Pengertian Artikel, Struktur, Ciri, dan Jenis-Jenisnya

Pengertian Artikel, Struktur, Ciri, dan Jenis-Jenisnya

Jika kamu sedang mencari informasi terkait sesuatu, artikel adalah salah satu sumber informasi terbaik yang bisa kamu manfaatkan. Dengan membaca artikel, kamu bisa menemukan informasi penting mulai dari yang umum hingga sangat spesifik.

Artikel dapat mudah ditemukan melalui bermacam media, seperti internet maupun cetak. Di internet, kamu bisa menemukan artikel melalui Google Scholar ataupun digital library, sementara di media cetak seperti pada rubrik khusus di majalah, koran, atau artikel ilmiah. Saat ini pun kamu sedang membaca sebuah artikel, lho!

Nah, kira-kira apa yang dimaksud dengan artikel? Apakah semua tulisan di internet maupun di media cetak dapat disebut sebagai artikel? Tenang, di sini kamu akan mengetahui pengertian artikel lengkap dengan tujuan, ciri, struktur, hingga jenis-jenisnya. Yuk simak!

Apa Itu Artikel?

Menyadur Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), artikel adalah karya tulis lengkap, misalnya laporan berita atau esai dalam majalah, surat kabar, dan sebagainya. Dengan kata lain, artikel dapat didefinisikan sebagai sebuah tulisan berlandaskan fakta yang dipublikasikan di media cetak maupun online untuk menyampaikan gagasan sehingga dapat meyakinkan dan mendidik pembaca.

Tujuan Artikel

Tujuan dari artikel bisa dilihat melalui dua sisi, yakni tujuan bagi penulis dan bagi pembacanya. Berikut tujuan artikel bagi penulis:

  1. Sarana untuk menyampaikan ide atau gagasan suatu topik
  2. Sarana publikasi hasil pemikiran secara ilmiah
  3. Sarana untuk berpikir secara sistematis
  4. Sarana untuk menguraikan atau membahas pokok masalah yang telah ditentukan oleh peneliti
  5. Sarana untuk menjelaskan atau membahas suatu masalah sesuai bidang ilmu tertentu

Sementara tujuan dan manfaat artikel bagi pembaca, di antaranya:

  1. Sarana mendapatkan serta memperluas pengetahuan dan informasi
  2. Sarana untuk mengedukasi
  3. Sarana hiburan bagi pembaca

Ciri-Ciri Artikel

Setelah mengetahui pengertian dan tujuan artikel, kamu juga perlu tahu bagaimana karakteristik atau ciri-ciri sebuah artikel. Berikut ciri-ciri artikel, di antaranya:

  • Artikel bersifat informatif dan faktual, yaitu mengungkapkan informasi berdasarkan suatu kebenaran (fakta) dan dapat dipertanggungjawabkan
  • Artikel secara umum dibuat padat, jelas, ringkas, dan tuntas
  • Artikel berupa opini atau analisis harus didasari oleh fakta dan data yang valid
  • Kalimat yang digunakan dalam artikel adalah kalimat yang lugas, logis, denotatif, dan efektif
  • Metode penulisan artikel dibuat secara sistematis agar pembaca dapat dengan mudah memahami isi dari artikel tersebut

Struktur Artikel

Secara umum, struktur artikel terdiri dari tiga bagian, yaitu pernyataan pendapat atau tesis, argumentasi, dan pernyataan ulang atau reiterasi. Berikut penjelasannya:

  1. Pernyataan pendapat atau tesis

Bagian pada struktur artikel ini berisi uraian aktual yang penting untuk dijadikan fondasi (landasan) pembahasan di dalam artikel.

  1. Argumentasi

Pada bagian argumentasi berisi permasalahan yang coba dibahas dan akan dikupas secara faktual dan informatif.

  1. Pernyataan ulang atau reiterasi

Bagian struktur artikel yang terakhir yakni berisi kalimat kunci yang merangkum pembahasan ke dalam bentuk simpulan.

Jenis-Jenis Artikel

Artikel terbagi menjadi beberapa jenis berbeda. Jenis-jenis artikel ini penting untuk diketahui, terutama bagi penulis karena beda jenis artikel maka berbeda pula tujuan artikelnya. Berikut ini 10 jenis artikel yang penting untuk diketahui:

1. How To

jenis artikel how to

How To merupakan jenis artikel yang berfokus pada isi konten tutorial atau tata cara. Jadi pada artikel How To, penulis akan menjelaskan lebih detail tahapan-tahapan yang berfokus pada satu masalah dan solusi. Biasanya jenis artikel ini memiliki judul yang diawali dengan kata ‘cara’, seperti ‘Cara untuk Mengganti Background Foto’, ‘Cara Membuat Website’, dan lain sebagainya.

2. Story Telling

Dalam artikel story telling terdapat keunikan dalam menyajikan konten tulisan mereka, sebab kebanyakan penulisan lebih memilih menggunakan kata-kata sehari-hari dan menggunakan sudut pandang orang pertama, mulai dari ‘aku’, ‘gua’, hingga ‘saya’. Umumnya, jenis artikel ini dapat ditemukan dalam blog-blog berjenis travel atau catatan perjalanan, salah satunya adalah Wira Nurmansyah.

3. Case Study

Jenis artikel case study diperuntukkan bagi pembaca yang ingin membaca sebuah hasil penelitian. Dibandingkan dengan artikel yang lainnya, studi kasus membutuhkan referensi yang lebih kredibel. Namun sebelum itu, pastikan bahwa penulis sudah memilih tema atau kasus yang akan diteliti. Tujuannya agar penulis bisa lebih mudah mencari bahan-bahan referensi.

4. Listicle

jenis artikel listicle

Listicle atau listikel merupakan artikel yang terdiri dari serangkaian fakta, kiat, kutipan, atau contoh yang disusun berdasarkan tema tertentu. Jenis artikel ini bisa dibedakan dari isi dalam kontennya yang diberi nomor atau bullet. Umumnya, Listicle ini dapat ditemukan di beberapa media hingga blog e-commerce, seperti Traveloka, Tokopedia, dan lain sebagainya.

5. Sumber

Dibandingkan dengan jenis artikel lainnya, jenis artikel Sumber atau Resource membutuhkan sumber yang jelas dapat diletakkan di bagian akhir atau penyematan sebagai pendukung. Artikel ini dapat ditemukan di Wikipedia atau WikiHow yang sudah tertata dengan sangat rapi.

6. Review

review

Seperti namanya, artikel Review ini berfokus pada pengalaman atau kejadian yang pernah dialami oleh sang penulis. Biasanya jenis artikel ini yang paling sering dimanfaatkan untuk mempromosikan suatu produk atau jasa, sebelum membeli atau menggunakan jasa tersebut. Produk-produk yang paling sering memanfaatkan jenis artikel ini adalah produk kecantikan, perawatan kecantikan, dan lain sebagainya.

7. Breaking News

Artikel selanjutnya adalah Breaking News. Jenis artikel ini umumnya diperuntukkan untuk menjelaskan kejadian yang sedang terjadi dan membutuhkan klarifikasi ulang. Umumnya, artikel ini disiarkan karena memiliki nilai kepentingan yang tinggi bagi orang banyak, seperti kecelakaan pesawat, adanya kebakaran gedung, dan lain sebagainya.

8. Opini

Jenis artikel opini berisi pendapat, tanggapan, pengetahuan, dan pola pikir yang dimiliki seseorang dalam menanggapi suatu fenomena. Jika dilihat secara sekilas, jenis artikel ini mirip dengan artikel review. Namun yang membedakannya, opini akan menggunakan narasumber sebagai pembanding terhadap isi dari kontennya. Tujuannya untuk mendapatkan konten yang objektif, sehingga pembaca dapat memberikan penilaian berdasarkan opini dari masing-masing narasumber.

9. Full Guide

Jenis artikel full guide biasanya terbagi menjadi beberapa bagian tulisan yang terpisah atau istilah yang umum digunakan adalah pillar content. Pembagian tulisan tersebut bertujuan untuk memberikan jeda kepada pembaca, tujuannya agar pembacanya bisa nyaman membaca konten.

10. Guide/This Is

artikel guide

Jenis artikel terakhir yang perlu diketahui yaitu artikel Guide/This Is. Konten artikel ini dibuat dengan tujuan sebagai jembatan pembuka untuk membahas suatu topik. Supaya bisa membedakannya, artikel ini diawali dengan judul ‘SEO adalah’, ‘Digital Marketing adalah’, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Off-Page SEO: Panduan Link Building bagi Para Pemula

Sudah Tahu Pengertian Artikel dan Jenis-Jenisnya?

Jadi, artikel adalah tulisan di media (cetak maupun online) yang berisi informasi faktual dan valid dengan tujuan mengedukasi, meyakinkan, dan mendidik pembacanya. Oleh karena berlandaskan fakta, penulisan artikel tidak bisa sembarangan dan harus melalui proses panjang.

Tenang, bagi kamu yang masih kesulitan dalam pembuatan artikel dan membutuhkan jasa menulis artikel profesional, kamu bisa menggunakan Turnbacklink yang menyediakan layanan penulisan artikel sesuai kaidah SEO. Turnbacklink akan membantu kamu membuat konten yang sesuai dengan kebutuhan marketing.

Nah setelah membaca jenis-jenis artikel tadi, kira-kira artikel ini termasuk jenis artikel yang mana, ya? Yuk coba tebak dengan menulis di kolom komentar! Demikian artikel ini semoga bermanfaat, ya. Kamu juga bisa membaca artikel informatif lainnya di blog Dewaweb.

Jika tertarik, kamu juga dapat mengikuti program afiliasi dari Dewaweb ataupun webinar gratis dari Dewatalks yang pastinya bermanfaat untuk menambah wawasanmu seputar dunia digital dan pengembangan website. Salam sukses online!