Mengenal Pengertian Sistem Operasi Komputer & Contohnya

Mengenal Pengertian Sistem Operasi Komputer & Contohnya

Tahukah kamu, bahwa sistem operasi bukan hanya Windows? Ada berbagai jenis sistem operasi komputer, contohnya MacOS, Linux, dan lain sebagainya. Masing-masing memiliki keunggulan dan kekurangan tersendiri.

Dari sekian banyak sistem operasi komputer yang akan kita bahas, yang paling populer di Indonesia adalah Windows dan MacOS. Keduanya merupakan sistem operasi bawaan laptop atau komputer, sehingga memiliki jumlah pengguna yang banyak.

Beberapa kebutuhan terkadang membuat seseorang perlu menggunakan sistem operasi lain, seperti Linux misalnya. Sistem operasi Linux sering digunakan sebagai server komputer.

Sistem operasi adalah komponen utama agar komputer atau laptop dapat digunakan. Tanpa adanya sistem operasi, maka perangkat tidak dapat digunakan. Nah, selanjutnya kita akan membahas mengenai apa itu sistem operasi, fungsi dan apa saja jenis sistem operasi yang pada komputer. Yuk simak penjelasannya!

Apa itu Sistem Operasi?

Sistem operasi komputer adalah program yang mengontrol dan mengelola perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) pada komputer. Semua perangkat seperti komputer, laptop, smartphone, router, smartwatch serta perangkat lainnya yang sejenis tentu memerlukan sistem operasi untuk bisa dijalankan.

Komputer pada umumnya menggunakan satu sistem operasi. Namun perlu diketahui, satu komputer bisa diisi lebih dari satu sistem operasi. Kalau kamu ingin mencoba sistem operasi komputer lainnya, kamu tidak perlu menghapus sistem yang sudah ada.

Hal ini agar kamu bisa beralih ke sistem operasi sebelumnya jika kamu tidak cocok dengan sistem operasi yang baru kamu coba.

Fungsi Sistem Operasi

Sistem operasi komputer pada dasarnya berfungsi sebagai pengelola dan pengontrol perangkat keras dan perangkat lunak, sehingga komputer dapat dijalankan dengan baik oleh penggunanya. Berikut ini beberapa fungsi dari sistem operasi yang perlu kamu ketahui.

  • Booting – Manajemen booting komputer, yaitu proses awal pada saat komputer dinyalakan.
  • Memori – Untuk mengontrol dan mengelola memori pada komputer.
  • Keamanan data – Untuk mengontrol dan mengelola keamanan data pada komputer. Setiap sistem operasi memiliki tingkat keamanan yang berbeda-beda.
  • Disk – Untuk mengontrol dan mengelola semua tempat penyimpanan data pada komputer.
  • Loading dan execution – sistem operasi akan memuat dan memulai program kemudian menjalankan program tersebut hingga terbuka dan berjalan dengan normal.

Baca juga: 10+ Aplikasi FTP Server Terbaik untuk Sistem Operasi

Bagaimana Cara Kerja Sistem Operasi Komputer?

Sistem operasi komputer bekerja dengan memiliki berbagai macam tahapan, mulai dari melakukan manajemen proses hingga menerima instruksi. Lebih jelasnya, berikut cara kerja sistem operasi komputer.

  1. Melakukan manajemen proses dengan penjadwalan, pembuatan file, penghapusan file, dan lain sebagainya.
  2. Sistem operasi komputer hanya bekerja usai menerima instruksi dari pengguna.
  3. Usai mendapatkan instruksi, sistem operasi akan dikelola menjadi informasi yang diterima oleh software.
  4. Kemudian, tampilan akan berubah beberapa saat setelah  sistem operasi memproses instruksi dan menjalankan apa yang dinginkan.

Baca juga: Mengenal Termux yang Dirancang untuk Sistem Operasi Android

Jenis Sistem Operasi Komputer

Selain Windows, terdapat beberapa sistem operasi lain yang bisa digunakan pada komputer. Berikut ini beberapa jenis sistem operasi komputer:

1. Windows

windows - sistem operasi komputer

Windows adalah sistem operasi yang paling populer. Hal ini karena user interfacenya yang mampu membuat para penggunanya merasa nyaman. Selain itu, komputer dan laptop dengan sistem operasi Windows cenderung lebih terjangkau dibanding beberapa komputer dan laptop dengan sistem operasi jenis lainnya.

Saat ini, Windows sudah masuk pada versi Windows 11. Setelah sebelumnya berhasil membuat penggunanya nyaman pada Windows 10 dengan perpaduan antar muka antara Windows 7 dan Windows 8.

Sistem operasi yang satu ini banyak diminati pengguna karena aplikasi yang disediakan sudah lengkap. Mulai dari aplikasi editing text, photo, video, bahkan sampai ke game. Selain itu, user interface yang user friendly semakin membuat Windows lebih digemari oleh penggunanya.

Baca juga : RDP (Remote Desktop Protocol): Pengertian dan Kegunaannya

2. Mac

mac os - sistem operasi komputer

Mac adalah sistem operasi untuk komputer dan laptop dengan merek Apple. Dari sisi pengguna, Mac merupakan sistem operasi dengan user interface yang elegan. Harga perangkatnya relatif lebih mahal dibanding lainnya.

Dari sisi software, Mac tidak kalah dengan Windows. Rata-rata aplikasi yang sering digunakan khalayak umum pun sudah tersedia di Mac. Meskipun dari sisi harga Mac membanderol perangkatnya dengan harga yang cukup tinggi, tapi dari sisi keamanan Mac sudah tidak diragukan lagi.

3. Linux

linux

Linux adalah sistem operasi yang bersifat open source. Pengguna boleh bebas memodifikasi dan juga mengembangkan sistem operasi ini. Namun, OS Linux saat ini masih belum sebanyak Windows dan Mac. Hal ini karena banyak orang mengira bahwa Linux sulit digunakan. 

Saat ini di dalam Linux sudah disediakan berbagai macam software yang bisa membantu keperluan pekerjaan. Dalam hal pengetikan, Linux mempunyai software dengan nama Libre Office, yang biasa dikenal sebagai Ms Word pada Windows.

Linux sering digunakan sebagai sistem operasi suatu server. Selain itu, para programmer juga banyak yang menggunakan sistem operasi ini. Jika kamu ingin mencobanya, silahkan download langsung di website resminya.

Baca juga :Mengenal Linux: Sistem Operasi Open Source dan Gratis

4. MS DOS

ms-dos

MS DOS atau Disk Operating System (DOS) merupakan Windows versi lama. DOS merupakan sistem operasi komputer yang digunakan oleh IBM pada pertama kalinya. Sistem operasi DOS mengalami kejayaan pada tahun 1980-an. Salah satu dari kelebihan dari MS DOS adalah ukuran sistem operasi ini tidak membutuhkan penyimpanan yang besar.

Tetapi, kekurangan dari MS DOS adalah pada sisi user interfacenya. Tidak ada user interface dalam bentuk grafis, melainkan hanya ada dalam bentuk teks. Hal ini membuat pengguna yang belum familiar dengan perintah dalam bentuk teks akan kesulitan jika menggunakan MS DOS.

Baca juga : Linux VS Windows: Sistem Operasi Mana untuk Kebutuhanmu?

5. UNIX

unix - sistem operasi komputer

Unix merupakan sistem operasi komputer yang paling populer pada masanya. Unix bisa digunakan untuk multiuser dan multitasking. Konsep dasar Unix berasal dari proyek Multics tahun 1969. Sistem ini memungkinkan banyak pengguna dapat mengakses komputer mainframe secara bersamaan. 

Selain itu, sistem file pada Unix bersifat hierarkial yang dapat memudahkan dalam mengakses data. Terdapat beberapa versi Unix yang bisa kamu coba. 

Unix merupakan sistem operasi yang tidak memiliki tampilan grafis. Sehingga penggunanya cenderung lebih sedikit jika dibandingkan dengan pengguna sistem operasi yang memiliki user interface.

6. Android

android

Android merupakan sistem operasi yang digunakan pada smartphone. Selain itu, pada perangkat lain seperti set tv box juga menggunakan sistem operasi Android. Android bersifat open source, sehingga siapa saja bisa mengembangkannya.

Android juga masuk dalam kategori sistem operasi dengan pengguna terbanyak. Bahkan saat ini sebagian dari kamu yang sedang membaca artikel ini pun mungkin menggunakan sistem operasi android.

7. Chrome OS

chrome - sistem operasi komputer

Chrome OS merupakan sistem operasi terbaru diantara sistem operasi yang sudah kita bahas di atas. Sistem operasi ini dirilis pada Juni 2011 oleh Google. Chrome OS merupakan sistem operasi berbasis Linux yang hanya dapat digunakan pada perangkat tertentu, seperti Chromebook.

Sudah Tahu Jenis Sistem Operasi Komputer?

Setelah membahas berbagai jenis sistem operasi, saatnya kamu menentukan OS apa paling cocok untuk kamu gunakan. Sekian artikel mengenai jenis sistem operasi komputer. Jika kamu membutuhkan VPS server, silahkan gunakan layanan VPS server di Dewaweb. Tersedia linux server dan windows server. Kamu bisa memilih sesuai kebutuhan kamu. Salam online!