Dalam dunia internet, SSL mungkin begitu dikenal oleh masyarakat awam karena memang istilah ini jarang muncul. Banyak orang bertanya apa sebenarnya itu SSL dan mengapa sangat diperlukan dalam meningkatkan layanan pada website yang sudah dibuat? Pada dasarnya SSL adalah singkatan dari Secure Socket Layer. Atau dengan kata lain bisa diartikan dengan teknologi yang menyediakan keamanan link session baik antara pengunjung dari browser ke laman website yang dituju. Saat ini ada banyak pilihan SSL, salah satunya adalah Symantec SSL.

Apa saja yang akan kamu dapatkan bila menggunakan Symantec SSL ini? Simak ulasannya di bawah ini.

Laman website nampak lebih profesional

Tampilan website yang menarik adalah kunci agar pengunjung betah berlama-lama mengunjungi website tersebut. Semakin baik interface pada sebuah website, maka hal ini juga semakin baik. Terutama bila website milik kamu bergerak di toko online maupun pembayaran. Saat ini aturan yang digunakan dalam payment card industry ada sebuah konsensus yang mengharuskan transaksi maupun pembayaran online lewat fitur SSL. Selain itu, SSL tersebut paling tidak memiliki enkripsi 128 bit. Dengan begitu bila websitemu menggunakan SSL ini pengguna akan merasa lebih nyaman dan aman karena tampilan website nampak meyakinkan, baik dari segi tampilan maupun keamanannya.

Mampu melakukan enkripsi dengan baik

Symantec SSL dari segi keamanan dipercaya mampu menangkal berbagai ancaman serangan siber. Dalam sistem keamanan, SSL dilengkapi dengan tiga komponen utama yakni enkripsi yang melindungi transmisi data, autentikasi yang memastikan server terhubung dengan baik, dan ketiga adalah integritas data yang memastikan data yang diminta dapat terkirim sesuai apa yang disampaikan. Inilah yang membuat hacker akan kesulitan dalam mengintervensi jalur komunikasi data antara klien dengan server.

Dengan kapasitas keamanannya tersebut, Symantec SSL ini dapat digunakan untuk perusahaan besar terutama yang bergerak di bidang transaksi keuangan. Selain itu, website instansi besar seperti pemerintahan sangat dianjurkan menggunakan SSL ini demi menjaga keamanan data penting mereka.

Lebih disukai oleh Google

Tahun 2014 lalu, Google menyebutkan jika HTPPS menjadi penentu ranking di mesin pencarian. Maka tidaklah heran bila banyak website mulai bermigrasi dari sebelumnya menggunakan HTTP menjadi HTTPS. Alasannya mudah, mereka tidak ingin ranking website di mesin pencarian menurun secara drastis. Salah satu untuk menunjang ranking tersebut selain melakukan migrasi adalah menggunakan SSL ini.

Symantec SSL dalam pelaksanaannya lebih disukai oleh Google. Lewat cara kerjanya yang sistematis, SSL ini akan berusaha ‘meyakinkan’ Google kalau laman website yang sudah kamu buat bukanlah website abal-abal. Lewat cara ini Google akan memberi penilaian terbaik untuk website kamu. Mengaktifkan Symantec SSL sama halnya dengan kamu melakukan upaya dengan Search Engine Optimization (SEO), yakni dapat mempengaruhi ranking di laman pencarian. Pengguna yang sudah memasang SSL akan mendapatkan peringkat lebih tinggi daripada website yang belum menggunakan SSL ini.

Mudah didapatkan

Keunggulan SSL lainnya ada yang bisa digunakan secara gratis dan ada yang berbayar. Bila kamu ingin menggunakan sertifikat SSL gratis ini bisa memakai Let’s Encrypt. Meskipun begitu, kamu perlu rajin melakukan pembaharuan sertifikat setiap tiga bulan atau 90 hari sekali. Caranya pun sangat mudah, kamu bisa kunjungi laman website resminya kemudian, download lalu instal ke gadget.

Sementara untuk Symantec SSL adalah tipe SSL berbayar dengan berbagai fitur yang lebih baik daripada SSL gratis. Kalau kamu ingin serius mengembangkan website, terlebih bila website tersebut di bidang e-commerce maka SSL berbayar khususnya Symantec ini layak untuk kamu gunakan.

Baca Juga: 5 Cara Penting Melindungi Website dari Serangan Hacker

Cara untuk mendapatkan Symantec SSL juga bisa dibilang mudah. Kamu cukup mengunjungi situs resmi penyedia jasa SSL berbayar ini atau dengan membelinya di jasa penyedia sertifikat SSL terpercaya. Setelah membaca ulasan di atas, kini sudah saatnya kamu menggunakan SSL terpercaya untuk membuat websitemu lebih baik.

Cloud Hosting Terbaik di Indonesia