Membuat Website Tanpa Koding Dengan Page Builder

Membuat Website Tanpa Koding Dengan Page Builder

Banyak orang mengira bahwa dalam pembuatan situs web diperlukan kemampuan khusus seperti pemrograman. Jika kamu berpikir demikian, maka segera singkirkan stigma tersebut. Dengan WordPress website builder, kamu dapat membuat website sendiri secara mudah tanpa harus mengerti coding sama sekali.

Kemajuan teknologi membuat suatu hal menjadi lebih praktis dan sederhana, termasuk website development. Kini, kamu bahkan bisa membangun sebuah website dalam waktu kurang dari satu hari, lho. Menarik bukan?

Bagi kamu yang ingin membuat website tanpa coding, di artikel ini Dewaweb telah merangkum beberapa plugin WordPress page builder terbaik untukmu. Simak ulasannya sampai selesai, ya!

Apa Itu Plugin WordPress Page Builder?

WordPress page builder adalah plugin yang digunakan untuk membuat desain halaman website. Plugin ini memungkinkan kamu merubah struktur atau layout website secara mudah menggunakan fitur drag and drop. Selain itu, layanan ini menawarkan berbagai pilihan layout untuk semua jenis situs web seperti online shop, portal berita, blog, dan lain sebagainya.

Sebenarnya, platform WordPress telah menyediakan banyak pilihan template untuk menyesuaikan tampilan website. Tetapi, yang dapat diatur hanyalah sebatas pengaturan background, warna, font, dan kustomisasi dasar lainnya. Diperlukan perubahan kode CSS dan HTML untuk mengatur tata letak atau layout-nya.

Nah, dengan adanya plugin page builder, tata letak bisa disesuaikan secara cepat dan mudah tanpa perlu menulis kode CSS ataupun HTML. Dukungan plugin ini benar-benar memberikan kemudahan untuk mengatur layout layaknya Wix atau Weebly. Kamu hanya perlu menyeret dan melepas widget saja untuk membuat tampilan yang unik dan menarik.

Baca Juga: 20+ Plugin WordPress Terbaik yang Perlu Diinstal di Website

7 Plugin WordPress Page Builder Terbaik

Terdapat banyak plugin WordPress page builder yang bisa kamu manfaatkan untuk membangun website. Terlebih saat ini banyak bermunculan plugin baru dengan fungsi serupa sehingga membuat bingung sebagian pengguna. Dari sekian banyaknya pilihan, berikut adalah beberapa rekomendasi plugin page builder terbaik dari Dewaweb.

WPBakery Page Builder

WPBakery Page Builder adalah plugin yang berfokus pada visual content editing seperti post dan pages. Plugin ini menawarkan tampilan website responsive dengan elemen konten siap pakai seperti animated headline, separator, tabel harga, dan lain sebagainya. Selain itu, WPbakery Page Builder juga dibekali front-end editor intuitif yang memungkinkan kamu menambahkan tema melalui API.

Keunggulan:

  • Kompatibel dengan semua tema WordPress;
  • Menyediakan banyak elemen konten, template, dan addons pihak ketiga;
  • Dapat diintegrasikan dengan lebih dari 250 plugin lain termasuk Yoast SEO, WooCommerce, wpDataTables, dan masih banyak lagi;
  • Memiliki template library online yang terus diperbarui; dan
  • Kode tetap tersimpan pada website meski penyedia layanan sudah tidak aktif.

Baca Juga: 10+ Plugin Keamanan WordPress Terbaik yang Wajib Diinstal

Elementor

Elementor adalah salah satu plugin WordPress website builder yang menawarkan kebebasan dan fleksibilitas tinggi dalam membuat desain website. Dengan plugin ini, kamu dapat membangun berbagai jenis konten atau halaman mulai dari landing pages, eCommerce, blog, porftofolio, dan lain sebagainya. Selain itu, Elementor juga rutin mengeluarkan fitur-fitur baru agar pengguna dapat berkreasi lebih luas.

Keunggulan:

  • Memiliki lebih dari 40 widget yang bisa digunakan secara gratis;
  • Lebih leluasa mengatur spasi, padding, posisi, dan margin setiap elemen;
  • Menyediakan lebih dari 300 template buatan desainer profesional;
  • Mengurangi penggunaan file CSS dan JS sehingga loading website lebih cepat;
  • Didukung oleh komunitas global yang kuat untuk menyelesaikan masalah; dan
  • Mendukung lebih dari 59 bahasa serta kompatibel dengan bahasa RTL (Right to Left).

Baca Juga: Tutorial Elementor Pro untuk Membuat Halaman Website

Beaver Builder

Beaver Builder adalah page builder yang menggunakan front-end editor untuk membuat sebuah desain halaman. Melalui editor ini, pengguna dapat melakukan penyesuaian tampilan seperti menambahkan column, mengubah ukuran row, hingga menyusun ulang elemen sesuai kebutuhan. Beaver Builder juga dilengkapi fitur real time preview sehingga setiap perubahan desain dapat dilihat secara langsung.

Keunggulan:

  • Menghasilkan layout yang responsive dan mobile friendly;
  • Menyediakan modul dan widget interaktif yang dapat diintegrasikan dengan plugin favorit pengguna;
  • Beaver Builder dirancang agar kompatibel dengan hampir semua tema WordPress;
  • Hanya memuat aset yang diperlukan untuk me-load layout atau landing pages; dan
  • Kompatibel dengan ClassicPress yang merupakan alternatif WordPress tanpa block editor dan React JS.

Baca Juga: 10+ Plugin Keamanan WordPress Terbaik yang Wajib Diinstal

Page Builder by SiteOrigin

Page Builder by SiteOrigin adalah plugin yang seluruh fitur dan fasilitasnya bisa digunakan secara free alias gratis. Plugin ini memiliki front-end dan back-end editor yang dapat dipilih sesuai selera untuk membuat desain unik dan profesional. Selain itu, Page Builder by SiteOrigin juga menghasilkan halaman yang responsif serta ramah digunakan pada perangkat seluler.

Keunggulan:

  • Kompatibel dengan semua tema WordPress;
  • Real time editing disertai fitur preview responsif untuk melihat tampilan halaman ketika diakses perangkat mobile;
  • Page builder by SiteOrigin berkomitmen memberikan layanan yang sepenuhnya gratis;
  • Mendukung 32 bahasa berbeda dari penerjemah profesional; dan
  • Aksesibilitas tinggi, perubahan bahkan dapat dilakukan tanpa menggunakan mouse.

Baca Juga: 17 Rekomendasi Plugin Galeri Foto untuk WordPress

Page Builder Sandwich

Sama halnya plugin WordPress website builder lain, Page Builder Sandwich juga memiliki fitur drag and drop editing untuk membantu pembuatan halaman. Hanya saja, plugin ini hadir dengan interface yang lebih sederhana sehingga lebih mudah digunakan, bahkan oleh pemula sekalipun.

Keunggulan:

  • Memiliki tampilan minimalis dan mudah digunakan;
  • Memiliki front-end dan back-end editor tanpa coding sedikitpun;
  • Terdapat cukup banyak template berbasis niche yang disesuaikan dengan industri atau bisnis;
  • Kompatibel dengan semua tema dan plugin WordPress; dan
  • Menawarkan tiga mode pengeditan, yakni mode desktop, mobile, dan tablet.

Baca Juga: 12 Plugin SEO WordPress Terbaik untuk Tingkatkan Trafik Website

Live Composer

Selain SiteOrigin, Live Composer juga merupakan salah satu plugin yang dapat digunakan tanpa biaya. Plugin ini hadir dengan tampilan yang berbeda dibandingkan page builder lain. Alih-alih menampilkan menu editing di bagian sidebar, Live Composer memilih menempatkan menu tersebut di bagian bawah layar. Kendati demikian, fitur-fitur yang ditawarkan untuk membangun desain tergolong cukup canggih.

Keunggulan:

  • Masih bersifat open-source dan gratis digunakan oleh siapapun;
  • Kompatibel dengan WooCommerce;
  • Memiliki fitur kustomisasi halaman khusus, termasuk untuk halaman akun pengguna, cart, checkout, dan sebagainya.

SeedProd

Rekomendasi plugin page builder yang terakhir adalah SeedProd. Plugin ini memungkinkan kamu membangun website responsive menggunakan block editor yang lengkap, mulai dari header sampai footer. Selain itu, ada fitur domain mapping untuk membuat landing pages yang dapat diarahkan ke situs web manapun.

Keunggulan:

  • Dapat digunakan di semua tema pada WordPress;
  • Penambahan kode CSS dan HTML lebih mudah;
  • Menyediakan lebih dari 200 template dan layout yang dibuat oleh profesional;
  • Menyediakan lebih dari 80 blok halaman untuk membuat website statis maupun dinamis; dan
  • Terintegrasi dengan Google Fonts memberikan kombinasi tipografi yang luas.

Manfaat Plugin Page Builder 

Setelah mengetahui rekomendasi di atas, ada sejumlah manfaat utama yang bisa kamu rasakan jika menggunakan plugin page builder. Di antaranya yaitu:

  • Hemat waktu – Page builder memungkinkan kamu membangun website tanpa memakan banyak waktu karena tidak perlu menulis kode.
  • Tidak membutuhkan banyak plugin – Setiap plugin WordPress website builder umumnya menawarkan berbagai fitur siap pakai seperti tata letak, header, footer, widget, dan sebagainya.
  • Kemudahan pengelolaan konten – Fitur drag and drop pada page builder dapat membantu pengelolaan konten website secara praktis dan mudah. Kamu hanya perlu menambahkan widget yang diinginkan.
  • Mendukung semua jenis website – Page builder biasanya telah menyediakan berbagai template layout untuk jenis website apapun, mulai dari online shop, media streaming, blog, portal berita, dan masih banyak lagi.
  • Kemudahan kustomisasi – Kamu dapat menyesuaikan layout, warna, header, font, dan elemen pendukung lainnya sesuai selera.

Kesimpulan

Sejauh ini, kamu tentu sudah paham apa itu website builder mulai dari pengertian, rekomendasi plugin, hingga manfaat penggunaannya. Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa WordPress website builder adalah plugin untuk membuat desain halaman website secara praktis, mudah, dan cepat. Karena tidak terlalu membutuhkan coding, plugin ini sangat cocok bagi kamu yang ingin membuat website namun tidak memiliki skill di bidang programming.

Terlepas dari itu, untuk membangun website impianmu, ada berbagai aspek penting yang tidak boleh kamu lewatkan. Sebut saja seperti hosting, domain, sistem keamanan, search engine optimization (SEO), dan masih banyak lagi. Nah, kamu dapat mengeksplor blog Dewaweb untuk mengetahui informasi terbaru terkait hal tersebut. Yuk, baca artikel informatif lainnya di Dewaweb.