Mengenal Jenis-Jenis SSL (Secure Socket Layer)

Mengenal Jenis-Jenis SSL (Secure Socket Layer)

Mengetahui semua jenis-jenis SSL menjadi hal yang penting sebelum kamu memutuskan untuk membelinya. Sebab, tiap SSL memiliki karakteristik yang berbeda. Tentunya tidak semua website bisa cocok dengan satu jenis SSL, justru jenis website juga menentukan SSL yang akan digunakan.

Yuk, langsung simak ulasan berikut sebelum kamu beli SSL untuk amankan website kamu!

Baca Juga: Pentingnya SSL untuk Memaksimalkan Kinerja Website

Berdasarkan Tingkat Validasi

Melansir Cloudflare, SSL certificate secara garis besar dapat dibedakan menjadi dua, yaitu berdasarkan tingkat validasinya dan berdasarkan jumlah domain-nya. Selanjutnya SSL berdasarkan tingkat validasi juga dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu:

1. Domain Validation (DV) SSL

Domain Validation SSL adalah SSL dengan tingkat validasi paling longgar dan mudah dibandingkan jenis SSL lain. Untuk mendapatkan sertifikat DV SSL, organisasi atau individu hanya perlu membuktikan bahwa memang benar merekalah yang mengendalikan dan bertanggung jawab atas domain tersebut.

Pembuktian ini dapat dilakukan dengan mengubah data DNS yang terkait dengan domain. Bahkan, terkadang pembuktian bisa dilakukan hanya dengan mengirimkan email ke Certificate Authority (CA) dan seringkali proses ini otomatis. Untuk penerbitan biasanya berlangsung beberapa menit saja.

Keunggulan dari Domain Validation SSL:

  • Kecepatan penerbitan. Oleh karena persyaratan pembuatan yang mudah, maka proses penerbitan SSL akan menjadi lebih cepat.
  • Biaya yang lebih rendah. Hal ini karena proses verifikasi domain lebih sederhana dibandingkan dengan jenis SSL lainnya sehingga akan lebih ekonomis.
  • Mudah digunakan. Penggunaan DV SSL sangat mudah, baik untuk pemilik website maupun pengunjung.

Dengan keunggulan-keunggulan di atas, DV SSL direkomendasikan untuk blog, website portofolio, atau organisasi kecil yang ingin berprotokol HTTPS. Sementara karena validasi organisasinya tidak diperiksa, SSL ini tidak direkomendasikan untuk web bisnis di mana akan terjadi transaksi jual beli di dalamnya.

Baca Juga: Penting! Ini 12 Cara Meningkatkan Keamanan Website Kamu

2. Organization Validation (OV) SSL

Organization Validation SSL adalah SSL dengan proses pemeriksaan dan pengabsahan identitas perusahaan yang lebih ketat. Untuk memilikinya, organisasi harus membuktikan kepemilikan domain atas domain yang ingin didaftarkan dan mengonfirmasi bahwa bisnis tersebut terdaftar secara sah.

OV SSL melibatkan proses pemeriksaan secara manual oleh CA, di mana mereka akan menghubungi organisasi yang mengajukan sertifikat SSL. CA akan menggali informasi organisasi seperti nama, alamat, nomor telepon, dan sebagainya. Untuk penerbitan biasanya berlangsung 1-3 hari setelah semua dokumen yang diperlukan diterima CA.

Baca Juga: Mau Website Aman? Yuk, Kenalan dengan Certification Authority

Keunggulan dari Organization Validation SSL:

  • Meningkatkan kepercayaan pengunjung web. Hal ini karena proses verifikasinya juga memeriksa identitas perusahaan dan tentunya akan lebih valid.
  • Menjaga situs lebih kuat dari serangan phishing dan hacker. Hal ini membuat pengguna dapat merasa lebih aman saat melakukan pertukaran data informasi dengan situs web.
  • Menunjukkan secara rinci tentang organisasi di dalam sertifikat. Informasi tentang organisasi seperti nama dan alamat akan terlihat dalam sertifikat. Hal ini bisa menjadi bukti keabsahan sebuah organisasi.

SSL jenis ini hanya dapat dikeluarkan untuk organisasi terdaftar dan bukan individu sehingga lebih cocok untuk situs web publik. Kendati keamanannya lebih baik dari DV, OV SSL tidak ideal untuk situs web yang mengumpulkan segala jenis informasi sensitif seperti nomor kartu kredit, KTP, dan sebagainya.

Baca Juga: 9 Tips Memilih SSL untuk Pemula, Wajib Tahu Sebelum Beli

3. Extended Validation (EV) SSL

Extended Validation SSL adalah SSL yang memberikan tingkat keamanan dan kepercayaan tertinggi. EV SSL memastikan bahwa data yang dikirimkan melalui website tersebut akan terenkripsi dengan baik.

Tingkat validasi ini memakan waktu paling lama dan paling mahal, namun lebih dapat dipercaya dibandingkan jenis sertifikat SSL lainnya. Untuk penerbitan biasanya berlangsung 1-5 hari setelah semua dokumen yang diperlukan diterima CA.

Keunggulan Extended Validation SSL:

  • Tingkat keamanan paling tinggi. EV SSL mampu memberikan perlindungan yang lebih kuat terhadap serangan phising dan man-in-the-middle.
  • Adanya green address barBilah URL browser pengguna akan berwarna hijau saat mereka mengakses website yang menggunakan sertifikat ini. Hal ini memberikan keyakinan lebih kepada para pengguna bahwa website tersebut sangat terpercaya dan valid.dewaweb-greenbar
  • Pemilik dan pengunjung website akan merasa sangat aman. Dengan adanya EV SSL, pengunjung website akan merasa sangat aman saat bertransaksi atau berbagi data sensitif. Sementara dari sisi pemilik website tidak merasa khawatir data pengunjungnya akan bocor ke pihak lain.

SSL ini sangat direkomendasikan untuk website bisnis, e-commerce, marketplace, dan sejenisnya. Hal ini sangat penting karena website tersebut akan menangani data sensitif pelanggan seperti password, nomor kartu kredit, KTP, dan sebagainya.

Baca Juga: Cara Memasang SSL di cPanel bagi Pemula

Berdasarkan Jumlah Domain

Disadur dari Sectigo, jenis SSL berdasarkan jumlah domain dapat dibagi menjadi empat jenis, yaitu:

1. Single domain SSL

Single domain SSL adalah  sertifikat SSL yang hanya melindungi satu domain utama. SSL jenis ini tidak bisa melindungi domain lain, bahkan subdomain dari domain utama itu sendiri. Misalnya kamu membeli single domain SSL untuk domain makinkreatif.com, maka subdomain seperti shop.makinkreatif.com tidak bisa dilindungi.

Namun, single domain SSL bisa melindungi semua halaman yang ada di dalam sebuah domain. Misalnya makinkreatif.com/blog atau makinkreatif.com/berita. Jadi, jika kamu ingin beli SSL single domain, maka pastikan domain kamu tidak memiliki subdomain dan menyiasatinya dengan membuat halaman-halaman khusus.

jenis jenis ssl - single domain ssl

2. Wildcard SSL

Wildcard SSL adalah sertifikat SSL yang melindungi satu domain utama dan semua subdomain di dalamnya. Misalnya kamu membeli wildcard SSL untuk domain makinkreatif.com, maka subdomain seperti shop.makinkreatif.com dan kontak.makinkreatif.com bisa dilindungi sekaligus.

Wildcard SSL ini sangat berguna dan direkomendasikan bagi perusahaan atau organisasi yang memiliki banyak subdomain karena dapat menghemat waktu dan biaya dalam membeli dan mengelola sertifikat SSL.

wildcard ssl

3. Multi domain (SAN) SSL

Multi domain SSL atau dikenal juga sebagai Subject Alternative Name (SAN) SSL adalah SSL yang memungkinkan satu sertifikat untuk melindungi beberapa domain beserta subdomain dari salah satu domain utama yang didaftarkan.

Misalnya kamu mendaftarkan makinkreatif.com sebagai domain utama, kemudian menambahkan domain palingkreatif.com dan bisakreatif.com. Ketiga domain tersebut semuanya bisa dicakup dalam satu SSL multi domain.

Selanjutnya hanya semua subdomain dari makinkreatif.com yang include dalam SSL ini. Sementara subdomain dari palingkreatif.com dan bisakreatif.com tidak akan masuk hitungan karena domain utama yang didaftarkan adalah atas nama makinkreatif.com.

jenis-jenis ssl - multi domain (SAN) ssl

4. Unified Communications (UCC) SSL

SSL jenis ini merupakan versi lama dari SSL multi domain yang dirancang untuk lingkungan Microsoft Exchange dan Microsoft Office Communication Server. SSL ini bisa menjadi pilihan multi domain terbaik jika ingin mengamankan hingga 100 domain.

Baca Juga: Cara Mudah Cek Sertifikat SSL Website

Mana Jenis SSL Pilihanmu?

Setelah mengetahui semua jenis SSL di atas, tentunya sekarang kamu dapat memilih dan menyesuaikannya dengan jenis website kamu. Jika masih bingung di mana harus membeli SSL, Dewaweb jawabannya! Dewaweb menyediakan sertifikat SSL beragam mulai dari DV, OV, EV, Wildcard SSL, dan Multi Domain SSL (SAN).

keuntungan beli ssl murah dewaweb

 

Beli Sekarang

 

SSL Dewaweb menjamin website kamu akan mendapatkan grade A atau A+. Jika terjadi masalah sewaktu-waktu, akan ada Ninja Support yang akan membantumu 24/7. Bahkan, kalau kamu tidak puas, kamu bisa klaim garansi 30 hari uang kembali, lho! Tunggu apa lagi? Yuk beli SSL di Dewaweb sekarang!