Keunggulan Memahami Bahasa Pemograman Phyton

Dalam dunia coding, banyak sekali yang bisa digali di sana. Dunia yang tidak bisa dilakukan oleh semua orang ini memberikan berbagai kemudahan yang sayangnya tidak didasari oleh para penggunanya. Para ahli coding pun memiliki gayanya sendiri-sendiri. Semua tergantung dengan workflow yang dilakukan setiap bekerja.

Pada dasarnya, coding bisa dikuasai semua orang, asalkan giat belajar dan ulet dalam latihan. Dengan mentalitas seperti itu, mereka bisa saja menjadi ahli coding dan terus mengembangkan kemampuan sekaligus mendapatkan pendapatan yang cukup menghasilkan dari sana.

Di dalam dunia pemrograman, ada satu bahasa yang biasa dipakai dan termasuk yang paling mudah yaitu Python. Apa itu Python dan bagaimana cara menjalankannya? Apakah keunggulan memang bisa membawa manfaat besar bagi yang mengerti akan hal ini? Semua akan dijelaskan sekarang juga.

Pengertian

Python adalah bahasa pemrograman interpretatif multiguna yang memakai filosofi perancangan dengan fokus kepada tingkat keterbacaan kode. Sebagai bahasa pemrograman, Python menggabungkan kemampuan, kapabilitas dan sintaksis kode serta fungsi pustaka yang berkualitas tinggi.

Pada dasarnya, bahasa pemrograman yang dirancang oleh Guido van Rossum ini sebenarnya sangat banyak digunakan untuk membuat program yang sangat sering dipakai oleh masyarakat umum. Sebut saja program GUI (desktop), aplikasi smartphone, program CLI, IoT, game, web, program untuk hacking dan masih banyak lagi.

Untungnya, dengan dampak yang sangat besar untuk dunia programmer, Python merupakan bahasa pemrograman yang tidak sulit untuk dipelajari. Alasan utama dari pernyataan ini adalah struktur sintak yang rapi dan lebih mudah dipahami dibandingkan bahasa pemrograman lainnya. Jadi, bagi pemula yang ingin belajar coding, Python bisa dijadikan langkah awal yang paling tepat.

Kenapa Belajar Python

Pertanyaan sekarang adalah menggapai belajar bahasa pemrograman Python? Apa saja yang bisa didapatkan dari Python jika menguasainya?

Bahasa pemrograman yang ditawarkan Python memang pada dasarnya sangatlah sederhana. Ketika Java dan C++ membutuhkan barisan kode-kode yang menyulitkan dan tidak bisa dilakukan dengan mudah oleh pemula, Python sangatlah simpel karena menggunakan tata bahasa layaknya sedang berbicara dengan komputer.

Jadi apa saja alasan harus belajar Python?

  • Ketika ingin mendapatkan ilmu coding, maka Python adalah yang paling tepat karena bisa dilakukan dengan cepat sekaligus efektif.
  • Python juga mudah dipelajari sehingga ketika belajar Python, maka semua bisa diserap dengan cepat.
  • Selain itu Python juga digunakan di banyak perusahaan besar. Jadi bagi yang ingin mencari uang dari coding, bisa gunakan Python sebagai bahasa pemrograman andalan.
  • Dan yang terakhir adalah menjadikan Python langkah awal untuk yang ingin tahu bagaimana caranya coding itu. Tidak untuk diseriusi, tapi hanya ingin tahu saja. Maka dari itu Python adalah pilihan yang paling tepat.

Fitur Python

Banyak sekali fitur yang dimiliki Python sehingga menarik digunakan. Berikut fitur-fitur Python yang menjadi keunggulan darinya:

  • Berorientasi kepada objek.
  • Mudah dikembangkan dengan menciptakan modul-modul baru. Modul tersebut juga bisa dibangun dengan bahasa Python.
  • Memiliki tata bahasa yang mudah dipelajari.
  • Didukung sistem pengelolaan memori secara otomatis sehingga membutuhkan kinerja saat coding.
  • Python juga memiliki banyak fasilitas pendukung sehingga ketika mengoperasikannya, terhitung mudah dan cepat.

Baca Juga: Pengenalan JavaScript dan Perbedaannya dengan Bahasa Pemrograman Java

Masih ada beberapa fitur Python yang menarik lainnya. Bagi yang ingin belajar coding, sebaiknya memulai terlebih dahulu di Python karena dibandingkan bahasa pemrograman yang lainnya, Python yang paling ramah dengan pemula.

Cloud Hosting Terbaik di Indonesia