Categories
< All Topics

Cara Restore backup Database dari Time Machine Backup

Cara Restore backup Database dari Time Machine Backup

Jika oleh karena satu dan lain hal Anda perlu untuk melakukan restore backup database website Anda dari Time Machine Backup, lakukan langkah-langkah berikut ini:

1.  Login ke cPanel Anda.

2.  Klik pada fitur Time Machine Backup seperti yang bisa Anda lihat berikut ini:

Asset Blog Dewaweb

3.  Setelah Anda klik icon Time Machine Backup, Anda akan dibawa ke halaman berikut ini:

Asset Blog Dewaweb

4.  Silahkan pilih backup tanggal dan jam berapa yang ingin Anda restore, seperti yang terlihat pada gambar diatas.  Klik pada icon yang ditandai hijau pada gambar diatas, maka Anda akan melihat halaman berikut ini:

Asset Blog Dewaweb

5.  Klik pada tanda “+” untuk membuka seluruh struktur database website Anda.  Anda akan melihat struktur database seperti pada gambar berikut ini:

Asset Blog Dewaweb

6.  Pada contoh diatas, kebetulan databasenya hanya ada 1.  Namun mungkin saja di paket hosting Anda, Anda memiliki lebih dari 1 buah database.  Silahkan pilih database yang ingin anda restore seperti yang dicontohkan pada gambar diatas, lalu klik tombol “Restore Selected”.  Anda lalu akan dibawa pada halaman berikut ini:

Asset Blog Dewaweb

7.  Halaman ini akan menunjukkan progress dari proses restore database yang sudah Anda mulai.  Ketika proses ini sudah selesai, maka database yang ingin Anda restore pun juga sudah selesai di-restore.

PERHATIAN : 
Untuk saat ini Time Machine Backup hanya berfungsi untuk database MySQL dan tidak berlaku untuk PosgreSQL.

Table of Contents