10 VPN Gratis Terbaik untuk Internet yang Lebih Aman [Update 2022]

10 VPN Gratis Terbaik untuk Internet yang Lebih Aman [Update 2022]

Menggunakan layanan VPN gratis memang tidak disarankan untuk kegiatan yang memerlukan privasi maksimal seperti perbankan dan finansial. Namun dalam keadaan mendesak, memiliki layanan VPN gratis terbaik dapat menjadi alternatif yang tepat saat kamu belum siap mengeluarkan biaya untuk VPN premium.

Di artikel ini, Dewaweb akan berbagi informasi tentang layanan VPN gratis terbaik yang dapat kamu andalkan ketika ingin mengakses situs terblokir, konten regional, atau sekadar menambahkan privasi saat mengunjungi situs tak terpercaya.

Yuk, simak daftarnya.

Baca juga: Contoh Cybercrime Paling Berbahaya dan Penjelasannya

1. TunnelBear

tunnelbear

Rekomendasi aplikasi VPN gratis yang bisa kamu coba salah satunya adalah TunnelBear. VPN ini cocok bagi kamu yang masih pemula, karena tampilan antarmukanya cukup sederhana. Kualitas kecepatannya pun sudah cukup bagus untuk berselancar di internet.

TunnelBear memiliki beragam alternatif server di 20 negara berbeda. Kamu bisa menggunakannya di sistem operasi Windows, Mac, iOS, Android. Sayangnya, kuota yang disediakan terbatas, hanya sebesar 500 MB tiap bulannya.

Baca Juga: Mengenal VPN, Cara Kerja, dan Cara Menggunakannya

2. PrivadoVPN

vpn gratis terbaik - privadovpn

VPN gratis terbaik yang bisa kamu coba selanjutnya adalah PrivadoVPN. Layanan VPN ini bekerja di Windows, Mac, Android, dan Android TV. Privado memiliki aplikasi FireStick sehingga bisa digunakan dengan beragam smart TV.

Kamu tak usah khawatir soal keamanan, PrivadoVPN Free memiliki fitur tombol mati daya otomatis. Ini merupakan fitur keamanan penting yang seringkali hanya ditemukan di layanan VPN berbayar.

Meski PrivadoVPN termasuk pendatang baru, aplikasi VPN ini bisa kamu jadikan andalan. Dengan pilihan 9 lokasi server, kamu bisa menikmati kuota 10 GB tiap bulannya dengan kecepatan tanpa batas. Privado juga mendukung pengunduhan torrent.

3. ProtonVPN

vpn gratis terbaik - protonvpn

Pilihan selanjutnya, kamu bisa coba ProtonVPN yang tidak membatasi penggunaan data dan kecepatan internetnya. Dengan lebih dari 50 lokasi server di berbagai negara, VPN ini menyediakan layanan secara gratis. Dapat dijalankan di hampir semua perangkat, seperti Windows, Mac, iOS, Android, dan Linux.

Kelemahannya, ProtonVPN membatasi penggunaan untuk satu perangkat saja dan tiga lokasi server yang ditawarkan. ProtonVPN juga tidak mendukung pengunduhan torrent.

Baca Juga: Cara Menggunakan OpenVPN di Android dan Windows

4. Windscribe Free VPN

vpn gratis terbaik - windscribe

Opsi aplikasi VPN gratis lainnya yang bisa kamu coba adalah Windscribe. Kamu bisa menggunakan layanan VPN ini tanpa batasan kecepatan. Untuk layanan gratis, kamu akan mendapatkan 2 GB tiap bulannya yang bisa diupgrade menjadi 10 GB bila meregistrasikan email.

Windscribe bekerja di hampir semua sistem operasi, seperti Windows, Linux, Mac, Android, iOS, hingga FireTV. Untuk pengguna gratis, kamu bisa memilih 10 lokasi servernya yang tersebar di berbagai negara. Kelebihannya lagi, Windscribe bisa digunakan tanpa batasan jumlah perangkat, yang jarang ditemukan pada layanan VPN gratis.

5. Hotspot Shield Free VPN

vpn gratis Hotspot Shield

Hotspot Shield adalah salah satu penyedia VPN gratis terbaik dengan kecepatan yang relatif tinggi dan fitur privasi yang cukup memadai.

Dengan layanan gratis dari Hotspot Shield, kamu dapat 500MB data setiap harinya. Tentu saja, jumlah tersebut tidak akan cukup untuk satu hari penuh. Namun jika kamu hanya ingin meningkatkan keamanan untuk sementara, VPN ini layak menjadi pertimbangan.

Saat ini, Hotspot Shield merupakan salah satu layanan paling populer di Google Play Store dengan lebih dari 50 juta unduhan pada saat artikel ini ditulis.

Selain membantu kamu mengakses situs yang diblokir, Hotspot Shield juga memiliki enkripsi data dengan standar militer yang akan menyamarkan informasi pribadi kamu saat menelusuri internet.

Baca Juga: 13 Server Proxy Gratis Terbaik untuk Menjelajah Internet dengan Aman

6. Touch VPN

vpn gratis Touch VPN

Touch VPN memiliki keunggulan berupa kemudahan dalam hal pemakaian. Aplikasi VPN gratis ini hanya memiliki satu tombol saja dan tidak memiliki batasan kecepatan. Kamu bisa menggunakannya dengan leluasa dalam mencari sesuatu di mesin pencari.

Tidak hanya itu saja, Touch VPN juga memiliki keunggulan lainnya berupa pilihan server anonim. Termasuk pula server-server besar yang sering digunakan di Amerika Serikat.

Mengenai keamanan, sudah tidak dihiraukan lagi karena sudah menggunakan SSL enkripsi yang tangguh dan terbaik. Jadi, kamu bisa terlindungi dari aksi penyadapan WiFi. Dari segi ukuran memang sedikit lebih besar yakni 40 MB dan sudah diunduh lebih dari 10 juta pengguna di dunia.

7. Hideman VPN

Hideman VPN

Berikutnya ada Hideman VPN yang dikembangkan oleh developer dengan nama yang sama. Keunggulan dari layanan VPN gratis ini adalah kecepatan dan keamanannya.

Ya, keamanan menjadi faktor penting dalam berinternet. Hideman VPN rupanya menitikberatkan pada faktor keamanan ini yakni dengan dilengkapi enkripsi 256-bit. Dengan enkripsi tersebut aktivitas internet kamu akan semakin terjaga.

Meski begitu Hideman VPN hanya bisa digunakan secara gratis selama lima jam setiap minggunya. Dari segi ukuran pun tidak begitu besar dan bisa digunakan di semua platform smartphone. Inilah yang membuatnya banyak diunduh hingga lebih dari 5 juta penggunanya hingga saat ini.

Baca Juga: 5 Aplikasi Android Untuk Web Developer

8. Snap VPN

Snap VPN gratis

Selanjutnya, ada Snap VPN yang bisa kamu pilih dan pasang di smartphone. Keunggulan menggunakan Snap VPN adalah mampu menembus firewall dari website maupun situs yang diblokir oleh penyedia internet. Selain itu, kamu pun tak perlu khawatir akses internet kamu dibobol ataupun dilacak orang lain.

Layanan VPN gratis ini bisa dibilang sangat kompatibel karena bisa bekerja di semua jenis jaringan seperti WiFi, LTE, bahkan 3G. Sedangkan dari segi ukurannya hanya 8.4 MB saja.

9. Zenmate VPN

VPN gratis terbaik - zenmate

Masih kurang dengan opsi di atas? Kamu bisa coba Zenmate VPN yang hadir dengan fitur enkripsi AES 256-bit. Kecepatannya juga bisa dibilang bagus. Walau terkadang ada penurunan kecepatan sehingga kamu harus memilih lokasi server yang lebih dekat.

Layanan VPS Zenmate termasuk populer. Beberapa orang menggunakannya untuk menonton layanan streaming film di Netflix. Zenmate bisa digunakan di berbagai perangkat, seperti Windows, Mac, Linux, Android, iOS, hingga ekstensi Chorme dan Firefox.

Baca Juga: Mengenal Internet Positif Indonesia dan Cara Membuka Situs yang Terblokir

10. Cloudflare 1.1.1.1

cloudflare 1.1.1.1

Selain VPN, ada aplikasi lain yang bisa kamu gunakan, yakni 1.1.1.1. Ini adalah layanan sistem penamaan domain (DNS) yang dimiliki Cloudflare dan tersedia gratis. Developer Cloudflare merilis aplikasi DNS 1.1.1.1 yang menyediakan koneksi ke internet yang lebih cepat dan aman.

DNS 1.1.1.1 yang disediakan Cloudflare ditujukan agar penggunanya bisa menikmati kecepatan saat browsing sekaligus memberikan janji keamanan bagi pengguna. Kabarnya, Cloudflare 1.1.1.1 menjadi DNS tercepat untuk  Chrome dan juga di browser lainya seperti Opera Mini dan juga perangkat Android.

Baca Juga: Mengenal Layanan DNS Google, Google Public DNS

Beberapa memakai layanan DNS 1.1.1.1 Cloudflare untuk berbagai keperluan, seperti browsing yang lebih kencang, dan membuka situs yang diblokir di Chrome tanpa menggunakan VPN.

Mana VPN Gratis Terbaik yang Kamu Pilih?

Itu dia pilihan aplikasi VPN gratis terbaik yang bisa kamu coba install di perangkat yang kamu gunakan. Bagaimana, sudah menentukan VPN mana yang jadi pilihanmu?

Ada berbagai pilihan VPN gratis yang bagus untuk digunakan, namun seringkali memiliki batasan kecepatan dan data. Selain itu, beberapa aplikasi VPN yang tak sepenuhnya gratis, karena kamu harus meregistrasikan data pribadi seperti alamat email, dan sebagainya. Jadi, pilihannya kembali di tanganmu, aplikasi VPN mana yang sesuai dengan preferensi dan kebutuhan masing-masing.