Mengetahui 7+ Kelebihan Domain ID untuk Website

Mengetahui 7+ Kelebihan Domain ID untuk Website

Jika kamu masih bingung memilih ekstensi domain untuk website-mu, kamu wajib mengetahui kelebihan domain ID berikut ini. Dari sekian banyak pilihan domain, ekstensi .id bisa menjadi salah satu yang terbaik untuk website-mu.

Bukan tanpa alasan, domain yang satu ini yang banyak digunakan karena kredibilitas dan akses yang lebih cepat dibandingkan ekstensi lain. Selain itu, ada banyak jenis domain ID yang bisa digunakan sesuai keperluan website.

Ingin tahu lebih banyak seputar domain ID? Berikut Dewaweb sudah rangkum informasinya di artikel ini. Baca sampai tuntas, ya!

Apa Itu Domain ID?

Domain id adalah ekstensi domain tingkat atas (TLD) yang digunakan di Indonesia. “id” adalah akronim dari “Indonesia” yang menunjukkan kode domain negara atau disebut Country Code Top Level Domain (ccTLD). Ekstensi ini memudahkan pengguna untuk mengidentifikasi lokasi server sebuah website.

Sebagai domain lokal, domain id semakin banyak diminati. Data yang dicatat Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) yang dilansir dari Antara News menunjukkan bahwa terjadi pertumbuhan jumlah nama domain .id sebanyak 726.294 per 31 Desember 2022.

Angka ini melampaui target sebelumnya, yaitu hanya sebesar 702.374 nama domain. PANDI bahkan menargetkan di tahun 2023 ini pengguna ekstensi .id bisa mencapai 1 juta pengguna.

Pada 2022 sebelumnya, PANDI mencatat pengguna domain my.id dan biz.id menyumbang peningkatan signifikan terhadap total keseluruhan domain yang dikelola PANDI. Kedua domain ini banyak digunakan komunitas masyarakat, termasuk UMKM yang menggunakan domain biz.id.

PANDI juga mengklaim jumlah nama domain .ID resmi menjadi jumlah nama domain tertinggi yang ada di Asia Tenggara dengan jumlah nama domain sebanyak 726.294 per 31 Desember 2022. Angka ini melampaui domain .vn (Vietnam), .my (Malaysia), dan lain-lain.

Tentu saja, domain ini sangat populer di Indonesia karena memiliki banyak kelebihan dibandingkan domain lain. Simak lebih lanjut untuk mengetahui berbagai kelebihan domain id.

Kelebihan Domain ID

Harga domain id memang bisa jadi lebih mahal dibanding domain lain. Hal ini karena domain id mampu meningkatkan ranking situs web. Terlebih lagi jika di dalamnya mengandung keyword atau kata kunci populer dan mudah diingat.

Kendati lebih mahal, domain ini memang memiliki banyak kelebihan, di antaranya:

1. Identitas pemilik website jelas

Kelebihan domain ID yang pertama adalah memungkinkan kamu dengan mudah mengetahui siapa pemiliknya. Ini dikarenakan dalam proses pendaftaran pembuatan domain pemilik diharuskan memenuhi berbagai macam persyaratan dan ketentuan.

Persyaratan tersebut antara lain adalah dibuktikan dengan adanya identitas yang legal seperti KTP, nama perusahaan, serta dokumen penting lainnya yang dibutuhkan.

Memang, adanya persyaratan seperti ini sedikit memberatkan. Namun, mengingat pentingnya keamanan website kamu menyertakan identitas diri maupun perusahaan yang resmi dapat meningkatkan kepercayaan website yang sedang kamu buat.

Baca Juga: 15 Tools Cek Keamanan Website Gratis yang Wajib Dicoba

2. Lebih aman dan nyaman digunakan oleh pengguna

Mengingat domain ID membutuhkan identitas resmi baik dari pemilik maupun perusahaan, maka akan membuat pengguna merasa aman dan nyaman. Data pemilik website akan terdata secara valid oleh PANDI.

Jadi, apabila nama domain tersebut melanggar ketentuan hukum yang ada di Indonesia, PANDI akan menghapus nama domain bila dinyatakan bersalah setelah melalui proses hukum oleh pengadilan.

Dengan kata lain, baik langsung maupun tidak langsung, keunggulan domain ID ini memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai kode etik dalam berinternet. Baik dari segi pemilik, pengguna dan dalam hal tata kelolanya.

3. Situs lebih kredibel

Keunggulan domain .id selanjutnya adalah situs tersebut akan terlihat lebih kredibel dan terpercaya karena hanya perusahaan-perusahaan atau instansi pemerintah yang dapat menggunakan domain ini. Dengan memiliki domain .id, situs tersebut akan terlihat lebih profesional dan dapat dipercaya oleh pengunjungnya.

Selain itu, situs dengan domain .id juga akan lebih mudah ditemukan oleh pengguna internet karena domain ini merupakan domain yang khusus digunakan di Indonesia. Pengguna internet yang mencari informasi atau layanan di Indonesia cenderung lebih mempercayai situs-situs dengan domain .id karena alasan lokalitas.

4. Ranking lebih tinggi di mesin pencari

Kelebihan domain ID selanjutnya adalah mendapat ranking lebih tinggi di SERP. Sebab, Google mendeteksi bahwa website tersebut kredibel, relevan, dan berhubungan dengan area tertentu. Oleh karena itu, jika kamu mengincar trafik di Indonesia, maka menggunakan domain .ID dapat menjadi solusi terbaik untuk websitemu.

Baca Juga: Tips SEO: Google SERP Snippet untuk Meningkatkan Traffic Website

5. Target audiens yang tersegmentasi

Penggunaan domain ccTLD dapat menyegmentasikan target audiens sesuai wilayah. Jika kamu berada di wilayah Indonesia, hasil pencarian untuk query atau kata kunci tertentu akan menampilkan website dengan domain .id dan turunannya.

Dengan kata lain, penggunaan ccTLD merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan Search Engine Optimization (SEO). Mesin pencari seperti Google lebih memprioritaskan website dengan domain ccTLD untuk pengguna dari negara tertentu.

6. Akses lebih cepat

Kelebihan domain ID berikutnya adalah akses yang stabil dan cepat. Mengapa begitu? Bila dilihat secara teori, domain ID menggunakan lokasi server dalam negeri, jadi untuk membuka blog akan lebih cepat bila dibandingkan dengan menggunakan server dari luar negeri.

Mengingat lalu lintas internet dari server luar negeri membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama. Inilah salah satu alasan mengapa domain ID ini layak dipilih bila kamu ingin menargetkan pengunjung dari dalam negeri.

Baca Juga: 10 Cara Mempercepat Loading Website supaya Gak Lemot Lagi

7. Banyak kuota domain

Dibandingkan domain .com, ekstensi .id akan lebih banyak menyediakan variasi nama domain. Hal ini karena domain .com sudah sangat banyak digunakan sehingga stok ketersediaan domain juga terbatas.

Sedangkan domain ID ini memiliki lebih banyak kuota nama domain yang tersedia. Dengan begitu, kamu bisa menggunakan exact match domain atau kata-kata unik dan bagus yang potensial untuk dijadikan alamat domain situs kamu.

Baca Juga: Contoh Nama Domain yang Bagus dan 12+ Tips Memilihnya!

8. Dukungan teknis

Domain ini disediakan oleh Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) yang menawarkan dukungan teknis yang andal bagi pemilik domain. Dengan tim PANDI yang berpengalaman, jika sewaktu-waktu terjadi masalah teknis terkait domain tentunya akan lebih mudah diatasi.

Jenis Domain ID

Untuk memilih ekstensi yang tepat untuk website-mu, kamu perlu mengetahui beberapa jenis dari alamat website ID. Berikut ini daftar jenis domain id:

1. id

Ekstensi domain .id sangat fleksibel dan bisa digunakan untuk segala jenis website dengan lokasi server Indonesia. Inilah mengapa, domain .id menjadi salah satu domain yang paling banyak digunakan oleh pengembang maupun pemilik website di Indonesia.

Untuk dapat menggunakan domain .id, terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Salah satunya adalah pemilik situs web harus memiliki alamat di Indonesia atau memiliki koneksi dengan negara tersebut. Selain itu, pemohon juga perlu menyertakan dokumen identitas dan pernyataan yang mendukung klaim kepemilikan atau kepentingan yang berkaitan dengan .id.

2. ac.id

Ekstensi ac.id merupakan singkatan dari academy. Artinya, domain ini hanya bisa digunakan untuk lembaga akademis pendidikan seperti perguruan tinggi, lembaga pendidikan, atau universitas di Indonesia.

Beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk dapat menggunakan domain ini adalah KTP, SK pendirian lembaga dari kementerian, hingga surat keterangan rektor. Nama domain yang didaftarkan juga harus sesuai dengan nama lembaga pendaftar, misalnya lembaga UNUD, maka nama domain yang dapat digunakan yaitu unud.ac.id.

3. biz.id

Domain biz.id adalah salah satu jenis domain yang diperuntukkan bagi bisnis di Indonesia. Dengan menggunakan domain biz.id, perusahaan atau bisnis dapat memberikan kesan yang profesional dan kredibel kepada pengunjung situs mereka.

Namun, untuk dapat memakai domain biz.id, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Pertama, pemohon harus merupakan badan hukum yang terdaftar di Indonesia. Kedua, pemohon harus memiliki NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) dan menunjukkan bukti pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

Selain itu, pemohon juga diharuskan memberikan data yang valid dan memiliki hak atas nama domain yang diajukan. Dengan memenuhi persyaratan ini, bisnis atau perusahaan dapat memiliki domain biz.id dan menggunakan identitas bisnis secara online.

4. my.id

Domain my.id sangat cocok digunakan oleh individu sebagai web portofolio maupun perusahaan yang ingin membangun identitas online yang khusus untuk pasar Indonesia. Untuk bisa memakai domain my.id, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi.

Pertama, pemohon harus memiliki identitas sebagai warga negara Indonesia atau memiliki tempat tinggal yang sah di Indonesia. Kedua, nama yang diajukan untuk domain harus sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh PANDI. Pemohon juga harus menyertakan dokumen pendukung yang diperlukan seperti KTP atau passport.

Baca Juga: Kelebihan Domain MY.ID untuk Website & Cara Mendapatkannya

5. or.id

Domain or.id adalah jenis domain yang khusus digunakan oleh organisasi di Indonesia. Domain ini digunakan oleh lembaga, badan, atau organisasi yang bergerak di bidang non-profit dan memiliki tujuan sosial atau kesukarelaan.

Persyaratan memakai domain or.id antara lain adalah memiliki legalitas resmi, seperti berupa izin pendirian dari pemerintah atau organisasi yang telah memiliki kegiatan sosial tertentu. Selain itu, organisasi juga harus dapat menunjukkan dedikasinya terhadap kepentingan umum dan bukan semata-mata keuntungan pribadi.

Baca Juga: Domain OR ID: Pengertian, Fungsi, dan Cara Membuatnya

6. co.id

Domain co.id biasanya digunakan sebagai sarana untuk mempresentasikan identitas perusahaan atau organisasi di dunia maya. Domain ini umumnya digunakan untuk bidang usaha yang memiliki legalitas hukum dan bergerak di Indonesia.

Untuk dapat menggunakan domain co.id, terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Biasanya, para pendaftar dimintai dokumen kepemilikan merek, surat ijin perdagangan, KTP dan lain-lain. Terutama bila pihak tersebut memang bertujuan untuk mendirikan CV, PT, atau firma.

7. ponpes.id

Ekstensi domain ponpes.id adalah .id adalah ekstensi domain yang menunjukkan bahwa sebuah website atau domain berasal dari Indonesia. Jadi, ekstensi domain ponpes.id menunjukkan bahwa website tersebut merupakan website yang berkaitan dengan pondok pesantren di Indonesia.

8. sch.id

Mirip seperti ac.id, ekstensi ini juga hanya bisa digunakan oleh lembaga akademis namun tingkat sekolah. “Sch” itu sendiri merupakan singkatan dari school yang berarti sekolah.

9. web.id

Sama seperti .id, ekstensi ini dapat digunakan untuk berbagai jenis website, entah untuk kebutuhan personal maupun institusi. Namun, berbeda dengan domain .id yang tidak membutuhkan persyaratan tertentu, kamu perlu melampirkan KTP untuk dapat menggunakan web.id.

10. go.id

Domain go.id adalah top-level domain pemerintahan (government) Indonesia yang digunakan oleh berbagai lembaga pemerintah untuk membangun dan mengelola situs web mereka. Dalam sistem domain ini, hanya lembaga pemerintah yang diberikan izin untuk menggunakan domain go.id.

11. net.id

Ekstensi net.id umumnya digunakan oleh individu atau perusahaan yang bergerak di bidang teknologi atau internet. Kehadiran ekstensi .net.id memberikan kesempatan bagi mereka untuk memiliki alamat website yang sesuai dengan bidang kerjanya. Misalnya, perusahaan penyedia layanan internet dapat menggunakan ekstensi .net.id untuk membuat alamat website mereka menjadi lebih mudah diingat oleh para pelanggan.

Baca Juga: Domain NET: Kredibel, Mudah Diingat, dan SEO Friendly

12. desa.id

Ekstensi domain desa.id adalah ekstensi domain yang dikhususkan untuk website resmi desa di Indonesia. Dengan menggunakan ekstensi ini, desa-desa di Indonesia dapat memiliki identitas online yang jelas dan terpercaya.

Ekstensi domain desa.id memberikan kesempatan kepada masyarakat desa untuk lebih mudah mengakses informasi mengenai desa mereka, mulai dari informasi pemerintahan, kegiatan perkembangan desa, potensi wisata, hingga produk unggulan yang dimiliki oleh desa tersebut.

Baca Juga: Daftar Domain Gratis untuk Membuat Website

Tertarik Menggunakan Domain ID?

Jadi, setelah membaca segala keuntungan dan kelebihan domain ID, apakah kamu tertarik menggunakannya? Jika kamu masih bingung di mana tempat beli domain dengan harga terjangkau, kamu bisa memercayakan pada Dewaweb!

Dengan membeli paket cloud hosting tahunan di Dewaweb, kamu bisa mendapatkan free domain dengan ekstensi .id. Yuk, coba sekarang! Demikian artikel ini, semoga bermanfaat. Kamu juga bisa membaca kumpulan artikel informatif lainnya di blog Dewaweb. Salam sukses online!

Asset Blog Dewaweb
Dewaweb Team

Dewaweb Team menuliskan artikel dengan sepenuh hati. Topiknya mulai dari bisnis online, digital marketing, sampai website development. Yuk daftarkan email kamu ke newsletter Dewaweb di sebelah kanan untuk mendapatkan info terbaru dari Dewaweb!