Content Management System (CMS) WordPress cukup populer digunakan oleh pemilik website. Bahkan menurut W3Techs, CMS WordPress digunakan oleh lebih dari 35% website di seluruh dunia. Selain tampilan antarmuka (interface) yang bagus dan penggunaannya yang mudah, plugin dan temanya pun sudah terbilang cukup banyak. Tapi, bagaimana kalau kamu lupa password WordPress?

Lupa Password WordPress Nih“!

Kasus seperti ini sudah biasa terjadi ke setiap pengguna, ada beberapa orang yang bisa menyelesaikan dengan mudah, tapi ada juga pengguna baru yang tidak tahu bagaimana menyelesaikannya. Melalui artikel ini, kamu akan mengetahui cara menangani kasus lupa password WordPress dan bagaimana me-reset atau memperbaruinya. Ada dua cara yang akan dikupas satu per satu dalam pembahasan berikut.

Baca Juga: Jenis dan Penyebab Malware Pada Website

Reset Password melalui Halaman Login

Akses ke namadomainmu.com/wp-login.php kemudian klik “Lost your password?” lalu akan muncul formulir permintaan alamat email, silakan isi email pengguna yang terdaftar untuk website.

Setelah itu, klik Get New Password, kemudian kamu akan menerima email mengenai Reset Password.

Reset Password melalui PHPMyAdmin

Jika kamu hanya mengingat password untuk cPanel maka kamu dapat menggantinya dari cPanel. Caranya, login ke cPanel, lalu ke File Manager -> Public_html, cari file wp-config.php dan view atau edit.

lupa password wordpress define db name

Lihat pada DB_Name, kemudian ke PHPMyAdmin untuk melihat tabel database-nya.

lupa password wordpress table

Klik table _users untuk melihat daftar users yang ada.

lupa password wordpress users

Akan ditampilkan list pengguna yang terdaftar, berikan centang pada pengguna yang password-nya hendak di-reset, lalu klik Edit.

lupa password wordpress edit

Masukkan password terbaru pada kolom Value di user_pass, function diubah menjadi MD5.

Jika sudah, klik Go.

Silakan login kembali ke namadomainmu.com/wp-login.php dengan menggunakan username dan password yang baru.

Penjelasan:

Mengapa menggunakan MD5 Hash? Sebab untuk versi MySQL diatas 5.x atau MariaDB default-nya menggunakan MD5 Hash.

Selain itu, MD5 digunakan secara default karena mendukung semua platform.

Setelah password menggunakan MD5 Hash, string password akan dienkripsi sehingga menjadi: 5fd32fda018148daa13f7deb6d116f8d

Namun, password tetap akan terlihat berubah jika dicek dari PHPMyAdmin, karena WordPress menggunakan Salt untuk security. Jadi, WordPress mengombinasikan password Salt dengan password biasa.

Apa itu Salt?

Salt adalah data acak yang digunakan sebagai input tambahan untuk one-way-function yang “hashes” data, password, atau passphrase. 

Contoh penggunaan Salt pada WordPress terlihat seperti berikut:

Source: Wikipedia

Simpulan

Demikian tutorial Dewaweb untuk menangani Lupa Password WordPress. Jika website-mu mengalami kerusakan atau eror, kamu juga dapat mengirimkan pertanyaan lebih detail ke Ninja Support 24/7 Dewaweb di halaman utama Dewaweb. Jangan sungkan untuk meninggalkan ide-ide topik yang ingin kamu baca di blog Dewaweb, ya. Semoga artikel ini membantu!

Daftar dan tonton webinar Dewatalks