manfaat seo featured image

Manfaat SEO untuk Website dan Bisnis Online Kamu

Menurut MOZ , Search Engine Optimization atau SEO adalah praktik untuk meningkatkan traffic website, baik dari segi kualitas maupun kuantitas melalui pencarian organik menggunakan mesin pencari. Istilah ini akan sering kamu dengar saat mengelola website untuk bisnis. Tapi, tahukah kamu apa manfaat SEO untuk website dan bisnis online yang kamu jalankan?

Selama ini kamu mungkin mengira bahwa SEO hanya fokus pada jumlah atau kuantitas traffic saja. Padahal dalam praktiknya, kamu juga perlu memerhatikan kualitas traffic. Saa kualitas traffic membaik, maka nilai engagement pada website-mu pun bisa meningkat. Hal ini akan sangat membantu jika kamu menggunakan website untuk menjual produk barang atau jasa.

Di samping kedua hal tersebut, SEO juga memiiki banyak manfaat bagi website dan bisnis online. Kira-kira, apa saja manfaat SEO yang bisa kamu dapatkan? Simak ulasannya di artikel ini.

Menaikkan Traffic Website

Berdasarkan pantauan majalah bisnis dunia, Forbes, saat ini strategi SEO dianggap masih efektif. Optimasi SEO masih menajdi salah satu alasan di balik meningkatnya traffic sebuah website. Jika melakukan teknik yang tepat serta menyesuaikan dengan user experience dan user intention, maka SEO akan menjadi sebuah senjata ampuh untuk menaikkan traffic.

Forbes pun melanjutkan bahwa tren strategi SEO ini tidak akan segera berakhir dalam waktu dekat. Sebab algoritma mesin pencari akan terus dikembangkan sehingga pengguna internet pun akan tetap tergantung pada SEO dalam waktu lama.

Baca Juga: Cara Menulis Konten Berkualitas dan Menarik

Meningkatkan Brand Awareness

Secara tidak langsung, kamu juga bisa merasakan manfaat SEO dalam bentuk brand awareness, yaitu ketika pelanggan dapat mengenali atau mengingat identitas suatu brand saat melihat sesuatu, seperti warna, logo, gambar, dan sebagainya. Biasanya, brand akan melakukan strategi tertentu seperti menjalankan iklan atau campaign demi menciptakan brand awareness mereka.

Setelah website-mu berhasil mendapatkan kenaikan traffic, maka manfaat selanjutnya yang bisa kamu dapat dari SEO yang berhasil adalah peningkatan brand awareness. Bagaimana tidak, jika traffic-mu tinggi, berarti semakin banyak orang yang melihat isi website-mu, dan semakin banyak pula yang melihat image branding yang kamu tunjukkan di website-mu.

Menghemat Biaya untuk Bisnis

manfaat seo adalah menghemat biaya

Ketika mengelola bisnis, kamu akan memerlukan strategi yang efektif tanpa memakan biaya terlalu besar. Oleh karena itu, strategi SEO patut untuk dipertimbangkan. Kamu tidak perlu mengeluarkan dana besar untuk bisa mendapatkan pelanggan baru.

Jika menggunakan strategi SEO, kamu cukup mengandalkan beberapa tools atau plugin SEO yang bisa digunakan secara gratis. Bandingkan dengan strategi traditional marketing yang mengharuskanmu untuk membayar sales door-to-door­, mengeluarkan uang untuk iklan konvensional, dan sebagainya.

Menjadi Strategi Jangka Panjang

Jika kamu ingin eksistensi website-mu di mesin pencari bisa bertahan lama, maka strategi untuk mengembangkannya pun harus berjangka panjang. Ternyata, teknik optimasi SEO bisa memberikan manfaat ini. Alasannya, tak lain adalah karena sifat mesin pencari yang selalu berevolusi secara dinamis dan tak berhenti berubah.

Daftar yang muncul di SERP (Search Engine Result Page) saat pengguna melakukan pencarian tentu akan berubah tiap saat. Jadi, website-mu akan selalu punya kesempatan untuk bisa muncul pada hasil pencarian teratas.

Baca Juga: Tips SEO: Google SERP Snippet untuk Meningkatkan Traffic Website

Membantu Meningkatkan User Experience

user experience website untuk manfaat seo

User experience (UX) merupakan salah satu elemen penting dalam upaya meningkatkan traffic. Sebab, hal ini berkaitan langsung dengan pengguna internet sebagai pengunjung website. Kualitas UX yang tinggi dapat meningkatkan nilai engagement. Hasilnya, conversion rate hingga keuntungan yang bertambah.

Kamu bisa meningkatkan kualitas pengalaman pelangganmu dengan mengoptimasi SEO di website-mu. Sebab, setelah mengoptimasi SEO kamu bisa mendapatkan pengunjung website organik yang akan meningkatkan traffic website. Inilah salah satu manfaat dari optimasi SEO yang bisa kamu dapatkan.

Lebih Dipercaya Pengunjung Website dan Pelanggan

Saat ini, mesin pencari sudah seperti kunci jawaban atas segala pertanyaan yang ada. Oleh karena itu, Google mencari website yang ramah SEO (SEO-friendly) agar dapat memberikan jawaban paling meyakinkan. Maka tak heran, kamu wajib membuat website yang SEO-friendly jika ingin mendapat manfaat SEO secara maksimal.

Melihat fenomena ini, tidak ada salahnya jika kamu mulai memaksimalkan manfaat SEO dengan mengoptimasi website-mu. Jika dapat memaksimalkan strategi ini, maka website milikmu pun bisa muncul dalam hasil teratas pencarian para pengguna internet.

Baca Juga: Panduan Lengkap Google Search Console untuk SEO

Kesempatan Bersaing

Ketika kamu dapat mengoptimasi website hingga bisa menjadi website yang ramah SEO, maka kemungkinan besar kontenmu akan muncul di halaman pertama hasil pencarian. Meski biasanya halaman pertama dihiasi dengan website-website ternama, tapi tak menutup kemungkinan website-mu bisa menjadi salah satu rekomendasi Google untuk ditaruh di halaman pertama.

Manfaat yang bisa kamu dapatkan dari SEO untuk bisnismu, kamu mempunyai kesempatan untuk bersaing langsung dengan website dari brand ternama yang selama ini mungkin menjadi pesaing atau pedoman kamu berbisnis. Siapa tahu Google bahkan akan menaruh website-mu di peringkat yang lebih tinggi dari pesaingmu, tidak ada salahnya mencoba, ‘kan?

Simpulan

Demikian tujuh manfaat SEO untuk website dan bisnis online yang bisa kamu peroleh. Tapi ingat, kamu harus dapat memaksimalkan optimasi SEO tanpa menggunakan cara curang, ya. Selain itu, selalu ingat juga untuk memilih yang terbaik untuk website-mu, termasuk saat memilih server VPS atau cloud hosting, agar website-mu tak hanya cepat, tapi juga aman dan selalu bisa diandalkan.

Jangan sungkan untuk meninggalkan pertanyaan atau saran di kolom komentar. Tapi jika ingin membaca lebih banyak pembahasan bermanfaat, silakan kunjungi blog Dewaweb. Semoga artikel ini membantu, Sahabat Dewaweb, salam sukses online!