dewaweb-blog-memilih-spesifikasi-komputer-server-yang-tepat

Beberapa waktu yang lalu, kami pernah membahas soal server. Di artikel kali ini, kami ingin membahas lebih lanjut tentang komputer server. Apa itu komputer server?

Komputer Server: Hardware Untuk Kebutuhan Server Anda

Komputer server yang akan dibahas di artikel ini adalah komputer yang dijadikan sebagai hardware untuk kebutuhan server Anda.

Server adalah komputer, perangkat, atau program yang didedikasikan untuk mengelola sumber daya jaringan. Mereka bisa diatur untuk melakukan tugas yang berbeda-beda. Server yang hanya melakukan tugas mereka sebagai server biasa disebut dengan istilah dedicated server.  Memang server sendiri terdiri dari beberapa jenis.

Berikut ini adalah beberapa jenis server yang popular:

  • Server web: Server web menunjukkan halaman dan menjalankan aplikasi melalui browser web. Server yang terhubung ke browser Anda sekarang adalah server web yang mengirimkan halaman yang sedang Anda lihat. Program klien, dalam hal ini, kemungkinan besar adalah browser seperti Internet Explorer, Chrome, Firefox, Opera, atau Safari. Server web digunakan untuk segala macam hal selain mengirimkan teks dan gambar sederhana, seperti untuk download dan backup file secara online melalui layanan cloud storage.
  • Server email: Server email memfasilitasi pengiriman dan penerimaan email. Jika Anda memiliki klien email di komputer Anda, perangkat lunak ini terhubung ke server email IMAP atau POP untuk mengunduh pesan Anda ke komputer Anda, dan server SMTP untuk mengirim kembali pesan melalui server email.
  • Server FTP: Server FTP mendukung pemindahan file melalui alat Protokol Transfer File. Server FTP dapat diakses dari jarak jauh melalui program klien FTP.

Di luar sana memang ada ratusan jenis tipe server khusus yang berbeda mendukung jaringan komputer. Kalau Anda memang ingin memiliki server Anda sendiri, Anda bisa membuatnya menggunakan komputer apa saja. Tetapi tentunya Anda perlu tahu spesifikasi seperti apa yang dibutuhkan untuk membuat sebuah komputer menjadi server.

Download Gratis eBook Sukses Online Dewaweb

Spesifikasi Komputer Server

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, untuk memilih komputer apa yang cocok untuk dijadikan server, Anda perlu tahu dulu apa yang Anda butuhkan. Spesifikasi komputer untuk dijadikan PC game tentunya berbeda dengan spesifikasi komputer untuk dijadikan server. Karena komputer untuk server membutuhkan kapasitas yang cukup signifikan. Ini karena melakukan tugas untuk menghosting website bisa dibilang berbeda.

Lalu apa saja yang faktor utama yang perlu diperhatikan dalam memilih komputer server?

CPU

Sama seperti saat berbelanja untuk komputer pribadi, penting untuk memulai dengan prosesor karena ini adalah “otak” dari mesin. Ada dua produsen prosesor utama yang akan Anda temukan di hampir setiap mesin: Intel dan AMD. Beberapa perangkat yang lebih sederhana seperti netbook menggunakan prosesor ARM, tetapi mereka belum benar-benar diadopsi untuk teknologi server karena daya keseluruhannya yang rendah. Beberapa server telah mencoba untuk menggunakannya tetapi memang kurang baik.

Kedua brand ini memiliki sisi positif dan negatifnya masing-masing, terutama kalau Anda ingin memiliki server yang memiliki kinerja tinggi dengan harga yang terkontrol. Namun, kebanyakan orang lebih memilih menggunakan Intel untuk server. Ini karena, dari sudut pandang performance, Intel bekerja dengan lebih cepat. Prosesor Intel memiliki kecepatan baca dan tulis yang lebih cepat dari memori pada basis per-inti. Banyak penwaran yang Anda lihat akan mengiklankan enam belas inti.

Kebanyakan orang yang berbelanja hosting tidak perlu terlalu khawatir tentang prosesor jika mereka hanya ingin menghosting situs web karena mereka akan memilih VPS dan tidak akan membutuhkan kekuatan CPU semacam itu. Kalau memang software yang Anda gunakan berat, Anda mungkin membutuhkan CPU dengan core atau inti yang lebih tinggi.

RAM

Kalau prosesor dianggap sebagai otaknya, RAM bekerja untuk menentukan berapa banyak proses yang bisa dilakukan oleh otak di saat yang bersamaan. RAM adalah memori. Kalau soal server, Anda akan membutuhkan RAM 1GB atau lebih. Plan VPS standar biasanya dimulai dari ukuran 1GB dan ini sudah cukup untuk website dengan traffic yang tidak terlalu rendah atau terlalu tinggi. Perlu diingat bahwa Anda menggunakan hanya beberapa porsi mesin dan bukan seluruhnya. Anda bisa melihat perbedaan ini kalau Anda mulai membeli dedicated servers karena biasanya mereka mulai dari ukuran RAM sebesar 16GB.

Ada beberapa faktor yang perlu Anda perhatikan sebelum memilih ukuran RAM yang Anda perlukan.

  • Traffic: Semakin tinggi traffic website Anda, Anda memerlukan RAM yang lebih tinggi
  • Content Management System: CMS seperti WordPress dan Drupal membutuhkan paling tidak 1GB RAM, semakin besar tentunya akan semakin baik
  • Control Panel: Software seperti cPanel akan menggunakan memori dari RAM Anda
  • Scripting language dan database: Menggunakan PHP dan database SQL akan membutuhkan RAM yang lebih tinggi
  • Applications: seperti komputer apapun, aplikasi yang berjalan di device Anda akan mempengaruhi RAM. Semakin banyak aplikasi yang berjalan, semakin banyak RAM yang Anda butuhkan

Storage

Untuk storage atau penyimpanan, Anda bisa memilih antara menggunakan hard drives dan SSD. Managed SSD VPS atau VPS SSD yang dikelola adalah salah satu pilihan popular karena Anda akan mendapatkan peningkatan kecepatan yang signifikan. SSD memang bisa dibilang memiliki beberapa keunggulan dibanding dengan hard drive. Tetapi untuk menjadikan sebuah komputer menjadi server memang peningkatan kecepatan adalah hal yang paling penting.

Untuk berapa banyak penyimpanan yang Anda butuhkan, jawabannya mungkin akan mengejutkan Anda. Jika Anda melihat rencana yang menawarkan ruang tiga puluh gigabyte, Anda mungkin akan terkejut. Ponsel cerdas Anda memiliki penyimpanan lebih dari itu. Namun, Anda tidak dapat memikirkan untuk menghosting seperti perangkat pribadi. Jika Anda menghosting situs sederhana, kebanyakan storage Anda akan digunakan untuk menyimpan file teks dan aset visual dan keduanya tidak begitu banyak menghabiskan memori storage Anda. Jika Anda juga menghosting email di server yang sama, tentunya Anda akan cepat kehabisan memori.

Pada dasarnya, Anda perlu menyadari apa yang sebenarnya Anda butuhkan untuk disimpan di server Anda. Apakah situs Anda membutuhkan database yang sangat besar? Apakah Anda akan menyimpan banyak file multimedia? Mengambil inventaris aset Anda sebelum diluncurkan akan membantu Anda memilih ukuran storage yang tepat.

Simpulan

Di artikel ini kami sudah membahas tentang spesifikasi komputer server. Setiap komputer memang bisa dijadikan sebagai server tetapi perlu diingat bahwa Anda perlu tahu dulu apa saja kebutuhan Anda sebelum memilih hardware untuk dijadikan server.

Sebagai provider cloud hosting di Indonesia, kami juga menawarkan VPS untuk solusi bisnis Anda. Untuk informasi lebih lanjut Anda bisa mengunjungi product page VPS murah kami. Semoga artikel ini membantu!