Konfigurasi IMAP, POP3, dan SMTP

Jika Anda menggunakan email client, atau bagi ada yang menggunakan iPhone dan Android, Anda mungkin pernah diminta untuk mengisi data-data seperti host, port, dan protocol, ketika Anda ingin mengakses email Anda di device Anda. Mungkin Anda bingung dengan data apa Anda harus mengisi kolom-kolom ini?

Nah di artikel kali ini, kami akan menjelaskan bagaimana cara mengkonfigurasi pengaturan POP3, IMAP, dan SMTP di email client ataupun device Anda.

Sebelum kita bahas cara-cara konfigurasinya, ada beberapa istilah yang harus Anda pahami terlebih dahulu. Kami akan membahas dengan lebih dalam apa itu Transmission Control Protocol and Internet Protocol atau yang lebih dikenal dengan istilah TCP/IP, Port Number, dan Email Client.

Transmission Control Protocol & Internet Protocol (TCP/IP)

Transmission Control Protocol (TCP) dan Internet Protocol (IP) adalah dua protokol jaringan komputer yang berbeda. Ketika dua komputer memiliki protokol yang sama, mereka bisa saling mengerti satu sama lain dan bertukar data. TCP dan IP memang sering digunakan bersamaan. TCP/IP sendiri sudah menjadi terminologi standard untuk menyebut protokol ini.

Transmission Control Protocol (TCP) membagi pesan atau file menjadi sejumlah paket yang akan dikirimkan melalui internet dan kemudian menyatukan mereka kembali saat mencapai tujuan. Sementara itu, Internet Protocol bertanggung jawab sebagai alamat dari setiap paket. Tugas IP adalah meyakinkan bahwa semua paketnya terkirim ke destinasi yang benar.

TCP / IP secara teknis berlaku untuk komunikasi jaringan dimana transport TCP digunakan untuk mengirimkan data ke jaringan IP. Protokol yang disebut “connection-oriented” inibekerja dengan membangun koneksi virtual antara dua perangkat melalui serangkaian pesan permintaan dan balasan yang dikirim melalui jaringan fisik.

Sebagian besar pengguna komputer pernah mendengar istilah TCP / IP meski mereka tidak tahu apa artinya. Rata-rata orang di internet bekerja di lingkungan TCP / IP yang didominasi. Browser web, misalnya, menggunakan TCP / IP untuk berkomunikasi dengan server Web. Jutaan orang menggunakan TCP / IP setiap hari untuk mengirim email, chatting online dan bermain game online tanpa mengetahui cara kerjanya.

Port Number

Dalam jaringan komputer, nomor port adalah bagian dari informasi pengalamatan yang digunakan untuk mengidentifikasi pengirim dan penerima pesan. Mereka terkait dengan koneksi jaringan TCP / IP dan dapat digambarkan sebagai semacam add-on ke alamat IP.

Nomor port memungkinkan aplikasi yang berbeda pada komputer yang sama untuk berbagi sumber daya jaringan secara bersamaan. Router jaringan rumah dan software komputer bekerja dengan port ini dan terkadang mendukung konfigurasi pengaturan nomor port.

Catatan: Port jaringan berbasis software dan tidak ada kaitannya dengan port fisik yang dimiliki perangkat jaringan untuk dihubungkan dengan kabel.

Email Client

Sebuah email client adalah program komputer yang digunakan untuk membaca dan mengirim email.

Email clients memungkinkan Anda membaca, mengatur dan membalas pesan serta mengirim email baru.

Untuk mengatur email, email client biasanya memiliki folder (setiap pesan dalam satu folder), label (di mana Anda dapat menerapkan beberapa label ke setiap pesan) atau keduanya. Setiap email client biasa juga memiliki kolom search yang memungkinkan Anda menemukan pesan melalui meta-data seperti pengirim, subjek, atau waktu penerimaan serta, seringkali, konten teks lengkap email.

Selain teks email, email client juga menangani lampiran, yang memungkinkan Anda menukar file komputer seperti gambar, dokumen atau spreadsheet melalui email.

Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang email clients dan beberapa email clients yang bisa Anda gunakan, Anda bisa membaca artikel kami mengenai 5 aplikasi email client gratis.

Jenis-Jenis Protokol TCP/IP
Ada beberapa jenis protokol TCP/IP yang sering digunakan dalam proses konfigurasi email pada email clients, yaitu:

POP3
Post Office Protocol version 3 atau lebih dikenal dengan istilah POP3 adalah sebuah protokol email standard yang digunakan untuk menerima email dari sebuah server email ke email client yang Anda gunakan. POP3 memperbolehkan Anda mendownload pesan-pesan yang ada pada server email ke komputer atau device Anda dan Anda bisa membacanya bahkan ketika komputer Anda offline atau tidak terkoneksi dengan internet. Jika Anda menggunakan POP3 untuk berhubungan dengan akun email, email-email Anda akan didownload ke device lokal dan dihapus dari server email Anda. Jadi jika Anda ingin bisa mengakses email Anda dari beberapa aplikasi yang berbeda, POP3 bukanlah pilihan yang tepat. Salah satu keuntungan menggunakan POP3 adalah karena email Anda disimpan di device Anda, Anda tidak akan kekurangan space di server akun email Anda.

Secara default, protocol POP3 bekerja di dua ports:

Port 110 – ini adalah port non-enskripsi default POP3

Port 995 – ini adalah port yang sebaiknya Anda gunakan jika Anda ingin menggunakan POP3 dengan aman

IMAP
Internet Message Access Protocol atau IMAP adalah sebuah protokol email yang digunakan untuk mengakses email dari sebuah web server dari email client. IMAP dan POP3 adalah dua protokol email yang paling sering digunakan untuk mengambil email. Kedua protokol ini didukung oleh semua email client modern dan server web.

Jika POP3 hanya memungkinkan Anda untuk mengakses email dari satu device, IMAP memperbolehkan Anda untuk menggunakan beberapa device atau email clients yang berbeda. Ini adalah salah satu alasan mengapa IMAP mungkin lebih cocok bagi Anda yang ingin mengakses email dari email client dan device yang berbeda-beda, atau jika akun email dan email-email Anda perlu diakses oleh lebih dari satu orang.

Secara default, protokol IMAP bekerja pada dua ports:

Port 143 – ini adalah port non-enksripsi default IMAP

Port 993 – ini adalah port yang sebaiknya Anda gunakan jika Anda ingin menggunakan IMAP dengan aman.

SMTP
Simple Mail Transfer Protocol (SMTP) adalah sebuah protokol standar untuk mengirim email di internet. SMTP biasa bekerja ketika Anda mengirim email dari email client Anda ke email server lain atau dari satu email server ke email server lainnya.

Secara default, berikut adalah port SMTP:

Port 25 – ini adalah port non-enskripsi default SMTP

Port 465 – ini adalah port yang sebaiknya Anda gunakan jika Anda ingin menggunakan SMTP dengan aman

Cara konfigurasi POP3, IMAP, dan SMTP untuk akun email hosting
Salah satu cara yang mungkin membingungkan adalah bagaimana cara mengkonfigurasi akun email hosting Anda di email client.

Nah, salah satu cara mudah untuk melakukan ini adalah dengan masuk ke cPanel akun hosting Anda dan pilih email. Kemudian Anda akan melihat layar seperti di bawah ini:

Klik pilihan Set Up Mail Client. Jika Anda scroll ke bawah, Anda akan melihat bagian Mail Client Manual Settings.

Untuk mengkonfigurasi email client Anda secara manual, Anda bisa menggunakan setting-an seperti di atas. Username adalah alamat email hosting Anda, sementara password adalah password email tersebut. Untuk incoming dan outgoing server, Anda perlu memasukkan mail.domainanda.com. Jangan lupa untuk mengganti kata domainanda dengan domain Anda yang sebenarnya. Setelah itu, pastikan bahwa nomor portnya sudah sesuai dengan yang tertulis di atas.

Anda disarankan untuk menggunakan settings yang ada di sebelah kiri karena setting-an email yang ada di sebelah kiri lebih aman untuk digunakan daripada yang sebelah kanan. Port yang disarankan digunakan adalah 993 untuk IMAP, 995 untuk POP3, dan 465 untuk SMTP.

Cara konfigurasi POP3, IMAP, dan SMTP untuk akun Gmail
Jika Anda ingin mengakses akun Gmail Anda menggunakan email client, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memperbolehkan akses IMAP dan atau POP3 dari settings akun Gmail Anda. Tanpa melakukan ini, Anda tidak akan bisa mengakses email menggunakan IMAP atau POP3.

Pilih Settings. Klik pada icon roda di sebelah kanan atas dan klik settings.

Setelah itu, Anda pilih Forwarding and POP/IMAP. Kemudian Anda akan melihat layar seperti di bawah ini

POP3 pada Gmail
Untuk mengaktifkan POP3 pada Gmail, Anda tinggal memilih apakah Anda ingin memperbolehkan POP untuk semua email Anda selama ini, termasuk email Anda yang sudah lama. Anda bisa memilih pilihan ini dengan memilih pilihan Enable POP for all mail. Kalau Anda hanya memperbolehkan POP pada email-email yang akan masuk setelah Anda mengaktifkan POP3, Anda pilih Enable POP for mail that arrives from now on. Jika Anda tidak ingin memenuhi email client Anda, ada baiknya Anda memilih pilihan yang kedua karena dengan begitu aplikasi email Anda tidak akan dipenuhi dengan email-email lama Anda.

Setelah itu Anda tinggal ke bagian bawah dan klik Save Changes

Mungkin Anda perlu melakukan sedikit perubahan di email client Anda. Anda perlu melihat apakah settingan di email client Anda sudah sesuai dengan setting-an yang diminta Google.

Berikut adalah data-data yang perlu Anda lihat:

Incoming mail (POP) Server

Masukkan pop.gmail.com di kolom Server
Require SSL: Yes
Port: 995
Outgoing mail (SMTP) Server

Server: smtp.gmail.com
Require SSL: Yes
Require TLS: Yes (jika ada)
Requires Authentication: Yes
Port SSL: 465
Port TLS/STARTTLS: 587
Info login Anda

Full name or display name: Nama Anda

Account name, username, atau email address: alamat email Anda

Password: password Gmail Anda.

Jika Anda menggunakan Gmail dengan akun kantor atau sekolah, cek dengan admin Anda untuk konfigurasi SMTP yang sesuai dan benar.

IMAP pada Gmail
Jika Anda ingin menggunakan IMAP, Anda tinggal klik Enable IMAP kemudian klik Save Changes.

Sama halnya dengan POP3, Anda mungkin Anda perlu melakukan sedikit perubahan di email client Anda. Anda perlu melihat apakah settingan di email client Anda sudah sesuai dengan setting-an yang diminta Google.

Berikut adalah data-data yang perlu Anda lihat:

Incoming Mail (IMAP) Server

Masukkan imap.gmail.com di kolom Server
Require SSL: Yes
Port: 993
Outgoing Mail (SMTP) Server

Server: smtp.gmail.com
Requires SSL: Yes
Requires TLS: Yes (jika ada)
Requires Authentication: Yes
Port SSL: 465
Port TLS/STARTTLS: 587
Info login Anda

Full name or display name: Nama Anda
Account name, username, atau email address: alamat email Anda
Password: password Gmail Anda.
Cara konfigurasi POP3, IMAP, dan SMTP untuk akun Yahoo Mail
Anda juga bisa menggunakan POP3, IMAP, dan SMTP untuk akun email Yahoo. Anda tinggal login ke akun Yahoo Mail Anda dan pilih opsi Settings di bawah ikon roda gigi yang ada di sebelah kanan atas halaman akun Yahoo Mail Anda.

Di bawah opsi Settings, pilih Account, dan klik opsi Edit

Konfigurasi POP3 untuk akun email Yahoo
Pastikan Anda sudah memilih pilihan POP di bawah pilihan Access your Yahoo Mail elsewhere dan masukkan beberapa perubahan pada settings POP3 di bawah ini:

Incoming Mail (POP) Server

Masukkan mail.yahoo.com pada kolom Server
Ganti nomor port menjadi 995
Ganti opsi Requires SSL menjadi Yes
Outgoing Mail (SMTP) Server

Masukkan mail.yahoo.com di kolom Server
Ganti nomor port menjadi 465
Pilih Yes untuk opsi Requires SSL
Pilih Yes untuk opsi Requires TLS (jika ada)
Pilih Yes untuk Requires authentication
Info login Anda

Alamat email – Masukkan alamat email Anda
Password – Masukkan password email Anda
Requires authentication – Pilih opsi Yes
Konfigurasi IMAP
IMAP adalah salah satu cara yang sering dibilang sebagai cara terbaik untuk menghubungkan akun Yahoo Mail Anda ke aplikasi mobile atau email client desktop. IMAP memungkinkan 2-way synchronization yang berarti tidak peduli dimana Anda mengakses akun Yahoo Mail Anda, setiap perubahan yang terjadi pada akun Yahoo Mail Anda akan tersimpan.

Berikut adalah konfigurasi IMAP untuk akun email Yahoo Anda:

Incoming Mail (POP) Server

Masukkan mail.yahoo.com di kolom Server
Ganti nomor port menjadi 993
Ganti opsi Requires SSL ke Yes
Outgoing Mail (SMTP) Server

Masukkan mail.yahoo.com di kolom Server
Ganti nomor port menjadi 465
Pilih Yes untuk opsi Requires SSL
Pilih Yes untuk Requires authentication
Info login Anda

Alamat email – Masukkan alamat email Anda
Password – Masukkan password email Anda
Requires authentication – Pilih opsi Yes
Simpulan
Saat ini, email sudah menjadi salah satu cara komunikasi yang paling sering digunakan. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk bisa mengakses email dari mana saja. Salah satu yang bisa Anda lakukan adalah memanfaatkan email clients agar Anda bisa mengakses email Anda dari mana saja, di mana saja, dan kapan saja.

Di artikel ini kami sudah menjelaskan istilah-istilah yang sering muncul ketika Anda sedang mengkonfigurasi email Anda di email clients. Mungkin Anda sudah pernah mendengar POP3, IMAP, dan SMTP tapi Anda tidak tahu apa artinya. Nah, sekarang Anda sudah tidak perlu khawatir karena kami sudah menjelaskannya di atas. Dan akhirnya, kami sudah memberitahu Anda bagaimana cara melakukan konfigurasi POP3, IMAP, dan SMTP untuk email hosting Anda, email Gmail Anda, dan email Yahoo Mail Anda jika Anda ingin menggunakan email clients untuk mengaksesnya. Semoga artikel ini membantu!

Dewaweb juga sudah menyiapkan beberapa artikel yang berhubungan dengan email seperti Cara Daftar Gmail dan 10 Email Account Gratis dan juga Kumpulan Tutorial, Tips, & Trik Terkait Email.