OwnCloud Logo

Mungkin sebagian dari rekan pengguna Cloud Hosting saat ini memanfaatkan layanan Cloud Storage Gratis seperti Google Drive, Box, Dropbox, OneDrive,  ataupun layanan Cloud Storage gratis lainnya untuk penyimpanan sebuah dokument.

Saat ini penggunaan Cloud Web Hosting bukan saja sebatas untuk host sebuah website ataupun email tetapi juga bisa dimanfaatkan sebagai Cloud Storage pribadi dengan menggunakan aplikasi Open Source OwnCloud.

Dikutip dari Wikipedia OwnCloud ini secara fungsional sangat mirip dengan Dropbox (Atau Cloud Storage Gratis Lainnya) untuk digunakan secara luas. Dengan perbedaan fungsional utama adalah bahwa OwnCloud gratis dan Open Source, sehingga memungkinkan siapa pun untuk menginstall dan menggunakannya.

Berikut sekilas panduan installasi Owncloud menggunakan Softaculous yang ada di Cpanel Cloud Hosting Indonesia.

Dewaweb cashback 30%

1. Langkah awal buka Softacoulus pada cpanel.

2. Setelah Softaculous terbuka lanjutkan kemenu File Management -> OwnCloud dan klik menu Install.

menu_softacoulus

3. Sesuaikan direktori pada cloud hosting untuk penyimpanan source dari OwnCloud dan masukan Admin Username dan Admin Password untuk OwnCloud. Contoh disini owncloud akan di install pada subdomain ownclouddata.

lokasi_owncloud4. Jika berhasil proses installasi maka untuk mencoba akses OwnCloud adalah dengan ketikan di browser contoh www.domainanda.com/ownclouddata , maka akan muncul halaman login OwnCloud seperti berikut.

login-area-OwnCloud

dashboard_owncloud

 

Untuk dokumentasi lengkap penggunaan OwnCloud silakan kunjungi link berikut.

ownCloud Documentation Overview

Demikian sekilas penggunaan Cloud Hosting untuk di manfaatkan sebagai Cloud Storage Pribadi.

Semoga bermanfaat.

Daftar dan tonton webinar Dewatalks