dewaweb-blog-mengenal-pendiri-wikipedia-jimmy-wales

Mengenal Jimmy Wales, Pendiri Wikipedia

Jika kamu mengetikkan kata kunci tertentu di Google, pada halaman pertama biasa muncul halaman milik Wikipedia. Bagaimana kira-kira awal mula terbentuknya website yang sudah membantu jutaan orang ini? Di artikel ini, kamu akan mengenal sosok Jimmy Wales, pendiri Wikipedia.

Apa itu Wikipedia?

Wikipedia adalah suatu ensiklopedia bebas yang bisa ditulis oleh kontributor yang sudah terdaftar di websitenya. Tetapi jangan salah, keakuratan informasi Wikipedia seringkali dipercaya oleh Google dan mesin pencari lain untuk ditampilkan sebagai panel pengetahuan seperti di bawah ini.

Konten dari Wikipedia sendiri terdiri dari sekitar 52 juta halaman yang meliputi berbagai topik, mulai dari biografi tokoh ternama, kasus kriminal, halaman pengertian, hingga sejarah perusahaan. 

 

Jimmy Wales Pendiri Wikipedia

Baca Juga: Mengenal Para Pendiri Google

Biografi Pendiri Wikipedia, Jimmy Wales

Jimmy Wales sebenarnya punya nama lengkap Jimmy Donal Wales. Wales inilah yang menggagas sebuah situs referensi raksasa di dunia internet bernama Wikipedia. Wales lahir di kota bernama Huntsville, tepatnya di Alabama, Amerika Serikat. Ia lahir pada tanggal 7 Agustus 1966.

Wales dibesarkan dalam keluarga yang bergaya hidup sederhana namun sangat menghargai aspek pendidikan. Ayah dari Wales bekerja sebagai pengelola toko kelontong yang ada di kota Huntsville tersebut. Sementara itu, ibu dari Wales bekerja menjadi tenaga pengajar bagi sekolah swasta di kota yang sama juga.

Sekolah tempat Wales belajar, yang juga diatur oleh ibu dan neneknya, merupakan sekolah yang unik. Sekolah itu hanya mempunyai beberapa siswa selain Wales.

Di sekolah tersebut, para siswa diajarkan banyak hal yang memang menyenangkan untuk dipelajari. Pada saat belajar di sana, Wales lebih tertarik untuk memelajari buku-buku ensiklopedia dunia.

Setelah Wales menyelesaikan sekolah dasar, ia melanjutkan pendidikannya ke sekolah menengah bernama Randolph School. Semasa menuntut ilmu di Randolph, ia mulai tertarik terhadap bermacam aplikasi teknologi dalam bidang pendidikan.

Ia juga terpicu untuk belajar dan berbagi ke orang di sekitarnya mengenai hal-hal yang ia pelajari. Kegemaran belajar dan mengajar inilah yang mengantar Wales pada kesuksesannya sekarang.

Wales kemudian melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi dan mendapatkan gelar sarjana finansial dari Universitas Auburn. Lalu ia melanjutkan lagi kuliahnya untuk ambil gelar magister finansial di Universitas Alabama. 

Ia mempertegas keinginannya dengan mendapatkan gelar doktor dari Universitas Indiana. Ketertarikan Wales terhadap dunia pendidikan juga tercermin dari perannya menjadi dosen tamu dan juga pengajar lepas di berbagai macam institusi terkait.

Baca Juga: Mengenal Pendiri Apple, Steve Jobs

Jimmy Wales Mendirikan Wikipedia

Wales mengembangkan karir pertamanya di perusahaan pialang saham bernama Chicago Options Associates di tahun 1994 hingga 2002. Karir pertamanya ini menawarkan upah yang cukup besar, tetapi Wales tampaknya tidak begitu menikmatinya dan akhirnya memutuskan untuk mengundurkan diri.

Sebelum masa jabatannya berakhir, Wales mengembangkan sebuah situs semacam mesin pencarian yang bernama Bomis. Bomis ini sempat mengalami kenaikan popularitas. Tetapi image negatif yang mengasosiasikan Bomis dengan tempat jual beli barang erotisme atau seks menghambat kesuksesannya.

Inilah mengapa Wales akhirnya melepas Bomis dan mulai mencoba lagi mengembangkan jenis situs lain yang tidak berkonotasi negatif.

Baca Juga: Mengenal Pendiri Microsoft, Bill Gates

Wales kembali mengembangkan minatnya dalam berbagi pengetahuan dengan bekerja sama dengan sebuah perusahaan nirlaba dan akhirnya mendirikan Nupedia.

Nupedia adalah awal mula terbentuknya Wikipedia di 15 Januari 2001 secara swadaya. Berikut tampilan Wikipedia di tahun 2001.

pendirian wikipedia 2001
gambar: wikipedia

Berdasarkan liputan yang tersebar di berbagai media Amerika, biaya pengelolaan Wikipedia mencapai US$ 500,000 yang diambil dari dana pribadi Wales sebagai hasil dari masa kerjanya di Chicago Options Associates.

Di tahun 2006, Wales berhasil meraih pendanaan modal untuk pengembangan Wikipedia dari beberapa perusahaan yang setuju untuk menjadi sponsornya. Wikipedia yang pada dasarnya bersifat sosial dan menitik beratkan pendidikan menarik banyak simpatisan. 

Orang-orang ini dikabarkan merupakan orang-orang yang menaruh simpati buat sosok Wales. Wales memang ingin menciptakan ensiklopedia ilmu pengetahuan terbesar yang bisa semua orang akses secara gratis, di seluruh dunia tentunya.

Wales juga akhirnya begitu banyak disorot oleh media-media nasional dan internasional. Salah satu publikasi yang berarti adalah ketika ia diangkat menjadi sosok utama pada artikel “Scientist & Thinkers” dalam majalah TIME di tahun 2006. Kolom tersebut sebenarnya hanya memuat orang-orang yang paling berpengaruh di seluruh dunia.

Penutup

Semoga kamu terinspirasi untuk menjadi sesukses pendiri Wikipedia, Jimmy Wales, ya! Tentunya untuk memulai sukses online, kamu perlu layanan hosting terbaik dari Dewaweb agar website kamu cepat, aman, dan selalu tersedia untuk para pengunjung.