Cara Membuat Clickbait yang Benar agar Bawa Traffic Tinggi

Cara Membuat Clickbait yang Benar agar Bawa Traffic Tinggi

Clickbait adalah strategi marketing yang bertujuan untuk meningkatkan audiens pada sebuah konten dengan membuat judulnya yang menarik. Sebetulnya, penggunaan clickbait yang tidak benar dapat menimbulkan persepsi negatif, terlebih untuk para pembaca.

Itu sebabnya, penting untuk mengetahui bagaimana cara membuat clickbait yang benar, sekaligus membawa traffic tinggi untuk website.

Tak perlu berlama-lama, yuk simak informasi tentang clickbait, mulai dari pengertian, hingga tips membuatnya pada artikel di bawah ini.

Apa itu Clickbait?

Clickbait adalah judul pada sebuah konten yang dirancang sangat menarik untuk memancing orang melakukan klik. Menurut Tech Crunch, clickbait bisa dibilang tindakan menjanjikan sesuatu secara berlebihan yang biasa ditemukan pada judul, konten media sosial, gambar, dan lainnya.

Tujuan dari clickbait adalah memancing pembaca, clickbait sering menggunakan bahasa provokatif yang menarik perhatian, namun terkadang isinya belum tentu sesuai dengan yang dijanjikan. Berikut ini beberapa ciri-ciri clickbait:

  • Judul menggunakan kalimat provokatif dan hiperbola untuk menarik perhatian
  • Melibatkan emosi pembaca
  • Menggunakan foto dan gambar yang menarik

Tak jarang, ada beberapa pembuat konten yang sengaja membuat clickbait, namun isinya tidak relevan dengan judul. Bahkan ada yang menyelipkan virus ke dalam link dengan umpan klik supaya pembaca terjebak. Kondisi seperti ini yang dapat menurunkan kualitas konten, karena para pembaca yang sudah tidak minat membacanya.

Baca juga: Panduan Cara Membuat Thumbnail Youtube, Mudah dan Menarik

Kelebihan dan Kekurangan Penggunaan Clickbait

Bila digunakan dengan baik dan tidak berlebihan, clickbait sebenarnya tidak terlalu buruk. Supaya kamu lebih paham, berikut ini Dewaweb berikan sisi pro dan kontra penggunaan clickbait dalam konten. Yuk disimak!

Kelebihan Clickbait

Penggunaan clickbait pada konten, pastinya akan sangat menguntungkan dan membuat para pembaca untuk meng-klik konten dan membacanya. Namun, apa kelebihan lainnya? Berikut informasinya.

1. Meningkatkan Click Through Rate (CTR)

Judul clickbait melibatkan emosi pembaca, sehingga banyak orang terdorong untuk mengklik. Semakin banyak klik yang didapat, akan banyak juga CTR yang kamu peroleh. Angka Click Through Rate yang tinggi dapat menunjukkan kalau konten tersebut relevan dengan kebutuhan audiens.

2. Pageviews bertambah

Tujuan penggunaan clickbait adalah mendorong orang melakukan klik. Pada akhirnya, hal tersebut dapat meningkatkan jumlah pageviews (total halaman yang dilihat oleh audiens) dan trafik website. Ketika pageviews tinggi, konten tersebut dianggap bermanfaat dan direkomendasikan oleh Google untuk muncul di hasil pencarian (SERP).

3. Meningkatkan brand awareness

Selain meningkatkan CTR dan pageviews, salah satu kelebihan clickbait adalah meningkatkan brand awareness. Kenapa hal itu bisa terjadi?

Ketika judul clickbait menarik dan isi kontennya sesuai, pembaca akan membagikan informasi mengenai website kamu ke orang lain.

Hal ini terjadi karena umpan klik memiliki potensi social share yang tinggi. Sebab, melibatkan emosi yang membuat orang penasaran, kaget, dan sebagainya, sehingga cukup efektif untuk mendorong menyebarkan konten ke orang lain.

Potensi social share ini yang dapat kamu manfaatkan untuk meningkatkan brand awareness.

Baca juga: Kenali Apa Itu SERP, Fitur dan Kaitannya dengan SEO

Kekurangan Clickbait

Dibalik banyaknya kelebihan dari clickbait, ternyata ada kekurangannya juga,lho! Berikut beberapa kekurangan dari clickbait:

1. Anggapan buruk terhadap perusahaan

Penggunaan clickbait berlebihan yang tidak sesuai dengan kontennya membuat pembaca merasa tertipu dan kesal. Seiring berjalannya waktu, orang akan malas untuk mengunjungi website tersebut. Pada akhirnya, ini akan berdampak negatif pada citra perusahaan karena dianggap menyebarkan berita bohong atau hoax.  

2. Bounce rate meningkat

Jika isi konten tidak sesuai dengan judul, biasanya bounce rate juga meningkat. Sebagai informasi, bounce rate adalah persentase pengunjung yang langsung meninggalkan website setelah membuka satu halaman saja.

Website dengan bounce rate yang tinggi akan dinilai tidak relevan dengan kebutuhan audiens sehingga posisi di hasil pencarian Google akan semakin buruk.

3. Merugikan pembaca

Selain dari sisi pembuat konten, audiens pun ikut dirugikan dari judul clickbait yang tidak sesuai dengan isinya. Alih-alih mendapat sesuatu yang bermanfaat, pembaca menjadi kesal karena informasi yang diharapkan tidak selaras dengan judulnya.

Jika hal ini terus berlanjut, reputasi perusahaan akan terus memburuk dan orang-orang dapat menganggap konten yang mengatasnamakan perusahaan tidak lebih dari penipuan atau penyebaran berita palsu. 

Baca juga: Cara Ampuh Membuat Artikel SEO Friendly di Blog dan Website

Tips Membuat Judul Clickbait yang Benar

Melihat banyaknya pro dan kontra yang telah disebutkan di atas, kira-kira bagaimana cara membuat judul clickbait yang benar? Berikut tips yang bisa kamu ikuti untuk membuat judul clickbait yang baik.

1. Judul clickbait harus selaras dengan isi konten

Penggunaan judul harus sama menariknya dengan isi konten yang ditawarkan. Entah untuk konten artikel, video, atau media sosial, sebab ini adalah kunci keberhasilan clickbait yang baik agar tidak merugikanmu juga audiens.

Dalam penerapannya, clickbait menggarisbawahi sisi menarik yang melibatkan emosi pembaca untuk mengklik link yang dibagikan. Namun, jika isinya tidak sesuai dengan judul, hal ini dapat membuat kesalahpahaman.

Menggunakan judul yang tidak sesuai dengan isinya sama saja dengan menyebarkan berita bohong atau hoax. Maka itu, buatlah konten yang paling berkualitas agar pembaca tidak kecewa dengan hal yang sudah dijanjikan pada judul.

2. Melibatkan emosi pembaca dengan baik

Kamu bisa saja menggunakan kalimat yang melibatkan emosi pembaca pada judul. Bahkan hal tersebut adalah salah satu tips supaya konten jadi lebih menarik. Namun, menggunakannya jangan berlebihan ya!

Artinya, judul kamu tetap harus bisa menjawab kebutuhan informasi pembaca tanpa harus menyesatkan. Contohnya bisa kamu lihat pada judul artikel Dewaweb berikut.

contoh clickbait dewaweb

Dari contoh di atas, kamu tahu kalau orang yang lupa password akan panik dan tidak tahu jalan keluarnya. Melalui judul, kamu bisa menarik audiens dengan memberi pertanyaan “Lupa Password WordPress?..” Kemudian melibatkan emosi pembaca kalau tidak perlu khawatir karena hal itu bisa diatasi dengan mengikuti cara yang ada di dalam artikel.

3. Menambahkan angka pada judul

Tips selanjutnya untuk membuat judul clickbait adalah menambahkan angka. Judul dengan angka bisa dibilang selalu menjadi favorit pembuat konten. Kenapa begitu?

Alasan pertama, angka efektif menarik perhatian pembaca, karena orang-orang menyukai hal-hal yang bisa dipastikan. Alasan selanjutnya, judul dengan angka menjanjikan sesuatu yang spesifik pada isi artikel.

4. Hindari penggunaan kalimat yang tidak masuk akal

Penggunaan kalimat hiperbola adalah salah satu keunggulan clickbait. Tetapi, jika kamu ingin membuat judul clickbait yang bagus, kamu harus menghindari kalimat berlebihan yang bahkan tidak masuk akal. Sebab, kondisi ini hanya akan berdampak negatif pada citra perusahaan.

5. Cantumkan bagian yang paling menarik

Tips selanjutnya, kamu harus pandai mengambil angle dalam penulisan. Cobalah untuk membaca kembali konten yang kamu buat, telusuri apa yang menarik dan menjadi pembeda antara konten kamu dengan yang lainnya

Setelah itu, garis bawahi hal yang menarik pada judul agar pembaca tahu kenapa mereka harus mengklik konten kamu.

6. Clickbait harus bisa dipertanggungjawabkan

Setelah selesai membuatnya, periksa kembali judul dan isi konten yang sudah kamu buat.

Pastikan, bahwa judul dan isi konten yang kamu buat tidak mengandung unsur yang merugikan orang lain, tidak relevan, atau bahkan menyesatkan pembaca.

Meski bertujuan untuk mendorong klik, tetap perhatikan etika dalam media supaya konten yang dibuat tidak berdampak buruk bagi banyak orang. Selain itu, konten yang kamu buat harus berkualitas.

Baca juga: Cara Membuat Landing Page yang Menarik di WordPress

Contoh Penggunaan Clickbait yang Baik

Agar kamu dapat lebih mudah memahami apa itu clickbait yang baik, berikut contoh clickbait yang baik karena berhasil mendorong klik dan tidak mengecewakan pembacanya.

BuzzFeed

buzzfeed - contoh clickbait adalah

Contoh clickbait yang baik, bisa kamu lihat pada BuzzFeed. BuzzFeed adalah perusahaan media asal Amerika Serikat yang fokus di media digital.

Sejak awal, konten BuzzFeed selalu menggunakan judul dan foto menarik di setiap artikelnya untuk membuat orang penasaran. Ketika membukanya, pembaca tidak akan kecewa karena isinya sama menariknya dengan judul. Hal seperti ini bisa kamu contoh dalam membuat konten yang menarik dan berkualitas.

 

Baca juga: 9 Contoh Header Website Terbaik, Bikin Website Tampil Keren!

Kesimpulan

Demikian penjelasan mengenai apa itu clickbait, kelebihan dan kekurangannya, tips membuat umpan klik, serta contoh clickbait yang baik.

Mau mengembangkan digital marketing dan SEO? Yuk, ikuti event SEOCon yang dimana kamu bisa belajar banyak hal seputar digital marketing dan SEO. Daftarkan diri kamu di SEOCon dan jangan lupa pakai kode “DEWAWEB” untuk mendapat diskon 10%.

Jangan lupa subscribe dan kunjungi terus blog kami untuk mendapat berbagai artikel informatif lainnya terkait pengembangan website dan bisnis di era digital ini. Selamat berusaha ya, semoga berhasil!