8 Manfaat SEO untuk Bisnis, Yakin Tidak Perlu?

Menghemat anggaran untuk mengembangkan bisnis di ranah digital adalah salah satu manfaat SEO yang bisa kamu rasakan. Untuk itu, menghadirkan SEO dalam rencana strategi bisnis tentu perlu jadi bahan pertimbangan.

Selain membantu mengembangkan bisnis, SEO juga memiliki manfaat lain yang tidak kalah penting untuk kamu ketahui. Dengan begitu, kamu bisa semaksimal mungkin menerapkan SEO demi keberlangsungan usahamu.

Lalu, apa saja manfaat SEO untuk pengembangan bisnis? Berikut ini penjelasan lengkapnya.

Baca juga: SEM dan SEO: Perbedaan Manfaat dan Kegunaannya

Meningkatkan Traffic Organik

Ketika mencari informasi, kamu mungkin akan lebih senang mencarinya melalui search engine dengan mengetik kata kunci tertentu. Selain lebih mudah, informasi yang kamu dapat juga jadi lebih cepat.

Hal itulah yang membuat kebanyakan traffic yang diperoleh website datang dari traffic organik. Sementara itu, SEO berperan untuk mengoptimalkan keyword yang ada di dalam website, sehingga bisa lebih banyak mendatangkan traffic organik.

Selain itu, orang-orang yang datang mencari informasi di internet umumnya akan menggunakan Google sebagai medianya. Hal ini terbukti dari jumlah pengguna Google di bulan Maret 2022 yang mencapai 84,97%, paling banyak pertama jika dibandingkan dengan mesin pencarian lainnya.

Untuk itu, tentunya kamu harus membuat website-mu Google friendly agar traffic dapat masuk dengan mudah. Salah satu manfaat SEO yaitu dapat membantu website-mu jadi lebih Google friendly dan meningkatkan traffic organic.

Bagi kamu yang masih pemula dan ingin mempelajari SEO, cek artikel Panduan Belajar Search Engine Optimization (SEO) untuk Pemula.

Mengembangkan Pasar

Pernahkah kamu berpikir untuk memperluas target market-mu? Dengan SEO, kamu dapat melakukannya.

Misalnya, jika kamu sedang menjalankan bisnis lokal yang ingin menjangkau pasar internasional. Maka kamu bisa membuat website versi bahasa Inggris atau negara yang dituju. Tentunya, dengan menerapkan SEO agar website-mu dapat terdeteksi di negara tujuanmu.

Dengan begitu, ekspansi pasar jadi lebih efisien dan hemat anggaran. Inilah salah satu manfaat SEO yang sangat menguntungkan bagi bisnismu.

Baca juga: Teknik On-Page SEO: Anatomi Web Page yang Optimal

Memperkuat Kepercayaan dan Kredibilitas

Bayangkan jika kamu sedang mencari informasi suatu perusahaan melalui Google, namun tidak menemukan informasi apapun terkait perusahaan tersebut. Bukankah akan terlihat sedikit mencurigakan?

Ketika sebuah bisnis muncul di pencarian Google atau search engine lainnya, tentu akan lebih mudah untuk dipercaya. Satu lagi manfaat SEO yang perlu kamu tahu adalah SEO akan meningkatkan visibilitas website-mu di mesin pencarian. Sehingga akan memperkuat kepercayaan maupun kredibilitas bisnismu.

Kamu juga dapat membuat konten seputar topik yang berkaitan dengan bisnis yang kamu punya agar menciptakan citra sebagai ahli. Misalnya, seperti Dewaweb yang menyajikan artikel seputar Security Awareness, berkaitan dengan produk cloud hosting-nya yang aman dan terpercaya di Indonesia.

Meningkatkan Kualitas User Experience

User Experience (UX) yang baik adalah salah satu faktor kesuksesan suatu bisnis. Salah satu cara meningkatkan pengalaman pengguna adalah dengan membuat konten yang berguna bagi mereka.

Semakin berguna konten yang kamu buat dan sesuai dengan search intent, maka Google akan menganggap website-mu penting dan layak masuk ke dalam Search Engine Result Page (SERP). Dengan begitu, tentunya juga akan meningkatkan traffic organic pada website-mu.

Dapat disimpulkan jika manfaat SEO lainnya adalah dapat membuat website menjadi lebih SEO friendly yang juga akan meningkatkan kualitas user experience.

Menjangkau Pasar Lokal

Selain dapat membantu menjangkau pasar internasional, tentunya manfaat SEO yang lain yaitu dapat memaksimalkan performa bisnismu di tingkat lokal.

Metode local SEO cocok dilakukan untuk bisnis lokal berbasis lokasi seperti usaha rumahan, toko franchise, dan lain sebagainya. Kamu bisa mulai melakukan optimasi secara lokal dengan berfokus pada target pasar lokal. Termasuk pembuatan konten yang terkait dengan isu-isu lokal di wilayah tempat bisnismu berada.

Agar semakin ciamik, kamu juga bisa mengumpulkan testimoni melalui Google Review agar kredibilitas bisnis lokalmu semakin meningkat.

Baca juga: Off-Page SEO: Panduan Link Building bagi Para Pemula

Meningkatkan Brand Awareness

Website yang sering muncul di mesin pencarian akan memiliki memori tersendiri di benak customer. Bahkan, bisa jadi ketika brand-mu tidak ada di deretan list hasil pencarian Google, mereka akan mulai mencari-cari. Hal inilah yang bisa disebut dengan brand awareness.

Satu lagi manfaat SEO yang bisa kamu rasakan, tentunya SEO dapat meningkatkan brand awareness dari bisnis yang sedang kamu jalankan. Namun demikian, brand awareness tidak dapat dibangun dalam satu malam.

Untuk itu, SEO tidak dapat dikatakan sebagai suatu proses instan. Kamu perlu membangunnya dalam jangka waktu panjang agar manfaatnya bisa benar-benar kamu rasakan.

Baca juga: Pentingnya Digital Branding untuk Kesuksesan Bisnis Online

Memperoleh Data Perilaku Konsumen

Manfaat SEO selanjutnya yang bisa kamu rasakan adalah SEO dapat memberikan berbagai data yang dapat menggambarkan perilaku konsumen.

Data-data tersebut bisa kamu ambil dari Google Analytics, Google Search Console, maupun tools SEO lainnya yang kamu pakai.

Sebagai contoh, melalui tools SEO kamu dapat melihat perilaku pengunjung website yang banyak melihat halaman produk namun tidak membeli. Bisa jadi, pengunjung belum tertarik dengan foto, deskripsi produk, maupun harga produk, sehingga kamu bisa memperbaikinya.

Baca juga: 15 SEO Tools Gratis dan Terbaik untuk Optimasi Website [2022]

Investasi Jangka Panjang

SEO adalah investasi jangka panjang yang jika dilakukan secara konstan akan membuahkan hasil yang positif bagi perusahaan. Untuk itu, jadikanlah SEO sebagai investasi jangka panjang.

Penerapan SEO juga tidak bisa dilakukan secara instan. Hal ini karena “aturan main” SEO dapat selalu berubah-ubah. Sehingga, kamu harus selalu memantau dan mengikuti perkembangannya agar manfaat SEO yang kamu dapat terus maksimal.

Baca juga: 15 Teknik SEO Advance untuk Meningkatkan Organic Traffic Website Anda

Siap Menerapkan SEO Pada Bisnismu?

Dari sekian banyak manfaat SEO yang sudah dijelaskan, langkah penting yang perlu kamu lakukan adalah dengan menerapkannya sedini mungkin. Karena seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, SEO adalah investasi jangka panjang yang akan memberikan dampak positif pada perusahaan.

Namun sebelum mulai berkecimpung di dunia SEO, tentunya kamu harus mengenal terlebih dahulu mengenai apa itu SEO dan bagaimana cara mengimplementasikannya. Setelah itu, barulah kamu bisa mulai menerapkan SEO pada bisnismu.