Memahami Tren Pembayaran Online Masa Kini

Seiring perkembangan waktu, teknologi internet perlahan mengubah kehidupan masyarakat. Termasuk dalam hal transaksi keuangan, pembayaran online menjadi pilihan masyarakat karena mudah, nyaman dan aman.

Melihat fenomena seperti ini bukan tidak mungkin tren pembayaran online di Indonesia semakin meningkat di masa mendatang. Setidaknya ada empat tren pembayaran online yang saat ini digemari masyarakat di tanah air. Berikut ulasannya.

Sistem payment gateway

Pembayaran online dengan menggunakan sistem payment gateway biasa digunakan oleh pihak perbankan maupun perusahaan besar hingga merchant. Keberadaan mengenai payment gateway di tanah air telah menjadi perbincangan pembayaran online dalam beberapa tahun terakhir dan mulai diterapkan sejak tahun 2017 lalu.

Payment gateway di Indonesia banyak dipilih dalam bertransaksi keuangan karena memiliki tingkat keamanan tinggi dan dinilai lebih efisien. Beberapa lembaga perbankan telah menggunakan sistem ini di antaranya BRI, BCA, Bank Mandiri, dan BNI.

Namun, penggunaan ini juga diawasi oleh bank sentral, dalam hal ini yang menjadi bank sentral adalah Bank Indonesia agar transaksi berjalan sesuai aturan yang berlaku.

Baca Juga: Online Shop, Marketplace, dan E-Commerce: Apa Bedanya?

Kerjasama dengan minimarket

Minimarket kini tidak hanya sekadar tempat berbelanja kebutuhan saja, kamu di sini juga bisa melakukan transaksi pembayaran online pada e-commerce dan pembayaran lainnya seperti pembayaran tiket. Kini banyak perusahaan yang bergerak di bidang e-commerce bekerjasama dengan minimarket untuk memudahkan konsumennya.

Cara ini sangatlah mudah jika dibanding menggunakan transfer bank, kamu hanya menyerahkan kode pembayaran yang diberikan perusahaan e-commerce tersebut kepada kasir minimarket. Lalu, kasir akan memproses pembayaran dan kamu akan mendapatkan bukti pembayaran yang ada.

Penggunaan dompet elektronik

Tren pembayaran online berikutnya yang sedang marak ialah penggunaan dompet elektronik. Hingga sekarang, banyak perusahaan maupun vendor mulai mengembangkan dompet digital seperti operator seluler, pihak perbankan dan perusahaan fintech.

Seperti namanya, dompet ini memiliki fungsi sama seperti dompet konvensional. Namun, kamu tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah banyak dan cukup hanya satu kartu dan aplikasi.

Kamu bisa mengunduh aplikasi dompet digital ini di berbagai layanan, mulai dari play store dan AppStore. Keunggulannya kamu tidak dikenakan biaya admin dan saldo yang kamu miliki bisa digunakan untuk melakukan pembayaran online hingga pembayaran kartu tol.

Adanya dompet elektronik selain mudah digunakan juga turut mensukseskan pemerintah dalam kampanyenya pada transaksi non-tunai.

Fitur QR code

Selain ketiga metode pembayaran online di atas, fitur lainnya yang saat ini digunakan di Indonesia adalah QR code atau Quick Response Code yang merupakan pengembangan dari sistem barcode.

Kode seperti ini biasa kamu temukan pada sebuah produk elektronik, kartu nama, hingga pembayaran yang menggunakan software komunikasi online maupun surat kabar digital. QR code ini memang memiliki keunggulan jika dibandingkan dengan barcode.

Keunggulan tersebut di antaranya adalah mampu membaca simbol seperti huruf kanji selain angka dan huruf. Selain itu dari segi kapasitas memang lebih tinggi hingga ratusan kali bila dibandingkan barcode.

Jika barcode hanya menggunakan data dari sisi horizontal saja, QR code lebih variatif dan bisa digunakan untuk data yang berada pada posisi horizontal maupun vertikal. Ukurannya pun lebih kecil dan hanya sepersepuluh dari barcode. Maka tak heran bila banyak digunakan dalam sebuah produk maupun sistem pembayaran online masa kini.

Kesimpulannya dari berbagai metode pembayaran online tersebut, sebenarnya sama-sama memberikan kemudahan. Kamu bisa pilih keempat metode di atas berdasarkan kebutuhan. Terutama bila kamu memiliki bisnis e-commerce.

Dalam bisnis ini tidak hanya pembayaran saja yang diperhatikan tetapi juga keberadaaan website untuk pemasaran. Maka, untuk menunjang kecepatan dan keamanan situs tersebut kamu perlu menggunakan layanan hosting Indonesia terbaik seperti layanan yang diberikan oleh Dewaweb. Cukup mudah bukan?