Saat ini, memiliki sebuah website yang sudah diamankan menggunakan Secure Socket Layer (SSL) adalah hal penting, apalagi jika kamu seorang blogger. Sebab, Google lebih memercayai website yang sudah diamankan menggunakan SSL sehingga website lebih mudah meraih peringkat tinggi di mesin pencari. Ada berbagai jenis SSL, namun kali ini kamu akan mengetahui tentang Let’s Encrypt SSL.

Let’s Encrypt SSL

let's encrypt ssl untuk menaikkan peringkat website

Let’s Encrypt adalah organisasi non-profit dari Linux Foundation yang menyediakan SSL gratis dengan enkripsi standar untuk seluruh pemilik website. SSL ini memiliki validasi waktu 90 hari dan menggunakan protokol ACME (Automatic Certificate Management Environment) yang dapat melakukan pembaruan otomatis setiap 90 hari.

Certificate Authority

CA (Certificate Authority) adalah bertugas untuk menangani kriptografi saat melakukan penerbitan sertifikat. Sebagian besar CA bekerja secara komersil dan memerlukan uang untuk melakukan verifikasi. Namun, Let’s Encrypt membuatnya lebih mudah tanpa harus mengeluarkan sejumlah uang untuk memverifikasi, sebab Let’s Encrypt mengandalkan dana yang didapat dari sponsorship atau donasi dari para pengguna.

Cara Kerja Let’s Encrypt

Let’s Encrypt SSL menawarkan sertifikat SSL dengan metode Domain Validated, yaitu yang bisa melakukan request hanya pemilik domain atau website tersebut dengan memberikan sebuah token yang unik dan kemudian membuat sebuah request DNS untuk mengambil key dari token yang diberikan. 

Saat melakukan instalasi ada dua pilihan, http-01 dan dns-01. Http-01 adalah HTTP Validation yang melihat key pada file teks. Di sisi lain, dns-01 adalah DNS Validation yang melihat key pada DNS Records.

Kemudian, Let’s Encrypt akan memberikan token dan key, yang kemudian secara otomatis akan tersimpan di File Manager pemilik domain dengan path /public_html/.well-known/acme-challenge jika verifikasi tersebut valid, maka Let’s Encrypt dapat dipasang. Cari tahu cara pemasangan Let’s Encrypt SSL dari artikel Tutorial Instalasi Let’s Encrypt SSL (FREE).

Mengingat protokol ACME (Automatic Certificate Management Environment) terdokumentasi dengan baik, Let’s Encrypt tak lagi melakukan kontrol atau review terhadap third-party client dan tidak bisa melakukan garansi mengenai keamanan atau ketersediaan mereka. Namun yang paling direkomendasikan adalah Certbot.

Certbot

Third-party client ini sangat direkomendasikan oleh Let’s Encrypt dan paling populer saat ini, karena sudah tersedia di distribusi Linux dan sudah memiliki pengaturan otomatis untuk web server seperti Nginx dan Apache. Saat melakukan verifikasi Certbot akan melakukan beberapa pertanyaan seperti nama domain, email yang dibutuhkan untuk menerima informasi instalasi, dan sebagainya.

Untuk Nginx di CentOS 6 ke atas:

$ sudo /usr/local/bin/certbot-auto --nginx

Saat ini, Let’s Encrypt sudah mempunyai plugin untuk control panel website, seperti Web Host Manager (WHM) cPanel dan CentOS Web Panel (CWP).

Beberapa jam setelah melakukan instalasi SSL, akan ada gembok di sebelah kiri URL Website yang menandakan Connection is Secure atau koneksi sudah aman. Jika belum, kamu dapat mengecek di tools seperti whynopadlock untuk melihat file atau gambar yang masih mengarah ke HTTP, kemudian perlu di update ke HTTPS secara manual atau menggunakan plugins jika kamu menggunakan WordPress, plugins tersebut adalah Really Simple SSL atau bisa menggunakan .htaccess:

RewriteRule ^(.*)$ https://%{HTTP_HOST}/$1 [R=301,L]

Simpulan

Keamanan website menjadi aspek penting yang dinilai oleh Google untuk menentukan peringkat website. Tak hanya itu, kecepatan dan responsibilitas website juga menjadi poin penting. Oleh karena itu, kamu juga perlu mengetahui cara mempercepat website dari sini Cara Mempercepat Website.

Di Dewaweb, kamu bisa mendapatkan plugin premium yang satu ini secara gratis. Tak perlu mengeluarkan biaya tambahan, kamu hanya perlu memilih paket hosting favoritmu. Jika memutuskan untuk membeli paket hosting untuk satu tahun ke atas, kamu juga bisa mendapatkan plugin premium Let’s Encrypt SSL sekaligus berbagai plugin dan tema premium gratis lainnya yang bisa meningkatkan kinerja, kecepatan, dan keramahan SEO website-mu.

Demikian artikel ini, jangan sungkan untuk meninggalkan ide-ide topik yang ingin kamu baca di blog Dewaweb. Semoga artikel ini membantu!

Daftar dan tonton webinar Dewatalks