Ketahui Kriteria Duta Merek dan Perkenalkan Brand Ambassador Dewaweb

Ketahui Kriteria Duta Merek dan Perkenalkan Brand Ambassador Dewaweb

Brand ambassador (BA) atau duta merek adalah satu atau beberapa orang yang dipilih untuk dikontrak oleh sebuah organisasi atau perusahaan. Tugas brand ambassador adalah menjadi wajah atau ikon perusahaan dalam jangka waktu tertentu dan menampilkan identitas merek atau nilai-nilai yang dianut organisasi atau perusahaan yang merekrut mereka.

Di dunia pemasaran, strategi brand ambassador digunakan untuk mendistribusikan nilai atau prinsip suatu merek demi mengarahkan audiens yang dituju untuk membeli produk yang ditawarkan. Biasanya, orang-orang yang dipilih sebagai brand ambassador adalah mereka yang dapat merepresentasikan kesan baik dan positif, serta relevan dengan brand atau merek.

Baca Juga: Pentingnya Digital Branding untuk Kesuksesan Bisnis Online

Kriteria Duta Merek (Brand Ambassador)

kriteria brand ambassador

Pemilihan brand ambassador (BA) sepenuhnya dilakukan oleh perusahaan. Oleh karena itu, syarat menjadi brand ambassador tentunya harus memiliki kualitas yang diperlukan oleh suatu merek. Ada beberapa kriteria yang wajib dimiliki seseorang jika ingin menjadi brand ambassador, yaitu:

Memiliki daya tarik

Mengingat penggunaan brand ambassador ditujukan untuk meningkatkan penjualan di suatu perusahaan atau bisnis, maka kriteria yang paling utama adalah memiliki daya tarik. Artinya, seorang BA harus memiliki ciri khas tertentu yang dapat dikenali dengan mudah oleh audiens.

Daya tarik yang dimaksud berbeda dengan popularitas. Sebab, daya tarik harus dapat mencerminkan bagaimana khalayak menilai seseorang atau sekelompok public figure melalui niche yang mereka tampilkan dalam tindakan dan perilaku yang ditunjukkannya.

Kredibel

Seorang duta merek harus kredibel, karena citra atau image yang mereka miliki dapat berpengaruh pula pada bagaimana kesan audiens. Kredibilitas juga dapat memengaruhi keputusan pembelian yang dilakukan oleh target pasar.

Selain itu, kepercayaan yang dibangun hingga menjadi kredibilitas juga dapat mengarahkan persepsi audiens ke arah yang dituju perusahaan atau brand. Kredibilitas terbagi menjadi dua jenis, yaitu seberapa ahli seorang public figure di bidangnya, serta seberapa dalam kepercayaan yang diberikan audiens terhadap opini atau pendapat figur tersebut.

Baca Juga: 7 Cara Membangun Brand Awareness

Dikenal karena prestasi, bukan hanya sensasi

Popularitas juga tak kalah penting ketika ingin menjadi brand ambassador. Namun, jika ingin menjadi brand ambassador, jangan sampai kamu populer karena membuat sensasi semata, ya. Oleh karena itu, tantanglah dirimu hingga dapat mengoleksi berbagai prestasi yang sesuai dengan passion kamu.

Selain itu, seorang BA harus memiliki khalayak audiensnya sendiri, karena salah satu tugas brand ambassador adalah untuk mendistribusikan pesan atau nilai yang ingin ditampilkan oleh perusahaan ke khalayak ramai sehingga BA diharapkan memiliki jumlah audiens yang mumpuni.

Memiliki sifat positif

Kegiatan amal, menjadi relawan bencana, bergabung dalam kelompok peduli lingkungan, atau sifat dan tindakan positif lainnya bisa menjadi poin penilaian ketika seseorang hendak dipilih sebagai brand ambassador. Contoh yang bisa ditiru adalah Leonardo DiCaprio, tokoh peduli lingkungan yang kini digandeng oleh perusahaan kendaraan dengan mesin yang menggunakan energi terbarukan.

contoh brand ambassador leonardo dicaprio

Namun, sifat positif yang wajib dimiliki brand ambassador tidak terbatas hanya pada isu sosial dan lingkungan, kamu juga bisa menunjukkan sikap positif dengan tidak mengunggah sembarang konten ke media sosial dan menjaga sikap ketika menggunakan internet. Sebab, jejak digital akan sulit dibersihkan jika seorang brand ambassador melakukan tindakan ceroboh.

Relevan dengan merek

Jika kriteria di atas sudah terpenuhi, kriteria yang tak kalah penting adalah relevansi seseorang dengan brand yang akan merekrutnya sebagai ambassador. Di sinilah kamu, sebagai brand ambassador, dapat memilih perusahaan, organisasi, atau merek apa yang ingin diwakili. Kemudian, pastikan kamu memiliki kecocokan prinsip dengan brand tersebut.

Salah satu contohnya adalah Kevin Anggara, seorang aktor, penulis buku, penulis blog, dan content creator yang rajin membuat hasil karya. Di tahun 2016, Kevin memenangkan empat kategori pada tiga penghargaan film di Indonesia. Saat ini, dirinya dinobatkan sebagai brand ambassador Dewaweb.

Brand Ambassador Dewaweb

Sejak Maret 2021, Dewaweb memilih Kevin Anggara sebagai brand ambassador yang akan mewakili brand Dewaweb. Melalui berbagai prestasi yang diraihnya, Kevin tak hanya memiliki keahlian menulis, tapi dirinya juga membuktikan kemampuannya dengan konsisten membuat konten yang kreatif dan menarik.

Selain itu, Kevin Anggara juga memiliki kredibilitas dan daya tarik tersendiri, terlebih ketika membahas seputar teknologi, terutama hosting. Ditambah lagi, dirinya ternyata merupakan salah satu pelanggan yang puas dengan layanan hosting Dewaweb.

Sebelum mengenal Dewaweb, Kevin sempat menggunakan layanan hosting dari provider lain dengan CMS Blogger. Namun dirinya mengaku tidak benar-benar menggunakan hosting yang disediakan karena apa yang diperlukannya sudah disediakan oleh Blogger. Tak hanya itu, Kevin juga merasakan layanan yang kurang memuaskan dari penyedia hosting sebelumnya.

Akhirnya, Kevin Anggara memutuskan untuk menggunakan Dewaweb setelah melakukan riset ke beberapa penyedia hosting lain. Kemudian, Kevin setuju bahwa website-nya terasa lebih cepat setelah mengandalkan Dewaweb sebagai layanan hosting-nya.

Selain itu, ketika Kevin merilis ulang blognya dan kewalahan saat website-nya mencapai limit resource, dia beralih ke paket yang lebih tinggi dan dibantu oleh layanan dari Ninja Support 24/7 yang benar-benar membantu hingga tuntas.

Menurut Kevin Anggara, website itu penting untuk menampilkan identitas si pemilik alias sebagai portfolio. Di sisi lain, menurutnya website juga berguna sebagai wadah untuk menuangkan isi pikiran YouTuber yang menyukai kubus rubik ini. Simak lebih lengkap video testimoni Kevin Anggara dari video berikut ini.

Simpulan

Nah, itu tadi penjelasan mengenasi apa itu brand ambassador dan brand ambassador Dewaweb. Sebagai penyedia cloud hosting terbaik di Indonesia, Dewaweb selalu ingin menjadi partner sukses online kamu. Selain menyediakan layanan cloud hosting terbaik, Dewaweb juga menuntun kamu meraih sukses online dengan berbagai bacaan dan tayangan edukatif, mulai dari blog Dewaweb, video tutorial di YouTube hingga webinar berkualitas dari Dewatalks dengan pembicara expert.

Jadi, pastikan kamu selalu memilih yang terbaik ya, agar website-mu aman, cepat, dan selalu bisa diandalkan. Makanya, urusan hosting dan website, ingat Dewaweb. Demikian artikel tentang brand ambassador dan perkenalan Kevin Anggara sebagai brand ambassador Dewaweb. Semoga artikel ini bermanfaat, salam sukses online!