dewaweb-blog-lupa-password-yahoo-mail-ini-cara-mengatasinya

Lupa Password Yahoo Mail? Ini Cara Mengatasinya!

Apakah Anda lupa password Yahoo Anda? Bagaimana cara mengatasi lupa password Yahoo? Penjelasan berikut ini ditujukan bagi Anda yang membutuhkan cara membuka email Yahoo saat lupa kata sandi.

Jangan khawatir! Jika Anda telah memasukkan email pemulihan atau nomor telepon, maka langkah-langkah berikut akan berhasil dan Anda bisa masuk ke kotak pesan email Yahoo Anda lagi. Mari simak apa saja tahapan untuk mengatasi lupa pasword email Yahoo!

Cara Reset Password Email Yahoo

1. Kunjungi Halaman Login Yahoo!

Pertama, yang perlu Anda lakukan adalah mengunjungi halaman login Yahoo khusus untuk mereset password.

2. Pilih Metode untuk Reset Password

Kemudian silakan Anda pilih salah satu info mana yang ingin Anda bagikan ke Yahoo sebagai akses mereset password karena Anda lupa password Yahoo. Isilah nomor telepon Anda jika ingin cara termudahnya. Jika sudah klik/tap “Lanjutkan”.
Langkah 1 Lupa Password Yahoo dari Dewaweb

3. Isi Informasi Kontak untuk Reset Password

Pada layar akan muncul tampilan berisi nomor telepon yang sudah Anda masukkan. Sekarang klik/tap “Ya, kirimi saya Kunci Akun via SMS”.
Langkah 2 Atasi Lupa Password Yahoo dari Dewaweb
Baca Juga: Manfaat Email dengan Nama Domain Sendiri

4. Isi Kode Verifikasi yang Telah Dikirimkan

Jika sudah, selanjutnya Anda akan menerima tampilan verifikasi. Masukkan kode yang ada di kotak pesan hp Anda (dikirim Yahoo lewat SMS). Kemudian klik/tap “Verifikasi” dalam kotak berwarna biru.
Langkah 3 Atasi Lupa Password Yahoo dari Dewaweb

5. Pilih Akun Email yang Ingin Direset Passwordnya

Kemudian Yahoo akan menunjukkan akun email apa saja yang terhubung ke nomor telepon Anda tersebut. Klik/tap akun yang Anda lupa passwordnya.
Langkah 4 Atasi Lupa Password Yahoo dari Dewaweb

6. Password Sudah Direset

Bila semua langkah sudah dilakukan dengan benar maka Anda akan ditampilkan pesan “Berhasil” oleh Yahoo dan Anda sudah langsung masuk/sign in ke akun Yahoo Anda.
Langkah 5 Lupa Password Yahoo dari Dewaweb

Jika ingin ganti password lama yang Anda lupa menjadi password baru, silakan baca Cara Ganti Password Yahoo.

Baca juga: Cara Membuat Signature di Gmail, Outlook, dan Yahoo

Tips Agar Tidak Lupa Password

Lupa Password Yahoo? Baca Panduan Lengkap dari Dewaweb

Lupa password Yahoo maupun password lainnya memang kerap jadi masalah bagi pengguna internet. Pasalnya, menggunakan password yang sama untuk semua akun di internet dapat meningkatkan risiko terjadinya pencurian data oleh peretas.

Berikut adalah beberapa tips agar kamu dapat mengingat password dengan lebih baik:

1. Gunakan Password Manager

Jika kamu tak ingin repot-repot mengingat puluhan atau ratusan password berbeda untuk berbagai akun di internet, kamu dapat menggunakan tool password manager seperti Bitwarden atau Dashlane.

Alat-alat ini akan dengan mudah menyimpan informasi login dengan aman  dan terenkripsi. Proses enkripsi ini juga memastikan bahwa pihak password manager juga mengetahui password kamu.

Sebagian besar password manager juga menyediakan fitur password generator yang dapat digunakan untuk membuat kata kunci yang kuat dan tak mudah ditebak.

2. Aktifkan Fitur Penyimpanan Password di Browser

Selain password manager terpisah, sebagian besar browser modern juga mendukung fitur penyimpanan informasi login. Mengaktifkan fitur ini dapat membantu kamu untuk login ke berbagai website tanpa perlu mengingat password.

3. Buat Referensi Hint untuk Semua Password

Jika kamu tak ingin menyimpan kata kunci sensitif pada aplikasi pihak ketiga, salah satu trik untuk mengingat semua passwordmu adalah dengan membuat referensi hint atau clue untuk setiap password.

Hint ini berfungsi untuk memberikan sedikit petunjuk untuk mengingat password saat kamu lupa.

4. Gunakan Nama Karakter Favorit

Trik lain untuk mengingat password dengan mudah adalah dengan menggunakan nama tokoh film, karakter, atau benda-benda favorit yang ada di sekitarmu.

Dengan menggunakan hal-hal bersifat personal bagimu, maka passwordmu akan lebih sulit untuk diterka oleh orang lain.

5. Buat Password dari Kalimat yang Mudah Diingat

Untuk membuat password yang panjang dan kuat, kamu dapat menggunakan frase atau kalimat yang mudah diingat seperti kutipan dari sebuah buku atau film.

Baca juga: Yahoo Mail Indonesia: Panduan Lengkap

Simpulan

Itulah langkah-langkah yang dapat Anda lakukan sebagai cara mengatasi lupa password Yahoo Anda. Semoga artikel ini membantu ya! Artikel informatif ini adalah bentuk komitmen kami sebagai provider hosting murah dan vps murah profesional berkualitas internasional . Kami memiliki misi mensukseskan Anda secara online di era digital ini. Baca juga berbagai artikel menarik lainnya di blog Dewaweb. Selamat mengembangkan usaha Anda, semoga berhasil!