Jika kamu mempunyai suatu bisnis, baik besar atau kecil, tentunya kamu ingin menjangkau pelanggan dan calon pelangganmu dengan berbagai cara. Selain menggunakan media sosial atau website, kamu juga bisa menggunakan email marketing untuk mengirimkan pesan pada setiap pelanggan maupun calon pelanggan. Ditambah lagi, mungkin kamu bisa menambah angka penjualan jika kamu menawarkan produk edisi terbatas atau produk diskon pada waktu tertentu menggunakan countdown timer email.

Ada berbagai alasan seorang digital marketer atau para pemilik bisnis menggunakan countdown timer email dalam melaksanakan promo maupun campaign yang akan atau sedang dilakukan, seperti menghitung mundur hingga diskon dimulai, diskon berakhir, atau menjadi pengingat hari spesial tertentu. Jika dimanfaatkan semaksimal mungkin, email marketing bisa memberikan dampak langsung yang lumayan besar bagi kelangsungan bisnismu. Berikut ini cara yang bisa kamu pelajari untuk membuat countdown timer email untuk email marketing-mu.

Langkah Membuat Countdown Timer Email

Pada tutorial ini, kita akan menggunakan dua website berbeda yaitu BeeFree untuk merancang email marketing dan Sendtric yang berguna sebagai generator countdown timer. Sebelum memulai, kamu bisa mempersiapkan kedua website tersebut di tab berbeda. Ingat ya, pastikan kamu menggunakan email bisnis dengan domain milikmu, bukan email pribadi, agar terlihat lebih kredibel dan profesional.

  1. Di Sendtric

  • Kunjungi sendtric.com.
  • Scroll sedikit ke bawah, lalu isi data yang diminta, seperti email, zona waktu, kapan timer berakhir, bahasa, serta warna untuk timer, lalu klik “Generate.”

  • Salin link yang muncul dalam kotak, lalu pindah ke halaman BeeFree.

  1. Di BeeFree

  • Klik pada link berikut: beefree.io/template.
  • Pilih template sesuai dengan kebutuhan atau keinginanmu. Jika kamu merasa bingung atau tidak memerlukan template, kamu bisa segera mulai penulisan email dengan mengklik “Start from Scratch.”

  • Inilah tampilan yang muncul ketika kamu memilih untuk memulai dari nol. Konten dalam email ini merupakan contoh gambaran konten click and drag, yaitu kamu hanya perlu mengklik konten, lalu meletakkan konten tersebut di tempat yang kamu inginkan. Jangan lupa click and drag konten HTML untuk melanjutkan proses membuat countdown timer email.

  • Tempel link yang telah kamu salin dari Sendtric tadi ke konten HTML yang bisa kamu temui di sebelah kanan layar, seperti pada gambar.

  1. Jika sudah berhasil menambahkan countdown timer email, kamu bisa melanjutkan pembuatan teks untuk email marketing-mu. Buatlah pesan personal yang engaging dan enak dibaca sehingga dapat menimbulkan empati dari para audiens yang kamu tuju. Jika keberhasilan pesanmu didukung pula dengan isi pesan yang berguna atau menarik, kemungkinan besar para audiensmu akan “menuruti permintaanmu,” seperti membeli produk, membaca artikel, menonton video, dsb.
  2. Setelah keseluruhan pesan sudah selesai, kamu bisa melakukan export pesan dalam berbagai bentuk yang bisa dibaca oleh tools penyebar email marketing seperti GetResponse, SendinBlue, MailChimp, atau tools lain yang biasa kamu gunakan untuk menyebarluaskan email marketing.

Simpulan

Tidak sulit ‘kan membuat countdown timer email pada email marketing-mu? Kalau menginginkan fitur lebih lengkap, kamu bisa menjadi pelanggan berbayar dengan langsung menyewa layanan di website terkait. Satu hal yang tak boleh kamu lupakan ketika berniat mengirimkan email dengan extension domain sendiri, gunakanlah website hosting yang menjamin kecepatan dan keamanan website-mu sehingga bisa selalu diandalkan. Pasalnya, website, email, dan persona brand semuanya mempunyai keterkaitan sehingga satu kesalahan sepele mungkin akan memengaruhi elemen lainnya juga.

Baca juga: Cara Menggunakan Heading pada WordPress bagi Pemula

Jangan lupa persiapkan konten yang menarik dan berkualitas serta bermanfaat dan dibutuhkan oleh target pasar yang kamu tuju sehingga website-mu bisa meningkatkan engagement. Buatlah juga media sosial yang bisa menunjang performa brand awareness-mu di kalangan target sasaran. Sudah siap membuat website yang powerful?

Cloud Hosting Terbaik di Indonesia