10 Fitur-Fitur cPanel yang Penting Ada di Dalam Hosting Kamu

10 Fitur-Fitur cPanel yang Penting Ada di Dalam Hosting Kamu

Control panel hosting adalah tools yang berfungsi untuk mengatur dan melakukan penyesuaian pada layanan hosting. Itu sebabnya, di dalam sebuah hosting diperlukan fitur-fitur cPanel agar kinerjanya bisa maksimal. Sederhananya, adanya cPanel dapat memudahkan pengelolaan hosting dan tampilan dasbor kamu lebih intuitif. Adapun beberapa fitur-fitur cPanel yang dapat digunakan, mulai dari File Manager, Bandwidth, dan lain sebagianya.

Mau tahu informasi lebih lengkapnya? Jangan khawatir, Dewaweb sudah merangkum rekomendasi fitur-fitur cPanel yang sebaiknya ada di dalam hosting kamu. Yuk, simak informasinya sampai akhir!

1. File Manager

Fitur-fitur cPanel yang pertama adalah File Manager. Bagi pengguna PC berbasis Windows, pasti sangat familiar dengan Windows Explorer. Di dalam cPanel terdapat sebuah fitur File Manager yang mempunyai fungsi menyerupai Windows Explorer. File Manager di dalam cPanel ini dapat dipakai untuk mengelola semua direktori dan file milik kamu.

2. Bandwidth

Selanjutnya terdapat fitur cPanel bernama Bandwidth. Cara kerja fitur ini adalah untuk mengecek penggunaan Bandwidth dan mencakup berbagai aktivitas, mulai dari FTP, POP dan HTTP. Melalui fitur Bandwidth yang disematkan di dalam cPanel, sekarang kamu dapat lebih mudah mengatur dan mengelola kebutuhan hosting website.

Baca Juga: Cara Memasang Sertifikat SSL di cPanel bagi Pemula

3. Disk Space Usage

Dalam cPanel yang kamu dapatkan dari layanan hosting murah terdapat pula fitur Disk Space Usage. Fitur ini menyediakan cara praktis untuk melihat besaran disk space yang telah dipakai oleh tiap folder. Dengan demikian, kamu dapat memantau secara langsung setiap kapasitas yang masih tersedia dan melihat apa saja yang menyebabkan space database kamu habis.

4. SpamExperts

Email spam berpotensi memenuhi kapasitas hosting kamu, terlebih jika email tersebut melampirkan file besar, serta membuang waktu dan bandwidth karena mengunduh attachment tersebut. Untuk mencegah email spam masuk pada kamu, manfaatkan fitur SpamExperts di dalam cPanel kamu. Selain itu, lindungi pula website kamu dengan menggunakan hosting murah terbaik yang aman dari hacker maupun malware.

Baca juga: Cara Menggunakan SpamExperts Dewaweb dengan Mudah

5. FTP Accounts

Dengan fitur control panel hosting ini ini kamu dapat membuat akun FTP dan membatasi aktivitas agar hanya dapat download dan upload data dari direktori tertentu. Untuk menggunakan FTP, diperlukan sejumlah aplikasi pihak ketiga, seperti CuteFTP atau FileZilla.

6. MySQL Databases

Sedangkan fitur MySQL Databases memungkinkan kamu untuk membuat database, user,  dan mengatur hak akses. Sesuai dengan namanya, layanan ini telah didukung oleh MySQL.

Baca juga: Cara Pindahan Hosting Website di cPanel, Ini Panduannya!

7. Remote MySQL

Fitur cpanel utama lainnya adalah Remote MySQL. Melalui fitur ini kamu dapat langsung mengakses database tanpa harus login ke dalam cPanel. Selain itu, kamu juga dapat memanfaatkan program pihak ketiga, seperti MySQL, HeidiSQL dan Navicat.

8. Backups

Sekalipun penyedia hosting murah Indonesia telah memiliki layanan backup sendiri, namun tidak ada salahnya menggunakan fitur ini. Backups adalah fitur control panel hosting yang akan memungkinkan membuat semua data kamu menjadi lebih aman. Fitur backup ini dapat diatur sesuai kebutuhan website kamu dengan mudah.

Baca juga: 7 Tutorial Cara Menggunakan cPanel untuk Pemula

9. TP Session Control

Ada pula fitur TP Session Control. Fitur ini dapat difungsikan untuk melihat siapa saja yang tengah login melalui FTP ke dalam situs kamu. Jika orang tersebut tidak melakukan izin untuk mengaksesnya, kamu dapat menghentikannya dengan langkah mudah.

10. phpMyAdmin

Suatu saat, mungkin kamu menemukan file yang besar, dikarenakan revision post yang tersimpan di database. kamu dapat menghapus file-file ini dari salah satu fitur cPanel, bernama phpMyAdmin. Fitur ini memungkinkan kamu dapat mengatur database yang digunakan untuk website.

Baca juga: Apa itu Plesk? Pengertian dan Perbedaannya dengan cPanel

Mana Fitur-Fitur cPanel Pilihan Kamu?

Itulah penjelasan lengkap tentang rekomendasi fitur-fitur cpanel yang sebaiknya ada di dalam hosting kamu. Selain penjelasan yang ada di atas, sebetulnya masih banyak sekali fitur lain yang dapat digunakan. Melalui fitur control panel hosting di atas, kamu yang saat ini menggunakan layanan domain dan hosting murah akan semakin optimal dalam mengelola website. Selamat mencoba, ya!