Categories
< All Topics

Apa itu DNS Management dan ID Protection (Private Whois/Whois Protection)?

DNS management adalah fitur untuk mengatur DNS records pada domain anda secara penuh.
Anda dapat menambah A, CNAME, MX Records dll langsung dari client area Anda di Dewaweb.

Untuk panduan langkah-langkahnya bisa Anda lihat di YouTube Channel kami disini:
http://www.youtube.com/user/DewawebChannel

Domain ID Protect atau Whois Privacy Protection adalah layanan tambahan dari pihak registrar domain (Dewaweb) untuk melindungi informasi-informasi sensitif yang mungkin tidak mau Anda bagikan kepada publik. Layanan ini bersifat opsional (tidak wajib).

Misalnya Anda memiliki domain tokobajubagus.com. Sebagai pemilik toko online tersebut, mungkin Anda menyediakan nomor telepon khusus untuk berkomunikasi dengan para calon pelanggan, namun Anda tidak mau nomor telepon pribadi Anda diganggu oleh publik. Nah, dengan menggunakan fitur Proteksi Whois ini, nomor telepon pribadi Anda yang didaftarkan sebagai bagian dari data-data pemilik domain tokobajubagus.com tadi akan “ditutup” sehingga tidak terlihat oleh publik. Inilah salah satu kegunaan dari fitur Proteksi Whois, selain dari kegunaan-kegunaan lainnya.

Whois Protection ini bersifat opsional, artinya tanpa mengaktifkan fitur ini pun Anda tetap bisa menjalankan usaha online Anda. Tidak akan ada masalah dengan domain Anda bila tidak menggunakan fitur Whois Protection.

Table of Contents