Kemajuan dunia teknologi membuat semuanya bisa menggunakan software dengan baik dan benar sesuai yang diharapkan oleh pengembangnya. Seluruh pengembang juga berusaha untuk membuat software yang sangat berguna bagi para penggunanya. Di sisi lain, ada satu kelebihan dari kemajuan teknologi yang sulit untuk dibendung yaitu open source software.

Pada awalnya, semua pengembang perangkat lunak berusaha untuk melindungi ciptaannya dengan tidak bisa diutak-atik oleh pengguna secara seenaknya. Tapi seiring berjalannya waktu, mereka mendapatkan saingan dari pengembang lain yang berani membuat open source software.

Dengan open source software, kamu bisa memodifikasi sesuai kemauan kamu dan beberapa kelebihan lainnya yang bisa didapatkan. Sebelum mendapatkan kesalahpahaman berikut informasi tentang kelebihan dan kekurangan yang wajib kamu ketahui secara baik dan benar. Apa saja?

Kelebihan software open source

Open source software tentunya menawarkan banyak kelebihan yang tidak bisa dimiliki oleh perangkat lunak tipe lainnya. Kebanyakan, kelebihan software tipe ini berhubungan dengan masalah legalitas yang cukup penting di dalam dunia internet serta kebebasan dalam mengembangkannya. Apa saja kelebihannya?

  • Bebas untuk dikembangkan

Kelebihan pertama software open source adalah bebas digunakan. Ya, ketika kamu mendapatkan software tipe ini, kamu bisa bebas untuk melakukan apa saja dengannya tanpa perlu melanggar peraturan dari pengembang. Dengan hal ini, kamu bisa memodifikasi software sesuka kamu dan sesuai dengan kebutuhan kamu sendiri karena memang itulah inti dari tipe software ini

  • Legal

Seperti yang sudah ditulis di atas, kamu bebas untuk menggunakan software tersebut. Dan apa yang kamu lakukan semuanya legal. Jadinya, kamu tidak melanggar apapun di dalam hukum berlaku.

  • Tidak ada pembajakan

Dengan sistem open source, maka apa yang kamu dapatkan itu gratis. Jadi ketika kamu mengunduh open source software di internet, itu bukanlah pembajakan karena memang apa yang kamu unduh diciptakan untuk dibagikan kepada semua orang, tanpa terkecuali sehingga kamu aman dari segala hal yang berhubungan dengan masalah pelanggaran hukum.

Kekurangan software open source

Di dalam dunia teknologi, pastinya ada celah dalam urusan kelemahan yang harus dihadapkan walau teknologi tersebut sudah diciptakan sesempurna mungkin, termasuk di dalam open source software ini. Dibalik kelebihan-kelebihan yang sudah dijabarkan sebelumnya, berikut ada beberapa kekurangan yang perlu kamu ketahui. Namun, untuk kekurangannya sendiri, lebih berurusan kepada sisi dari pihak perusahaan serta kemudahan dalam menggunakannya. Berikut penjelasan selengkapnya.

  • Tidak adanya dukungan dana serta pemasaran

Ketika ada pengembang yang membuat open source software, maka sebenarnya itu memiliki arti kalau mereka tidak memiliki dana terlalu banyak dalam mengembangkannya serta memasarkannya. Dengan kondisi ini, maka ini bisa disebut sebagai kekurangan juga karena pada akhirnya, tidak banyak orang yang tahu dengan software open source karena kurangnya pemasaran yang disebabkan dana yang kecil.

  • Interface software kurang user friendly

Lebih lanjut, yang menjadi kekurangan dari perangkat lunak jenis ini berada pada interface software yang kurang user friendly. Anggapan sebenarnya menjadi stereotipe terhadap software tipe ini. Software open source hanya bisa digunakan oleh orang-orang tertentu saja karena tidak user friendly. Hanya orang-orang yang mengenai dunia teknologi saja yang biasanya mengerti dengan software tipe ini.

Baca Juga: Pengertian dan Fungsi Perintah Ping CMD pada Windows

Itulah kelebihan dan kekurangan menggunakan open source software. Tidak semuanya bisa menggunakannya, tetapi dengan kelebihan dalam memodifikasinya, kamu bisa mengubah software ini semua keinginan kamu sendiri. Selamat mencoba!

Cloud Hosting Terbaik di Indonesia