Mengetahui Kelebihan Domain ID Dibanding Domain Lain

Mengetahui Kelebihan Domain ID Dibanding Domain Lain

Sebagaimana diketahui, ada banyak website resmi yang menggunakan ekstensi .id karena terdapat banyak kelebihan domain ID itu sendiri. Dari sekian banyak pilihan domain, ekstensi .id menjadi salah satu yang banyak digunakan oleh website karena kredibilitasnya.

Ingin tahu lebih banyak seputar domain ID? Berikut Dewaweb sudah rangkum informasinya di artikel ini. Baca sampai tuntas, ya!

Baca juga: Domain: Alamat yang Mudahkan Pengguna Mencari Websitemu!

Apa itu Domain ID?

Domain ID adalah salah satu bagian dari ccTLD (Country Code Top Level Domain) yang mana ccTLD merupakan jenis dari Top-Level Domain (TLD). Domain ID ini dikhususkan untuk website di Indonesia, sama seperti negara lainnya yang juga memiliki ccTLD masing-masing seperti .my untuk Malaysia, .uk untuk Inggris, dan sebagainya.

Sebagai domain lokal, ID mulai dilirik oleh sebagian besar penggunanya. Hal ini bisa dilihat dari data dari Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) yang dilansir dari Katadata menyebutkan hingga akhir 2018 lalu tercatat ada sekitar 281 ribu situs menggunakan domain ini dan mengalami peningkatan sekitar 12% dibanding tahun 2017 lalu.

Pengguna domain ID di Indonesia mencapai sekitar 96.35% sedangkan pengguna di luar negeri sekitar 3.65%. Pengguna domain ID di luar negeri digunakan di beberapa negara seperti Amerika Serikat, Singapura, Australia, dan Jepang.

Baca juga: Fakta dan Sejarah Domain di Dunia

Kamu juga bisa menyimak Video Pengertian dan Panduan Lengkap Domain berikut:

Kelebihan Domain ID

1. Identitas pemilik website jelas

Kelebihan domain ID yang pertama adalah memungkinkan kamu dengan mudah mengetahui siapa pemiliknya. Ini dikarenakan dalam proses pendaftaran pembuatan domain pemilik diharuskan memenuhi berbagai macam persyaratan dan ketentuan. Persyaratan tersebut antara lain adalah dibuktikan dengan adanya identitas yang legal seperti KTP, nama perusahaan serta dokumen penting lainnya yang dibutuhkan.

Memang, adanya persyaratan seperti ini sedikit memberatkan. Namun, mengingat pentingnya keamanan website kamu menyertakan identitas diri maupun perusahaan yang resmi dapat meningkatkan kepercayaan website yang sedang kamu buat.

Baca Juga: Tips Memilih Nama Domain yang Tepat

2. Lebih aman dan nyaman digunakan oleh pengguna

Mengingat domain ID membutuhkan identitas resmi baik dari pemilik maupun perusahaan, maka akan membuat pengguna merasa aman dan nyaman. Data pemilik website akan terdata secara valid oleh Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI). Jadi, apabila nama domain tersebut melanggar ketentuan hukum yang ada di Indonesia, PANDI akan menghapus nama domain bila dinyatakan bersalah setelah melalui proses hukum oleh pengadilan.

Dengan kata lain, baik langsung maupun tidak langsung, keunggulan domain ID ini memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai kode etik dalam berinternet. Baik dari segi pemilik, pengguna dan dalam hal tata kelolanya.

3. Situs lebih kredibel

Menyambung dari poin di atas, karena menggunakan identitas resmi untuk mendapatkannya domain ID dinilai lebih kredibel. Terlebih lagi bagi kamu yang sedang ingin melakukan branding baik dari segi personal maupun perusahaan. Kamu akan lebih berhati-hati dalam melakukan segala sesuatunya di website, mengingat salah sedikit saja informasi akan berdampak kurang baik bila tidak segera diklarifikasi.

Apalagi jika kamu menyebarkan berita yang tidak benar, maka kredibilitas website akan diragukan. Dengan keunggulan domain ID yang satu ini, kamu pun bisa meminta pertanggungjawaban kepada pemilik website apabila terjadi kesalahan.

Maka dari itu, sebaiknya selalu gunakan konten positif. Bila website kamu semakin baik, maka kredibilitasnya semakin baik pula sehingga akan meningkatkan jumlah pengunjung.

Baca Juga: Apa Itu Subdomain dan Bagaimana Cara Membuatnya

4. Ranking lebih tinggi di mesin pencari

Semua pemilik website pasti ingin websitenya berada di peringkat teratas mesin pencari, bukan? Hal tersebut akan lebih mudah didapatkan jika kamu menggunakan domain ID. Kok bisa? Hal ini karena website yang menggunakan ccTLD ranking-nya akan meningkat.

Sebab, Google mendeteksi bahwa website tersebut kredibel, relevan, dan berhubungan dengan area tertentu. Oleh karena itu, jika kamu mengincar trafik di Indonesia, maka menggunakan domain .ID dapat menjadi solusi terbaik untuk websitemu.

5. Akses lebih cepat

Keunggulan dari domain ID berikutnya adalah akses yang stabil dan cepat. Mengapa begitu? Bila dilihat secara teori, domain ID menggunakan server yang ada dalam negeri, jadi untuk membuka blog akan lebih cepat bila dibandingkan dengan menggunakan server dari luar negeri. Mengingat lalu lintas internet dari server luar negeri membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama.

Inilah salah satu alasan mengapa domain ID ini layak dipilih bila kamu ingin menargetkan pengunjung dari dalam negeri.  Selain itu, juga akan memudahkan di mesin pencarian bila menggunakan domain berbahasa Indonesia lalu di akhiri dengan ID.

6. Harga cukup terjangkau

Tidak hanya dari segi fasilitas dan spesifikasinya saja, keunggulan domain ID juga ada pada harganya. Menggunakan domain ID kamu hanya cukup membayar mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah saja. Bandingkan saja dengan menggunakan domain dari luar negeri, tentu Anda harus membayarnya dengan harga yang sedikit lebih mahal.

Selain itu, menggunakan domain yang berasal dari luar negeri dalam hal pembayaran biasanya menggunakan mata uang dolar. Tidak mengherankan jika harganya pun fluktuatif bila dikurskan ke mata uang rupiah. Misalnya, saat nilai mata uang dolar naik, ini tentunya akan berpengaruh juga pada harga domain yang berasal dari luar negeri tersebut.

7. Banyak kuota domain

Dibandingkan domain .com, ekstensi .id akan lebih banyak menyediakan variasi nama domain. Hal ini karena domain .com sudah sangat banyak digunakan sehingga stok ketersediaan domain juga terbatas.

Sedangkan domain ID ini memiliki lebih banyak kuota nama domain yang tersedia. Dengan begitu, kamu bisa mengandalkan kata-kata unik dan bagus yang potensial untuk dijadikan alamat domain situs kamu.

Baca Juga: Cara Membuat Email dengan Domain Sendiri dengan Mudah dan Gratis!

Jenis Domain ID

Berikut adalah beberapa jenis dari domain ID yang familiar:

  • Domain .go.id – merupakan ekstensi yang khusus untuk lembaga atau instansi pemerintah sipil (government) Indonesia.
  • Domain .ac.id – merupakan ekstensi khusus untuk lembaga akademis pendidikan perguruan tinggi (PT).
  • Domain .sch.id – mirip seperti ac.id, ekstensi ini juga khusus untuk lembaga akademis namun tingkat sekolah. “Sch” itu sendiri merupakan singkatan dari school yang berarti sekolah.
  • Domain .or.id – domain ini digunakan untuk membangun situs web resmi organisasi.
  • Domain .web.id – ekstensi ini bisa digunakan untuk berbagai jenis website, entah untuk kebutuhan personal maupun institusi.

Tertarik Menggunakan Domain ID?

Singkatnya, Domain ID merupakan bagian dari ccTLD yang ibaratnya adalah identitas dari suatu negara. Website dengan ekstensi TLD dua huruf ini biasanya berfungsi untuk memudahkan pengguna mengenal asal negara website tersebut.

Adapun beberapa kelebihan domain ID di antaranya sangat kredibel, aman, mudah ranking di mesin pencarian, cepat ketika diakses, serta masih banyak kuota domain yang tersedia dibandingkan .com.

Dengan mempertimbangkan keunggulan domain ID di atas, kamu bisa menggunakan jasa dan layanan dari penyedia web hosting Indonesia yang terbaik dan terpercaya seperti Dewaweb.

Dengan membeli paket Cloud Hosting tahunan di Dewaweb, kamu bisa mendapatkan free domain .id. Dan untuk kamu yang hanya ingin membeli domain .id, harga domain .id sudah turun menjadi Rp110.000,-. Segera order domain .id di Dewaweb.

Semoga artikel ini bermanfaat, ya. Kamu juga bisa membaca kumpulan artikel informatif lainnya di blog Dewaweb. Jika tertarik, kamu juga dapat mengikuti program afiliasi dari Dewaweb ataupun webinar gratis dari Dewatalks yang pastinya bermanfaat untuk menambah wawasanmu seputar dunia digital dan pengembangan website. Salam sukses!