Hampir semua aktivitas kita sehari-hari bergantung dengan keberadaan internet. Mulai dari sektor pendidikan, ekonomi, politik, sosial hingga budaya semua kegiatannya didukung oleh internet. Dampak positif internet memang dirasakan oleh berbagai pihak dengan lebih cepat dan mudahnya penyelesaian pekerjaan.

Namun, tak bisa dipungkiri bahwa internet juga membawa dampak yang buruk. Terlebih untuk anak di bawah umur yang belum memahami mana konten yang sesuai dengan mereka dan mana yang tidak. Simak apa saja dampak positif internet di berbagai aspek kehidupan serta efek buruk yang membayangi!

Dampak positif internet di berbagai aspek kehidupan

Internet ada untuk memudahkan serta menyederhanakan aktivitas sehari-hari. Kalau kamu bijak dalam menggunakannya, maka dampak positif internet akan semakin terasa. Berikut dampak positif internet yang bisa kamu rasakan:

 

  • Mudah mencari informasi dan pengetahuan

 

Dampak positif internet yang bisa kamu rasakan adalah semakin mudahnya penyebaran informasi bermanfaat yang bisa didapat secara real time. Dengan banyaknya media sosial, segala hal yang terjadi di berbagai belahan dunia bisa diunggah dan dijadikan berita. Beberapa detik atau bahkan menit suatu kejadian terjadi, kamu sudah bisa mendapat update beritanya.

Untuk kalangan pelajar, internet dan Google menjadi sumber referensi kedua setelah buku-buku pelajaran yang ada di sekolah maupun universitas. Pelajar bisa dengan mudah mencari materi yang bisa mendukung proses belajar. Youtube juga semakin memudahkan belajar melalui video edukasi.

 

  • Media transaksi dan bisnis

 

Jika dulunya belanja hanya bisa dilakukan di toko fisik, sekarang zaman sudah berubah. Kehadiran internet membuat transaksi dan proses belanja menjadi lebih mudah karena bisa dilakukan melalui smartphone. Bayar juga tinggal transfer melalui online banking atau uang digital. Dalam hal ini, internet sangat memberi kemudahan bagi pihak penjual maupun pembeli.

Pihak penjual tidak perlu mengeluarkan biaya untuk sewa toko fisik demi menjual barang atau menawarkan jasanya. Pihak pembeli juga tidak perlu repot keluar rumah atau berkeliling dari toko ke toko untuk membeli barang yang diinginkan. Duduk saja di rumah, buka situs e-commerce, pilih barang yang diinginkan, bayar, dan tinggal tunggu barang datang. Simpel bukan?

Dampak negatif keberadaan internet

Bicara mengenai dampak buruk, sebenarnya bukan berarti internet memberikan efek tersebut secara langsung pada kehidupan. Namun bagaimana beberapa orang masih belum bijak dalam penggunaannya. Adanya internet dianggap sebagai kebebasan tak terbatas sehingga banyak yang menyalahgunakan internet untuk hal-hal yang merugikan. Berikut daftar efek buruk internet dalam kehidupan:

 

  • Penyebaran hoax

 

Selain dampak positif internet dimana segala hal yang terjadi di dunia bisa kamu ketahui dengan segera melalui internet, di satu sisi penyebaran berita palsu alias hoax juga merajalela. Orang –orang yang tidak bertanggung jawab menggunakan internet untuk menyebarkan berita yang belum tentu terbukti kebenarannya. Entah itu disengaja ataupun tidak, tapi banyak sekali yang melakukan hal tersebut. Kalau kamu tidak berhati-hati dan selektif dalam membaca berita, bukan tidak mungkin menjadi korban hoax.

 

  • Penipuan dan aksi kejahatan

 

Mudahnya transaksi belanja yang bisa dilakukan secara online juga diiringi dengan dampak negatif seperti penipuan dan aksi kejahatan yang dilakukan orang untuk mendapat keuntungan sendiri. Kamu pasti sudah sering mendengar berita tentang bagaimana saldo uang digital seseorang tiba-tiba menghilang setelah mengklik suatu pesan yang muncul saat melakukan transaksi online.

 

Setiap hal di dunia memang selalu ada sisi baik dan buruknya. Ada dampak positif internet, berarti ada juga dampak buruknya. Karena tindak kejahatan akan selalu ada, maka kamu harus selalu berhati-hati dan bijak dalam menggunakan internet. Kamu juga bisa meningkatkan keamanan website-mu dengan menggunakan SSL Certificates dari Dewaweb agar terhindar dari tindak kejahatan.

Cloud Hosting Tercepat di Indonesia