dewaweb-blog-coba-buat-website-melalui-google-bisnisku-yuk

Bagi UKM, membuat website bisa menjadi sebuah tantangan. Kebanyakan bisnis UKM belum memiliki kemampuan teknis atau waktu untuk membuat dan mengelola website mereka sendiri. Memang dengan adanya Facebook, Google Bisnisku, Twitter, dan social media lainnya, bisnis sekarang sudah semakin mudah untuk membangun kehadiran online mereka. Tetapi, menurut studi dari Google, orang-orang masih banyak yang lebih percaya dengan bisnis yang memiliki website mereka sendiri.

Menurut riset Google sendiri, masih ada 60% bisnis kecil yang belum memiliki website resmi untuk bisnis mereka. Dari data ini, Google menyimpulkan bahwa website masih menjadi masalah tersendiri untuk sebuah bisnis. Oleh karena itu, Google memutuskan untuk menambahkan fitur pada layanannya untuk membantu bisnis kecil menghadapi masalah ini.

Anda sudah kenal bukan dengan Google My Business atau Google Bisnisku? Jika ada yang belum familiar dengan produk Google yang satu ini, singkatnya, Google Bisnisku adalah sebuah tools yang dibuat khusus oleh Google untuk membantu bisnis mendapat listingan Google secara gratis. Listingan ini akan muncul jika ada orang yang mencari bisnis Anda atau bisnis di bidang yang sama pada Google Search atau Google Maps. Sekarang, platform bisnis oleh Google ini menawarkan layanan untuk membuat dan mengelola website dengan mudah bagi para pebisnis pemula.

dewaweb-banner-google-bisnisku

Google Bisnisku: Membuat dan Mengelola Website Dengan Mudah

Fitur yang diberi nama Website ini bisa Anda akses di dashboard Google Bisnisku Anda. Dengan format website builder, Anda bisa dengan mudah membuat website bisnis satu halaman (one-page) dengan menggunakan detail bisnis yang sudah Anda masukkan untuk listing Google sebelumnya.

Untuk saat ini, pilihan kustomisasinya memang masih terbatas tetapi ini menjadi salah satu cara paling mudah bagi pebisnis pemula untuk membuat website bisnis mereka sendiri. Tentunya, yang membuat Website ini unggul adalah karena website yang Anda buat akan langsung terhubung dengan listing Google Bisnisku. Dengan begitu, website Anda akan langsung update jika ada yang berubah dengan detail listing Google Bisnisku Anda.

Cara Membuat Website Dengan Google Bisnisku

Karena Website merupakan bagian dari Google Bisnisku, Anda perlu memiliki akun Google Bisnisku dulu sebelum Anda bisa mulai membuat website Anda. Anda bisa mempelajari cara untuk membuat akun Google Bisnisku pada Panduan Lengkap Google Bisnisku yang sudah kami letakkan di atas. Kalau Anda sudah memiliki akun Google Bisnisku, Anda sudah bisa langsung membuat websitenya.

Langkah 1. Anda perlu sign in ke Google My Business dan masuk ke dashboard. Anda juga bisa mengikuti link Start Now dari halaman Google Bisnisku.

Jika Anda memiliki beberapa lokasi yang Anda masukkan ke Google Bisnisku, klik Dashboard Icon untuk bisnis yang ingin Anda berikan website.

Langkah 2. Klik menu Website yang ada di sidebar kanan akun Google Bisnisku Anda.

Langkah 3. Anda kemudian akan melihat layar perkenalan dengan informasi tentang Website di Google Bisnisku. Klik Get Started untuk mulai membuat website Anda.

Langkah 4. Google kemudian akan mulai membuat website Anda dan Anda akan melihat progressnya pada progress bar yang ada di layar Anda. Anda tinggal menunggu sampai prosesnya selesai.

Langkah 5. Setelah prosesnya selesai, Anda akan melihat layar welcome untuk website Anda. Klik pada icon centang untuk memulai. Google juga akan memberi tahu Anda jika mereka sedang melakukan sync antara website dengan informasi yang ada di platform Google Bisnisku.

Langkah 6. Sekarang, Anda bisa memulai mendesain website Anda. Google akan memberi tahu langkah kustomisasi apa saja yang perlu Anda lakukan. Pertama, Google akan meminta Anda untuk memilih theme atau template untuk website Anda. Anda bisa melakukan ini dengan mengklik icon Pick A Theme.

Langkah 7. Pilih theme yang Anda suka untuk website Anda. Theme yang Anda pilih juga memberikan Anda elemen desain lainnya seperti warna dan fonts. Google memberikan Anda 10 theme dengan gaya warna dan fonts yang berbeda agar sesuai dengan bisnis Anda.

Langkah 8. Setelah Anda memilih theme, Google akan meminta Anda untuk mengupload foto bisnis Anda. Foto-foto yang sudah Anda upload di Google Bisnisku sebelumnya juga akan diupload ke website Anda.

Langkah 9. Setelah itu, Google akan menampilkan tombol Publish sehingga Anda bisa langsung mempublish website Anda kalau website Anda sudah siap.

Langkah 10. Sekarang Anda perlu mengkonfigurasi beberapa pengaturan seperti Site Address (alamat website) dan Site language (bahasa website) sebelum Anda klik tombol Publish.

Langkah 11. Klik Publish Now dan Anda akan diminta untuk memilih nama domain untuk website gratis ini. Format domain Anda akan menjadi namabisnis.business.site. Klik Next jika Anda sudah memberikan nama domain yang tepat. Anda juga akan melihat pilihan untuk memilih dan mengkonfirmasi bahwa alamat website ini akan menjadi website yang ditampilkan di Google Maps dan Google Search.

Langkah 12. Setelah domain Anda dikonfirmasi, Anda akan melihat notifikasi di website Anda. Klik View Site untuk melihat website baru Anda.

Ta-da! Anda sekarang sudah memiliki website baru. Jika Anda mengedit dan mengoptimasi website Anda, berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk melakukannya.

Download Gratis eBook Sukses Online Dewaweb

Menggunakan Domain Sendiri pada Website Google Bisnisku

Anda juga bisa menggunakan nama domain yang sudah Anda miliki untuk website Google Bisnisku. Jika Anda belum memiliki domain sendiri, Dewaweb menawarkan domain murah untuk Anda semua.

Untuk menggunakan domain Anda sendiri pada website Google Bisnisku, login ke akun hosting Anda dan pilih “Redirect”. Setelah Anda masuk ke pilihan Redirect, arahkan domain Anda ke URL Google Bisnisku yang Anda pilih di proses pembuatan website. Setelah itu, kembali ke website Google Bisnisku Anda dan pilih Settings di toolbar sebelah kiri. Di bagian atas panel, Anda akan melihat domain Anda.

Anda juga bisa menghubungi perusahaan hostingnya untuk membantu Anda me-redirect nama domain yang sudah ada ke website Google baru Anda. Bagi Anda pelanggan Dewaweb, Anda bisa meminta bantuan tim Ninja support 24/7 kami.

Optimasi Website Google Bisnisku

Untuk melakukan settingan tambahan pada website Google Bisnisku Anda, masuk ke dashboard bisnis dan Anda akan melihat beberapa icon di bagian kiri layar yang bisa digunakan untuk mengedit sesuai kebutuhan Anda.

Mengubah desain dengan theme yang sesuai. Fitur theme akan mengubah desain dan tampilan website Anda. Desain website memang menjadi salah satu faktor penting dalam pembuatan website. Pastikan bahwa theme yang Anda pilih sudah sesuai dengan branding bisnis Anda. Theme juga akan mengubah fonts pada website Anda. Jadi pastikan juga bahwa Anda suka dengan tampilan Headline dan Description website Anda.

Upload foto berkualitas tinggi. Pastikan bahwa Anda mengupload foto-foto bisnis Anda dengan kualitas tinggi di website Anda. Anda bisa memilih Add Photos di bagian photos untuk mengupload lebih banyak foto. Cover photo di website Anda tentunya sangat penting karena ini juga akan dilihat oleh orang-orang di Google listing. Untuk mengubah cover photo, klik Change Cover Photo.

Pilih Call-to-Action (CTA) yang baik. Setelah Anda edit, Anda memiliki opsi untuk memilih dari beberapa button utama yang banyak digunakan. Pilih CTA yang sesuai dengan button Anda. Misalnya, jika bisnis Anda bergerak di bidang layanan, Anda bisa memilih tombol Get Quote yang akan meminta pengunjung website untuk mengisi formulir yang nantinya akan diemail ke akun email Anda. Ada beberapa CTA yang bisa Anda pilih. Berikut beberapa di antaranya:

  • Get directions. Menunjukkan jalan ke lokasi bisnis Anda melalui Google Maps
  • Call now. Pengunjung bisa langsung menelepon bisnis Anda
  • Find table. Jika Anda usaha Food & Beverages, ini bisa berguna untuk membooking tempat di restaurant Anda
  • Place order. Link ke toko dan halaman order Anda
  • Make appointment. Membuat janji
  • Message us (WhatsApp). Pengunjung website bisa menghubungi Anda melalui WhatsApp

Simpulan

Di artikel kali ini kami sudah membahas bagaimana cara membuat website dengan Google Bisnisku. Di zaman yang serba digital ini, sangat penting bagi sebuah bisnis untuk memiliki kehadiran online. Fitur Website dari Google Bisnisku bisa menjadi salah satu alternative untuk membuat website dengan mudah dan gratis untuk bisnis Anda.  Semoga artikel ini membantu!