dewaweb-blog-manfaat-ssl

Google mengumumkan bahwa Anda memiliki waktu hingga bulan Juli untuk menginstal sertifikat SSL atau Google akan menandai website Anda “Not Secure” atau tidak aman.

Pada bulan Juli, Google diperkirakan akan merilis Chrome 68. Salah satu fitur yang aka nada pada browser ini adalah kemampuannya untuk memberi peringatan jika Google merasa website yang Anda kunjungi tidak aman.

Oleh karena itu, sudah waktunya Anda yang memiliki website memastikan bahwa website Anda sudah migrasi ke HTTPS.

Sebenarnya Google sudah merencanakan hal ini untuk waktu yang lama. Tetapi memang sempat diundur beberapa kali karena Google ingin menghindari disrupsi yang sangat mungkin terjadi jika banyak website di luar sana ditandai dengan label “Not Secure”.

Google dan beberapa browser lainnya sudah mulai memikirkan untuk mengimplementasikan ini sejak waktu yang lama. Tahun lalu, Google dan Mozilla sudah mulai mendorong enskripsi universal dengan mengubah UI pada browser mereka. Tidak hanya dengan ikon gembok, setiap website yang sudah memiliki SSL ditandai dengan kata “Secure”.

Hal ini dilakukan dengan harapan bahwa orang-orang yang memiliki website akan mulai menggunakan SSL karena Google juga tidak akan memberikan fitur-fiturnya ke sembarangan website.

Hampir seluruh browser juga sudah mulai menandakan website HTTP dengan “Not Secure”. Ini tentunya dilakukan secara bertahap. Misalnya ketika Anda akan memasukkan password ke kolom yang tidak dienskripsi, Google akan mengeluarkan peringatan bahwa Anda akan memasukkan password Anda ke kolom yang dapat dikatakan tidak dilindungi. Setelah itu, mereka mengambil tahap selanjutnya yaitu dimana mereka menandai beberapa website HTTP dengan “Not Secure”. Sekarang, bersamaan dengan rilisnya Chrome 68 di bulan July, Google akan menandai setiap website yang di-serve via HTTP dengan indikator “Not Secure”.

Kenapa Anda harus memiliki website HTTPS?

HTTP bisa dibilang sudah kuno jika mengikuti standar computer. Protokol yang satu ini adalah protocol untuk komunikasi dan bekerja baik untuk beberapa waktu. Sayangnya, HTTP bisa dikatakn tidak aman. Ketika Anda melakukan koneksi HTTP dengan website yang tidak memiliki koneksi yang aman, siapapun bisa mencuri atau memanipulasi data yang dikirim dengan menggunakan koneksi tersebut.

HTTPS adalah pilihan protokol yang lebih aman. Ketika Anda membuat koneksi dengan sebuah website, data yang dikirim akan dienskripsi. Ini membantu melindungi data-data yang Anda kirim karena siapapun yang tidak memiliki corresponding key tidak akan bisa masuk untuk mencuri atau memanipulasi data. Tidak hanya itu, HTTPS juga mem-blok ISP dari memasukkan ads ke website Anda. Jika Anda menggunakan HTTPS, website Anda akan bekerja dengan lebih baik dan lebih cepat dibanding jika Anda menggunakan HTTP. Selain itu, Anda juga memerlukan enkripsi agar Anda bisa menggunakan HTTP/2, yang sekarang sudah semakin banyak digunakan.

Anda perlu menginstal SSL certificate dan migrasi website Anda ke HTTPS. Sebelum Anda membeli SSL, perhatikan juga apa saja yang perlu Anda lindungi. Anda mungkin hanya memiliki sebuah domain atau mungkin Anda punya sub-domains atau bahkan beberapa domain berbeda. Tentunya setiap scenario ini memiliki kebutuhan yang berbeda-beda.Tetapi Anda tidak perlu khawatir karena Anda pasti bisa menemukan jenis sertifikat SSL yang sesuai untuk kebutuhan Anda.

Setelah itu, Anda perlu migrasi ke HTTPS, Anda bisa melakukan ini dengan mengubah protocol Anda pada URL website Anda ke HTTPS, lalu gunakan 301 redirects.

Mengapa Anda Membutuhkan SSL?

Mungkin Anda bertanya-tanya apa yang membuat SSL begitu penting bagi sebuah website hingga Google saja mengharuskan semua website untuk memiliki sertifikat SSL di websitenya.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa website Anda membutuhkan SSL:

  • Perlindungan informasi personal. Dengan banyaknya layanan e-commerce dan internet banking saat ini, Anda harus memasukkan informasi personal ke berbagai website untuk melakukan transaksi. Ini tentunya berisiko karena jika website yang Anda gunakan tidak aman, seseorang bisa saja mencuri atau memanipulasi data Anda. SSL adalah salah satu protocol yang menjamin keamanan pengiriman informasi secara online. Dengan memberikan command kepada server dan browser, SSL menyediakan channel aman agar pengunjung website dapat memasukkan email, password, dan data-data personal lainnya tanpa rasa takut bahwa datanya akan jatuh ke tangan yang salah. Ini adalah salah satu alasan mengapa SSL sangat penting untuk website terutama toko online.

 

  • Membuat website Anda lebih dipercaya. Jika website Anda adalah bagian dari kesuksesan brand Anda dan Anda ingin agar brand Anda dianggap serius, SSL bisa membantu Anda untuk mencapai itu. Semua vendor browser sudah bekerja keras untuk memastikan bahwa pengguna mereka dapat menggunakan internet dengan aman. Seperti yang sudah disebutkan di atas, Google Chrome sendiri akan memberikan peringatan “Your connection is not private” jika ada penggunanya yang akan mengakses sebuah website yang tidak memiliki SSL. Memang untuk saat ini peringatan hanya ditampilkan ketika situs web meminta pengunjung untuk memberikan informasi seperti detail bank, kata sandi atau sejenisnya. Namun, mengingat bahwa Google sudah memberikan posisi yang lebih tinggi ke situs web yang aman dalam hasil pencariannya dan dengan dirilisnya Chrome 68 Google akan mulai menampilkan peringatan tersebut ke semua situs web yang tidak memiliki SSL.

 

  • SEO website Anda. Mungkin ini adalah salah satu poin yang tidak banyak diketahui oleh orang – orang. Memang ada banyak factor yang mempengaruhi SEO sebuah website di halaman hasil pencarian. Ada banyak hal yang harus Anda lakukan untuk melakukan optimasi tetapi salah satu yang harus Anda lakukan adalah menggunakan SSL. Seperti yang disebutkan di atas, Google mengutamakan website yang sudah memiliki sertifikat SSL dalam mengatur ranking di halaman hasil pencarian. Jika website Anda mendapat ranking tinggi di Google, tentunya Anda akan mendapat traffic lebih banyak. Dengan semakin banyak traffic yang Anda dapatkan, Anda juga akan meningkatkan peringkat Anda di halaman pertama hasil pencarian. Dengan cycle yang berkelanjutan seperti ini, menggunakan SSL di website Anda dapat menjadi awal mula yang efektif.

 

  • Mengatasi iklan yang dimasukkan oleh ISP. ISP atau Internet Service Provider sering menyisipkan iklan ketika Anda membuka sebuah website. Mungkin Anda pernah mengalami ini ketika Anda browsing sesuatu – apalagi dari handphone – dan ada iklan dari provider Anda. Jika Anda memiliki sebuah website, sisipan-sisipan iklan seperti ini dapat merugikan Anda. Lalu bagaimana cara menghentikannya? Dengan memasang sertifikat SSL dan mengganti protocol Anda menjadi HTTPS, Anda sudah bisa menghentikan sisipan-sisipan iklan dari Internet Service Provider ini. Mudah bukan?

Berikut adalah video tentang bagaimana cara mengamankan website Anda dengan menggunakan sertifikat SSL.

Simpulan  

Bagaimana? Sudah tertarik belum untuk menggunakan SSL?

Nah, kalau Anda bingung di mana Anda bisa mendapatkan sertifikat SSL, Dewaweb juga menyediakan layanan ini loh. Anda tinggal mengunjungi halaman sertifikat SSL Dewaweb dan klik Order Now untuk mendapatkan SSL untuk website Anda. Jangan lupa ya!

Cloud Hosting Terbaik di Indonesia