Mengatasi Lupa Password Yahoo dan Nomor HP Sudah Tidak Aktif

Mengatasi Lupa Password Yahoo dan Nomor HP Sudah Tidak Aktif

Sebagian besar orang pasti pernah mengalami lupa password Yahoo, mungkin termasuk kamu salah satunya. Tetapi tenang, kamu sudah sampai di artikel yang tepat! Jika kamu telah memasukkan email pemulihan atau nomor telepon, langkah-langkah berikut ini pasti akan berhasil dan kamu bisa masuk ke kotak pesan email Yahoo kamu lagi.

Lalu bagaimana jika lupa kata sandi Yahoo namun nomor telepon sudah tidak aktif? Apakah masih bisa dipulihkan? Untuk menjawab itu semua langsung simak artikel ini, ya!

Cara Mengatasi Lupa Password Yahoo Email

Password adalah serangkaian karakter yang digunakan untuk mengautentikasi pengguna pada sistem komputer. Ketika tidak bisa digunakan, layanan email atau sistem pada komputer tidak akan terbuka dengan sempurna, begitu juga dengan Yahoo. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui bagaimana cara reset password email Yahoo dengan cepat dan mudah. Berikut langkah-langkahnya:

1. Kunjungi halaman login Yahoo!

Pertama, yang perlu dilakukan adalah mengunjungi halaman login Yahoo khusus untuk mereset password.

2. Pilih metode untuk reset password

Kemudian, kamu dapat pilih salah satu info mana yang ingin dibagikan ke Yahoo sebagai akses mereset kata sandi karena kamu lupa kata sandi Yahoo. Isilah nomor telepon kamu jika ingin cara termudahnya. Apabila sudah, pilih untuk klik/tap “Lanjutkan”.
lupa password yahoo mail - pilih metode reset

3. Isi informasi kontak untuk reset password

Pada layar akan muncul tampilan berisi nomor telepon yang sudah kamu masukkan. Sekarang klik/tap “Ya, kirimi saya Kunci Akun via SMS”.
lupa password yahoo - isi informasi kontak

4. Isi kode verifikasi yang telah dikirimkan

Jika sudah, selanjutnya kamu akan menerima tampilan verifikasi. Masukkan kode yang ada di kotak pesan hp kamu (dikirim Yahoo lewat SMS), kemudian klik/tap “Verifikasi” dalam kotak berwarna biru.
lupa password yahoo mail - masukkan kode

5. Pilih akun email yang ingin direset passwordnya

Kemudian, Yahoo akan menunjukkan akun email apa saja yang terhubung ke nomor telepon kamu tersebut. Klik/tap akun yang lupa passwordnya.
pilih akun email

6. Password sudah direset

Bila semua langkah sudah dilakukan dengan benar, kamu akan mendapat tampila pesan “Berhasil” oleh Yahoo. Jika sudah seperti ini, kamu bisa langsung masuk/sign in ke akun Yahoo kamu.
password berhasil direset

Cara Mengatasi Lupa Password Email Yahoo dan Nomor HP Sudah Tidak Aktif

Apabila kamu lupa password email Yahoo dan nomor HP sudah tidak aktif, kamu bisa mencoba memulihkan akun dengan menghubungi customer service Yahoo melalui media sosial miliknya. Berikan penjelasan ke Customer Services bahwa kamu lupa password akun Yahoo dan jelaskan juga bahwa nomor HP yang terdaftar di Yahoo sudah tidak aktif. Berikut kontak media sosial Yahoo yang bisa dihubungi:

Itu dia informasi mengenai cara mengatasi lupa password email Yahoo dan nomor HP sudah tidak aktif. Selamat mencoba dan semoga membantu!

Bagaimana Cara agar Tidak Lupa Password?

Lupa kata sandi Yahoo maupun media sosial lainnya memang kerap jadi masalah bagi pengguna internet. Pasalnya, menggunakan password yang sama untuk semua akun di internet dapat meningkatkan risiko terjadinya pencurian data oleh peretas. Jadi, memang sebaiknya tiap media sosial memiliki kata sandi berbeda, tetapi risikonya akan menjadi lebih mudah lupa password.

Lantas, bagaimana cara agar tidak lupa dengan kata sandi yang kita buat? Berikut informasi lengkapnya:

1. Gunakan password manager

Jika kamu tak ingin repot-repot mengingat puluhan atau ratusan password berbeda untuk berbagai akun di internet, kamu dapat menggunakan tool password manager seperti Bitwarden atau Dashlane. Tools ini akan dengan mudah menyimpan informasi login dengan aman  dan terenkripsi. Proses enkripsi ini juga memastikan bahwa pihak password manager juga mengetahui password kamu. Sebagian besar password manager juga menyediakan fitur password generator yang dapat digunakan untuk membuat kata kunci yang kuat dan tak mudah ditebak.

Baca Juga: 10+ Aplikasi Password Manager Terbaik untuk Penyimpanan Sandi

2. Aktifkan fitur penyimpanan password di browser

Selain tools password manager tambahan, sebagian besar browser modern juga mendukung fitur penyimpanan informasi login. Mengaktifkan fitur ini dapat membantu kamu untuk login ke berbagai website tanpa perlu mengingat password.

3. Buat referensi hint untuk semua password

Jika kamu tak ingin menyimpan kata kunci sensitif pada aplikasi pihak ketiga, salah satu trik untuk mengingat semua passwordmu adalah dengan membuat referensi hint atau clue untuk setiap password. Hint ini berfungsi untuk memberikan sedikit petunjuk untuk mengingat password saat kamu lupa.

4. Gunakan nama karakter favorit

Trik lain untuk mengingat password dengan mudah adalah dengan menggunakan nama tokoh film, karakter, atau benda-benda favorit yang ada di sekitarmu. Dengan menggunakan hal-hal bersifat personal bagimu, maka passwordmu akan lebih sulit untuk ditebak oleh orang lain.

5. Buat password dari kalimat yang mudah diingat

Untuk membuat password yang panjang dan kuat, kamu dapat menggunakan frase atau kalimat yang mudah diingat seperti kutipan dari sebuah buku atau film.

Baca Juga: 10 Cara Membuat Password yang Kuat Agar Aman dari Hacker

Simpulan

Itulah langkah-langkah yang dapat kamu lakukan sebagai cara mengatasi lupa password Yahoo. Kamu bisa mengikuti tips di atas agar tidak lupa password lagi. Jangan lupa juga untuk membuat password yang kuat dan sulit ditebak orang lain.

Demikian artikel ini semoga bermanfaat, ya! Kamu juga bisa membaca artikel informatif lainnya di blog Dewaweb. Jika tertarik, kamu juga dapat mengikuti program afiliasi dari Dewaweb ataupun webinar gratis dari Dewatalks yang pastinya bermanfaat untuk menambah wawasanmu seputar dunia digital dan pengembangan website. Salam sukses online!