11 Cara Membuat Konten yang Menarik untuk Sukseskan Bisnis

11 Cara Membuat Konten yang Menarik untuk Sukseskan Bisnis

Bagi para pebisnis, cara membuat konten yang menarik adalah hal yang wajib diketahui. Sebab, konten yang menarik mampu menjadi magnet untuk menggaet banyak audiens. Dengan begitu, peluang suksesnya bisnis akan lebih besar.

Konten yang menarik ini tidak terbatas pada konten blog di website seperti artikel saja, melainkan konten di media sosial seperti Instagram atau LinkedIn juga bisa. Sebab, pada dasarnya membuat konten menarik hanya memerlukan beberapa cara yang umum.

Lantas, bagaimana cara buat konten menarik untuk keperluan bisnis di berbagai platform? Yuk temukan jawabannya di artikel ini!

Baca Juga: Pengertian Content Marketing, Tujuan, Bentuk dan Contohnya

Cara Buat Konten yang Menarik

Sebenarnya konten yang menarik dapat dibuat melalui beberapa cara mudah. Berikut ini beberapa caranya:

  1. Riset target audiens
  2. Buat konten orisinal
  3. Buat konten evergreen
  4. Buat konten sesuai tren
  5. Ciptakan konten yang engaging
  6. Gunakan headline (judul) yang menarik
  7. Lakukan branding
  8. Buat visual yang menarik
  9. Manfaatkan clickbait dengan benar
  10. Buat konten yang jelas dan to the point
  11. Konsisten

Mari kita ulas satu persatu dalam ulasan berikut.

1. Riset target audiens

Langkah pertama sebelum membuat konten yang menarik yaitu melakukan riset terhadap target audiens. Tujuannya adalah supaya konten yang akan dibuat bisa disesuaikan dengan target audiens.

Jika target audiensmu remaja belasan tahun maka gunakanlah bahasa-bahasa yang agak kekinian sehingga bisa lebih relate dengan mereka. Sementara jika target audiens adalah orang dewasa maka gunakan bahasa yang baku namun tidak perlu kaku.

2. Buat konten orisinal

Orisinal berarti asli atau otentik. Maksudnya, konten yang dibuat bukan plagiat. Jika kamu ingin ‘mencontek’ konten orang lain karena terinspirasi sebenarnya bisa saja, namun lakukanlah teknik ATM (amati, tiru, modifikasi). Dengan begitu kontennya tidak akan sama dan masih ada hal pembeda.

3. Buat konten evergreen

Konten evergreen adalah jenis konten yang selalu dicari oleh khalayak dan topiknya tidak akan pernah basi. Bisa dibilang, konten evergreen ini bersifat sepanjang masa, tidak lekang waktu, dan akan selalu relevan sampai kapanpun.

Dengan membuat konten evergreen, kontenmu tidak akan akan ada habisnya. Pasti akan selalu ada yang mencari kontenmu baik sekarang, besok, ataupun beberapa tahun ke depan. Tentunya konten jenis ini akan sangat bermanfaat terutama untuk keperluan bisnis.

4. Buat konten sesuai tren

Selain membuat konten yang tidak lekang oleh waktu, kamu juga perlu membuat konten yang sesuai dengan tren. Untuk membuat konten sesuai tren, kamu perlu mencari tahu apa yang sedang banyak diperbincangkan orang-orang. Kamu dapat mencari tahu melalui Google Trends.

Baca Juga: Google Trends: Pengertian, Fungsi, dan Cara Menggunakannya

Setelah kamu mengetahui tren topik yang sedang diperbincangkan oleh masyarakat, langkah selanjutnya adalah memilih dan menyesuaikan tren yang cocok dengan bisnis kamu. Strategi marketing ini disebut juga trend jacking, atau ‘menunggangi’ tren dengan produk bisnis.

Misalnya tren saat ini adalah Coldplay yang akan konser di Indonesia sementara bisnismu adalah web hosting. Dari tren ini, kamu bisa melakukan trend jacking seperti membuat konten di Instagram terkait alasan website war ticket Coldplay tidak lemot. Selanjutnya kamu bisa menyelipkan promosi produkmu di akhir konten.

Baca Juga: 15+ Contoh Strategi Promosi Produk untuk Kembangkan Bisnis

5. Ciptakan konten yang engaging

Cara membuat konten yang menarik selanjutnya adalah dengan membuat konten engaging. Engage artinya terikat, jadi konten engaging dapat diartikan sebagai konten yang mampu mengikat perhatian dan atensi audiens.

Semakin baik konten maka akan memiliki engagement rate yang tinggi. Jika dalam konten Instagram, tingkat engagement ini bisa dilihat dari seberapa banyak likes, komentar, share, hingga percakapan yang terjadi.

Baca Juga: 10 Cara Meningkatkan Engagement Instagram, Wajib Tahu!

6.  Gunakan headline (judul) yang menarik

Cara membuat konten yang menarik selanjutnya yaitu membuat headline menarik. Headline adalah salah satu faktor penting yang memengaruhi minat baca dan ketertarikan audiens terhadap sebuah konten. Sebab, headline atau judul adalah hal paling pertama yang akan terbaca.

Bahkan, beberapa orang mungkin hanya membaca judul sebuah konten saja tanpa mau membaca keseluruhan isinya. Oleh karena itu, buatlah headline yang menarik, kuat, dan mencakup semua isi konten.

Baca Juga: Pentingnya Headline bagi Konten, Ini Jenis & Tips Membuatnya

7. Lakukan branding

Ketatnya persaingan bisnis membuat kita harus bisa menjadi beda dan unik dibandingkan kompetitor. Caranya adalah dengan melakukan branding.

Branding adalah upaya yang dilakukan untuk mempertegas brand atau merk yang kamu punya dengan menonjolkan ciri khas dan faktor pembeda. Tujuannya tentu saja agar produkmu bisa lebih dikenal dan diingat oleh khalayak.

Branding dapat dilakukan dengan memberi sebutan khusus untuk pelanggan hingga membuat tagline yang unik. Dengan melakukan branding, kamu juga bisa meningkatkan brand awareness sehingga pembeli akan melakukan pembelian produk secara berulang.

Baca Juga: 7 Cara Membangun Brand Awareness

8. Buat visual yang menarik

Apapun platform yang kamu pilih untuk menyebarluaskan konten, visual yang menarik adalah hal yang harus diperhatikan. Gunakanlah gambar, grafik, video, atau ilustrasi yang relevan dan berkualitas guna memperkaya kontenmu. Pastikan juga kualitas gambar atau foto sudah beresolusi HD.

Baca Juga: 11+ Cara Ubah Foto Jadi HD, Mudah Tanpa Aplikasi!

Visual yang menarik ini nantinya akan menarik perhatian dan mempertahankan minat baca audiens. Visualisasi konten juga sangat berpengaruh terhadap brand image yang hendak ditampilkan ke publik.

Baca Juga: 7 Strategi Visual Marketing Jitu untuk Menarik Pelanggan

9. Manfaatkan clickbait dengan benar

Clickbait adalah strategi marketing yang bertujuan untuk meningkatkan audiens pada sebuah konten dengan membuat judul, cuplikan, atau thumbnail yang eye-catching. Tujuan clickbait untuk memancing pembaca, makanya clickbait sering dibuat menggunakan bahasa provokatif agar menarik perhatian.

Sebetulnya, penggunaan clickbait yang tidak benar dapat menimbulkan persepsi negatif, terlebih untuk para pembaca. Itu sebabnya, penting untuk mengetahui bagaimana cara membuat clickbait yang benar.

Baca Juga: Cara Membuat Clickbait yang Benar agar Bawa Traffic Tinggi

10. Buat konten yang jelas dan to the point

Siapa yang menikmati konten bertele-tele dan tidak jelas? Tentunya tidak seorangpun. Maka dari itu, buatlah kontenmu menjadi sangat padat namun semua isinya ‘daging’ atau hal-hal penting.

Khususnya bagi konten artikel untuk di blog website, biasanya akan dibuat panjang lebar demi mencukupi jumlah kata minimal yang diperlukan, misalnya seribu kata. Padahal, semua inti konten bisa dikemas hanya dengan 600-700 kata saja. Jadi, buatlah sepadat-padatnya dan pastinya to the point.

11. Konsisten

Konsistensi merupakan hal terpenting setelah semua cara sebelumnya sudah dilakukan. Sebab, konsistensi akan membuat audiens lambat laun semakin mengenal produk bisnis kamu karena kontenmu diposting secara teratur.

Untuk itu, sebaiknya kamu membuat content plan yang berisi konten seperti apa yang akan dibuat serta jadwal postingnya. Dengan begitu, konten akan lebih teratur dan terstruktur.

Yuk Buat Konten Menarik untuk Bisnismu!

Itulah beberapa cara membuat konten yang menarik baik di website seperti artikel maupun konten di media sosial. Tentu saja pembuatan konten ini sangat penting terlebih jika untuk keperluan bisnis perusahaan. Maka dari itu, buatlah konten yang menarik agar bisnis semakin laris, selamat mencoba!

Demikian artikel ini semoga bermanfaat. Kamu juga bisa membaca artikel informatif lainnya di blog Dewaweb. Jika tertarik, kamu juga dapat mengikuti program afiliasi dari Dewaweb ataupun webinar gratis dari Dewatalks yang pastinya bermanfaat untuk menambah wawasanmu seputar dunia digital dan pengembangan website. Salam sukses online!