Panduan Local SEO untuk Kembangkan Bisnis di Areamu [2022]

Panduan Local SEO untuk Kembangkan Bisnis di Areamu [2022]

Local SEO adalah salah satu elemen penting dalam bisnis. Contohnya, ketika kamu berada di Jakarta dan membutuhkan informasi tentang toko kue, biasanya kamu akan googling untuk mencari informasi tersebut. Hasil penelusuran akan menunjukkan informasi toko kue terdekat yang bisa kamu kunjungi.

local seo

Pada daftar teratas, biasanya kamu akan disuguhkan daftar lokasi toko kue yang ada di daerah Jakarta. Nah, daftar lokasi toko yang muncul pada urutan teratas itulah hasil dari strategi optimasi Local SEO.

Sayangnya, sebagian besar orang masih belum mengetahui apa itu Local SEO. Padahal, cukup mudah mendaftarkan bisnis di Google Bisnisku untuk keperluan optimasi Local SEO.

Tak perlu khawatir, kali ini Dewaweb akan memberikanmu panduan optimasi Local SEO untuk mengembangkan bisnis kamu di area tempat kamu tinggal. Dengan menjalankan optimasi Local SEO, bisnis kamu dapat lebih mudah ditemukan oleh konsumen. Tertarik untuk mencobanya? Yuk, simak panduan berikut ini!

Baca Juga: Link Building SEO: Panduan Terlengkap untuk Pemula [Update 2022]

6 Langkah Meningkatkan Local SEO untuk Bisnis

Local SEO secara sederhana adalah metode optimasi lokasi bisnis kita di Google Maps agar dapat ditemukan dengan mudah oleh konsumen di cakupan area kita berada.

Menjadi yang teratas saat ada yang mencari informasi mengenai kategori bisnis kita adalah hal yang menguntungkan. Berikut ini langkah-langkah optimasi Local SEO sebagai strategi mengembangkan bisnis melalui search engine.

1. Buat entri di Google Business Profile

Pertama, untuk membuat entri baru, kamu bisa kunjungi Google Maps kemudian klik menu yang ada di sebelah kiri atas dan pilih Tambahkan Bisnis Anda. Maka kamu akan langsung diarahkan ke halaman Google Bisnisku.

local seo - daftar google bisnisku

Cara kedua, kunjungi halaman Google Bisnisku kemudian klik Login atau kelola sekarang. Setelah itu klik Tambahkan Bisnis.

Setelah masuk ke halaman formulir pendaftaran alamat di Google Bisnisku, kamu bisa mulai mengisi semua informasi yang ada pada form registrasi. Usahakan agar kamu mengisinya dengan lengkap dan menggunakan data yang valid.

Pastikan juga kamu mencatat data yang kamu isi untuk keperluan NAP Citation. Hal ini karena konsistensi dalam Local SEO sangatlah penting. Setelah selesai pengisian data bisnis, kamu harus menyelesaikan proses verifikasi.

Setelah selesai, bisnis kamu akan masuk ke tahap review. Biasanya dalam 1×24 jam bisnis kamu sudah dapat dilihat di Google Maps.

Beberapa jenis kategori bisnis memerlukan verifikasi, kita dapat melakukan verifikasi dengan cepat melalui nomor handphone dan email. Jika tidak ada pilihan nomor handphone dan email, maka satu-satunya jalan adalah dengan menggunakan metode verifikasi melalui POS. Dan metode ini membutuhkan waktu yang cukup lama.

Baca juga : Google Bisnisku: Panduan Lengkap, Cara Daftar dan Verifikasi

2. Lakukan riset keyword untuk bisnismu

Riset keyword dalam strategi mengembangkan bisnis melalui internet adalah hal yang wajib kamu ketahui. Hal ini agar hasil dari usaha dalam mengoptimasi media untuk bisnis menjadi lebih maksimal.

Riset keyword adalah proses menemukan kata kunci yang paling sesuai untuk bisnis kamu. Jika kamu salah dalam menentukan keyword, maka hasilnya tidak akan maksimal. Bahkan bisa menggagalkan strategi SEO.

Contoh nama di Google Maps yang tidak ada keywordnya yaitu Groove Digital Management – Catch The Dream. Seharusnya sebagai jasa dibidang digital, Groove Digital Management membuat tagline yang mengandung kata kunci. Misalnya, Groove Digital Management – Digital Marketing Agency atau Groove Digital Management – Jasa Pembuatan Website Murah.

Nah, kemudian kita bisa melakukan riset keyword dengan menggunakan tools yang disediakan secara gratis seperti Ubersuggest. Data yang kita perlukan dalam riset keyword adalah seberapa banyak jumlah pencarian kata tersebut dalam satu bulan serta seberapa sulit tingkat persaingannya. Baca panduan melakukan riset kata kunci di artikel Cara Menggunakan Ubersuggest untuk Riset Keyword SEO.

Asset Blog Dewaweb

Keyword yang bagus belum tentu memiliki volume pencarian yang tinggi. Beberapa keyword yang bagus terkadang juga memiliki pencarian yang rendah.

Baca juga : 13 Keyword Tools Gratis dan Terbaik untuk Riset Kata Kunci

3. Optimasi konten on-page

On Page SEO adalah metode optimasi dari sisi konten website. Contohnya, optimasi pada judul, deskripsi, tag, gambar, artikel, kata kunci, internal link, eksternal link, dan lain sebagainya.

Begitu juga pada Google Bisnisku, jika ingin masuk dalam urutan teratas ketika ada orang mencari informasi mengenai bisnis kita, maka optimasi On Page SEO perlu dilakukan. Hal ini karena On Page SEO merupakan salah satu faktor penentu ranking Google.

Baca Juga: 8 Manfaat SEO untuk Bisnis, Yakin Tidak Perlu?

Salah satu cara mengoptimasi local SEO adalah membuat Schema Markup. Membuat schema markup bisa dibilang seperti menambah kode tambahan ke Google untuk mempermudah memahami konteks website kamu.

Bagi kamu yang sudah memiliki website, kamu bisa menambahkan structured data dengan schema markup pada website kamu. Berikut panduan membuat structured data menggunakan Schema Markup Generator:

  1. Pilih jenis schema. Berhubung kamu mau membuat untuk keperluan Local SEO, maka pilih Local Business
  2. Selanjutnya isi data-data terkait bisnis kamu
  3. Klik Generate
  4. Copy script json yang kamu dapatkan, letakan pada bagian header website kamu.local seo - schema markup generator

Dalam optimasi On Page SEO pada Google Bisnisku, hal yang harus diperhatikan adalah mengisi informasi dengan kalimat yang relevan dengan bisnis kamu. Sertakan juga kata kunci dalam setiap paragraf. Usahakan kamu rutin membuat postingan di Google Maps mengenai promo yang ada. Kamu juga bisa memposting artikel untuk membantu mengoptimalkan dari sisi On Page SEO.

4. Buat NAP Citations

NAP Citations merupakan kutipan singkat mengenai bisnis kamu. Format sederhananya adalah: Nama, alamat, dan nomor telepon (Name, Address, Phone number). NAP Citations ini mirip dengan Domain Authority.

Semakin sering NAP Citations kamu muncul di internet, maka bisnis kita yang sudah terdaftar di Google Bisnisku dianggap semakin terkenal oleh mesin pencari (Google). Dan dampaknya, bisnis kamu semakin mudah ditemukan oleh calon konsumen. Kamu bisa mulai membagikan NAP Citations di website, blog, media sosial dan platform lain di internet.

Namun perlu kamu ingat, selain membangun NAP citations sebanyak mungkin, pastikan informasi yang kamu masukkan harus selalu sama ya! Jangan sampai kamu memberikan alamat atau nomor telepon yang berbeda pada Google Bisnisku dengan yang dicantumkan di media sosial.

local seo - buat NAP citations

Baca Juga: 10+ SEO Tools Gratis untuk Optimasi Website Kamu [2022]

5. Tanggapi ulasan konsumen

local seo - google review

Setelah bisnis kamu terdaftar di Google Bisnisku dan sudah tayang di Google Maps, konsumen kamu akan dapat memberikan ulasan mengenai bisnis kamu. Berikut beberapa tips agar kamu mendapatkan ulasan yang bagus :

  • Lokasi bisnis bersih
  • Pelayanan ramah
  • Informasi jam buka
  • Terdapat informasi kontak yang dapat dihubungi
  • Mengunggah foto interior dan eksterior sehingga konsumen bisa mempunyai gambaran sebelum berkunjung
  • Menanggapi komentar yang ada agar review dan rating bisnis kamu di Google Bisnisku tetap bagus

Dengan beberapa tips di atas, potensi pengunjung memberikan review jelek akan berkurang. Hal ini sangat penting, mengingat calon konsumen dapat melihat rating bisnis kamu melalui Google Maps. Jika rating rendah dan reviewnya jelek, maka kemungkinan besar akan banyak konsumen yang tidak jadi berkunjung.

6. Lengkapi informasi seputar produk

Di Google Bisnisku, kamu bisa mengisi informasi selengkap mungkin. Mulai dari informasi menu yang ada, produk yang kamu jual, rentang harga, jam buka, dan lain sebagainya. Usahakan agar semua kolom kamu isi.

Jika kamu sudah memiliki website, kamu juga bisa mencantumkan URL website kamu di Google Bisnisku. Sehingga, orang yang melihat informasi bisnis kamu akan mendapatkan informasi mengenai website kamu juga.

Siap Jalankan Local SEO untuk Bisnismu?

Demikian artikel mengenai panduan Local SEO yang bisa kamu terapkan dengan gratis. Jika kamu belum mempunyai website dan ingin membuat website agar bisnis kamu semakin profesional, ikuti panduan di artikel cara membuat website company profile.

Website bisnis yang profesional bermula dari hosting yang berkualitas. Cloud hosting terbaik Dewaweb telah tersertifikasi Standar Keamanan Internasional ISO 27001, sehingga website kamu dijamin aman, cepat, dan pastinya bisa diandalkan. Hosting website di Dewaweb dapat gratis domain dan berbagai tema website premium yang bisa kamu nikmati. Cek di bawah ini ya!