Marketing Automation: Panduan Sukses Bisnis

Marketing Automation: Panduan Sukses Bisnis

Jika Anda bergerak di bidang bisnis, khususnya bisnis online, Anda wajib tahu apa itu marketing automation dan bagaimana memanfaatkannya agar bisnis Anda sukses.

Apa itu Marketing Automation?

Marketing automation adalah istilah yang mengacu ke software tertentu dengan tujuan mengotomatisasi tindakan marketing/pemasaran bisnis Anda. Banyak divisi pemasaran di perusahaan-perusahaan skala menengah hingga besar perlu mengotomatiskan tugas berulang marketingnya seperti email, media sosial, dan tindakan terhadap website lainnya. Teknologi ini bisa membuat tugas-tugas semacam itu menjadi lebih mudah dikerjakan.

Baca Juga: Tips SEO: Google SERP Snippet untuk Meningkatkan Traffic Website

Manfaat Marketing Automation

Bagi kami, ada 5 manfaat sebagai kunci kesuksesan bisnis Anda jika Anda melakukan marketing automation. Berikut adalah kelimanya!

  1. Menghemat Biaya/ Budget Marketing Anda

Dengan memakai software marketing automation, sebuah perusahaan besar sekalipun jadi mungkin untuk berpegang hanya pada divisi marketing dan sales yang hanya diisi 50 orang saja.

Bagaimana bisa? Caranya dengan menyiapkan kampanye marketing yang dikerjakan secara otomatis berdasarkan kriteria yang sesuai kebutuhan perusahaan.

Jika sudah beberapa bulan Anda membangun kampanye otomatis seperti ini dan mengirim ribuan email yang dipersonalisasi setiap harinya secara otomatis, Anda pasti terasa kalau marketing automation ini bentuk penghematan yang bagus buat bisnis.

  1. Meningkatkan Pendapatan dan Mengukur Transaksi Rata-rata Anda

Dengan mengotomatiskan cross-sales Anda, tingkat penjualan jadi lebih tinggi, dan ini memicu tindakan dari pelanggan jadi lebih bagus buat bisnis (Anda mungkin akan merasakan peningkatan terkait umur lamanya berlangganan dari klien Anda tersebut).

Nah kalau Anda menggabungkan itu dengan manajemen dan prioritas pimpinan yang lebih baik, kemungkinan aktivitas sales Anda akan menghasilkan ROI yang lebih bagus. Hampir semua manfaat yang diuraikan di artikel ini sebenarnya juga berkontribusi pada peningkatan pendapatan dan ukuran transaksi bisnis Anda.

Baca Juga: Affiliate Marketing: Pengertian, Cara Kerja, Jenis, dan Tips Suksesnya

  1. Meningkatkan Akuntabilitas Tim Marketing & Sales Anda

Marketing automation membuat hambatan/ bottleneck perusahaan Anda menjadi tampak jelas. Hal itu bisa kelihatan berkat proses yang terdefinisi dengan jelas, dan pandangan yang menyeuruh akan saluran/pipeline perusahaan khususnya marketing funnel Anda.

Jika pemasaran biasa membuat ratusan prospek, tetapi tidak satu pun dari proyek itu dipupuk untuk menjadi ‘prospek yang memenuhi syarat untuk aktivasi sales, divisi marketing jadinya bisa menerima masukan instan marketing automation dan tidak perlu memihak ke siapa-siapa dalam meningkatkan kampanye.

Sistem umpan balik ini tidak hanya mengurangi percakapan sulit yang berujung pada politik perusahaan, tetapi juga bisa meningkatkan akuntabilitas para karyawan dan divisi itu sendiri untuk memastikan bahwa bagian mereka dari sistem otomatis ini sudah bekerja dengan efektif.

  1. Melakukan Pemasaran Secara Lebih Efektif

Seberapa besar atau kecilnya tim marketing Anda, Anda punya sumber daya yang terbatas untuk mengembangkan bisnis Anda tentunya. Marketing automation ini memungkinkan Anda untuk mengerjakan dan menghasilkan lebih banyak dari batasan waktu yang tersedia. Sekali lagi, ini soal efektivitas.

  1. Memberi Peluang untuk Lebih Kreatif di Aspek Lain yang dibutuhkan

Saat Anda mengubah pekerjaan repetitif yang dikerjakan manual dengan pekerjaan yang terlaksana secara lebih otomatis, Anda jadi bisa memberikan waktu luang bagi staf pekerja Anda untuk lebih fokus ke tugas yang butuh kreativitas. Dengan tersedianya waktu luang, pekerja akan lebih berbahagia dalam bertugas dan justru bisa mengeluarkan ide-ide terbaik mereka untuk membangun bisnis dengan Anda.

Cara memilih provider marketing automation terbaik

Tips Marketing Automation - Dewaweb

Ketika Anda sedang mempertimbangkan untuk memakai jasa provider marketing automation, penting bagi Anda untuk memilih software dari perusahaan yang paling cocok dengan dan tujuan unik dari bisnis Anda. Jadi, jangan fokus pada fitur-fitur per individunya, cobalah fokus pada bagaimana tools ini bisa menghasilkan buat bisnis Anda dan apakah hubungan kemitraan Anda bisa untuk jangka panjang dengan provider ini.

Baca Juga: Pentingnya Blog untuk Bisnis Online

Daftar Marketing Automation Tools Terbaik

Ada banyak sekali marketing automation tools yang bagus untuk Anda coba. Namun kami hanya akan mengulas secara singkat beberapa di antaranya. Bagaimanapun juga Anda tetap perlu merisetnya kembali dan mempertimbangkan mana yang tepat sesuai keperluan bisnis yang Anda jalankan!

MailChimp

MailChimp termasuk salah satu marketing automation tools yang bagus untuk Anda coba. MailChimp memiliki misi utama untuk membantu bisnis-bisnis berskala kecil dalam mengembangkan diri/ bertumbuh. Ada banyak fitur canggih yang bisa Anda manfaatkan hanya di MailChimp.

Anda bisa membaca panduan lengkap Cara Menggunakan MailChimp yang pernah kami buat sebelumnya sebagai gambaran sekaligus pertimbangan apakah Anda ingin memilihnya sebagai provider Anda.

Salesforce

Salesforce adalah marketing automation tools yang dikabarkan telah bekerjasama dengan Google. Salesforce telah ada sejak tahun 1999 dan terus dikembangkan untuk menghasilkan software marketing automation yang pas bagi segala kebutuhan bisnis Anda. CRM platform satu ini mengklaim diri sebagai marketing automation nomor satu di dunia. Mungkin Anda ingin mencobanya. Silakan kunjungi website Salesforce untuk melihat-lihat.

Customer.io

Customer.io memungkinkan Anda untuk kirim pesan yang ditargetkan pada pelanggan Anda. Pesan ini nantinya dapat dibuat berdasarkan cara si pelanggan berinteraksi dengan bisnis Anda. Hal paling bagus dari tools ini adalah bahwa ia terintegrasi dengan aplikasi mobile atau website Anda sehingga Anda dapat melihat data secara real-time dan bisa memicu berbagai tindakan dengan menambahkan aturan tentu yang sudah ditetapkan.

Pada dasarnya, ini membuat pesan-pesan yang Anda kirim jadi bisa dipersonalisasi menjadi sederhana dan menarik. Fitur lain termasuk A/B testing, pelacakan konversi, profil pelanggan, dan penggolongan percakapan dalam konteks tertentu. Biayanya didasarkan pada ukuran berapa orang yang ada di daftar email Anda. Anda bisa membaca artikel kami sebelumnya untuk mengetahui cara mengoptimasi email marketing itu sendiri.

Baca Juga: 7 Tips Membuat Caption Instagram untuk Tingkatkan Engagement

Constant Contact

Constant Contact adalah alat marketing automation email yang sangat bermanfaat dengan berbagai fitur unik untuk membuat pemasaran Anda melampaui hanhal-hal yang basic/ dasar-dasar saja. Constant Contact ini menawarkan promosi Facebook fanpage, kupon dan penawaran, serta manajemen event. Anda juga bisa edit email dengan tools ini menggunakan autoresponder, dan masih banyak lagi fiitur berguna yang lainnya.

Dialog Tech

Dialog Tech sangat bagus untuk marketing automation yang didasarkan pada voice tech, sehingga Anda bisa meningkatkan ROI Anda dengan otomatisasi panggilan dan juga analitik. Anda bisa optimalkan interaksi suara dengan alat-alat Dialog Tech serta mengukur keberhasilan Anda juga menyesuaikannya lagi.

Fitur-fitur yang tersedia termasuk pelacakan panggilan sesuai keyword tertentu, survei telepon, data profil pemanggil, analisis percakapan, pemberian skor panggilan, pengaturan rute geolokasi, siaran suara, SMS, dan masih banyak lagi. Dan bahkan kemudian, Anda bisa melacak lagi secara manual bagaimana reaksi pelanggan setelah mendengar keyword tertentu. Terdengar sangat canggih, kan?

Simpulan

Kami telah memberikan definisi jelas apa itu sebenarnya marketing automation dan bagaimana memanfaatkannya sebagai strategi bisnis Anda agar sukses. Sebagai provider hosting terbaik indonesia, khususnya hosting Indonesia terbaik dan VPS murah yang profesional, kami berkomitmen untuk mensukseskan Anda secara online.

Baca juga berbagai artikel menarik dari kami lainnya yang bisa membantu Anda dalam mengembangkan bisnis Anda. Anda mungkin tertarik untuk membaca panduan Tren Digital Marketing Terkini dari kami. Semoga sukses ya!