10 Dampak Positif dan Negatif Internet yang Wajib Kamu Tahu

10 Dampak Positif dan Negatif Internet yang Wajib Kamu Tahu

Hampir semua aktivitas bergantung pada internet, terlebih sejak pandemi. Mulai dari sektor pendidikan, ekonomi, politik, sosial hingga budaya, semua kegiatan didukung oleh internet. Dampak positif  internet dirasakan oleh berbagai pihak dengan lebih cepat dan mudahnya penyelesaian pekerjaan. Namun, tak sedikit pula dampak negatif yang timbul. Untuk itu kamu harus tahu apa saja dampak positif dan negatif internet. 

Lantas, apa sajakah dampak positif dan negatif internet yang dialami saat ini? Hal-hal apa yang bisa dipetik dan dipelajari? Simak pembahasannya berikut ini.

Dampak Positif Internet di Berbagai Aspek

Keberadaan internet dapat memudahkan aktivitas sehari-hari, asal kamu dapat menggunakannya secara bijak. Berikut ini adalah beberapa dampak positif internet yang bisa kamu rasakan dari internet:

  • Memudahkan Komunikasi

dampak positif internet mempermudah komunikasi

Salah satu dampak positif internet yang bisa langsung dirasakan yakni kemudahan berkomunikasi. Sejak aplikasi perpesanan, WhatsApp, dirilis pada 2009, berbagai lapisan masyarakat mulai terbiasa memanfaatkan internet untuk mengirim pesan. Tak berselang lama, muncul aplikasi perpesanan lain untuk bersaing dengan WhatsApp, seperti Line, Kakao Talk, WeChat, dan sebagainya. Belum selesai di situ, platform media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram turut membuat fitur pesan pribadi.

  • Memudahkan Pencarian Informasi

Dampak positif internet selanjutnya yang bisa kamu rasakan adalah kemudahan akses terhadap berbagai informasi yang bisa didapat pula secara real time. Selain berita dari portal online, kamu juga bisa mendapatkan berbagai informasi dari media sosial. Alhasil, seorang ilmuwan, Marshall McLuhan, mencetuskan istilah “global village” sebagai representasi kemudahan pertukaran informasi di seluruh dunia.

mcluhan global village by louis reed

Di sisi lain, para pelajar juga mendapat ‘cipratan’ dari dampak positif internet, seperti kemudahan mendapatkan referensi karya ilmiah, jurnal online, bahkan mencari buku yang sulit ditemui di perpustakaan. Jika tak mendapatkan soft copy di internet, mereka dapat melakukan pembelian buku fisik melalui toko online atau e-commerce.

  • Memudahkan Transaksi Bisnis

dampak positif internet mbca

Kehadiran internet membuat transaksi dan proses belanja semakin mudah karena dapat dilakukan melalui internet. Ini merupakan salah satu dampak positif internet di sektor finansial. Selain proses pembelian, proses pembayaran pun dapat dilakukan melalui aplikasi dan situs perbankan atau uang digital alias e-wallet. Kemudahan ini juga dirasakan oleh penjual produk online, karena mereka tidak diwajibkan untuk memiliki toko fisik untuk menjual produk.

Tak hanya dari segi penjual dan pembeli, dampak positif keberadaan internet juga dirasakan oleh penyedia jasa antar barang. Selain memanfaatkan jasa logistik, kini tak sedikit pelaku bisnis online yang mengandalkan jasa antar dari layanan ojek online.

Baca Juga: Cara Membuat Website Toko Online buat Kamu yang Masih Pemula

  • Sarana untuk Belajar

Sesuai penjelasan di poin sebelumnya, internet dapat digunakan untuk mencari buku atau referensi belajar bagi siswa. Namun, dampak positif internet tak hanya berhenti di situ.

Melalui berbagai platform seperti artikel blog, media sosial, atau platform berbagi video, YouTube, kini semua orang bisa belajar dari internet. Bahkan sejak pandemi, internet menjadi sarana utama dalam mendukung kegiatan belajar mengajar secara formal. Selain itu, tak sedikit pula yang memanfaatkan internet untuk belajar dari web seminar alias webinar.

Jika kamu adalah salah satu orang yang tertarik untuk memanfaatkan dampak positif internet dengan belajar melalui webinar, kamu bisa menonton webinar persembahan dari Dewaweb, yaitu Dewatalks. Selain itu, kamu juga bisa mempelajari berbagai hal terkait digital marketing dari YouTube Dewaweb. Simak salah satu tayangan bermanfaat dari webinar Dewatalks berikut ini:

  • Media untuk Berkarya

Asset Blog Dewaweb

Memamerkan hasil karya kini tak lagi menggunakan cara yang sulit. Inilah salah satu dampak positif lain dari internet, kamu bisa menggunakan berbagai platform untuk menampilkan hasil karyamu. Jika suka menulis, kamu bisa menulis di blog, jika suka berbicara di depan umum, kamu bisa membuat konten dan mengunggahnya ke YouTube, dan jika kamu suka bereksperimen, buatlah website yang unik.

Baca Juga: Jenis dan Cara Mudah Membuat Blog yang Baik dan Mudah

Dampak Negatif Internet

Selain dampak positif, ada pula berbagai dampak negatif internet bagi para penggunanya. Ironisnya, dampak negatif di internet timbul akibat para pengguna yang tidak bijak ketika menggunakan internet. Apa sajakah dampak negatif internet yang membayangi para penggunanya?

  • Penyebaran hoax

dampak negatif internet penyebaran hoax

Dampak negatif internet salah satunya adalah penyebaran hoax. Manusia seringkali mudah tergoda dengan informasi yang mencengangkan. Tanpa memastikan kebenarannya terlebih dulu, pengguna internet sering membagikan informasi kepada orang di sekitarnya. Namun, hal ini akan menjadi masalah ketika informasi yang dibagikan ternyata tidak benar alias hoax.

Tak sedikit orang yang tanpa berpikir panjang ingin segera memberitahu orang lain mengenai suatu informasi. Tanpa ada penyaringan informasi yang mencukupi, akhirnya informasi yang tidak benar pun dapat tersebar dengan lebih mudah. Oleh karena itu, kamu harus dapat memastikan apakah sebuah informasi sudah berdasarkan fakta atau tidak.

Selain itu, aplikasi perpesanan WhatsApp juga sudah membatasi penyebaran pesan hanya ke lima kontak sekaligus. Namun itu semua kembali lagi pada seberapa bijaksana kamu dapat mengenali hoaks. Jadi, pastikan kembali kebenaran suatu informasi yang kamu dapat sebelum membagikannya ke temanmu, ya!

Baca Juga: Cara Aman dan Bijak Berinternet Untuk Kamu dan Keluarga

  • Penipuan dan aksi kejahatan

Penipuan dan berbagai aksi kejahatan juga merupakan dampak negatif internet. Kemudahan transaksi online juga diiringi dengan dampak negatif seperti penipuan dan aksi kejahatan yang dilakukan orang untuk mendapat keuntungan sendiri. Salah satu kejahatan yang sering terjadi adalah phising, yaitu sebuah website tiruan dengan tampilan website asli yang meminta username dan password milikmu untuk disalahgunakan, biasanya adalah website perbankan.

Baca Juga: Bagaimana Cara Mencegah Serangan Kejahatan Cyber

  • Cyberbullying

cyberbullying dampak buruk

Salah satu dampak negatif internet yakni munculnya cyberbullying. Kehidupan sosial manusia masih belum terlepas dari perundungan (bullying). Lalu, setelah komunikasi lebih sering terjadi melalui internet, kegiatan bullying pun akhirnya ‘merambah’ internet. Menurut penelitian Comparitech di tahun 2018, 59% anak remaja mengaku bahwa mereka masih mengalami cyberbullying. Hal ini masih menjadi salah satu dampak negatif internet yang cukup memprihatinkan.

  • Kecanduan

kecanduan internet dampak buruk

Manusia saat ini menggunakan internet untuk berbagai keperluan sehari-hari, seperti untuk berkomunikasi, membaca berita, mencari hiburan, melakukan pembayaran tagihan hingga memesan makanan. Namun, tak sedikit yang akhirnya ketagihan hingga menimbulkan depresi, seperti yang dikutip dari website seputar kesehatan, WebMD.

Oleh karena itu, beberapa media sosial mulai menambahkan fitur pembatasan durasi penggunaannya per hari, seperti yang dilakukan oleh Facebook, Instagram, dan YouTube. Bahkan, saat ini produk gawai Apple sudah dibekali penghitung waktu layar (screen time) pada iPhone dengan iOS 12 ke atas, iPadOS mulai 13.2, dan MacOS Catalina. Tapi, kamu pun harus tetap bisa mengendalikan diri sendiri, ya.

  • Peretasan

peretasan hacking dampak buruk internet

Selain pencurian data dan penipuan, kemudahan yang ditawarkan internet juga dimanfaatkan oleh pihak tak bertanggung jawab untuk melakukan peretasan yang menjadi dampak negatif internet. Entah untuk mencuri data, iseng, atau sebagai salah satu tindakan protes terhadap pemerintah, banyak orang yang memanfaatkan internet untuk melakukan peretasan, terutama website.

Tapi tenang, jika kamu menggunakan website, kemungkinan ini dapat berkurang kalau kamu memanfaatkan hosting murah berkualitas dari Dewaweb. Sebab, keamanan data di Dewaweb sudah dilengkapi dengan Imunify360 yang dapat mendeteksi virus dan malware di website. Selain itu, datamu di-back up secara otomatis menggunakan JetBackup sehingga ketika ada kesalahan di website, datamu tetap aman.

Baca Juga: 5 Cara Penting Melindungi Website dari Serangan Hacker

Sudah Tahu Dampak Positif dan Negatif Internet?

Itu dia beberapa dampak positif dan negatif internet yang perlu kamu tahu. Segala sesuatu di dunia memiliki sisi baik dan buruk, positif dan negatif, terlebih jika hal tersebut berkaitan erat dengan kebutuhan manusia. Seperti halnya internet yang kini sudah menjadi kebutuhan pokok ketimbang hiburan semata. Meski dapat menikmati segala kemudahan yang ditawarkan, tapi kamu harus tetap berhati-hati ketika bertukar informasi.

Demikian artikel tentang dampak positif dan negatif internet ini, jangan ragu untuk meninggalkan komentar di bawah ini jika ada pertanyaan. Tapi, jika kamu ingin belajar hal lain terkait digital marketing, SEO, teknologi, dan bisnis, kamu bisa mengunjungi blog Dewaweb. Semoga informasi ini bermanfaat, salam sukses online!