BuddyPress: Plugin untuk Membuat Jejaring Sosial WordPress

BuddyPress: Plugin untuk Membuat Jejaring Sosial WordPress

Berkat hadirnya layanan hosting Indonesia, kebutuhan untuk membangun website dapat terpenuhi dengan baik, terlebih saat ini banyak sekali CMS yang dapat digunakan, salah satunya WordPress. Jika sahabat Dewaweb sebagai pengguna hosting murah memakai WordPress sebagai CMS, Anda ternyata dapat membuat situs jejaring sosial dengan mudah memakai plugin BuddyPress.

Ingin tahu lebih lanjut tentang BuddyPress? Yuk simak informasi berikut ini!

Baca Juga: Mengenal Magento, Fitur dan Keunggulannya untuk Kelola Toko Online

Mengenal BuddyPress

BuddyPress adalah software open source WordPress yang digunakan untuk membuat situs jejaring sosial. BuddyPress ditujukan untuk developer website dengan berfokus pada kemudahan integrasi, kemudahan penggunaan, dan ekstensibilitas. BodyPress adalah software jejaring sosial yang powerful namun sederhana, dibangun oleh kontributor WordPress.

Seperti yang sudah diketahui, WordPress merupakan CMS yang sangat cocok untuk dipakai membuat blog. Akan tetapi, jika pengguna hosting Indonesia ingin membangun website jejaring sosial, sahabat Dewaweb sebaiknya membuatnya menggunakan plugin BuddyPress karena plugins WordPress ini sangat pas memenuhi kebutuhan Anda tersebut.

Plugin ini merupakan salah satu yang terbaik, dimana developer cukup rutin melakukan update, terlihat dari update terakhir versi 10.3.0 yang rilis di Juni 2022 lalu. Dapat diakses melalui buddypress.org, Anda dapat mendownloadnya secara gratis, dan sebaiknya pengguna hosting murah pun menyiapkan themes yang dapat dilihat pada halaman Theme Development, karena bundle plugins ini tidak disertai themes dan harus didownload secara terpisah.

Baca Juga: 10 Pilihan CMS Website Terbaik untuk Kelola Situs Web

Fitur dan Keunggulan BuddyPress

Plugin yang tersedia untuk pengguna WordPress ini hadir dengan sejumlah fitur standar, seperti user profile, activity stream, dan user group. Namun, yang menjadikan BuddyPress lebih istimewa yaitu ditambahkannya sejumlah fitur penting untuk membuat situs jejaring sosial, seperti extended profile yang dapat difungsikan untuk membuat tambahan field profile, private messaging yang memungkinkan semua anggota dapat mengirimkan pesan di lingkungan internal seperti perusahaan atau kampus, serta kemampuan untuk membuat setiap member dapat terhubung secara langsung dengan member lainnya.

Baca juga: Mengenal XenForo, CMS Terbaik untuk Website Forum

Fitur utama lain yang dapat digunakan pengguna hosting Indonesia adalah Groups yang memungkinkan semua member dapat membuat sebuah grup dan melakukan diskusi secara live, The Wire yang menunjang seorang anggota untuk mem-posting bagian tertentu dari sebuah konten, serta fitur Activity Streams untuk memfasilitasi penggunanya untuk melihat aktivitas online-nya, seperti blog post, wire post, blog comment, dan new friendship.

Cara Menginstall BuddyPress

Jika Anda pernah menginstal plugin di situs WordPress, maka Anda tidak akan kesulitan menginstal BuddyPress. Berikut langkah-langkah yang bisa diikuti:

1. Di dasbor WordPress, klik Plugin > Add New lalu cari BuddyPress. Jika sudah ditemukan, klik Install dan kemudian Activate.

2. Anda akan segera dibawa ke laman awal BuddyPress yang memiliki tautan untuk membantumu mengatur dan mengelola komunitas.

3. Kemudian lakukan konfigurasi pengaturan BuddyPress. Klik tombol Start di laman kemudian Anda akan segera dibawa ke area pengaturan untuk Buddypress.

4. Aktifkan komponen BuddyPress. Secara default, BuddyPress memiliki beberapa komponen yang telah diaktifkan sebelumnya. Anda dapat mengaktifkan atau menonaktifkan semua, kecuali BuddyPress Core dan Community Members yang tidak dapat dinonaktifkan karena diperlukan agar plugin berfungsi dengan baik. Beberapa komponen lainnya meliputi:

  • Extended profiles – Pengguna dapat menyesuaikan profil
  • Account Settings – Memungkinkan pengguna untuk mengedit pengaturan dan pemberitahuan akun
  • Friend Connections – Memungkinkan pengguna membuat koneksi satu sama lain
  • Private Messaging – Memungkinkan pengiriman pesan pribadi antar pengguna
  • Activity Streams – aktivitas komentar, direct posting, favorit, dan @mentions
  • Notifications – Notifikasi dengan toolbar bubble dan atau melalui email
  • User groups – Memungkinkan pengguna untuk mengatur akun ke bagian publik atau private sesuai dengan activity streams dan member listings
  • Site tracking – Memungkinkan Anda merekam aktivitas untuk posting dan komentar baru dari situs.

Setelah selesai memilih komponen mana yang Anda inginkan, klik Simpan Pengaturan.

5. Langkah selanjutnya adalah mengkonfigurasi halaman yang akan digunakan BuddyPress. Sebagian besar halaman sudah dibuat, tetapi Anda harus membuat halaman secara manual untuk pendaftaran dan aktivasi pengguna. Anda perlu mengaktifkan pendaftaran pengguna di Settings > General >  Allow anyone to register for the site if you plan on having a public community.

6. Di dasbor, klik Pages > Add New lalu buat halaman kosong bernama Registration dan yang lain bernama Activation. Anda tidak perlu menambahkan konten apa pun ke halaman tersebut karena BuddyPress akan secara otomatis menampilkan konten yang sesuai.

7. Setelah halaman Anda dibuat, kembali ke Settings > BuddyPress dan pilih Pages Tab. Di bawah Registration, pilih halaman yang baru saja Anda buat untuk fungsi yang sesuai. Lalu klik Save Settings.

Manfaatkan BuddyPress untuk Membuat Jejaring Sosial!

BuddyPress adalah plugin yang memudahkanmu membuat situs jejaring sosial di WordPress. Melalui hadirnya plugin BuddyPress yang dapat dipasangkan pada WordPress, sekarang semua orang dapat membuat situs jejaring sosial dengan cara yang mudah. Plugin ini juga hadir dengan tampilan yang sangat simpel dan cukup mudah saat dilakukan pemasangan. Selain menggunakan BuddyPress, gunakan pula layanan hosting murah di Indonesia agar pengeluaran sahabat Dewaweb menjadi lebih efisien!