15 Kriteria Website yang Baik & User Friendly Beserta Contohnya

15 Kriteria Website yang Baik & User Friendly Beserta Contohnya

Ada banyak hal yang hal yang harus dipertimbangkan untuk membuat sebuah user friendly website, karena semakin ramah situs website milikmu, maka semakin besar peluang untuk menjaring banyak pengunjung ke laman tersebut. Peran website saat ini menjadi sangat penting, terutama dalam dunia bisnis. Website menjadi salah satu platform berinteraksi dengan pengguna, maka dari itu penting untuk mengetahui apa saja kriteria website yang baik.

Website user friendly berarti adalah situs mudah digunakan pengguna, sehingga mereka tidak kebingungan mengenai letak fitur dan bagaimana cara meng-explore situs tersebut. Desain dan konten yang terlihat profesional tidak begitu saja membuat websitemu mudah ditemukan oleh banyak pengunjung.  Jadi, apa saja kriteria website yang baik dan  user friendly tersebut? Berikut beberapa kriteria website yang baik untuk membantumu!

Apa Saja Kriteria Website yang Baik?

Dewaweb akan membahas kriteria website user friendly yang baik. Simak informasi ini sampai akhir ya! 

1. Nama domain mudah diingat

Hal pertama yang harus kamu pastikan adalah memilih nama domain yang mudah diingat. Nama domain ini bisa disesuaikan dengan jenis website yang ingin dibuat.

Ingat, bahwa tujuan utama membuat sebuah user friendly website adalah agar pengunjung bisa dengan mudah menemukan informasi yang dibutuhkan dengan segera. Jadi usahakan nama domain mudah diingat sehingga akan banyak pengunjung yang merujuk ke lamanmu.

Sebaiknya, nama domain tersebut pendek, memorable, catchy, dan spesifik dengan niche. Nama domain yang pendek tentu akan membuat website kamu mudah diingat. Selanjutnya, pastikan bahwa nama domain juga mencantumkan nama brand yang kamu buat.

Akan lebih sempurna lagi jika nama domain bisa memorable sehingga akan bisa diingat oleh pengunjung meski baru pertama mengunjungi lamanmu. Sebelum diambil orang lain, cari dan pesan nama domain pilihan kamu sekarang juga di bawah ini!

Baca Juga: 5 Web Server Gratis Untuk Deployment Website

2. Desain responsive

Kriteria berikutnya yaitu website yang responsive, artinya situs kamu dapat langsung menyesuaikan dengan device yang digunakan pengguna. Seperti yang kita tahu, pengguna memiliki perangkat yang beragam, baik itu desktop, mobile seperti android hingga iphone.

Maka dari itu pastikan kamu memiliki web yang responsive sehingga di mana pun pengguna mengakses situs tersebut, tampilannya tetap tidak akan berubah. 

3. Speed website yang cepat

Kriteria selanjutnya adalah memiliki speed atau proses loading yang cepat. Speed yang cepat ditandai dengan akses masuk website yang tidak lama, hanya membutuhkan waktu beberapa detik saja.

Loading yang lama cenderung membuat pengguna enggan melanjutkan untuk membuka situs kamu. Dari situ maka akan berpengaruh pada traffic website juga. Sehingga pastikan kamu rajin cek kecepatan website milikmu. 

Baca Juga: Pengertian User Interface, Fungsi dan Karakteristiknya

4. Kompatibel dengan semua browser

Kriteria website berikutnya adalah dapat diakses lewat semua jenis browser. Seperti yang kita tahu ada beragam jenis browser, tidak hanya chrome. Di samping itu, pengguna pasti menggunakan browser yang berbeda-beda.

Oleh karena itu, ketika men-develop website, kamu harus mempertimbangkan juga mengenai framework yang akan dipakai, apakah hanya khusus GUI atau CLI juga.

Karena ada browser yang tidak bisa menjalankan Javascript, seperti Lynx untuk browser berbasis CLI yang tidak bisa memuat Javascript.

5. Browser consistency

Selain harus kompatibel dengan berbagai browser, pastikan jika tampilan situs kamu selalu konsisten meskipun diakses oleh browser yang berbeda. Tentu kurang baik apabila sebuah situs bisa dibuka secara sempurna misalnya pada chrome, namun jika dibuka pada edge hasilnya akan berbeda.

6. Navigasi yang jelas

Kriteria website yang baik ini sebenarnya mirip dengan user friendly, yaitu pastikan navigasi website kamu jelas, efektif, dan tidak berbelit-belit sehingga tidak membingungkan pengguna ketika hendak berpindah-pindah halaman.

Website yang baik memiliki struktur navigasi yang efektif meskipun di dalamnya terdapat berbagai link atau halaman.

7. Error handling yang baik

Ada banyak website yang memiliki tampilan menarik dan struktur yang jelas, namun ketika ada error mereka tidak dapat menanganinya secara maksimal, sehingga justru membuat website tidak berjalan secara normal.

Maka dari itu pastikan ketika terjadi error, pastikan alihkan perhatian dan berikan informasi yang jelas misalnya seperti memberi notifikasi atau pemberitahuan lain.

8. Tema warna yang baik

Sebenarnya, warna menjadi pilihan yang bebas-bebas saja tergantung keinginan. Namun, biasanya pemilihan warna untuk website juga disesuaikan dengan merek brand tersebut.

Sehingga warna ini nantinya akan menunjukkan brand identity dari produk kamu. Oleh karena itu pilih warna tema yang sesuai brand namun tetap nyaman ketika dilihat pengguna.

Baca Juga: Apa Itu Branding? Pengertian, Jenis, dan Manfaatnya Untuk Bisnis

9. Clean code

Tidak hanya tampilan luar website saja yang harus diperhatikan, kualitas kode yang menyusun web tersebut juga harus rapi dan simple. Karena hal ini akan berpengaruh ketika proses transfer data dan mengakses situs. 

Semakin simple dan ringan kode website tersebut maka semakin mudah juga ketika mengaksesnya.

10. SEO friendly structure

Kamu sudah membuat website yang bagus dan semaksimal mungkin tetapi tidak terindex oleh search engine? Hal itu akan percuma, untuk memastikan situs kamu muncul di search engine, kamu harus membuat struktur website yang sesuai dengan standar serta algoritma search engine. Sehingga situs kamu akan mudah ditemukan serta muncul pada pencarian. 

Baca Juga: Peran Web Server terhadap Keberlangsungan Website

11. Form yang berguna

Kriteria website yang baik berikutnya yaitu memiliki form yang berguna, dalam hal ini adalah form untuk pengguna yang ingin mengirimkan pesan. Kebanyakan situs sudah menyediakan form tersebut, namun mereka tidak membalas dan membiarkan pesannya begitu saja.

Nah, mulai sekarang cobalah membuat form kontak yang aktif agar pengguna dapat menghubungi kamu ketika mereka membutuhkan. Setelah itu jangan lupa untuk balas pesan mereka agar kamu dapat berinteraksi langsung dengan pengguna.

12. Konten menarik

Selanjutnya adalah memiliki konten yang menarik dan relevan saat ini. Perlu kamu tahu bahwa konten juga menjadi salah satu hal yang berpengaruh pada kesuksesan website.

Tidak hanya itu, konten juga berpengaruh untuk skor SEO dan rating website pada search engine. Itulah mengapa saat ini banyak website perusahaan yang sedang meningkatkan kualitas blog atau artikel mereka. Dengan konten yang menarik dan selalu up to date, maka pengunjung akan semakin sering mengunjungi situs kamu.

Baca Juga: Cara Ampuh Membuat Artikel SEO Friendly di Blog dan Website

13. Tidak mengganggu kenyamanan pengguna

Kriteria berikutnya yaitu sebisa mungkin tidak mengganggu kenyamanan pengguna. Contoh yang biasa ditemukan yaitu adanya tampilan pop up atau suara yang tiba-tiba muncul dan menutupi informasi pada website. Atau muncul iklan penawaran dan sejenisnya.

Kebanyakan pengguna pastinya kurang nyaman dengan berbagai pop up semacam itu. Sehingga pastikan tetap utamakan kenyaman pengguna.

14. Konten mudah dibaca lewat scanning

Ketika membuat konten website, pastikan jika tulisan tersebut mudah terbaca pengunjung sekalipun mereka hanya membaca sekilas. Kamu bisa memulainya dengan menggunakan format heading yang benar, jarak spasi, dan masih banyak yang lain.

15. Keamanan website terjamin

Terakhir, kriteria website yang baik adalah yang terjamin keamanannya. Salah satunya adalah dengan menggunakan server hosting yang aman juga. Ada berbagai layanan hosting di Indonesia yang bisa kamu pilih, salah satunya adalah Dewaweb. 

Hosting Dewaweb sudah tersertifikasi ISO 27001 yang akan melindungi keamanan data pengguna. Maka dari itu pastikan kamu memilih provider hosting yang terpercaya demi keamanan situs.

Baca Juga: 11+ Cara Meningkatkan Keamanan Website, Lengkap & Terbaru!

Contoh Website yang Baik dan User Friendly

Sekarang kamu sudah tahu apa saja kriteria website yang baik, nah di bawah ini terdapat beberapa contoh website yang bisa kamu jadikan referensi nantinya.

Simply chocolate

contoh website user friendly yang baik - simply choco

Contoh website pertama yaitu simplychocolatecph.com. Ketika kamu pertama kali mengunjungi situs tersebut, kamu akan langsung disuguhkan dengan gambaran produk coklat mereka secara unik.

Ketika kamu scroll ke bawah, maka muncul produk lain milik mereka, di setiap halaman produknya juga dilengkapi dengan komposisi. 

Meskipun menggunakan banyak elemen gambar, namun tidak loading situs menjadi lama. Itulah mengapa bisa dikatakan salah satu web terbaik.

Welly

contoh website user friendly yang baik - welly

Berikutnya terdapat contoh situs toko online yaitu Welly, yang merupakan website produk P3K. Situs ini mengusung tema modern dengan menonjolkan gambar serta perpaduan warna yang menarik membuat mata pelanggan termanjakan. Tidak hanya itu, Welly juga dilengkapi dengan berbagai tombol CTA yang membantu proses meningkatnya penjualan produk. 

Baca Juga: 10 Contoh Landing Page Menarik untuk Tingkatkan Konversi

The scott resort SPA

contoh website user friendly yang baik - the resort spa

The scott resort & SPA merupakan website bisnis akomodasi atau penginapan. Pada situs tersebut, mereka sangat menonjolkan tentang seperti apa fasilitas yang mereka tawarkan, sehingga dengan memunculkan hal tersebut dapat membuat pelanggan tertarik dan menginap di resort tersebut.

Apple

contoh website user friendly yang baik - apple

Berbeda dengan website lainnya, situs resmi Apple hanya menggunakan desain yang simple namun terlihat mewah, sama seperti produknya. Selain itu Apple sangat menunjukkan bagaimana kualitas produknya. Dengan desain yang simple, pengguna dapat lebih fokus pada produk yang ditampilkan pada situs.

Bank Jago

contoh website user friendly yang baik - bank jago

Contoh terakhir berasal dari website milik perbankan, meskipun bergerak pada bidang perbankan, namun Bank Jago berhasil membawakan website-nya sesuai dengan target pengguna yaitu anak muda.

Selain itu dari segi warna yaitu oranye, ungu, dan putih, sangat menunjukkan brand identity mereka, tidak lupa juga dengan copywritingnya. 

Baca Juga: Panduan SEO Copywriting

Sudah Tahu Kriteria Website yang Baik?

Itulah kriteria website yang baik dan user friendly. Ada banyak kriteria yang bisa kamu terapkan pada situs agar situsmu menjadi lebih baik. Selain itu terdapat beberapa contoh website yang baik yang bisa kamu jadikan referensi. Semoga artikel ini membantumu ya!