membuat email campaign dengan phplist featured image

Email campaign sangat dibutuhkan bagi kamu yang sedang menjalankan bisnis. Selain membangun interaksi personal dengan konsumen, email juga bisa berguna untuk membagikan informasi mengenai campaign atau newsletter. Di artikel ini, kamu akan belajar bagaimana membuat email campaign dengan phpList.

phpList

phpList adalah open-source software yang bisa dimanfaatkan untuk keperluan pengiriman email seperti newsletter, marketing campaign, dan announcements. Software ini dibuat oleh phpList Ltd. dan dipublikasikan di bawah lisensi AGPLv3. Jadi, kamu dapat menggunakan software ini secara bebas, baik pada server atau hosting.

Selain menggunakan plaintext, phpList juga sudah mendukung HTML dan templates. Namun sebelumnya, kamu perlu melakukan instalasi phpList terlebih dulu dari artikel “Cara Instalasi dan Setting phpList” sebelum mulai membuat email campaign di phpList.

Persyaratan

  • Memiliki akun hosting yang aktif.
  • Memiliki domain yang aktif.
  • phpList yang sudah terinstal di website kamu.

Membuat Email Campaign dengan phpList

Step 1 – Login ke dashboard phpList

membuat email campaign dengan phplist login

Login ke dashboard phpList melalui URL domain.com/admin dan masukkan username dan password Administrator yang kamu buat saat awal instalasi.

Step 2 – Campaign

membuat email campaign dengan phplist drafts

Klik menu drop down campaign dan klik Send a Campaign, lalu akan muncul draft apa saja yang sudah pernah dibuat. Jika kamu belum pernah membuat draft campaign, klik “Start a new campaign”.

membuat email campaign dengan phplist content for campaign

membuat email campaign dengan phplist send test

Pada pembuatan konten ini, akan ada beberapa formulir yang perlu kamu isi sesuai dengan kebutuhan email campaign kamu.

Campaign subject: Subjek yang akan tampil di email

From line: Alamat email dan nama pengirim <alamat-email>

Content: Send a webpage (jika kamu sudah memiliki HTML template) atau menggunakan Compose message: (membuat template HTML manual).

Footer: Biarkan default atau bisa kamu ubah sesuai kebutuhan

Campaign Title: Nama template yang nantinya akan disimpan sebagai draft

To Email Address (es): Pilih atau masukkan alamat penerima email, biasanya mereka yang sudah terdaftar sebagai subscriber

Jika email yang kamu masukkan atau kamu pilih belum menjadi subscriber, akan ada notifikasi Email address not found to send test message, klik Add, Email address added kemudian kirim ulang.

Jika sudah sesuai, klik Send test. 

Jika email campaign berhasil dikirim, akan ada informasi seperti di bawah ini:

Sent test mail to: <email-subscriber> Success

Step 3 – Result

membuat email campaign dengan phplist result

Tampilan di atas akan muncul setelah email berhasil dikirimkan dan masuk ke kotak masuk email subscriber. 

Simpulan

Jika langkah membuat email campaign dengan phpList di atas dilakukan dengan benar, berarti sekarang kamu sudah bisa membuat dan mengirimkan email campaign kamu. Selain email campaign, ada pula jenis email marketing lain yang bisa kamu buat, yaitu newsletter dan announcement. Kamu bisa melihat contoh campaign apa saja yang sudah pernah dibuat dengan mengeceknya di List Campaign -> Draft.

Demikian artikel ini, jangan sungkan untuk meninggalkan ide-ide topik yang ingin kamu baca di blog Dewaweb. Semoga artikel ini membantu!

Daftar dan tonton webinar Dewatalks