Kerja Server Bagi SEO Memiliki Pengaruh Besar, Seperti Apa?

Kerja Server Bagi SEO Memiliki Pengaruh Besar, Seperti Apa?

Kerja server bagi SEO memiliki pengaruh yang besar. Perlu diketahui, server adalah tempat yang bisa dijadikan sebagai file-file website. Sederhananya, server bisa diibaratkan sebagai ‘rumah’. Pada proses optimasi SEO, server merupakan salah satu hal yang tidak bisa dipisahkan.

Sebelum adanya pengunjung manusia yang datang dari mesin pencari, website kamu akan lebih dulu dikunjungi oleh bot crawler mesin pencari. Jika proses kunjungan website tidak berjalan dengan optimal, hal ini bisa saja disebabkan oleh performa server yang tidak optimal. Lantas, apa yang akan terjadi pada SEO jika kerja server mengalami penurunan?

Baca juga: Kenali Apa Itu SERP, Fitur dan Kaitannya dengan SEO

Faktor Kerja Server bagi SEO yang Perlu Diperhatikan

Mesin pencari Google akan bekerja dengan melakukan crawling atau mengunjungi website yang kamu miliki. Tujuannya agar website bisa masuk ke dalam database Google. Itulah mengapa, kerja server memiliki peran penting terhadap performa SEO dari website tersebut.

Jika kerja server mulai buruk dan menunjukkan beberapa penurunan, hal ini dapat berakibat negatif pada website, terutama SEO. Untuk bisa mengetahui seberapa maksimal kerja server bagi SEO, ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan. Berikut beberapa informasinya:

1. Slow loading times

Tidak dapat dipungkiri, bahwa kecepatan sebuah website menjadi salah satu faktor penting dalam hal user experience (UX). Dari sisi SEO, kecepatan situs menjadi faktor penting yang harus diperhitungkan. Sebab, apabila sebuah website ​​memiliki kecepatan situs yang lambat, maka proses atau kinerja Search Engine untuk melakukan proses crawling juga akan terganggu.

Akibatnya, seluruh halaman website yang ada, tidak dapat di-crawl dengan lancar, dan dampaknya bisa berujung ke proses indexing dan juga ranking. Nah, server yang digunakan untuk menyimpan file website juga berkontribusi untuk kecepatan website. Apabila server yang dimiliki rendah, kinerja website pun tidak dapat maksimal.

Untuk menghindari kecepatan situs yang lambat, alangkah baiknya kita menggunakan server dengan spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan website yang kita miliki. Sebab, semakin kompleks, semakin banyak jumlah website, dan juga semakin besar ukuran file website yang kita miliki, tentunya semakin besar pula spesifikasi server yang dibutuhkan.

Baca juga: 10 Cara Mempercepat Loading Website supaya Gak Lemot Lagi

2. Server downtimes

Selain slow loading times, server downtimes juga bisa menjadi hal yang perlu diperhatikan. Kondisi ini membuat website tidak dapat diakses karena ada kesalahan dari sisi server.

Contoh kasus yang sering mengalami kondisi ini adalah server penyedia tiket online. Dimana saat ticket war saat ada promo besar terjadi, seringkali situs-situs server tersebut mengalami server down yang kemudian mengakibatkan tidak dapat diaksesnya situs tersebut.

Pada sisi SEO sendiri, kerja server downtimes ini tidak disukai oleh Search Engine Bot. Sebagai contoh, di suatu waktu, server yang kita miliki mengalami down, dan saat itu juga Search Engine Bot datang untuk menjalankan proses crawling.

Selain dua kasus yang disebutkan di atas, ada beberapa kerja server yang perlu diperhatikan, mulai dari internal server error, kapasitas memori server yang kurang memadai, kapasitas bandwidth, dan lain sebagainya.

Namun poin intinya adalah bagian server yang tidak berjalan maupun tidak bekerja semestinya, akan mempengaruhi UX dari sebuah website dan muaranya akan berdampak pada performa SEO di website. Adapun faktor yang perlu diingat, bahwa:

  • Google → User (User-Oriented)
  • Kita → User (User-Oriented)

Jadi, apabila kamu memberikan yang terbaik kepada user, search engine dapat lebih bersahabat seiring berjalannya waktu dengan memberikan nilai lebih kepada website ketika melakukan indexing.

Kesimpulan

Kerja server bagi SEO nyatanya memiliki pengaruh yang cukup besar. Dengan meningkatkan kualitas server yang dimiliki, tidak menutup kemungkinan bahwa website yang kamu miliki menghasilkan performa yang baik.

Kendati demikian, server bukan sesuatu yang dapat dioptimasi setiap harinya. Namun ada beberapa hal penting untuk diulik dan dimaksimalkan ke depannya, salah satunya adalah menggunakan membangun website menggunakan hosting terbaik dan vps server yang sudah tersertifikasi internasional.

Nah, ingin tahu atau masih bingung bagaimana optimasi server yang menghasilkan performa SEO lebih baik? Kamu bisa mengunjungi laman DailySEO atau bergabung ke dalam grup Telegram Daily SEO di sini.