Cara Membuat Design Gratis Menggunakan Canva

Tampilan visual adalah salah satu elemen penting saat menyajikan konten untuk tujuan pemasaran alias content marketing, seperti gambar untuk disajikan di media sosial, untuk blog, atau untuk dicetak. Jika kamu berpikir bahwa desain gambar hanya bisa dilakukan oleh seorang desainer grafis, tunggu dulu. Saat ini, kamu sudah bisa menggunakan layanan gratis Canva untuk membuat design gambar.

Canva adalah salah satu tools yang bisa kamu gunakan untuk membuat berbagai design konten visual untuk website atau blogmu secara gratis. Jika menggunakan Canva, kamu tak memerlukan kemampuan mendesain profesional. Sebab, Canva telah menyediakan berbagai fitur gratis yang mudah digunakan sehingga proses membuat design pun akan lebih gampang.

Jika kamu masih menggunakan aplikasi untuk membuat konten visual, seperti Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, InDesign, atau VSCO hingga website penyedia stok foto, Canva dapat memberikannya untukmu dalam satu website. Bagaimana tidak, Canva menawarkan berbagai fitur, seperti untuk mengedit gambar dan mengatur layout, template untuk banner atau sampul buku, serta segudang stok foto.

Baca juga: Social Media Marketing 101

Cara Membuat Design Gratis dengan Canva 

Usai mengetahui apa itu Canva hingga beberapa kemudahan yang bisa kamu dapatkan, kini waktunya mempelajari bagaimana cara membuat design online gratis di Canva. Simak cara membuat design visual gratis dengan Canva berikut!

membuat design gratis canva sign up tiga langkah

1. Sign up ke Canva

Kamu memerlukan sebuah akun untuk menggunakan Canva. Sign up menggunakan email atau melalui Facebook. Setelah itu, tentukan lalu pilih untuk apa tujuanmu membuat Canva. Kamu juga bisa menambahkan member lain dalam timmu.

Setelah itu, Canva akan memberikan sedikit arahan tentang cara menggunakan layanan mereka. Beberapa hal yang mereka jelaskan adalah cara edit profil hingga deskripsi saat kamu hendak merilis hasil karyamu ke publik. Tapi, kamu juga masih bisa memilih agar hasil karyamu tetap kamu simpan sendiri.

Baca juga: Tips SEO: Strategi Visual Content Marketing

2. Memilih layout gambar

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kamu bisa membuat berbagai jenis tampilan visual di Canva online. Ada berbagai layout template yang bisa kamu gunakan, seperti untuk media sosial, dokumen, untuk blogging, ebook, infografik, materi pemasaran, event, iklan, dan sebagainya.

membuat design gratis canva memilih layout

Pilih salah satu layout yang cocok untukmu. Namun, jika kamu tidak menemukan templat dengan ukuran yang kamu butuhkan, kamu bisa menentukan dimensi design dengan mengklik kotak “Use custom dimensions” di sebelah kanan atas seperti gambar berikut. Selain menggunakan templat Canva, kamu juga bisa mengunggah gambarmu sendiri.

Baca juga: 5 Extension Chrome Untuk Web Designer

membuat design gratis canva dimensi acak

3. Membuat desain

Langkah selanjutnya adalah membuat desain. Contoh berikut menampilkan desain konten untuk Facebook. Setelah membuka Canva, pilih kategori Facebook post. Selanjutnya, akan muncul sebuah workspace.

membuat design gratis canva workspace

Pada menu bar di sebelah kiri, kamu akan menemukan beberapa jenis layout yang bisa kamu gunakan. Salah satunya adalah layout ucapan terima kasih seperti gambar berikut.

membuat design gratis canva thank you greeting

Dari workspace di atas, kamu bisa menyunting teks sesuai kebutuhanmu. Selain itu, kamu juga bisa memberikan sentuhan warna lain untuk mempercantik hasil design-mu. Semua elemen, icon, warna dan sebagainya yang ada di workspace ini bisa kamu ganti sesuka hatimu sesuai kebutuhan. Kamu juga bisa menggunakan stok foto gratis dari Canva untuk membuat hasil design-mu makin sempurna.

Namun, jika ingin menggunakan gambarmu sendiri, klik pilihan Uploads dari menu bar di sebelah kiri dan unggah gambarmu. Setelah itu, kamu hanya perlu melakukan drag-and-drop ke desainmu di workspace.

Jika ingin menambahkan elemen seperti teks atau elemen grafis, kamu dapat menambahkannya dari pilihan menu pada menu bar di sebelah kiri. Setelah hasil desainmu selesai, beri nama file tersebut. Ketika menamai sebuah file, pastikan kamu menggunakan nama yang jelas dan mewakili isi file tersebut, contohnya:

“facebook-thank-you-greeting-november-2020”

Setelah itu, jangan lupa simpan atau unduh hasil design online yang telah kamu buat agar bisa digunakan di platform tujuanmu, seperti media sosial, blog, website, dan sebagainya.

Baca juga: CSS Framework Untuk Membantu Proses Design Website

Fitur-fitur Gratis Canva untuk Membuat Design

Ada beberapa fitur design online gratis pada Canva yang bisa kamu manfaatkan untuk membuat hasil karya, seperti insert text, colour palette, filter, transparency, dan branding. Simak pembahasan berikut!

  • Text Insertion

text insertion canva dewaweb

Sebuah font dapat menciptakan makna tertentu pada hasil design. Oleh karena itu, kamu bisa menambahkan teks dan mengganti font-nya menggunakan beragam jenis font gratis dari Canva yang bisa dipilih sesuai tema yang digunakan saat membuat design.

Selain ucapan seperti contoh pada gambar di atas, kamu juga bisa menambahkan informasi penting hingga kalimat call-to-action (CTA) untuk mengajak pembaca melakukan suatu tindakan, seperti membeli, menonton video testimoni, mendaftar, dan sebagainya.

  • Colour Palette

membuat design gratis canva sign up tiga langkah

Pengaturan warna tak kalah penting ketika membuat design dan Canva online menyediakan berbagai warna gratis untuk kamu gunakan sesuai keinginan dan kebutuhan. Agar warna yang kamu gunakan mempunyai tema tertentu, Canva menyarankanmu untuk mengatur colour palette untuk desainmu. Tenang, biasanya Canva telah menyediakan contoh palet untuk warna di workspace-mu.

Baca juga: 7 Strategi Content Marketing untuk Bisnis

  • Filter

Canva-Filter-DewawebSelain warna, kamu juga bisa menggunakan filter untuk menciptakan suasana tertentu dari foto yang kamu gunakan. Canva telah menyediakan beberapa filter gratis yang bisa kamu gunakan untuk memaksimalkan pengalamanmu membuat design grafis!

Canva for Work

Meski pun Canva dapat digunakan secara gratis untuk membuat design, tapi kamu juga bisa meng-upgrade akun Canva milikmu menjadi layanan berbayar dengan Canva for Work. Bedanya, dengan Canva for Work, kamu bisa mengakses templat dan stok foto dengan jumlah lebih banyak. Selain itu, kamu bisa membagi level anggota dalam tim dan kamu juga bisa menikmati fitur one-touch Background Remover.

Salah satu fitur yang bisa dinikmati jika kamu menggunakan Canva for Work adalah Magic Resize yang memungkinkanmu mengatur ulang ukuran gambar tanpa mengubah isi gambar. Fitur berlangganan ini bisa kamu dapatkan mulai dari US$9,95 per bulan atau sekitar Rp145 ribu. Tertarik?

Simpulan

Berbagai fitur lengkap sudah tersedia di Canva demi memenuhi kebutuhan tampilan visual untuk konten pemasaranmu. Kini, saatnya kamu memaksimalkan fitur yang ada. Semoga, setelah membaca artikel di atas kamu bisa mendapatkan pencerahan dalam memahami cara membuat design gratis di Canva, ya!

Baca juga: 30 Tips, Trik dan Hacks Untuk WordPress

Selain tampilan visual, ketika kamu mengelola website atau blog, penting pula untuk memerhatikan kecepatan dan keamanan agar website-mu selalu bisa diandalkan dengan performa terbaik. Oleh karena itu, jangan lupa untuk menggunakan layanan hosting murah terbaik ya! Selanjutnya, pelajari cara mempercepat website dari artikel 5+ Cara Mempercepat Website dengan Mudah. Selamat mencoba, salam sukses online!