaan. Masyarakat perkotaan banyak mencari informasi mengenai hal-hal berkebun dari internet. Ini bisa jadi peluang besar untuk blog-mu.

Banyak yang bisa dibahas seputar gardening, mulai dari tips merawat tanaman, tutorial menanam, hingga memanfaatkan lahan sempit untuk berkebun.

8. Musik

Musik selalu menjadi hiburan tersendiri bagi para penikmatnya. Blog tentang musik bisa jadi inspirasi topik menarik dengan niche hobi. Meski saat ini blogger musik belum sepopuler blogger lainnya —seperti food dan travel blogger— tak menutup kemungkinan pamornya akan semakin naik mengingat perkembangan musisi yang ada di tanah air saat ini.

Bagikan informasi apa saja tentang musik, musisi favorit, playlist lagu yang sering didengarkan, lirik lagu. Atau bahkan bagi yang hobi bermusik, kamu bisa membagikan hasil aransemen, cover dan juga lagu buatan sendiri. Seorang blogger musik dapat membuat portofolio sendiri, mereka dapat menghasilkan karya yang lebih objektif tanpa harus selalu bergantung pada label rekaman.

9. Healthy Lifestyle

Kini semakin banyak orang sadar akan pentingnya menjaga gaya hidup. Healthy lifestyle atau gaya hidup sehat sudah seharusnya menjadi hal yang penting bagi semua orang yang ingin menjalani hidup bebas penyakit.

Jika kamu terbiasa memelihara kebiasaan gaya hidup sehat, ada baiknya kalau hal tersebut bisa dibagikan kepada orang lain. Melalui blog, kamu bisa membagikan tips-tips agar kesehatan tetap terpelihara.

Ada banyak hal yang dapat dibahas seputar hidup sehat, seperti tips olahraga teratur, resep makanan sehat, memilih makanan dengan nutrisi yang tepat, menjaga imunitas tubuh, hingga memelihara kesehatan mental.

10. Fashion

Era digital ini adalah waktu yang tepat bagi para fashionista untuk mulai membuat blog. Fashion blog merupakan salah satu jenis blog yang memiliki banyak peminat. Kamu dapat berbagi insipirasi outfit untuk berbagai gaya dan acara. Tak sedikit juga jumlah pakar fashion yang merintis karirnya dari sebuah blog fashion kecil yang mereka mulai sendiri.

Blog seputar fashion umumnya memuat foto-foto outfit yang dibalut dengan review atau list produk yang digunakan. Para fashion blogger biasanya memperhatikan segi estetika tampilan blog dan kualitas foto yang mereka tampilkan. Contoh fashion blogger tanah air yang membanggakan ialah Evita Nuh, Sonia Eryka, Ayla Dimitri dan lain-lain.

11. Bisnis

Era digital telah membuka peluang bagi banyak orang untuk mulai berbisnis. Topik tentang bisnis dan kewirausahaan dipercaya selalu ramai peminatnya. Tips-tips memulai bisnis, mengembangkan keuangan pribadi, bisnis UKM, dan juga menemukan solusi keuangan adalah beberapa dari sekian banyak bahasan yang dimuat dalam blog bisnis.

Blog yang mengangkat topik seputar bisnis cenderung memiliki banyak pembaca loyal. Meski popularitasnya semakin berkembang, blog seputar bisnis biasanya hanya ditulis oleh orang atau perusahaan yang memiliki kredibilitas di bidang tersebut.

Baca Juga: Cara Menggunakan Google Trends untuk Keyword Research

12. Game

Game merupakan topik yang selalu memiliki pasarnya tersendiri, terlebih lagi dengan meningkatnya perangkat yang mendukung aktivitas bermain game saat ini.

Apapun game yang dibahas, sebuah blog game akan selalu memiliki peminat — terlebih lagi jika kamu selalu mengikuti perkembangan tiap-tiap game seperti adanya update, event, atau promosi lainnya.

Pada umumnya, blog game membahas seputar berbagai game yang sedang hits, berita seputar gaming, tips dalam memainkan game atau review console game yang sedang tren. Jika kamu merasa memiliki minat kuat pada bidang gaming, jenis blog ini wajib kamu pertimbangkan sebagai kegiatan sampingan.

13. Teknologi

Pada umumnya, blog teknologi yang membahas mengenai perangkat elektronik sehari-hari seperti handphone, laptop, kamera, dan sebagainya akan lebih banyak diminati pembaca karena topiknya yang relevan. Contohnya bisa kamu lihat pada The Verge.

Blog teknologi-The verge

Tetapi kamu juga dapat memulai blog yang membahas tentang satu jenis teknologi tertentu seperti keyboard, kamera, panel surya, atau kategori teknologi lainnya yang menjadi minat kamu.

Perkembangan teknologi yang sangat cepat dan pesat seringkali tak diimbangi dengan pengetahuan publik tentang cara kerjanya. Maka dari itu, kamu dapat turut membantu meningkatkan tingkat melek teknologi di Indonesia dengan membuat blog yang membahas tentang gadget baru.

14. DIY (Do It Yourself)

Jika kamu suka berkreasi dalam melakukan kerajinan tangan, maka tak ada salahnya berbagi informasi tersebut melalui blog, bukan?

Blog Do-It-Yourself adalah jenis blog yang membahas tentang berbagai cara kreatif dan unik untuk melakukan sesuatu sendiri untuk menghindari membeli produk atau jasa. Selain bagus untuk kreatifitas, membuat kreasi seperti ini terasa jauh lebih menyenangkan dibandingkan membeli barang jadinya.

Blog dengan tema DIY punya variasi konten yang sangat beragam, bahkan relatif tidak terbatas. Mulai dari furnitur, kecantikan, barang fungsional, mainan hingga makanan. Dengan mempublikasikan hasil kerajinan di blog, kamu juga berpeluang untuk mendapat calon pembeli yang menikmati karyamu.

Jenis blog-DIY Blog

Salah satu blog DIY yang bisa jadi contoh ialah Fallfordiy yang membahas berbagai kerajinan tangan unik yang dapat kamu buat sendiri di rumah, mulai dari tirai bambu hingga buku catatan.

15. Blog Listicle/Daftar

Kalau kamu masih bingung mau memilih topik yang mana, blog dengan topik listicle/daftar bisa jadi pilihan. Jenis blog yang sering dikunjungi ini biasanya berisi list mengenai beragam tema, seperti daftar rekomendasi produk, kumpulan fakta, informasi menarik, dan lain-lain seperti yang dapat kamu lihat pada blog Listverse.

Blog listicle-Listverse

Kamu bisa membahas apa saja di dalamnya, mulai dari teknologi, film, tempat, penemuan, hingga fakta-fakta menarik. Blog dengan tipe seperti ini menyajikan informasi yang luas dan menarik untuk pengunjung. Hal ini bisa kamu manfaatkan untuk membagikan hal-hal bermanfaat.

Nah, itu dia beberapa jenis blog yang potensial untuk menghasilkan uang. Topik-topik tersebut bisa menjadi inspirasi untukmu dalam memulai membuat blog. Pilih yang sesuai dengan minat dan kegemaran supaya kamu semakin semangat untuk mengembangkannya.

Jika dilakukan dengan tekun, niscaya blogmu perlahan-lahan bisa menghasilkan uang. Dewaweb juga punya berbagai tips yang bisa kamu manfaatkan supaya kamu bisa meraih sukses secara online, loh! Salah satunya bisa kamu cek di video tutorial Cara Menghasilkan Uang lewat Blog berikut ini:

Bagaimana, sudah mendapat inspirasi topik untuk blog? Kira-kira mana topik yang jadi pilihanmu? Kamu bisa mulai membuat blog dengan pilih nama domain buatan sendiri dan gunakan web hosting terbaik, supaya blogmu selalu aman, lancar dan cepat ketika diakses pengunjung. Yuk mulai buat blog sekarang!