Pernahkah kamu melihat hitung mundur dalam sebuah website atau blog? Inilah yang dinamakan dengan countdown timer. Tujuannya adalah sebagai pengingat yang digunakan untuk bisnis dan sebagainya. WordPress selaku salah satu platform blogging terbesar di dunia juga memiliki plugin menghitung mundur yang dapat digunakan dengan mudah oleh penggunanya. Lalu, bagaimana cara memasangnya? Simak ulasannya berikut ini.

Fungsi Countdown Timer

Penghitungan mundur terkadang dianggap sepele bagi sebagian orang. Tapi jika kamu berkecimpung dalam dunia blogging, terutama untuk blog e-commerce atau sedang mengadakan event tertentu, fitur ini memiliki berbagai fungsi dan manfaat yang bisa diperoleh. Kita gunakan contoh e-commerce, fitur timer hitung mundur dapat memberikan awareness kepada para konsumen terkait kapan produk baru akan diluncurkan. Dengan begitu, konsumen akan bersiap-siap untuk mendapatkan produk baru tersebut dan ini merupakan salah satu tips yang cukup efektif dalam meningkatkan pemasaran.

Begitu juga halnya dengan event yang akan diadakan. Contohnya saja kapan akan ada great sale di toko online-mu atau kegiatan lainnya seperti gathering atau aksi sosial. Adanya timer hitung mundur akan membuat orang lain selalu mengingat kapan dan tinggal berapa hari lagi acara yang kamu buat akan dihelat.

Beberapa Plugin Countdown Timer

Plugin WordPress memang banyak jenisnya dan kerap digunakan untuk blog berdasarkan kebutuhan dan kegunaan. Demikian halnya dengan countdown timer di WordPress juga memiliki beberapa plugin terbaik, yang bisa kamu pilih di antaranya adalah WooCommerce yang dapat digunakan sebagai pengingat untuk mempromosikan sebuah produk tertentu.

Kemudian WordPress juga memiliki hitung mundur responsif. Plugin countdown timer ini memiliki tampilan animasi khusus untuk memberitahu waktu yang tersisa. Plugin ini menggunakan data vektor dalam menggambarkan angka dan panel hitung mundur. Selain itu, mudah untuk diubah berdasarkan ukuran.

Selain keduanya, WordPress juga memiliki plugin Coming Soon CountDown yang paling populer. Plugin ini memiliki dua model yang dihitung mundur. Selain itu, 10 wallpaper menarik yang disajikan juga bisa membuat tampilan feed lebih disukai pengunjung.

Cara Membuat Countdown Timer di WordPress

Ada beberapa langkah yang perlu kamu perhatikan untuk membuat countdown timer di WordPress. Sebenarnya, langkahnya pun tidak terlalu sulit jika diamati. Langkah awal yang perlu kamu lakukan adalah menginstal dan mengaktifkan terlebih dulu plugin “Countdown Timer Ultimate” (Gambar 1). Setelah plugin tersebut aktif dan berhasil diinstal langkah selanjutnya adalah mengakses Countdown Timer > Add Timer (Gambar 2). Kemudian, akan muncul halaman hitungan mundur yang sudah kamu buat tadi.

Gambar 1
Gambar 2

Penting pula untuk diperhatikan, buatlah judul atau headline pada halaman countdown timer. Nantinya, fungsi judul adalah agar mempermudah kamu untuk mengetahui dan mengidentifikasi pengatur waktu internal. Oleh karena itu, kamu perlu mengklik kapan tanggal kedaluwarsanya. Misalnya pengingat waktu penghitung mundur untuk tahun baru.

Setelah semuanya selesai, kamu bisa memilih animasi sesuai selera. Begitu juga dengan ukuran lingkaran jam pengatur waktu. Kamu juga bisa menyesuaikan warna latar, warna hari, jam, menit sampai detik. Kemudian langkah terakhir kamu wajib klik “Simpan Perubahan” setelah mengatur countdown timer, jangan sampai kamu kerepotan dan harus mengatur ulang karena lupa menyimpan pengaturanmu.

Baca Juga15 Plugin WordPress untuk Website Bisnis Anda

Bagaimana, cukup mudah bukan membuat countdown timer yang ada di WordPress? Jika website-mu masih lelet, tidak aman dan sering eror, sebaiknya kamu pertimbangkan kembali, mungkin inilah waktunya bagimu untuk pindah ke layanan hosting terbaik. Selamat mencoba, semoga bermanfaat dan menambah wawasan!

Cloud Hosting Terbaik di Indonesia