Mungkin banyak dari Anda yang ingin membuat toko online tetapi bingung bagaimana cara memulainya. Inilah mengapa kami menyiapkan artikel ini untuk Anda sekalian. Di artikel ini, kami akan membahas bagaimana cara membuat toko online menggunakan WooCommerce sebuah plugin e-commerce untuk WordPress.

WooCommerce: Plugin E-Commerce Untuk WordPress

WooCommerce adalah sebuah plugin e-commerce yang didesain untuk WordPress. Dengan mengaktifkan WooCommere di website WordPress Anda, Anda bisa langsung mengubah website Anda menjadi sebuah website e-commerce hanya dalam beberapa klik.

Plugin ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2011 dan menjadi pilihan banyak orang dalam membuat toko online mereka. Pada tahun 2015, Automattic, pemilik WordPress, mengakuisisi WooCommerce dan sejak itu, plugin ini terus mengalami pertumbuhan yang signifikan.

Saat ini, ada lebih dari 80% website e-commerce di Amerika Serikat, Kanada, dan Inggris yang menggunakan WooCommerce untuk membuat toko online. Jika Anda cek di plugin store WordPress, WooCommerce memiliki 270,000 download dan jutaan instalasi aktif. Ini adalah bukti bahwa ada banyak toko online di seluruh dunia yang memanfaatkan WooCommerce.

Sekarang, Anda juga bergabung menjadi salah satu pengguna WooCommerce. Caranya cukup mudah dan kami akan memberi tahu Anda bagaimana cara membuat toko online dengan WooCommerce. Berikut ini adalah langkah yang bisa Anda ambil

Cara Membuat Toko Online Dengan Mudah

Membeli Hosting dan Domain

Tentunya sebelum Anda membuat toko online Anda, Anda memerlukan domain dan hosting. Sebagai provider cloud hosting terbaik di Indonesia, Dewaweb menawarkan berbagai paket yang bisa Anda pilih untuk membuat website online Anda. Selain itu, jika Anda membeli hosting selama 1 tahun di Dewaweb, Anda akan langsung mendapat domain gratis.

Untuk melakukan pembelian hosting Anda bisa mengunjungi halaman produk hosting Dewaweb dan pilih paket yang Anda inginkan. Di layer selanjutnya, Anda bisa memilih domain apa yang ingin Anda gunakan, cycle billing hosting Anda, dan konfigurasi server Anda. Untuk mendapatkan domain gratis, Anda perlu memilih cycle billing 1 tahun atau lebih. Untuk server, Dewaweb menyediakan server di 3 lokasi, Jakarta, Singapore, dan San Jose.

Untuk informasi lebih lanjut tentang membeli hosting dan domain, Anda bisa membaca artikel Panduan Membeli Domain dan Hosting.

Setelah Anda melakukan pembayaran dan website Anda aktif, Anda akan mendapat email dari Dewaweb yang berisikan detail login cPanel Anda.

Baca juga: Panduan cPanel Untuk Pemula

Instalasi Website

Setelah Anda membeli dan mengaktifkan hosting, Anda bisa mulai menginstal website Anda. Untuk menginstal website Anda, akses https://namawebsiteanda.com/cpanel. Jangan lupa ganti namawebsiteanda dengan domain Anda. Kemudian Anda akan diminta login. Setelah login, Anda akan masuk ke cPanel website Anda. Scroll ke bawah dan Anda akan menemukan tampilan seperti di bawah ini:

1 dashboard cpanel dewaweb

Pilih WordPress dan Anda akan melihat tampilan seperti di bawah ini:

2 cpanel dashboard wordpress dewaweb

Klik Install Now. Kalau sudah Anda akan mendapat tampilan layar seperti di bawah ini:

3 install wordpress dewaweb

 

Kalau Anda sudah melihat tampilan layar di atas, Anda kemudian bisa mengakses WP Admin website Anda dengan mengunjungi https://namawebsiteanda.com/wp-admin (Jangan lupa mengganti domain namawebsiteanda.com dengan domain Anda.

4 download plugin woocommerce dewaweb

Instalasi WooCommerce di Website WordPress

Untuk menginstall WooCommerce, Anda perlu masuk ke Dashboard WordPress Anda. Kalau sudah, pilih pilihan Plugins yang ada di bagian kiri layar. Pilih Add New dan cari WooCommerce di kolom. Kemudian Anda akan melihat tampilan di bawah ini:

5 download woocommerce dewaweb

Klik “Install Now”. Kalau proses instalasi sudah selesai, Anda kemudian tinggal klik “Activate Now” dan ta-da! WooCommerce Anda sudah siap untuk digunakan

Setelah itu, Anda akan melihat installation wizard dimana Anda bisa langsung memasukkan data tentang toko online Anda.

6 store setup woocommerce dewaweb

Di layar pertama, Anda akan melihat Store Setup. Di bagian ini, Anda perlu memasukkan data tentang lokasi toko Anda. Anda juga perlu memasukkan mata uang yang Anda terima dan apakah Anda menjual produk fisik, digital, atau keduanya.

7 payment woocommerce dewaweb

Setelah itu, Anda akan melihat layar di atas. Di bagian ini, Anda perlu mengatur pembayaran toko Anda. WooCommerce memberi pilihan offline payment (pembayaran offline), check, bank transfer, atau cash on delivery (bayar saat pengiriman). Pilih pembayaran yang Anda terima dan klik Continue.

8 shipping woocommerce dewaweb

Setelah pembayaran, Anda akan diminta untuk mengatur pengiriman atau shipping. Secara otomatis, WooCommerce akan menampilkan pilihan Shipping Zone utama Anda sebagai Indonesia. Selain itu, Anda juga bisa mengatur pengiriman ke lokasi selain Indonesia. Untuk pilihannya sendiri, Anda bisa memilih untuk mengatur Flat Rate atau Shipping. Jika Anda memilih Flat Rate, Anda perlu memasukkan berapa biaya kirim yang ingin Anda tetapkan untuk toko Anda. Klik Continue jika sudah selesai.

9 Recommendation WooCommerce dewaweb

Setelah itu, WooCommerce akan menyarankan Anda untuk menginstall Storefront Theme, plugin untuk mengatur tampilan toko online Anda dan MailChimp untuk mengirim email ke customer Anda. Klik Continue untuk menginstall dan mengaktifkan keduanya.

10 jetpack activation woocommerce dewaweb

Di layar selanjutnya, WooCommerce juga akan menawarkan Jetpack untuk mengoptimasi toko Anda. Klik Continue dan Jetpack akan diinstall ke toko Anda.

11 woocommerce dewaweb

Selesai! Anda sudah bisa berjualan dengan WooCommerce Anda.

Simpulan

Meskipun jarang dipromosikan untuk e-commerce, WordPress dan WooCommerce adalah pilihan yang tepat untuk membuat toko online dengan mudah. Plugin toko online ini menawarkan solusi gratis dan mudah untuk membangun toko online baik untuk produk digital maupun fisik. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan berbagai plugin yang disediakan WordPress untuk terus mengoptimasi website Anda. Semoga artikel ini membantu!

Cloud Hosting Terbaik di Indonesia