Ketika kamu akan melamar sebuah pekerjaan idaman, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan. Salah satu yang paling penting ialah CV atau curriculum vitae yang dalam bahasa Indonesia disebut dengan riwayat hidup. Seiring berjalannya waktu, pembuatan CV pun berkembang dari sebelumnya dalam bentuk fisik berupa kertas kini kamu bisa membuatnya secara online.

Sama halnya dengan CV konvensional, dalam membuat CV online ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan agar semakin terlihat standout. Sebab tidak hanya informasi data diri saja, membuat CV online juga wajib memperhatikan tatanan atau layout-nya. Berikut tipsnya yang bisa kamu lakukan.

Buatlah informasi secara berurutan

Langkah pertama ketika kamu ingin membuat CV online adalah perhatikan informasi yang akan dicantumkan. Informasi mengenai identitas diri ini sangat penting sebagai pijakan awal kamu memperkenalkan diri kepada orang lain ataupun kepada HRD perusahaan. Untuk menyusun informasi data diri ini kamu perlu berhati-hati agar tidak terlalu membingungkan pihak HRD. Buatlah informasi secara beruntun dan enak dibaca dengan urutan sebagai berikut:

  • Data atau identitas diri bisa berisi nama lengkap, alamat, nomor telepon dan data diri lainnya.
  • Selanjutnya adalah masukkan mengenai latar belakang pendidikan dan jurusan hingga IPK.
  • Mengenai personalitas, kamu bisa gambarkan mengenai dirimu secara singkat. Jangan lupa untuk memasukkan pengalaman kerja yang sudah dijalani. Sebab ini akan menambah nilai lebih ketika kamu melamar pekerjaan dan memasukkannya ke dalam CV online.

Tonjolkan kemampuan dan soft skill

Tidak cukup hanya dengan mengisi informasi dan data diri secara berurutan saja, kamu juga wajib untuk mencantumkan kemampuan apa yang dimiliki. Di era seperti sekarang, pekerjaan bukan saja dilihat dari nilai pendidikan semata. Lebih dari itu, pihak HRD perusahaan akan mempertimbangkan kemampuan yang dimiliki oleh kandidat pelamar.

Contohnya saja kamu ingin menjadi seorang desainer grafis di sebuah perusahaan maupun start up. Akan lebih baik jika kamu cantumkan mengenai prestasi dan kemampuan. Semisalnya kamu pernah membuat desain untuk perusahaan atau instansi tertentu. Begitu juga jika kamu pernah mengikuti pelatihan yang berkaitan dengan pekerjaan yang kamu lamar.

Kemampuan memiliki peranan penting ketika kamu bekerja nantinya dan ini akan berpengaruh pada hasil. Dengan begitu, jika dalam masa training atau percobaan perusahaan merasa puas dengan kemampuanmu, maka kamu pun akan dipertahankan untuk menjadi pegawai tetap.

Usahakan buat yang singkat dan padat

Langkah ketiga dalam membuat CV online usahakan kamu membuatnya dengan singkat dan padat. Sebagian besar perusahaan, khususnya divisi HRD akan menyukai seorang kandidat pelamar yang mendeskripsikan diri secara singkat dan padat. Hal yang bersifat terlalu bertele-tele akan membuat pihak HRD merasa enggan membaca CV online kamu.

Terlebih lagi jika bahasa yang digunakan tidak formal ataupun terlalu membosankan. Di sinilah dibutuhkan keterampilanmu. Jika ingin mendeskripsikan diri, usahakan gunakan bahasa yang bergaya storytelling. Apabila kamu menggunakan gaya bahasa seperti ini, pihak HRD akan membaca isi keseluruhan CV online dan mempertimbangkan kamu sebagai kandidat pelamar terbaik.

CV online yang singkat dan padat juga mencerminkan kinerja seseorang. Artinya, kamu akan dipertimbangkan oleh HRD sebagai kandidat yang tidak suka berlama-lama atau menunda dalam menyelesaikan pekerjaan dengan baik.

Cantumkan media sosial dan blog pribadi

Poin keempat dalam membuat CV online sebaiknya kamu mencantumkan media sosial pribadi yang dimiliki. Tentu saja ini akan memudahkan pihak HRD melacak identitas dirimu. Oleh karenanya, buatlah media sosial dengan konten-konten positif, inspiratif dan tidak menjatuhkan orang lain sebagai contohnya. Akan lebih baik lagi bila kamu memiliki blog pribadi. Sebab ini membantu sekali ketika kamu melamar pekerjaan dalam dunia kreatif sebagai seorang content writer.

Tidak berhenti di situ saja, saat ini banyak profesional menggunakan LinkedIn untuk saling terhubung dengan perusahaan yang akan diincar. Sama halnya dengan media sosial maupun blog, kamu juga perlu membuat tampilan dan isi dari LinkedIn pribadimu semenarik mungkin. Hal ini akan semakin membuatmu nampak profesional dan menunjukkan keseriusan dalam meniti karir di masa mendatang.

Gunakan simbol dan warna yang menarik

Selain berisi informasi yang singkat dan padat, hal lainnya yang patut dipertimbangkan ketika kamu membuat CV online agar makin standout ialah penggunaan simbol dan warna. Terutama saat kamu memilih font huruf yang sesuai agar makin terlihat menarik di layar. Kamu pun perlu menghindari penggunaan font  atau gaya Times New Roman karena ini sangatlah jenis huruf yang paling basic. Pada poin kelima ini juga penting bagi kamu memperhatikan penggunaan italic, bold, maupun capslock.

Dalam hal pemilihan warna, pilih warna yang mudah terlihat namun tidak menimbulkan kesan terlalu ramai. Maka dari itu kamu dapat mengkombinasikan warna tertentu. Agar semakin memudahkan pihak HRD dan CV online makin menarik, tidak ada salahnya kamu memberi informasi dalam bentuk infografis. Selain lebih mudah, cara seperti ini juga membuat CV dilirik karena keunikannya dalam hal menyampaikan informasi.

Ketahui website untuk membuat CV online

Berbicara membuat CV online, rasanya kurang lengkap bila tidak membicarakan situs yang mendukung dalam pembuatan CV online tersebut. Pada poin keenam ini ada beberapa situs yang dapat kamu jadikan referensi. Beberapa di antaranya direkomendasikan situs Tech In Asia adalah:

  • Canva yang memiliki ratusan desain yang bisa dipilih untuk infografis, CV, maupun slide untuk mendukung kebutuhanmu.
  • Visual CV, ini adalah platform membuat CV online dengan keunggulan kustomisasi halaman yang detail dan tatanan teks profesional berbahasa Inggris yang dapat diubah.
  • Berikutnya ada Resume.com yang menyediakan berbagai ragam template CV online yang bisa kamu gunakan gratis. Kamu dapat membagikan link yang berisi data diri ketika melamar pekerjaan melalui platform ini nantinya.
  • Lalu, ada Novoresume yang akan sangat membantumu dalam membuat CV online. Keunggulannya adalah platform ini dilengkapi asistensi dari fitur optimizer yang bisa merevisi kekurangan biodata.

Perbarui tampilan CV online sesering mungkin

Setelah kamu membuat CV online dengan baik, langkah terakhir sebaiknya jangan tinggalkan begitu saja. Kamu perlu melakukan perbaruan tampilan CV online sesering mungkin. Setiap saat, bisa saja ada fitur lainnya yang muncul. Kamu bisa memanfaatkannya untuk merevisi tampilan CV online yang sudah dibuat sebelumnya. Semisalnya dengan mengganti template dan beberapa hal lainnya.

Begitu juga dengan foto yang kamu gunakan, usahakan kamu memilih foto yang up to date. Beberapa perusahaan biasanya menginginkan foto dalam gaya formal. Namun, beberapa perusahaan lainnya menginginkan foto yang justru unik dan menarik. Oleh karena itulah kamu bisa bergaya semenarik mungkin untuk mendapatkan foto terbaik bagi CV onlinemu. Perlu diingat, foto yan dimaksud di sini adalah foto formal yang dapat meningkatkan keunggulanmu di mata HRD perusahaan.

Baca Juga: Cara Memulai Online Business (Panduan Lengkap)

Sebenarnya dalam membuat CV online juga dibutuhkan keberanian untuk mencoba hal-hal baru. Lakukanlah secara berulang-ulang untuk mendapatkan CV online terbaikmu. Jangan lupa juga selain menerapkan cara di atas, kamu juga hendaknya menggunakan penyedia layanan hosting terbaik di Indonesia untuk membuat CV online. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Cloud Hosting Terbaik di Indonesia