Mengenal Magento, Fitur dan Keunggulannya untuk Kelola Toko Online

Mengenal Magento, Fitur dan Keunggulannya untuk Kelola Toko Online

Saat ini, semakin banyak pilihan CMS yang dapat digunakan oleh para pengguna layanan hosting murah Indonesia untuk mengelola website. Salah satu CMS yang bisa dimanfaatkan untuk membangun website, khususnya toko online adalah Magento. Magento dapat dipakai oleh para pengguna layanan hosting murah untuk mengatur beberapa website sekaligus, lho!

Sebenarnya, apa itu Magento? Apa saja fitur dan keunggulan yang dimilikinya untuk mengelola situs toko online? Sebelum membahas lebih lanjut, yuk pahami CMS Magento dengan membaca penjelasan berikut ini!

Baca Juga: Panduan Memilih Platform Blogging dan Rekomendasi Platform Terbaik

Apa itu Magento?

Magento adalah sebuah Content Management System (CMS) yang bersifat open-source untuk pengelolaan website toko online. Magento diakuisisi oleh Adobe pada tahun 2018, dan kini berganti nama menjadi Adobe Commerce. Magento memungkinkanmu membangun situs e-commerce dengan mudah. Ada beragam fitur yang tersedia untuk melengkapi toko online-mu, seperti opsi metode pembayaran yang beragam, panel pengelolaan produk, sistem cart belanja, dan lain sebagainya.

Baik untuk bisnis skala kecil maupun perusahaan besar, kamu bisa membuat toko online sesuai kebutuhan dengan opsi kontrol yang lengkap, user-friendly dan mudah digunakan. Dengan Magento/Adobe Commerce, kamu dapat dengan mudah menghubungkan pengalaman berbelanja di seluruh channel, menambahkan brand dan menjangkau konsumen yang lebih luas.

Baca Juga: Bolt Merupakan CMS dengan Tampilan Simpel Serta Mudah Digunakan

Fitur Magento/Adobe Commerce

Sebagai salah satu platform CMS untuk website toko online, Magento menyediakan beragam fitur yang memudahkan pembangunan e-commerce dan pengelolaannya. Berikut ini beberapa fitur yang disediakannya:

  • Manajemen inventori produk: Magento menyediakan manajemen inventori produk yang memudahkanmu untuk mengelola, mengedit dan menambahkan produk ke dalam website toko online.
  • Opsi pembayaran beragam: Magento/Adobe Commerce menyediakan solusi pembayaran lengkap yang menerima dan mengelola pembayaran dari berbagai opsi. Kamu dapat mengelola pembayaran, data pesanan dan pelaporan dengan aman di satu platform. Kamu juga dapat mengontrol cashflow dengan mengelola data pembayaran dan pesanan pada toko online.
  • Product recommendation: Dilengkapi dengan teknologi AI yang secara otomatis menyarankan produk yang relevan berdasarkan behavior pelanggan serta fitur produk tertentu. Ini merupakan salah satu cara untuk meningkatkan upaya merchandising digital tanpa perlu dilakukan secara manual.
  • Tools Analytic: Fitur analitik yang memudahkan pelaporan secara visual. Fitur ini dapat mengubah data menjadi report dalam bentuk visual yang tersimpan ke dasbor meliputi update report otomatis, opsi ekspor data, dan sebagainya.

Kelebihan Magento

Mengatur banyak toko online memang merepotkan, bukan? Namun, dengan hadirnya Magento, sahabat Dewaweb hanya perlu meng-install satu domain melalui layanan hosting murah Indonesia, hanya tinggal mengatur dalam satu tempat saja dan hanya melakukan upgrade saat versi baru Magento diluncurkan.

Selain menjadi lebih simple, tentu saja kapasitas server yang kamu miliki melalui hosting murah menjadi jauh lebih hemat. CMS yang satu ini pun menawarkan keuntungan lain, karena melalui fitur multiple store, kamu dapat menciptakan virtual mall. Hal ini dapat memungkinkan kamu membuat mall secara online yang terdiri dari gabungan beberapa situs online milikmu.

Dengan demikian, tentu saja kamu bisa mendapatkan keuntungan lebih besar saat berjualan online.

Baca Juga: Berkenalan dengan CMS yang Paling Dinamis, Drupal!

Teknis dan Ekstensi Magento

Saat ini, versi terakhir dari Magento Adobe Commerce adalah 2.4.4-2.4.6. Adobe Commerce 2.4.4 memperkenalkan dukungan untuk PHP 8.1. Semua library dan dependensi proyek telah diperbarui untuk kompatibilitas dengan PHP 8.1. Ketergantungan core composer dan library pihak ketiga juga telah ditingkatkan ke versi terbaru yang kompatibel dengan PHP 8.1. Rilis ini juga menyediakan dukungan untuk OpenSearch 1.2.

Magento menyediakan berbagai ekstensi untuk mendukung kegiatan bisnis online, di antaranya adalah site management, marketing tools seperti email marketing, SEO, analytics and advertising, bahkan berbagai theme gratis yang dapat kamu sesuaikan menurut konsep dan barang yang dijual dalam toko online.

Sudah Paham tentang Magento?

Magento adalah platform CMS e-commerce yang sangat komplit untuk kebutuhan toko online. Para pengguna hosting Indonesia terbaik yang memiliki bisnis dan ingin membangun toko online sendiri, tentu saja CMS ini sangat cocok untuk digunakan. So, selain cloud hosting murah yang dapat menghemat budget, kehadiran CMS yang tepat tentu membuat pekerjaan sahabat Dewaweb menjadi lebih efisien!