Mengetahui Fungsi SSL untuk SEO dan Keamanan Website

Mengetahui Fungsi SSL untuk SEO dan Keamanan Website

Selain bermanfaat untuk menjaga keamanan website, fungsi SSL juga bisa untuk optimasi Search Engine Optimization (SEO).

Hal ini tentu saja karena Google lebih memprioritaskan website yang aman untuk disuguhkan kepada pengguna.

Jadi, website yang bersertifikat SSL akan lebih mudah mendapat ranking tinggi di mesin pencarian yang mana merupakan bagian dari optimasi SEO.

Apa saja fungsi lain dari SSL? Berikut Dewaweb sudah rangkum untuk kamu. Langsung simak!

Baca Juga: Apa itu SSL? Pengertian, Jenis, dan Manfaatnya untuk Website

Manfaat dan Fungsi SSL

Fungsi utama SSL adalah untuk menjaga keamanan website kamu dari serangan siber (hacker, phishing, scam, malware dll).

Namun lebih jauh lagi, SSL juga dapat bermanfaat untuk optimasi SEO website kamu sehingga lebih berpotensi mendapat urutan atas di mesin pencari.

Baca Juga: Cara Memasang SSL di cPanel bagi Pemula

Berikut adalah beberapa fungsi dan manfaat SSL untuk websitemu:

1. Perlindungan informasi personal

Dengan banyaknya layanan e-commerce dan internet banking saat ini, kamu harus memasukkan informasi personal ke berbagai website untuk melakukan transaksi.

Ini tentunya berisiko karena jika website yang kamu gunakan tidak aman, seseorang bisa saja mencuri atau memanipulasi data kamu.

SSL adalah salah satu protokol yang menjamin keamanan pengiriman informasi secara online.

SSL membantu website kamu (terutama e-commerce) untuk memenuhi  standar industri kartu pembayaran atau Payment Card Industry (PCI) agar bisa menerima informasi kartu kredit pengguna.

Dengan memberikan perintah kepada server dan browser, SSL menyediakan channel aman agar pengunjung website dapat memasukkan email, password, dan data-data personal lainnya tanpa perlu takut datanya akan bocor.

Baca Juga: Cara Mudah Cek Sertifikat SSL Website

2. Membuat website kamu lebih dipercaya

Website kamu adalah bagian dari kesuksesan brand kamu. Jika kamu ingin website kamu lebih profesional dan kredibel untuk dipercaya, SSL bisa membantumu.

SSL akan membantu menjaga keamanan website kamu agar tidak mengandung malware yang berbahaya bagi pengunjung.

Google bahkan memberikan peringatan “Your connection is not private” jika ada penggunanya yang akan mengakses sebuah website tanpa sertifikat SSL.

Baca Juga: Cara Mengatasi Your Connection is Not Secure di Browser

Tenang saja, website tanpa sertifikat SSL dapat mudah dibedakan, yaitu dari protokolnya yang masih HTTP.

Sementara jika sudah HTTPS (S berarti ‘secure’) maka website aman dikunjungi. Maka dari itu, Google lebih menyukai website berprotokol HTTPS karena terjamin keamanan untuk dikunjungi pengguna.

Baca Juga: Google Menyukai Website yang Menggunakan HTTPS atau SSL

3. Optimasi SEO website kamu

Mungkin ini adalah salah satu poin yang tidak banyak diketahui oleh orang – orang. Memang ada banyak faktor yang mempengaruhi SEO sebuah website di halaman hasil pencarian. Ada banyak hal yang harus kamu lakukan untuk melakukan optimasi tetapi salah satu yang harus kamu lakukan adalah menggunakan SSL.

Seperti yang disebutkan di atas, Google mengutamakan website yang sudah memiliki sertifikat SSL dalam mengatur ranking di halaman hasil pencarian.

Jika website kamu mendapat ranking tinggi di Google, tentunya kamu akan mendapat traffic lebih banyak. Dengan semakin banyak traffic yang kamu dapatkan, kamu juga akan meningkatkan peringkat kamu di halaman pertama hasil pencarian. Dengan cycle yang berkelanjutan seperti ini, menggunakan SSL di website kamu dapat menjadi awal mula yang efektif.

Baca Juga: Masalah SSL Error pada Website dan Cara Mengatasinya

4. Mengatasi iklan yang dimasukkan oleh ISP

Internet Service Provider (ISP) sering menyisipkan iklan ketika kamu membuka sebuah website. Mungkin kamu pernah mengalami ini ketika kamu browsing sesuatu – apalagi dari handphone – dan ada iklan dari provider kamu.

Jika kamu memiliki sebuah website, sisipan-sisipan iklan seperti ini dapat merugikan kamu. Lalu bagaimana cara menghentikannya? Dengan memasang sertifikat SSL dan mengganti protocol kamu menjadi HTTPS, kamu sudah bisa menghentikan sisipan-sisipan iklan dari Internet Service Provider ini. Mudah bukan?

Baca Juga: Cara Install SSL Let’s Encrypt Pada Nginx di Ubuntu 18.04

5. Menyediakan autentikasi

Fungsi selanjutnya dari sertifikat SSL adalah menyediakan autentikasi. Ini sangat bermanfaat untuk pelanggan website kamu saat hendak melakukan transfer informasi.

Jadi, pelanggan kamu tidak akan mengirim informasi ke server penipu yang sedang berusaha mencuri informasi.

Ini penting karena komputer manapun dapat berpura-pura menjadi situs website kamu dan mengelabui pengguna agar mengirimkan informasi pribadi kepada mereka.

Satu-satunya cara menghindari hal ini terjadi adalah dengan memproteksi website kamu dengan sertifikat SSL dari penyedia SSL yang terpercaya.

Baca Juga: Cara Install SSL di Web Server Apache untuk CentOS 7

Berikut adalah video tentang bagaimana cara mengamankan website kamu dengan menggunakan sertifikat SSL.

Baca Juga: Mengenal Jenis-jenis SSL (Secure Sockets Layer)

Tertarik Menggunakan SSL?

Ternyata, fungsi SSL tidak hanya seputar keamanan website tetapi juga optimasi SEO. Sangat efisien, bukan?

Jadi, apakah SSL sepenting itu bagi website? Jawabannya, tentu saja! SSL begitu penting hingga Google saja mengharuskan semua website untuk memiliki sertifikat SSL.

Hal ini karena Google memprioritaskan konten dari website yang aman untuk disajikan kepada pengguna. Jadi, pastikan website kamu aman, ya!

Kalau kamu bingung di mana kamu bisa mendapatkan sertifikat SSL, Dewaweb juga menyediakan layanan ini, lho.

Kamu tinggal mengunjungi halaman sertifikat SSL milik Dewaweb dan klik Order Now untuk mendapatkan SSL untuk website kamu.

Semoga artikel ini bermanfaat, ya. Kamu juga bisa membaca kumpulan artikel informatif lainnya di blog Dewaweb dan mengikuti program afiliasi dari Dewaweb ataupun webinar gratis dari Dewatalks. Salam sukses online!