Jenis-Jenis Website yang Ada di Internet, Mana yang Cocok Untuk Kamu?

Sedang merencanakan membuat website? Kamu harus tahu terlebih dahulu jenis-jenis website yang ada di internet.

Mengetahui berbagai model website penting agar kamu lebih fokus pada tujuan pembuatan website, termasuk ketika proses pembuatannya, dalam memilih tema, plugin dan CMS.

Supaya kamu tidak bingung, berikut ini beberapa jenis website yang wajib kamu tahu. Yuk simak!

Baca Juga: Cara Mudah Membuat Website Gratis, Tanpa Ribet!

Jenis-jenis Website

Website memiliki berbagai fungsi, mulai dari tujuan personal maupun kepentingan perusahaan atau organisasi. Berikut jenis-jenis website berdasarkan fungsinya:

Blog dan Website Pribadi

blog pribadi

Jenis yang pertama ada blog pribadi. Blog adalah website yang biasa digunakan untuk mengunggah artikel, gambar, video, dan sebagainya. Sesuai dengan namanya, blog pribadi merupakan jenis situs untuk tujuan personal.

Jadi, bagi kamu yang suka membagikan tulisan atau konten hasil karya sendiri, membuat blog pribadi dapat menjadi pilihan yang tepat untuk menyalurkan hobi. Kamu bahkan bisa mendapat uang tambahan dari blog.

Baca Juga: 20+ Contoh Website dan Blog Pribadi Kreatif untuk Inspirasimu

Toko Online

contoh website toko online - pomelo

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan jenis website satu ini. Bahkan mungkin, belanja di toko online sudah jadi keseharian kamu.

Toko online adalah model website yang berfungsi sebagai toko dalam bentuk virtual. Website toko online berbeda dengan marketplace. Kalau kamu pernah belanja di Shopee, Tokopedia dan sebagainya, itu merupakan contoh marketplace.

Baca Juga: Online Shop, Marketplace, dan E-Commerce: Apa Bedanya?

Di marketplace, penjual harus mengikuti ketentuan perusahaan di mana toko tersebut terdaftar. Kalau punya website toko online sendiri, kamu bisa lebih bebas mengatur semaumu. Ini adalah salah satu keunggulan toko online dibanding marketplace.

Ada banyak contoh website online shop yang bisa jadi inspirasimu. Untuk melihat contohnya, baca di artikel 25+ Contoh Website Bisnis dan Toko Online Terbaik [2021].

Website Perusahaan

Website perusahaan adalah jenis situs yang diperuntukkan bagi berbagai keperluan bisnis. Model website ini berfungsi memperkenalkan bisnis ke khalayak luas.

Website perusahaan biasanya berisi informasi kontak, sejarah perusahaan, katalog produk, update terbaru, visi misi, bahkan beberapa juga melampirkan dokumen keperluan investor.

Kamu bisa lihat contoh website Unilever, sebagai referensi untuk situs perusahaan yang bagus.

website unilever

Contoh website perusahaan lainnya bisa kamu lihat di 10 Website Company Profile Terbaik untuk Inspirasi [Update 2021]

Blog Perusahaan

Asset Blog Dewaweb

Kalau tadi membahas tentang blog pribadi, sekarang ada pula blog untuk perusahaan. Blog perusahaan adalah jenis website yang digunakan untuk membagikan konten untuk kepentingan bisnis.

Konten dalam blog perusahaan harus selalu di-update, maka itu blog bersifat lebih dinamis dibandingkan website perusahaan. Selain sebagai media untuk content marketing, jenis situs ini digunakan mendatangkan trafik ke website perusahaan atau toko online.

Contohnya bisa kamu lihat pada blog Dewaweb yang selalu menyajikan artikel informatif dan bermanfaat untukmu.

Baca Juga: Penjelasan Blog: Sejarah, Struktur, Jenis dan Manfaatnya

Website Instansi Pemerintah / Organisasi

jenis website - instansi pemerintahanSelain untuk pribadi dan perusahaan, website juga bisa dimanfaatkan bagi organisasi dan lembaga pemerintahan. Jenis situs ini ditujukan sebagai laman resmi. Tujuannya agar masyarakat bisa mendapat informasi penting terkait organisasi dengan mudah.

Website pemerintah memuat informasi profil instansi, berita, penjelasan program, dan layanan publik. Situs ini biasanya digunakan untuk memperlancar proses administrasi kependudukan dan membagikan pengumuman resmi dari instansi tersebut.

Berbeda dengan website lainnya, situs resmi pemerintah menggunakan domain khusus yakni .go.id. Sedangkan website organisasi menggunakan .org atau .or.id.

Baca Juga: 7 Cara Mudah untuk Buat Website & Blog Gratis di Wix

News Portal

Asset Blog DewawebSelanjutnya ada website portal berita. Situs portal berita ditujukan sebagai media penyalur informasi terkini mengenai berbagai peristiwa.

Karena bertujuan membagikan berita, news portal harus selalu rutin memposting artikel yang update, bahkan dalam hitungan jam. Di era serba digital ini, pamor portal berita online kian meningkat dan bahkan mampu menggeser bentuk media berita lain.

Contoh website news portal bisa kamu lihat pada situs Antaranews yang menyajikan berita mengenai berbagai topik, mulai dari ekonomi, politik, olahraga, hingga hiburan.

Baca Juga: Cara Mudah Membuat Blog Sendiri bagi Pemula [Terbaru]

Web App

jenis website - web appSelain website untuk berbagi informasi, ada pula jenis situs yang berfungsi membantu pekerjaan. Jenis ini menawarkan fitur tertentu yang dikenal dengan web app.

Website satu ini pasti pernah kamu gunakan untuk memudahkan berbagai pekerjaan, misalnya mengedit video, mengubah format file, atau menganalisa performa konten. Tak jarang yang menyediakan fitur secara gratis, dan ada pula yang mengharuskan pengguna untuk membayar sejumlah biaya.

Beberapa contoh web app yang cukup populer seperti canva, smallpdf, tinyURL, SEMRush, dan lain sebagainya yang menyediakan berbagai tools online.

Baca Juga: Cara Cek DA & PA Website untuk Meningkatkan SEO [Update 2021]

Forum Online

jenis website - forum online

Pernah tahu Reddit dan Kaskus? Ini merupakan contoh dari website forum online. Forum online adalah tempat berdiskusi untuk membahas satu topik tertentu dengan pengguna lain dari situs tersebut.

Di Indonesia, banyak forum online yang beredar di internet. Mulai dari forum humor hingga sebagai media penyampaian aspirasi berbagai topik yang lebih serius.

Pengguna forum biasanya menuliskan thread dan kemudian menunggu respon dari pengguna lain. Forum online bisa jadi sebagai cikal bakal platform media sosial yang sering kita gunakan saat ini.

Baca Juga: 7 Langkah untuk Buat Blog di Blogger [Cepat & Mudah]

Content Sharing Platform

jenis website - pinterest

Pernah mencari inspirasi dari foto atau gambar di Pinterest? Situs ini termasuk dalam golongan content sharing platform.

Model website yang berfungsi sebagai content sharing platform digunakan sebagai media untuk membagikan berbagai konten berupa foto, gambar, atau video.

Hampir mirip seperti media sosial yang juga bisa digunakan untuk membagikan konten. Contoh website yang termasuk ke dalam model ini seperti Pinterest, YouTube, Imgur, dan TikTok.

Baca Juga: 6 Langkah Mudah bagi Pemula untuk Buat Blog di WordPress

Jenis Website Apa yang Cocok Untukmu?

Itu dia beberapa jenis website yang bisa jadi inspirasi kamu. Sudah tahu akan membuat website seperti apa? Kalau sudah menentukan pilihan, jangan lupa pilih hosting terbaik untuk websitemu.

Layanan cloud hosting Dewaweb mampu membuat website kamu cepat, aman, dan bisa diandalkan untuk berbagai keperluan.

Kamu bisa miliki website sendiri dengan hosting terbaik mulai dari Rp20 ribu per bulan saja. Siap buat website? Yuk, cek pilihan paket hosting-mu sekarang!