Strategi Local SEO: Apa Itu dan Bagaimana Melakukannya

Strategi Local SEO: Apa Itu dan Bagaimana Melakukannya

Local SEO adalah strategi optimasi mesin pencari secara lokal yang bertujuan untuk meningkatkan visibilitas bisnis di hasil pencarian agar di wilayah sekitar. Strategi ini penting bagi bisnis, terutama yang memiliki toko fisik atau menargetkan pasar lokal. Menurut data dari Semrush, 35% bisnis menganggap bahwa SEO lokal penting bagi mereka.

Manfaat utama dari penerapan lokal SEO yakni dapat mendatangkan lebih banyak pelanggan ke bisnis kamu. Faktanya, data Semrush menunjukkan bahwa, 76% orang mengunjungi bisnis dalam waktu 1 hari setelah mereka mencari di dekat lokasi mereka. Oleh karena itu, dengan meningkatkan kehadiran bisnis secara lokal, kamu dapat menjangkau calon pelanggan yang aktif mencari produk yang kamu tawarkan.

Di sisi lain, ketika kamu tidak mengoptimasi SEO lokal, mungkin hal ini akan membuat bisnis kehilangan peluang untuk mendatangkan calon pelanggan yang berada di sekitar lokasi kamu. Hal ini tentu akan berpengaruh terhadap konversi penjualan produk.

Maka dari itu artikel ini akan membahas secara lengkap, pengertian local SEO, cara kerja, hingga cara optimasinya. Simak terus sampai akhir ya!

Baca Juga: Apa Itu SEO? Cara Kerja, Jenis, dan Manfaatnya untuk Website

Apa itu Local SEO?

Local SEO adalah strategi untuk meningkatkan kehadiran bisnis di mesin pencari untuk pencarian terkait dengan lokasi tertentu. Dengan mengoptimalkan kehadiran online secara lokal, kamu dapat menarik lebih banyak calon pelanggan dari wilayah sekitar dan meningkatkan brand awareness bisnismu.

Misalnya ketika kamu hendak mencari tempat cuci mobil di Kebon Jeruk. Kemungkinan besar, kamu akan mengetikkan ‘carwash terdekat’ atau ‘carwash Kebon Jeruk’ di mesin pencari. Di sinilah SEO lokal berperan penting.

Tanpa melakukan optimasi lokal SEO, bisnis kamu tidak akan dimunculkan oleh mesin pencari pada kata kunci tersebut. Sebagai gantinya, mesin pencari akan menampilkan daftar bisnis lain yang telah mengoptimalkan konten dan profil bisnis mereka untuk pencarian lokal.

Praktik optimasi lokal menjadi penting karena banyak orang mencari bisnis, produk, atau layanan di sekitar wilayah mereka melalui Google. Jika bisnis kamu muncul di hasil pencarian mereka, hal ini berpotensi membuat mengunjungi toko atau outlet kamu pada saat itu juga.

Cara Kerja Local SEO

Local SEO tidak hanya dilihat dari faktor peringkat Google saja. Menurut Semrush, terdapat 3 faktor utama yang menentukan jawaban paling relevan dengan kebutuhan pengguna, di antaranya seperti:

  1. Relevansi: Seberapa erat kaitan antara hasil Profil Bisnis Google dengan kata kunci yang digunakan dalam pencarian tersebut.
  2. Jarak: Seberapa jauh Google memperkirakan jarak pengguna dari suatu bisnis ketika mereka melakukan pencarian. Semakin dekat, maka semakin relevan.
  3. Keunggulan: Seberapa baik bisnis tersebut untuk direkomendasikan pada pengguna menurut penilaian Google, dilihat dari ulasan, jumlah kunjungan, dan rating bintang di Google Maps.

Kemudian, Google akan menampilkan dua jenis hasil untuk pencarian lokal yaitu.

  1. Local pack (paket lokal): menampilkan daftar bisnis lokal teratas beserta peta di bagian atas hasil pencarian.
  2. Organic results (hasil pencarian organik): daftar hasil pencarian tautan “normal” yang biasa dilihat di Google sehari-sehari.

Di bawah ini adalah contoh perbedaan hasil local pack dan organic results. Bagian kotak pertama merupakan hasil local pack, sedangkan kotak di bawahnya adalah organic results, berupa artikel yang biasa disajikan Google.

contoh hasil pencarian local seo

Meskipun pencarian tidak secara eksplisit mencantumkan kata kunci lokasi, Google dapat mendeteksi maksud lokal dari kueri dan lokasi pengguna saat itu, kemudian menampilkan hasil lokal yang relevan.

Cara Optimasi Local SEO

Menurut artikel OntheMaps, sebagian besar bisnis gagal dalam mengoptimalkan SEO lokal karena 58% dari mereka masih belum mengoptimalkan untuk pencarian lokal.

Agar tidak terjadi hal demikian penting untuk mengetahui apa saja cara yang dapat ditempuh untuk mengoptimasi local SEO, berikut diantaranya.

1. Buat entri di Google Business Profile

Cara pertama yaitu membuat entri baru di Google Business Profile. Kamu bisa mengunjungi Google Maps kemudian klik menu yang ada di sebelah kiri atas dan pilih Tambahkan Bisnis Anda. Maka kamu akan langsung diarahkan ke halaman Google Bisnisku.

local seo - daftar google bisnisku

Cara kedua, kunjungi halaman Google Bisnisku kemudian klik Login atau kelola sekarang. Setelah itu klik Tambahkan Bisnis.

Setelah masuk ke halaman formulir pendaftaran alamat, kamu bisa mulai mengisi semua informasi yang ada pada form registrasi. Usahakan agar kamu mengisinya secara lengkap dan menggunakan data yang valid.

Pastikan juga kamu mencatat data yang kamu isi untuk keperluan NAP Citation. Hal ini karena konsistensi dalam Local SEO sangatlah penting. Setelah pengisian data bisnis selesai, kamu harus menyelesaikan proses verifikasi.

Jika verifikasi berhasil, bisnis kamu akan masuk ke tahap review yang akan dilakukan dalam 1×24 jam, untuk selanjutnya sudah bisa tampil di Google Maps

Beberapa jenis kategori bisnis memerlukan verifikasi, kamu dapat melakukan verifikasi dengan cepat melalui nomor telepon dan email. Jika tidak ada pilihan nomor telepon dan email, maka satu-satunya jalan adalah dengan menggunakan metode verifikasi melalui POS. Metode ini membutuhkan waktu yang cukup lama.

Baca Juga : Google Bisnisku: Panduan Lengkap, Cara Daftar dan Verifikasi

2. Lakukan riset keyword untuk bisnismu

Riset keyword dalam strategi mengembangkan bisnis melalui internet adalah hal yang wajib kamu ketahui. Hal ini agar hasil dari usaha dalam mengoptimasi media untuk bisnis menjadi lebih maksimal.

Riset keyword adalah proses menemukan kata kunci yang paling sesuai untuk bisnis kamu. Jika kamu salah dalam menentukan keyword, maka hasilnya tidak akan maksimal. Bahkan bisa menggagalkan strategi SEO.

Contoh nama di Google Maps yang tidak ada keywordnya yaitu Groove Digital Management – Catch The Dream. Seharusnya sebagai jasa di bidang digital, Groove Digital Management membuat tagline yang mengandung kata kunci. Misalnya, Groove Digital Management – Digital Marketing Agency atau Groove Digital Management – Jasa Pembuatan Website Murah.

Nah, kemudian kamu bisa melakukan riset keyword dengan menggunakan tools yang disediakan secara gratis seperti Ubersuggest. Data yang kamu perlukan dalam riset keyword adalah seberapa banyak jumlah pencarian kata tersebut dalam satu bulan serta seberapa sulit tingkat persaingannya. Baca panduan melakukan riset kata kunci di artikel Cara Menggunakan Ubersuggest untuk Riset Keyword SEO.

Asset Blog Dewaweb

Keyword yang bagus belum tentu memiliki volume pencarian yang tinggi. Beberapa keyword yang bagus terkadang juga memiliki pencarian yang rendah.

Baca Juga: 9 Cara Riset Keyword, Bisa Tembus Halaman Pertama Google

3. Optimasi konten on-page

On Page SEO adalah metode optimasi dari sisi konten website, contohnya optimasi pada judul, deskripsi, tag, gambar, artikel, kata kunci, dan lain sebagainya. Tujuannya adalah memberi sinyal kepada mesin pencari tentang konten yang dibuat. Semakin relevan konten terhadap suatu topik, konten tersebut bisa berada di peringkat teratas.

Pada Google Bisnisku, jika ingin masuk dalam urutan teratas ketika ada orang mencari informasi mengenai bisnismu, maka optimasi On Page SEO perlu dilakukan. Hal ini karena On Page SEO merupakan salah satu faktor penentu ranking Google.

Baca Juga: 8 Manfaat SEO untuk Bisnis, Yakin Tidak Perlu?

Salah satu cara mengoptimasi local SEO adalah membuat Schema Markup. Membuat schema markup bisa dibilang seperti menambah kode tambahan ke Google untuk mempermudah memahami konteks website kamu.

Bagi kamu yang sudah memiliki website, kamu bisa menambahkan structured data dengan schema markup pada website kamu. Berikut panduan membuat structured data menggunakan Schema Markup Generator:

  1. Pilih jenis schema. Berhubung kamu mau membuat untuk keperluan Local SEO, maka pilih Local Business
  2. Selanjutnya isi data-data terkait bisnis kamu
  3. Klik Generate
  4. Copy script json yang kamu dapatkan, letakan pada bagian header website kamu.local seo - schema markup generator

Dalam optimasi On Page SEO pada Google Bisnisku, hal yang harus diperhatikan adalah mengisi informasi dengan kalimat yang relevan dengan bisnis kamu. Sertakan juga kata kunci dalam setiap paragraf. Usahakan kamu rutin membuat postingan di Google Maps mengenai promo yang ada. Kamu juga bisa memposting artikel untuk membantu mengoptimalkan dari sisi On Page SEO.

4. Optimasi meta descriptions

Meta description adalah ringkasan singkat dari sebuah halaman web yang seringkali ditampilkan di hasil pencarian sebagai deskripsi snippet di bawah judul halaman. Meskipun meta description tidak secara langsung mempengaruhi peringkat, namun deskripsi yang menarik dan relevan dapat meningkatkan klik dari pengguna yang melihat hasil pencarian.

Dalam SEO lokal, penting untuk mengoptimalkan meta descriptions dengan memasukkan kata kunci dan informasi yang relevan secara lokal. Berikut adalah beberapa tips untuk mengoptimalkan meta descriptions dalam local SEO.

  • Sertakan kata kunci utama yang mencakup komponen lokasi seperti nama kota, area, atau wilayah. Misalnya, “Toko bunga terbaik di Jakarta Pusat” atau “Restoran Italia terdekat di Kelapa Gading”.
  • Sisipkan informasi lokasi bisnis seperti alamat, area layanan, atau landmark terkenal di sekitar untuk meningkatkan relevansi lokal.
  • Buat deskripsi yang menarik yang dapat memunculkan rasa ingin tahu pengunjung terkait produk kamu.
  • Buat meta description secara maksimal dengan memasukan 155-160 karakter.

Untuk hasil yang maksimal, kamu juga dapat menggunakan iklan Google Ads sebagai referensi untuk gaya penulisan deskripsi yang menarik. Iklan tersebut menggunakan salinan yang terbukti dapat menarik klik. Dengan mengadaptasi gaya serupa, kamu dapat meningkatkan kemungkinan pengguna mengklik hasil pencarian.

Di bawah ini adalah contoh meta description pada iklan Ads dengan keyword “hotel terbaik Yogyakarta”. Pada deskripsi tersebut menggunakan kata-kata yang sesuai keyword misalnya seperti “best” kemudian “family-friendly hotel” karena mungkin hotel ini menawarkan layanan yang demikian.

hasil pencarian local seo - optimized meta description

Baca Juga: Cara Menulis Meta Description yang Mampu Menghasilkan Traffic

5. Buat NAP Citations

NAP Citations merupakan kutipan singkat mengenai bisnis kamu. Format sederhananya adalah: Nama, alamat, dan nomor telepon (Name, Address, Phone number). NAP Citations ini mirip dengan Domain Authority.

Semakin sering NAP Citations kamu muncul di internet, maka bisnismu yang sudah terdaftar di Google Bisnisku dianggap semakin terkenal oleh mesin pencari (Google). Dan dampaknya, bisnis kamu semakin mudah ditemukan oleh calon konsumen. Kamu bisa mulai membagikan NAP Citations di website, blog, media sosial dan platform lain di internet.

Namun perlu kamu ingat, selain membangun NAP citations sebanyak mungkin, pastikan informasi yang kamu masukkan harus selalu sama ya! Jangan sampai kamu memberikan alamat atau nomor telepon yang berbeda pada Google Bisnisku dengan yang dicantumkan di media sosial.

local seo - buat NAP citations

6. Tanggapi ulasan konsumen

local seo - google review

Setelah bisnis kamu terdaftar di Google Bisnisku dan sudah tayang di Google Maps, konsumen kamu akan dapat memberikan ulasan mengenai bisnis kamu. Berikut beberapa tips agar kamu mendapatkan ulasan yang bagus :

  • Lokasi bisnis bersih
  • Pelayanan ramah
  • Informasi jam buka
  • Terdapat informasi kontak yang dapat dihubungi
  • Mengunggah foto interior dan eksterior sehingga konsumen bisa mempunyai gambaran sebelum berkunjung
  • Menanggapi komentar yang ada agar review dan rating bisnis kamu di Google Bisnisku tetap bagus

Dengan beberapa tips di atas, potensi pengunjung memberikan review jelek akan berkurang. Hal ini sangat penting, mengingat calon konsumen dapat melihat rating bisnis kamu melalui Google Maps. Jika rating rendah dan reviewnya jelek, maka kemungkinan besar akan banyak konsumen yang tidak jadi berkunjung.

7. Lengkapi informasi seputar produk

Di Google Bisnisku, kamu bisa mengisi informasi selengkap mungkin. Mulai dari informasi menu yang ada, produk yang kamu jual, rentang harga, jam buka, dan lain sebagainya. Usahakan agar semua kolom kamu isi.

Jika kamu sudah memiliki website, kamu juga bisa mencantumkan URL website kamu di Google Bisnisku. Sehingga, orang yang melihat informasi bisnis kamu akan mendapatkan informasi mengenai website kamu juga.

Baca Juga: Cara Menambahkan Lokasi Baru di Google Maps dengan Mudah

Siap Lakukan SEO Lokal untuk Bisnismu?

SEO lokal adalah strategi penting bagi bisnis yang ingin meningkatkan visibilitas online dan menarik lebih banyak pelanggan dari wilayah sekitar. Dengan mengoptimalkan SEO lokal, kamu dapat meningkatkan peluang untuk muncul di hasil pencarian dan menjangkau calon pelanggan yang aktif mencari produk atau layanan yang kamu tawarkan.

Salah satu hal penting yang perlu dimiliki bisnis yang ingin menjangkau pengguna lokal adalah website. Meskipun tidak harus memerlukan website, namun memiliki website dapat memberikan manfaat besar untuk memperbaiki peringkat pencarian lokal dan meningkatkan brand awareness dengan membuat konten terkait bisnis.

Jika kamu belum memiliki website, kini saatnya untuk membuatnya! Kamu dapat membuat website gratis tanpa coding dengan mengikuti panduan artikel  Cara Membuat Website Gratis & Tanpa Coding untuk Pemula.

Dalam pembuatan website, penting untuk memilih hosting yang cepat dan aman. Kecepatan dan keamanan website juga menjadi faktor penting yang dinilai oleh Google dalam memberikan peringkat di hasil pencarian. Hosting Dewaweb mampu menawarkan kecepatan tinggi dengan harga terjangkau, yaitu hanya Rp30 ribuan per bulan.

Kombinasi optimasi SEO lokal yang tepat dan website yang dioptimalkan akan memberikan peluang besar untuk meningkatkan visibilitas bisnis di pencarian lokal, mendatangkan pelanggan, sehingga konversi produk dapat meningkat. Jadi, tunggu apa lagi? Segera terapkan strategi SEO lokal untuk bisnis kamu!