Memperbaiki Masalah Email di CloudFlare CDN

Memperbaiki Masalah Email di CloudFlare CDN

Penggunaan email seringkali dilakukan saat menjalankan bisnis online. Oleh karena itu, kendala saat beraktivitas menggunakan email tentunya harus dihindari. Namun, bagaimana jadinya jika kendala email terjadi akibat penggunaan CloudFlare? Di artikel ini, kamu akan mengetahui cara memperbaiki masalah email di CloudFlare CDN.

CloudFlare

CloudFlare adalah perusahaan website security terbesar di dunia yang menawarkan Content Delivery Network (CDN), Domain Name System (DNS), DDoS Protection, dan website security. Jika kamu menggunakan CloudFlare, server IP kamu akan diamankan sehingga tidak dapat dideteksi oleh publik. Jadi, apapun aktivitas yang berjalan pada website-mu harus melalui jaringan CloudFlare terlebih dulu.

Cara Kerja CloudFlare

Ketika ada user yang mencoba mengakses website yang sudah menggunakan CloudFlare, CloudFlare akan mengidentifikasi user terlebih dulu. Jika ternyata aman dan tidak dianggap bot atau serangan berbahaya, user akan segera diarahkan ke website.

Sekalipun ada serangan terhadap website, serangan tersebut tidak akan memengaruhi resource atau network dari server asli website, karena semua telah dilindungi oleh CloudFlare.

Masalah Email

Namun, meski keamanan untuk website sudah termasuk canggih dan terjamin, ada pengaturan sedikit perbedaan pada bagian lain, yaitu keperluan email. Jika pengaturan pada email website dibiarkan standar atau biasa, aktivitas email akan terhenti. Misalnya, saat ada email yang dikirimkan ke email kamu, email tersebut tidak akan diterima kotak masuk emailmu karena tidak dapat mengetahui di mana server emailmu.

Memperbaiki Masalah Email di CloudFlare

Pastikan kamu menggunakan CloudFlare dengan Full DNS Zone, yaitu dengan mengarahkan name server ke CloudFlare sesuai instruksi. Setelah tersambung ke CloudFlare, DNS-nya akan divalidasi dengan membaca isi DNS Zone di cPanel atau server.

Masalah email yang terjadi adalah karena records mail menggunakan CDN. Artinya, alamat IP email ditutupi menggunakan IP dinamis yang disediakan oleh CDN sehingga pengirim email tidak mengetahui alamat IP penerima sesungguhnya.

Step 1 – Mail Records

Login ke CloudFlare, kemudian ke menu DNS. Pastikan pengaturan records email kamu seperti di bawah ini.

memperbaiki masalah email di cloudflare mail dns only

Type: A

Name: mail

Content: IP Server/Hosting

TTL: Auto

Proxy Status: DNS only (matikan fitur CDN-nya khusus untuk records mail).

Alhasil, setiap ada “ping” ke mail.namadomain akan dibalas dari alamat server IP yang asli. Jika kamu tidak ingin menggunakan records mail ini karena terlalu umum, kamu bisa menggunakan records yang lain. Contoh: mailprivate.namadomain.com

Step 2 – MX Records

Pada MX Records, atur sesuai tampilan di bawah ini:

memperbaiki masalah email di cloudflare edit record

Type: MX

Name: nama domain

Mail Server: mail.nama domain

Priority: 10

TTL: Auto

Mengingat pengaturan yang menggunakan aturan DNS Only (tidak menggunakan CDN) tadi adalah mail, maka mail servernya juga menggunakan mail. Namun, jika kamu menggunakan records lain, seperti contoh mailprivate, maka mail server-nya: mailprivate.namadomain.com.

Kemudian klik Save.

Step 3 – DNS Records cPanel

Jika pengaturan yang dilakukan pada CloudFlare sudah selesai, selanjutnya atur DNS Records pada cPanel.

cPanel -> Domains -> Zone Editor -> Manage.

memperbaiki masalah email di cloudflare zone records

Ubah pengaturannya sesuai dengan MX Records di CloudFlare, kemudian Save Record.

Pastikan Email Routing-mu menggunakan Local Mail Exchanger.

memperbaiki masalah email di cloudflare configure email routing

Jika sudah diatur sesuai instruksi dan sudah sama seperti tampilan di atas, segera kirimkan email untuk mengetes dan cek, apakah email tersebut berhasil terkirim.

Kamu harus menunggu dalam hitungan menit hingga jam untuk proses propagasi DNS karena sebelumnya ada pengaturan DNS yang diubah.

Simpulan

Bagaimana, apakah sekarang kamu sudah memahami cara memperbaiki masalah email di CloudFlare CDN? Jika masalah ini sudah selesai, berarti kamu sudah bisa menggunakan fitur canggih CloudFlare tanpa mengganggu aktivitas email! Namun, jika kamu membutuhkan website yang terjamin cepat, aman dan selalu dapat diandalkan, berarti kamu harus mengunjungi halaman hosting Dewaweb untuk mendapatkan promo spesial.

Demikian artikel ini, jangan sungkan untuk meninggalkan ide-ide topik yang ingin kamu baca di blog Dewaweb. Semoga artikel ini membantu!